Menjelajahi Peran Vital Seorang Insinyur Pertambangan: Keterampilan dan Jalur Karier dalam Industri yang Dinamis

Dipublikasikan oleh Nadia Pratiwi

18 April 2024, 09.34

Sumber: pexels.com

Insinyur pertambangan menciptakan sistem untuk menemukan, mengekstraksi, dan mengangkut sumber daya alam yang ditemukan di permukaan bumi. Mereka menciptakan peralatan, struktur, dan teknik untuk mengakses sumber daya dengan aman yang digunakan untuk memproduksi banyak produk yang digunakan di masyarakat. Menemukan jawaban atas pertanyaan "apa yang dilakukan oleh seorang insinyur pertambangan?" dapat membantu mereka yang tertarik dengan industri pertambangan untuk memutuskan untuk mengejar jalur karier tersebut. Dalam artikel ini, kita akan membahas apa yang dilakukan oleh insinyur pertambangan, bagaimana cara menjadi insinyur pertambangan, keterampilan yang mereka gunakan, gaji rata-rata dan lingkungan tempat mereka bekerja.

Apa yang dilakukan seorang insinyur pertambangan?

Insinyur pertambangan bekerja untuk membantu perusahaan sumber daya dalam ekstraksi pertambangan dan mineral. Mereka bertanggung jawab untuk mengkoordinasikan proyek dan aktivitas di lokasi tambang, termasuk menggali, mengekstraksi, dan mengangkut sumber daya dari tambang. Untuk melakukan hal ini, mereka mengembangkan teknik baru, mendesain dan menguji mesin, serta menggabungkan metode penambangan konvensional. Insinyur pertambangan berspesialisasi dalam berbagai bidang sumber daya dan material, termasuk bijih besi, emas, minyak dan gas, batu bara, dan uranium. Masing-masing mineral yang berbeda ditemukan dalam kondisi dan lingkungan yang berbeda dan membutuhkan berbagai metode ekstraksi, para insinyur ini berfokus pada peningkatan keselamatan di lokasi tambang sekaligus memaksimalkan produktivitas, efisiensi, dan kualitas mineral yang diekstraksi. Mereka juga mempertimbangkan dampak teknik mereka terhadap lingkungan dan mengembangkan cara-cara baru untuk mengurangi dampak negatif dari aktivitas mereka. Tanggung jawab harian yang biasa dilakukan oleh para insinyur pertambangan meliputi:

  • Menganalisis sampel tanah dan batuan untuk mengidentifikasi keberadaan mineral
  • Mempelajari dan menginterpretasikan peta topografi dan peta bawah tanah untuk menentukan endapan mineral dan karakteristik lokasi tambang
  • Mengembangkan rencana dan teknik untuk operasi penambangan, mencapai endapan mineral, dan mengekstraksi material
  • Mengawasi operasi penambangan sesuai dengan rencana
  • Memastikan langkah-langkah keselamatan diterapkan dan diikuti
  • Mendokumentasikan kemajuan operasi dan kegiatan penambangan
  • Melakukan survei bawah tanah secara terus menerus untuk mempelajari formasi bawah tanah
  • Bekerja sama dengan ahli geologi untuk menginterpretasikan endapan mineral dan aksesibilitasnya
  • Bekerja sama dengan tim ekonom dan keuangan untuk menentukan apakah ekstraksi mineral menguntungkan
  • Merencanakan sumber daya staf tambang dan rencana kegiatan pertambangan jangka panjang
  • Mengembangkan rencana rehabilitasi untuk memulihkan lingkungan alam kembali seperti semula setelah operasi penambangan selesai

Bagaimana menjadi seorang insinyur pertambangan

Teknik pertambangan membutuhkan pengetahuan teknis, yang dikembangkan oleh banyak profesional dalam pendidikan dan pengalaman kerja mereka. Sebagian besar insinyur pertambangan memiliki gelar sarjana teknik, dan banyak yang melanjutkan studi mereka dengan gelar master. Ketika memasuki dunia kerja, Anda dapat mempertimbangkan untuk mengambil peran pascasarjana untuk belajar dari para profesional industri dan meningkatkan keahlian Anda secara efisien. Di bawah ini Anda dapat menemukan panduan langkah demi langkah untuk menjadi seorang insinyur pertambangan:

