Merancang Proses Kimia: Pendekatan, Dokumentasi, dan Pertimbangan

Dipublikasikan oleh Dias Perdana Putra

26 April 2024, 07.34

Sumber : posi.id

Desain proses

Dalam teknik kimia, desain proses adalah pemilihan dan pengurutan unit untuk transformasi fisik dan/atau kimiawi bahan yang diinginkan. Desain proses adalah pusat dari teknik kimia, dan dapat dianggap sebagai puncak dari bidang tersebut, yang menyatukan semua komponen bidang tersebut.

Desain proses dapat berupa desain fasilitas baru atau dapat berupa modifikasi atau perluasan fasilitas yang sudah ada. Desain dimulai dari tingkat konseptual dan pada akhirnya berakhir dalam bentuk rencana fabrikasi dan konstruksi.Desain proses berbeda dengan desain peralatan, yang lebih dekat dengan desain operasi unit. Proses sering kali mencakup banyak operasi unit.

Dokumentasi

Dokumen desain proses berfungsi untuk mendefinisikan desain dan memastikan bahwa komponen desain saling cocok. Dokumen ini berguna dalam mengkomunikasikan ide dan rencana kepada insinyur lain yang terlibat dalam desain, kepada badan pengatur eksternal, vendor peralatan, dan kontraktor konstruksi.

Dalam urutan yang semakin rinci, dokumen desain proses meliputi:

  • Diagram aliran blok (BFD): Diagram yang sangat sederhana yang terdiri dari persegi panjang dan garis yang menunjukkan aliran material atau energi utama.
  • Diagram aliran proses (PFD): Biasanya merupakan diagram yang lebih kompleks dari operasi unit utama serta garis aliran. Diagram ini biasanya mencakup neraca material, dan terkadang neraca energi, yang menunjukkan laju aliran tipikal atau desain, komposisi aliran, serta tekanan dan suhu aliran dan peralatan. Ini adalah dokumen utama dalam desain proses.
  • Diagram perpipaan dan instrumentasi (P&ID): Diagram yang menunjukkan setiap pipa dengan kelas pipa (baja karbon atau baja tahan karat) dan ukuran pipa (diameter). Diagram ini juga menunjukkan katup beserta lokasi instrumen dan skema kontrol proses.
  • Spesifikasi: Persyaratan desain tertulis dari semua item peralatan utama.

Perancang proses biasanya menulis manual operasi tentang cara memulai, mengoperasikan, dan mematikan proses. Mereka juga sering mengembangkan rencana kecelakaan dan proyeksi operasi proses terhadap lingkungan.

Dokumen-dokumen tersebut disimpan setelah pembangunan fasilitas proses untuk menjadi acuan bagi personel yang mengoperasikan. Dokumen-dokumen tersebut juga berguna ketika ada modifikasi pada fasilitas yang direncanakan. Metode utama untuk mengembangkan dokumen proses adalah diagram alir proses.

Pertimbangan desain

Ada beberapa pertimbangan yang perlu dibuat saat merancang unit proses kimia. Konseptualisasi dan pertimbangan desain dapat dimulai setelah kemurnian produk, hasil, dan laju produksi ditentukan.

Tujuan yang mungkin ingin dimasukkan dalam desain:

  • Laju keluaran
  • Hasil proses
  • Kemurnian produk

Batasan-batasan meliputi:

  • Biaya modal
  • Ruang yang tersedia

Masalah keamanan: pertimbangan terhadap analisis risiko kecelakaan industri atau bahan kimia berbahaya.

  • Dampak lingkungan dan proyeksi limbah dan emisi
  • Produksi/daur ulang limbah
  • Biaya operasional dan pemeliharaan

Faktor-faktor lain yang dapat disertakan oleh perancang adalah:

  • Keandalan
  • Redundansi
  • Fleksibilitas
  • Variabilitas

Sumber informasi desain

Desainer biasanya tidak memulai dari awal, terutama untuk proyek yang kompleks. Seringkali para insinyur memiliki data pabrik percontohan yang tersedia atau data dari fasilitas operasi skala penuh. Sumber informasi lain termasuk kriteria desain eksklusif yang disediakan oleh pemberi lisensi proses, data ilmiah yang dipublikasikan, eksperimen laboratorium, dan pemasok bahan baku dan utilitas.

Proses desain

Desain dimulai dengan sintesis proses - pilihan teknologi dan kombinasi unit industri untuk mencapai tujuan. Desain yang lebih rinci berlanjut ketika insinyur dan pemangku kepentingan lainnya menandatangani setiap tahap: konseptual hingga desain terperinci.

Perangkat lunak simulasi sering digunakan oleh para insinyur desain. Simulasi dapat mengidentifikasi kelemahan dalam desain dan memungkinkan para insinyur memilih alternatif yang lebih baik. Namun, para insinyur masih mengandalkan heuristik, intuisi, dan pengalaman saat merancang suatu proses. Kreativitas manusia adalah elemen dalam desain yang kompleks.

Disadur dari: en.wikipedia.org