Nuklir sebagai Energi Terbarukan

Dipublikasikan oleh Farrel Hanif Fathurahman

21 April 2024, 11.53

Uranium yang diperkaya tinggi - Wikipedia

Dalam definisinya, semua energi terbarukan otomatis masuk ke kategori energi berkelanjutan. Energi ini selalu ada di alam dalam jangka waktu yang sangat lama, sehingga tidak perlu khawatir atau merencanakan untuk kehabisannya. Mereka yang mendukung energi non-nuklir biasanya tidak menganggap nuklir sebagai bagian dari energi berkelanjutan, mengingat persediaan uranium-235 di alam memiliki batasan, yakni hanya beberapa ratus tahun saja.

Tetapi, para pendukung nuklir berpendapat bahwa nuklir juga bisa dianggap sebagai energi berkelanjutan jika digunakan sebagai bahan bakar di reaktor pembiak cepat (FBR: Fast Breeder Reactor). Hal ini karena cadangan bahan bakar nuklir dapat "beranak" ratusan hingga ribuan kali lipat.

Argumen ini muncul karena para ahli energi membahas cadangan nuklir dalam rentang puluhan hingga ratusan tahun dengan asumsi bahwa reaktor yang digunakan adalah reaktor biasa, yang pada umumnya hanya dapat membakar U-235. Padahal, kandungan U-235 di alam hanya sekitar 0,72%, sedangkan sisanya sekitar 99,28% adalah U-238. U-238 ini, jika diolah di reaktor pembiak, dapat mengalami reaksi penangkapan neutron dan berubah menjadi bahan bakar nuklir Pu-239.

Pu-239, meskipun tidak ada di alam, terbentuk sebagai hasil sampingan pembakaran U-235 dan memiliki kemampuan membelah diri untuk menghasilkan energi, sama seperti U-235. Jika seluruh U-238 yang jumlahnya ribuan kali lebih banyak daripada U-235 diubah menjadi Pu-239, maka akan terjadi peningkatan signifikan pada jumlah bahan bakar nuklir.

Hal serupa juga berlaku untuk atom [thorium-233], yang dengan reaksi penangkapan neutron berubah menjadi U-233 dan memiliki kemampuan reaksi berantai.

Karena itu, beberapa negara maju enggan meninggalkan nuklir meski risiko radioaktifnya tidak ringan. Reaktor pembiak cepat, seperti yang dimiliki oleh Korea Utara, bahkan harus diawasi ketat oleh IAEA karena potensinya untuk memproduksi bahan bakar nuklir baru, seperti Pu-239, yang dapat disalahgunakan untuk senjata pemusnah massal.

Di sisi lain, kelompok anti-nuklir cenderung menggunakan istilah "energi berkelanjutan" sebagai padanan dari "energi terbarukan" untuk mengesampingkan energi nuklir dari perbincangan mereka.

Sumber:

https://id.wikipedia.org