1. Menyelesaikan gelar sarjana

Calon insinyur pertambangan dapat menyelesaikan gelar sarjana untuk mempelajari pengetahuan dasar pertambangan dan ekstraksi mineral. Pertimbangkan gelar Sarjana Teknik yang disediakan di banyak universitas di seluruh negeri. Selama program ini, Anda dapat mengambil jurusan teknik pertambangan atau geoteknik, di mana Anda dapat mempelajari evaluasi dan pemrosesan deposit mineral, struktur bawah tanah, tenaga dan layanan tambang, serta keselamatan tambang. Program ini dapat memakan waktu hingga empat tahun studi penuh waktu untuk menyelesaikannya, termasuk penempatan pengalaman kerja Penempatan Anda dapat dilakukan di perusahaan teknik pertambangan, di mana Anda mungkin memiliki kesempatan untuk menerapkan pengetahuan Anda pada proyek-proyek kehidupan nyata dengan pengawasan para profesional industri. Pengalaman kerja juga memberi Anda kesempatan untuk menjalin hubungan yang berharga dalam industri pertambangan dan membangun jaringan profesional. Beberapa perusahaan juga dapat memberikan kesempatan untuk bekerja penuh waktu setelah Anda menyelesaikan penempatan kerja.

2. Mempertimbangkan gelar master

Beberapa insinyur pertambangan memilih untuk mengambil gelar master setelah menyelesaikan gelar sarjana mereka untuk memajukan pemahaman mereka dan berspesialisasi dalam bidang tertentu. Master of Mining Engineering bertujuan untuk membantu Anda melanjutkan pengembangan profesional Anda melalui teori tingkat lanjut. Program ini mengajarkan proses, sistem dan analisis pertambangan, kesadaran lingkungan dan keselamatan serta melibatkan proyek penelitian yang berhubungan dengan pertambangan. Gelar master dapat memakan waktu antara 18 bulan hingga dua tahun studi penuh waktu untuk menyelesaikannya. Program ini juga memberi Anda kesempatan untuk berspesialisasi dalam jenis mineral atau formasi geologi tertentu dalam teknik pertambangan. Gelar pascasarjana menunjukkan komitmen dan tekad Anda kepada pemberi kerja dan meningkatkan prospek pekerjaan Anda.

3. Menjadi anggota Engineers Australia

Semua insinyur dapat memperoleh manfaat dengan bergabung dengan Engineers Australia, sebuah organisasi yang mendukung para profesional dengan pelatihan, pengembangan, dan komunitas. Universitas mungkin mewajibkan para insinyur pertambangan yang sedang mengambil program untuk bergabung dengan lembaga ini sebagai insinyur mahasiswa agar tetap mendapatkan informasi terbaru tentang berita industri terbaru. Setelah lulus, Anda mungkin ingin mempertimbangkan keanggotaan profesional untuk mempertahankan pengembangan dan komunitas ini sepanjang karier Anda.

4. Melamar pekerjaan di bidang teknik pertambangan

Setelah menyelesaikan gelar sarjana atau master dan memiliki pengalaman kerja, Anda dapat mulai mencari dan melamar pekerjaan di bidang teknik pertambangan. Pertimbangkanlah posisi teknik pascasarjana, di mana Anda dapat meningkatkan pengembangan karier Anda melalui bimbingan dan pelatihan. Posisi pascasarjana adalah posisi yang dibayar, biasanya antara dua hingga tiga tahun, dan Anda mungkin akan ditawari posisi teknik pertambangan di perusahaan Anda setelah menyelesaikan program ini. cari di papan lowongan kerja Indeed untuk posisi-posisi yang relevan di sekitar Anda, dan baca deskripsi pekerjaan untuk menemukan posisi yang menarik bagi Anda. Buatlah daftar singkat pekerjaan yang sesuai dan sesuaikan resume Anda untuk menyoroti pengalaman Anda yang sesuai dengan persyaratan posisi tersebut. Sertakan studi dan prestasi universitas Anda, pengalaman penempatan kerja, dan keterampilan yang relevan untuk menyoroti kesesuaian Anda dengan pemberi kerja.

