Menjelajahi Persimpangan Sains dan Teknik: Hakikat Fisika Teknik

Dipublikasikan oleh Muhammad Ilham Maulana

26 Maret 2024, 08.15

Sumber: CFPR (physicsworld.com)

Fisika teknik, juga dikenal sebagai ilmu teknik, mencakup studi komprehensif yang menggabungkan fisika, matematika, kimia, biologi, dan bidang teknik seperti komputer, nuklir, listrik, elektronik, dirgantara, material, atau teknik mesin. Menekankan ketelitian metode ilmiah, hal ini bertujuan untuk mengeksplorasi jalan untuk menerapkan, merancang, dan berinovasi solusi teknik baru.

Pegnertian

Fisika teknik, tidak seperti disiplin ilmu teknik tradisional, tidak terbatas pada satu cabang sains, teknik, atau fisika. Sebaliknya, jurusan ini menawarkan fondasi komprehensif dalam fisika terapan yang disesuaikan dengan berbagai spesialisasi seperti optik, fisika kuantum, ilmu material, dan banyak lagi. Disiplin ilmu ini bertujuan untuk meningkatkan solusi teknik melalui integrasi yang mendalam antara prinsip-prinsip matematika, ilmiah, statistik, dan teknik. Disiplin ini berfungsi sebagai jembatan antara ilmu pengetahuan teoretis dan teknik praktis, yang menekankan pada penelitian, pengembangan, desain, dan analisis.

Dalam banyak bahasa, "fisika teknik" diterjemahkan secara langsung menjadi "fisika teknik", yang mewakili disiplin ilmu yang mengarah pada gelar akademis, yang sering kali berspesialisasi dalam penelitian tenaga nuklir. Di beberapa institusi, fisika teknik merupakan spesialisasi dalam bidang teknik atau sains terapan.

Program ilmu teknik tersedia di berbagai tingkat akademik, dari B.Tech. hingga Ph.D. Kurikulum biasanya mencakup mata kuliah dasar dalam matematika, fisika, kimia, dan biologi, dengan opsi pilihan mulai dari dinamika fluida hingga teknologi nano. Tidak seperti program teknik tradisional, ilmu teknik berfokus pada penciptaan dan pemanfaatan teknik eksperimental atau komputasi tingkat lanjut untuk menjawab tantangan kontemporer dalam ilmu fisika dan kehidupan.

Jenjang Karir

Para profesional dengan kualifikasi di bidang fisika teknik dapat mengejar peran sebagai insinyur dan fisikawan di industri teknologi tinggi dan seterusnya. Mereka menjadi ahli dalam berbagai bidang teknik dan ilmiah, dengan memanfaatkan pengetahuan dan keterampilan interdisipliner mereka.

 


Disadur dari: en.wikipedia.org/wiki/Engineering_physics