Menjelaskan Program Studi Sarjana Teknik Perminyakan Menurut Kampus Itb

Dipublikasikan oleh Muhammad Ilham Maulana

21 Februari 2024, 09.57

Sumber: https://suneducationgroup.com/news-id/institusi-id/jurusan-teknik-perminyakan/

Deskripsi
Anda mungkin pernah mendengar bahwa cadangan minyak bumi Indonesia akan habis dalam 20 tahun ke depan. Namun perlu diketahui bahwa pernyataan tersebut tidak sepenuhnya benar. Bahkan, hal serupa juga diungkapkan oleh dosen TM era 70 dan 90an yang memiliki ilmu dan pengalaman di bidang tersebut. Data BP MIGAS juga menunjukkan cadangan minyak berada di kisaran angka tersebut.

Anda mungkin bertanya-tanya mengapa hal ini terjadi. Faktanya, minyak masih diekstraksi dari perut bumi, lalu mengapa jumlah cadangannya tetap? Jawabannya adalah cadangan minyak bisa berubah seiring ditemukannya cadangan baru. Anda mungkin akrab dengan konsep bahwa minyak terbentuk dari sisa-sisa hewan mikroskopis yang terakumulasi di bawah tanah selama ribuan tahun. Ketika tubuh organisme ini mati dan membusuk, mekanisme alami terus memprosesnya menjadi minyak. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa minyak bumi merupakan sumber energi terbarukan. Namun tergolong energi tak terbarukan karena proses pembentukannya membutuhkan waktu yang sangat lama.

Bidang studi
Bidang studi kurikulum Teknik Perminyakan (TM) ITB sangat luas dan mencakup gas alam dan energi panas bumi selain minyak bumi. Ketiga sumber daya alam ini disebut hidrokarbon karena komponen utamanya adalah hidrogen dan karbon. Dalam program gelar ini, siswa mempelajari aspek-aspek penting termasuk reservoir, pengeboran, produksi, peralatan permukaan dan manajemen perminyakan secara umum. Meskipun istilah-istilah ini mungkin tampak asing, siswa akan mempelajari informasi rinci tentang setiap konsep.

Reservoir adalah bagian bawah tanah tempat hidrokarbon terperangkap pada pori-pori batuan dan menempel pada permukaan batuan. Proses pengeboran dilakukan untuk membuat lubang pada tanah hingga mencapai batuan sumber hidrokarbon. Produksi melibatkan aliran hidrokarbon dari reservoir ke permukaan. Setelah mencapai permukaan, hidrokarbon mengalir ke ruang permukaan, termasuk pemisah yang memisahkan minyak, air, dan gas. Hidrokarbon tersebut kemudian disimpan di tangki penyimpanan utama sebelum diangkut ke kilang untuk diproses lebih lanjut. Selain itu, mahasiswa juga belajar tentang aspek keuangan dan manajerial pengelolaan ladang minyak.

Tujuan Program gelar Teknik Perminyakan ITB

Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengembangkan pengetahuan dan keterampilan mendalam yang dibutuhkan dalam industri minyak dan gas. Program gelar ini berfokus pada pemahaman komprehensif tentang hidrokarbon, termasuk minyak, gas alam, dan energi panas bumi, dan memberikan siswa landasan yang kuat untuk berkarir di sektor energi penting ini.


Keunggulan

Jika Anda memimpikan gelar Sarjana Teknik Perminyakan (TM) di ITB, bersiaplah untuk pengalaman belajar yang seru dan menantang! Kurikulum Teknik Perminyakan (TM) mencakup studi dan penggunaan hidrokarbon dalam berbagai disiplin ilmu. Anda dapat belajar dari kurikulum lain, seperti teknik geologi, geofisika, teknik elektro, matematika, fisika, kimia, dan teknologi informasi. Namun bukan hanya karena berniat bekerja di daerah terpencil, sangat disarankan untuk mengambil mata kuliah di Jurusan Teknologi Sosial (SOSTEK) seperti psikologi sosial, teknik semiotika, komunikasi dan antropologi. Ini memberi Anda titik awal yang baik untuk berinteraksi dengan masyarakat sekitar.

Selain kegiatan akademik, program studi teknik perminyakan membuka peluang kegiatan mahasiswa non riset melalui himpunan mahasiswa teknik perminyakan “PATRA”, seksi mahasiswa SPE dan seksi mahasiswa IATMI.

Perlu diketahui bahwa Indonesia berpotensi menambah cadangan minyak di masa depan. Saat ini baru sekitar 30% cekungan minyak Indonesia yang telah dieksplorasi. Masih banyak waduk yang belum tereksploitasi karena beberapa faktor, seperti keterbatasan teknologi, lokasinya yang seringkali berada di lepas pantai, terbatasnya kajian nilai ekonomi, dan faktor regulasi pemerintah terkait bagi hasil daerah pusat, perpajakan. insentif dan sebagian produksi untuk kebutuhan dalam negeri. Pada program studi ini, Anda akan mempelajari berbagai aspek pengelolaan sumber daya minyak, termasuk solusi teknis dan regulasi yang dapat memfasilitasi peningkatan potensi cadangan minyak Indonesia.

Pekerjaan

Setelah menyelesaikan program gelar Teknik Perminyakan (TM) ITB, Anda memiliki sejumlah peluang kerja menarik untuk dipilih. Sebagian besar alumni TM bekerja di perusahaan minyak nasional atau asing seperti Pertamina, Medco, CNOOC SES, Exxon, Chevron, Total E&P dan BP. Selain itu, sektor pemerintah juga bisa menjadi pilihan, misalnya di BP MIGAS atau Departemen ESDM (Energi Mineral).

Ahli perminyakan juga dibutuhkan di sektor perbankan dan asuransi sebagai analis risiko kredit dan klaim untuk penggunaan minyak dan gas. Bagi yang berminat di bidang akademik berkesempatan mendapatkan beasiswa baik di TM ITB maupun universitas luar negeri, melanjutkan studi di dalam atau luar negeri, dan menjadi peneliti atau dosen.

Dengan jiwa wirausaha, banyak alumni TM yang merintis perusahaan sendiri di bidang migas setelah mendapatkan pengalaman kerja di perusahaan lain. Selain itu, beberapa alumni menjalankan perusahaan di bidang pendidikan, makanan dan minuman. Penting untuk diketahui bahwa program studi teknik perminyakan ITB memiliki hubungan yang kuat dengan alumni TM yang sangat mendukung program studi tersebut, menjadikan TM sebagai program studi yang kuat di ITB.

Disadur dari: https://www.itb.ac.id/program-studi-sarjana-teknik-perminyakan