 

Keahlian yang relevan untuk insinyur pertambangan

Insinyur pertambangan memiliki tanggung jawab yang sangat penting dalam menyediakan sumber daya bagi masyarakat sekaligus memprioritaskan keselamatan masyarakat dan pengusaha di lokasi tambang. Mereka menggunakan keahlian dan pengetahuan tingkat lanjut yang dipelajari melalui pengalaman dan pendidikan untuk memfasilitasi ekstraksi yang aman dan efisien. Mereka juga mengandalkan seperangkat keterampilan lunak khusus untuk memenuhi tugas mereka, termasuk:

Keahlian analitis

Insinyur pertambangan meninjau tantangan dalam ekstraksi mineral dan menganalisis parameter penting dalam situasi tersebut. Mereka menggunakan keterampilan analitis untuk menilai situasi, mempertimbangkan solusi yang mungkin dan dampak yang mungkin ditimbulkannya. Keterampilan analitis terhubung dengan pengetahuan industri mereka untuk memahami komplikasi dan hubungan antara aspek-aspek lain dari keputusan dan solusi mereka.

Keterampilan pengambilan keputusan

Kemampuan untuk mengambil keputusan yang signifikan dengan penuh percaya diri sangat penting bagi para insinyur pertambangan. Para profesional ini memutuskan proses yang memengaruhi keselamatan pekerja, perusahaan, dan lingkungan. Kepercayaan terhadap pengalaman mereka sambil mempertimbangkan konsekuensi dari pekerjaan mereka dapat meningkatkan keterampilan pengambilan keputusan para insinyur.

Keterampilan komunikasi

Operasi tambang terdiri dari berbagai profesional dengan latar belakang dan pengetahuan yang berbeda yang berkolaborasi dalam proyek. Para insinyur tambang menggunakan keterampilan komunikasi untuk menyampaikan pesan mereka secara efektif kepada kolega dan atasan mereka, menjelaskan alasan keputusan dan keprihatinan mereka. Keterampilan komunikasi juga membantu mereka bekerja dengan insinyur lain dan membangun solusi yang sesuai sebagai sebuah tim.

Manajemen tekanan

Sifat profesi insinyur pertambangan membutuhkan keputusan tingkat tinggi yang berdampak pada kesuksesan perusahaan dan keselamatan orang lain. Insinyur pertambangan dapat memiliki beban kerja yang besar dengan tenggat waktu yang harus dipenuhi, dan sifat pekerjaannya dapat membawa stres dan tekanan tambahan pada posisi tersebut. Mengelola tekanan dan bekerja dengan baik di bawah tekanan sangat penting bagi para profesional untuk berhasil dalam peran ini.

Gaji rata-rata insinyur pertambangan

Gaji rata-rata nasional untuk insinyur pertambangan adalah $152.894 per tahun. Perusahaan mineral yang menjual bahan yang diekstraksi ke kilang dan produsen produk biasanya mempekerjakan insinyur pertambangan. Insinyur pertambangan juga dapat membantu menjual mineral-mineral ini. Oleh karena itu, mereka dapat memperoleh gaji tinggi untuk keputusan dan solusi tingkat tinggi yang signifikan yang mereka buat. Insinyur yang bekerja di lokasi tambang terpencil, biasanya dalam daftar terbang masuk dan keluar, mungkin memperoleh gaji lebih tinggi dari gaji rata-rata. Insinyur lain yang bekerja di lokasi tambang yang mengekstraksi mineral bernilai tinggi, seperti minyak dan gas, juga dapat menerima gaji yang lebih tinggi.

Lingkungan kerja untuk insinyur pertambangan

Sebagian besar insinyur pertambangan bekerja dari jarak jauh di kantor-kantor di lokasi tambang, di mana mereka dapat dengan mudah mengakses lokasi kerja. Insinyur pertambangan yang berpengalaman dan senior dapat berpindah ke peran konsultan atau manajemen, di mana mereka bekerja di lokasi kantor pusat, biasanya di kota-kota besar. Insinyur pertambangan umumnya bekerja dengan jadwal sporadis. Beberapa daftar nama mungkin mengharuskan para profesional ini bekerja berjam-jam dalam beberapa hari berturut-turut, diikuti dengan waktu libur yang panjang. Mereka yang bekerja di lingkungan kantor dapat bekerja penuh waktu dari Senin hingga Jumat, dengan sesekali lembur selama periode operasi pertambangan yang kritisAngka gaji mencerminkan data yang tercantum di Indeed Salaries pada saat penulisan. Gaji dapat bervariasi tergantung pada organisasi yang mempekerjakan dan pengalaman, latar belakang akademis, dan lokasi kandidat. Harap dicatat bahwa tidak ada perusahaan yang disebutkan dalam artikel ini yang berafiliasi dengan Indeed.

 

Disadur dari: au.indeed.com