Menjelajahi Peluang di Indonesia Tanpa Entitas

Dipublikasikan oleh Nurul Aeni Azizah Sari

17 Mei 2024, 12.01

Sumber: Pinterest.com

Manfaat dari layanan organisasi pemberi kerja profesional (PEO)
Ketika harus mempekerjakan orang untuk menjalankan bisnis anda di negara asing seperti Indonesia, pendekatan tradisional yang dilakukan adalah mendirikan perusahaan yang beroperasi penuh yang mematuhi peraturan SDM, pajak, dan peraturan lainnya. Namun, proses pendirian perusahaan di Indonesia bisa memakan waktu beberapa bulan. Selama itu, perusahaan yang dimaksud tetap tidak beroperasi, menimbulkan biaya operasional yang signifikan dan membutuhkan modal investasi yang besar. Pendekatan ini juga berarti bahwa perusahaan yang berinvestasi mungkin tidak sepenuhnya memahami bisnis, lanskap keuangan, preferensi konsumen, atau budaya lokal pasar asing.

Strategi masuk pasar yang tetap ini dapat menyebabkan kesalahan yang dapat dihindari seperti:

  • Memilih model penetapan harga yang salah
  • Meluncurkan lini layanan atau produk awal yang tidak sesuai
  • Mendirikan usaha di lokasi yang tidak menguntungkan
  • Mengejar model bisnis yang salah arah, atau
  • Bermitra dengan rekan bisnis atau pemasok yang salah.
  • Tanpa informasi di lapangan dan pengalaman praktis, kesalahan-kesalahan ini dapat terjadi dengan mudah. Namun, memperbaiki kesalahan tersebut setelah investasi dilakukan akan memakan banyak biaya, waktu, dan bahkan dapat merusak reputasi bisnis.

Mempertimbangkan tantangan-tantangan ini, semakin banyak perusahaan saat ini memilih pendekatan yang lebih bijaksana, dengan menguji atau menargetkan kehadiran yang lebih kecil atau jangka pendek di Indonesia - yang memungkinkan perusahaan untuk memitigasi risiko dan mendapatkan wawasan pasar yang berharga sebelum membuat komitmen yang signifikan. Model yang kurang dikenal bagi perusahaan untuk melakukan lindung nilai terhadap risiko masuk ke pasar tersedia di beberapa pasar Asia. Sebagai alternatif, model masuk pasar baru yang disebut Global Staffing memungkinkan investor asing untuk berbisnis di Indonesia dalam jangka waktu pendek tanpa harus memiliki badan hukum sendiri.

Memahami solusi kepegawaian global dan PEO: bagaimana cara kerjanya? 
Global Staffing Solutions (GSS) adalah strategi masuk pasar dan rangkaian layanan yang dapat mempermudah bisnis untuk beroperasi secara internasional. Kunci utama dalam rangkaian GSS adalah layanan Professional Employer Organization (“PEO”).  Professional Employer Organization (PEO) adalah penyedia layanan pihak ketiga yang bertindak sebagai pemberi kerja untuk bisnis, mengelola semua fungsi terkait sumber daya manusia, termasuk penggajian, tunjangan, dan kepatuhan terhadap undang-undang ketenagakerjaan. Dengan bermitra dengan PEO, investor dapat melibatkan karyawan lokal dan menavigasi seluk-beluk ketenagakerjaan di Indonesia, tanpa perlu mendirikan badan hukum.

Hal ini mengakibatkan perusahaan lokal mengambil beban manajemen SDM karyawan sehari-hari, penggajian, dan kepatuhan pajak, membebaskan sumber daya penting Anda sehingga Anda, sebagai perusahaan internasional, dapat fokus pada bisnis Anda dan mengeksplorasi pilihan Anda di pasar yang baru atau asing. 

Ini berarti, sementara perusahaan luar negeri dan karyawan outsourcing-nya akan mempertahankan kontrol normal sehari-hari dan hubungan kerja dengan karyawan, penyedia layanan lokal di Indonesia akan menangani semua mitigasi risiko, kepatuhan, penggajian, dan tunjangan di lapangan. 

