Metode Evaluasi untuk Belajar

Dipublikasikan oleh Farrel Hanif Fathurahman

11 Maret 2024, 12.01

Skema yang perlu diperhatikan dalam mengadakan evaluasi - Wikipedia

Evaluasi berarti penaksiran atau penilaian. Nurkancana (1983) mengatakan bahwa evaluasi adalah tindakan yang dilakukan untuk menentukan nilai suatu hal. Sementara itu, Raka Joni (1975) mengatakan bahwa evaluasi adalah proses mempertimbangkan sesuatu barang, hal, atau gejala dengan mempertimbangkan berbagai faktor, yang kemudian disebut nilai pertimbangan.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa evaluasi adalah proses menentukan nilai untuk sesuatu atau sesuatu untuk mencapai tujuan tertentu. Evaluasi adalah proses mengukur efektivitas strategi yang digunakan untuk mencapai tujuan perusahaan. Analisis situasi program berikutnya akan bergantung pada data yang diperoleh dari hasil pengukuran tersebut.

Apa yang dievaluasi, bagaimana prosesnya, kapan dilakukan, mengapa dibutuhkan, di mana dilakukan, dan siapa yang melakukannya adalah beberapa hal yang akan dibahas selama proses evaluasi. Narasumber yang ada, efektivitas penyebaran pesan, pemilihan media yang tepat, dan penentuan anggaran untuk promosi dan periklanan harus dievaluasi. Tujuan dari evaluasi ini adalah untuk mencegah kesalahan dalam perhitungan pembiayaan, memilih strategi terbaik dari berbagai opsi strategis yang tersedia, meningkatkan efisiensi iklan secara keseluruhan, dan mengetahui apakah tujuan telah dicapai atau tidak. Sebaliknya, organisasi mungkin menolak untuk melakukan evaluasi karena biaya yang mahal, masalah dengan penelitian, ketidaksetujuan tentang apa yang harus dievaluasi, merasa telah mencapai tujuan, dan banyak membuang waktu.

Secara garis besar, proses evaluasi dibagi menjadi awal (pretest) dan akhir (posttest). Pretest adalah evaluasi yang dilakukan untuk menguji ide dan eksekusi yang direncanakan. Posttest adalah evaluasi yang dilakukan untuk mengetahui apakah tujuan tercapai atau tidak dan digunakan sebagai bahan untuk menganalisis situasi berikutnya.

Disadur dari: https://id.wikipedia.org/wiki/Evaluasi