Mesin Tempering Kaca: Mengenal Tungku Tempering Kaca Datar dan Prosesnya

Dipublikasikan oleh Cindy Aulia Alfariyani

29 April 2024, 10.10

Sumber: www.eastglassmachine.com

Mesin Tempering Kaca, Tungku Tempering Kaca Datar

Tungku tempering kaca datar adalah peralatan untuk memproduksi kaca temper dengan metode fisik, dirancang untuk membuat kaca tahan panas dan lebih kuat untuk kaca yang dipotong dan diproses. Kaca datar, kaca reflektif, kaca berwarna, dan kaca berlapis keras (Low-E) dapat ditempa. Tungku penempaan kaca menggunakan perlakuan teknis untuk memanaskan kaca lembaran dan kemudian memadamkannya untuk membentuk tegangan tekan pada permukaan kaca yang didinginkan dan tegangan tarik di dalam kaca, sehingga meningkatkan kekuatan kaca dan mengubah kaca anil biasa menjadi kaca temper. Karena metode tempering ini tidak mengubah komposisi kimiawi kaca, maka disebut tungku tempering kaca fisik. Tungku tempering kaca fisik biasanya menghasilkan kaca datar atau kaca bengkok untuk kaca arsitektur, kaca aplikasi rumah, kaca furnitur, kaca dekorasi, dll.

Tabel bongkar muat  

Tabel bongkar muat memiliki struktur yang serupa, dan terdiri dari rangka baja yang disesuaikan. Dilengkapi dengan meja pengangkat mekanisme transmisi silinder, yang dapat mengangkat secara serempak dan stabil, dan dilengkapi dengan roda universal, roller terdiri dari roller karet dan roller tali. Lapisan berkualitas tinggi digunakan untuk memastikan permukaan kaca tidak tergores. Dalam hal kontrol transmisi, waktu loncatan dapat disesuaikan, kecepatan pengangkutan dapat disesuaikan, interval pengumpanan tungku dapat dikontrol, dan perangkat pendeteksi kaca sensitif dilengkapi.

Sistem pemanas

Struktur bagian pemanas adalah tipe kotak lapis ganda yang dilapisi dengan bahan isolasi termal. Di dalam bagian ini terdapat sistem konveyor dengan rol keramik tahan suhu tinggi, yang diimpor dari produsen terkenal. Elemen pemanas dipasang di lapisan atas dan lapisan bawah bagian ini, dan "Desain Pemanasan Matriks Terbuka" diadopsi. Dibandingkan dengan "desain pemanas pelat berseri" tradisional, sistem matriks ini dapat meningkatkan keseragaman suhu dan efisiensi pemanasan dalam tungku, dan elemen pemanas mudah diganti. [Bagian dalam lapisan atas bagian pemanas dilapisi baja tahan karat 310S dengan ketahanan korosi yang kuat]. Lapisan insulasi terbuat dari pelat aluminium silikat berkualitas tinggi. Setelah penyortiran ilmiah dan pemolesan enam sisi, ia memiliki kapasitas penyimpanan panas yang lebih baik, dapat sangat meningkatkan efisiensi pemanfaatan panas. Bagian pemanas dapat membuka dan menutup, dan bagian pemanas atas dapat dinaikkan oleh perangkat pengangkat sekrup listrik.

Bagian pendingin datar

Bagian paduan dan lembaran baja yang kami gunakan adalah logam temper untuk menghindari kemungkinan deformasi akibat pengelasan panas. Dan ini memastikan distribusi udara yang efektif. Bukaan nosel yang rasional dan pengaturan lubang udara menjamin pendinginan kaca yang merata. Quenching atas dan bawah dihubungkan dan dikombinasikan dengan drive individual, yang benar-benar dapat mengontrol ketinggian yang akurat untuk nosel udara quenching. Dicocokkan dengan kontrol keseimbangan jumlah udara atas dan bawah, bagian atas dan bawah kaca bisa mendapatkan tekanan udara terbaik di kedua sisi, untuk memastikan kerataan kaca temper.

Sistem kontrol listrik

Sistem kontrol meliputi hal-hal berikut: Penyimpanan dan penarikan kembali parameter proses, seperti ketebalan kaca, ukuran, warna, jenis kaca, dan mungkin sumber kaca apung yang berbeda, dll. Kapan pun Anda membuat pesanan baru untuk ketebalan, ukuran, warna, jenis, sumber, dan lain-lain yang berbeda, Anda cukup memasukkan parameter proses, dan sistem akan menyimpan data proses ini. Di lain waktu, saat Anda memiliki pesanan yang sama, Anda dapat memanggil kembali data tersebut, dan mesin akan secara otomatis menggunakan data pemrosesan yang tersimpan untuk memproduksi.

Sistem konveksi Vortech

Sistem konveksi Vortech adalah sistem konveksi atas kami yang unik. Udara dihembuskan dari Vortech Blower dan dipanaskan oleh sistem sirkulasi panas dan limbah panas di tungku, dan aliran udara panas membawa panas langsung ke permukaan kaca. Dikombinasikan dengan "Desain Pemanasan Matriks Terekspos" dan desain pengalihan yang disempurnakan, waktu produksi kaca Low-E perak ganda 6mm dapat mencapai 280 ~ 300-an / batch. Sistem konveksi yang sempurna, dengan konsumsi daya dan biaya perawatan terendah jika dibandingkan dengan kompetitor lain. Sistem konveksi memiliki desain yang matang, struktur yang stabil, dengan perawatan harian yang nyaman.

Arti Kaca Tempered

  • Kaca tempered adalah salah satu jenis kaca yang paling umum digunakan dalam arsitektur karena sifat termal, keamanan, dan daya tahannya.
  • Kaca tempered adalah proses memanaskan kaca anil, menggunakan tungku penempaan kaca, hingga suhu yang merata dan seragam sekitar 700c. Setelah kaca dipanaskan, kaca dikeluarkan dari tungku dan didinginkan dengan cepat. Hal ini membuat kaca berada dalam kondisi kompresi sementara inti kaca tetap berada dalam tegangan.
  • Karena temper, pola tegangan dikembangkan oleh kaca dan kekuatan mekanis kaca temper hingga 5x lebih tinggi daripada kaca anil.
  • Ketika kaca tempered pecah, semua energi yang tersimpan dari pola tegangan dilepaskan sekaligus dan kaca pecah menjadi kerikil yang sangat kecil.

Apa perbedaan antara kaca tempered dan kaca biasa?

  • Kaca tempered hingga lima kali lebih kuat dari kaca anil dengan ukuran dan ketebalan yang sebanding.
  • Kaca tempered juga dapat menahan perubahan suhu tinggi hingga 250c.
  • Tempering kaca tidak mengubah kualitas visual kaca seperti pancaran matahari dan transmisi cahaya.
  • Kaca tempered dianggap sebagai kaca pengaman dan sangat sulit untuk dipecahkan. Jika kaca pecah, kaca akan pecah menjadi kerikil sehingga mengurangi risiko cedera serius.
  • Terakhir, kaca temper tidak dapat dipotong, diukir atau diukir, dipoles, atau diubah setelah ditempa.

Kaca tempered digunakan untuk?

Kaca tempered tidak lebih keras atau lebih lembut, lebih mudah tergores, pecah, atau lebih keropos daripada anil, tetapi lebih keras. Kaca tempered dirancang untuk digunakan di area di mana terdapat risiko kontak yang tinggi, perubahan suhu, suhu tinggi, dan kerusakan.

Disadur dari: www.eastglassmachine.com