Menjelajahi Persimpangan Sains dan Teknik: Hakikat Fisika Teknik

Dipublikasikan oleh Muhammad Ilham Maulana

18 April 2024, 09.03

Sumber: CFPR (physicsworld.com)

Fisika teknik, atau ilmu teknik, mengacu pada studi gabungan disiplin ilmu fisika, matematika, kimia, biologi, dan teknik, khususnya komputer, nuklir, listrik, elektronik, kedirgantaraan, material, atau teknik mesin. Dengan berfokus pada metode ilmiah sebagai dasar yang ketat, ilmu ini mencari cara untuk menerapkan, merancang, dan mengembangkan solusi baru dalam bidang teknik.

Pengertian

Tidak seperti disiplin ilmu teknik tradisional, sains/fisika teknik tidak selalu terbatas pada cabang sains, teknik, atau fisika tertentu. Sebaliknya, sains/fisika teknik dimaksudkan untuk memberikan landasan yang lebih menyeluruh dalam fisika terapan untuk spesialisasi yang dipilih seperti optik, fisika kuantum, ilmu material, mekanika terapan, elektronik, teknologi nano, mikrofabrikasi, mikroelektronika, komputasi, fotonika, teknik mesin, teknik elektro, teknik nuklir, biofisika, teori kontrol, aerodinamika, energi, fisika zat padat, dan lain-lain. Ini adalah disiplin ilmu yang ditujukan untuk menciptakan dan mengoptimalkan solusi teknik melalui peningkatan pemahaman dan penerapan terpadu dari prinsip-prinsip matematika, ilmiah, statistik, dan teknik. Disiplin ilmu ini juga dimaksudkan untuk lintas fungsi dan menjembatani kesenjangan antara ilmu pengetahuan teoretis dan teknik praktis dengan penekanan pada penelitian dan pengembangan, desain, dan analisis.

Patut dicatat bahwa dalam banyak bahasa, istilah "fisika teknik" akan langsung diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris sebagai "fisika teknik". Di beberapa negara, baik apa yang akan diterjemahkan sebagai "fisika teknik" dan apa yang akan diterjemahkan sebagai "fisika teknik" adalah disiplin ilmu yang mengarah pada gelar akademik, dengan spesialisasi yang pertama dalam penelitian tenaga nuklir, dan yang terakhir lebih dekat dengan fisika teknik. Di beberapa institusi, jurusan fisika teknik (atau terapan) merupakan disiplin ilmu atau spesialisasi dalam lingkup ilmu teknik, atau ilmu terapan.

Di banyak universitas, program ilmu teknik dapat ditawarkan pada tingkat B.Tech, M.Sc. dan Ph.D. Biasanya, inti dari mata kuliah dasar dan lanjutan dalam matematika, fisika, kimia, dan biologi menjadi dasar dari kurikulum, sementara bidang pilihan yang umum meliputi dinamika fluida, fisika kuantum, ekonomi, fisika plasma, relativitas, mekanika padat, riset operasi, keuangan kuantitatif, teknologi informasi dan teknik, sistem dinamis, bioteknologi, teknik lingkungan, teknik komputasi, matematika teknik dan statistika, perangkat solid-state, ilmu material, elektromagnetisme, ilmu nano, teknologi nano, energi, dan optik.

Sementara program-program teknik biasa (sarjana) umumnya berfokus pada penerapan metode yang sudah mapan untuk desain dan analisis solusi teknik di bidang-bidang tertentu (misalnya domain tradisional teknik sipil atau mekanik), program-program sains teknik (sarjana) berfokus pada penciptaan dan penggunaan teknik-teknik eksperimental atau komputasi yang lebih canggih di mana pendekatan standar tidak memadai (misalnya pengembangan solusi teknik untuk masalah-masalah kontemporer di bidang ilmu fisika dan ilmu hayati dengan menerapkan prinsip-prinsip fundamental).

Jenjang Karir

Fisikawan teknik yang berkualifikasi, dengan gelar di bidang Fisika Teknik, dapat bekerja secara profesional sebagai insinyur dan/atau fisikawan di industri teknologi tinggi dan lebih jauh lagi, menjadi ahli domain di berbagai bidang teknik dan ilmiah.


Disadur dari: en.wikipedia.org