Keuntungan mengadopsi strategi solusi kepegawaian global 
Perusahaan asing dapat mengambil manfaat dari layanan GSS dengan mempekerjakan karyawan penuh waktu untuk bekerja di pasar luar negeri dengan tetap mematuhi hukum setempat, tanpa waktu dan investasi yang dibutuhkan untuk mendirikan dan mengoperasikan badan hukum di luar negeri. 

Layanan ini secara khusus dapat memberikan keuntungan berikut bagi bisnis

Keahlian dan dukungan lokal
Dengan bermitra dengan penyedia layanan PEO, investor mendapatkan akses ke tim ahli lokal yang memiliki pengetahuan luas tentang pasar Indonesia. Para profesional ini dapat memberikan panduan dan dukungan dalam berbagai aspek, termasuk rekrutmen, hubungan karyawan, nuansa budaya, dan wawasan pasar. Keahlian lokal ini dapat sangat berharga bagi bisnis yang ingin membuat keputusan yang tepat dan menavigasi tantangan unik dalam beroperasi di Indonesia.

Mempekerjakan staf dengan biaya tenaga kerja lokal 
Melalui GSS, perusahaan asing dapat dengan mudah mempekerjakan karyawan dengan upah lokal yang wajar, yang menghindari biaya yang tidak perlu karena kurangnya pengetahuan tentang standar upah lokal dan estimasi yang salah dari anggaran tenaga kerja. 

Hal ini juga memberikan kesempatan kepada investor asing untuk menguji orang lokal dan menilai kesesuaian untuk dipekerjakan di bawah struktur permanen lokal atau, menentukan keahlian tambahan apa yang harus dimiliki oleh karyawan “pertama” perusahaan untuk memberikan hasil di negara tersebut. 

Manajemen karyawan yang dialihdayakan 
Karena hubungan kerja antara karyawan dan penyedia lokal, tim SDM dapat membantu pemberi kerja asing dengan perhitungan gaji, kontribusi asuransi sosial, deklarasi pajak penghasilan individu (IIT), dan penggantian biaya untuk karyawan lokal mereka. Layanan GSS membebaskan perusahaan asing dari urusan SDM dan administrasi sehari-hari, sehingga mereka dapat berkonsentrasi pada kegiatan bisnisnya. 

Mempekerjakan karyawan yang sesuai dengan hukum ketenagakerjaan
Menavigasi peraturan ketenagakerjaan yang kompleks dan standar kepatuhan di negara asing bisa menjadi tugas yang menakutkan. Untungnya, bermitra dengan PEO di Indonesia dapat membantu investor mengurangi tantangan ini. Penyedia layanan PEO yang memiliki reputasi baik akan memiliki pemahaman mendalam tentang hukum dan peraturan ketenagakerjaan setempat, memastikan bahwa bisnis beroperasi sesuai dengan semua persyaratan hukum, meminimalkan risiko penalti dan komplikasi hukum.

Cukup banyak orang asing dan staf lokal yang terus dipekerjakan “di luar pembukuan” di Indonesia dan dikirimi uang dari perusahaan di luar negeri langsung ke rekening bank lokal mereka. Hal ini berisiko dari segi kepatuhan hukum karena tidak ada kontribusi sosial atau pajak yang dibayarkan. Selain itu, strategi ini juga tidak memberikan investor luar negeri pengaruh atau kendali hukum atas aset tersebut di lapangan. 

Dengan strategi GSS, penyedia jasa lokal dapat memastikan bahwa karyawan asing tersebut tetap patuh terhadap hukum dan peraturan di Indonesia, dan secara proaktif membantu proses pengurusan visa dan izin kerja karyawan asing tersebut, membuat rekening bank, serta verifikasi IIT di Indonesia. 

Hal ini memiliki manfaat tambahan untuk mengurangi banyak masalah hukum dan praktis yang muncul ketika pembayaran dilakukan ke rekening bank pribadi karyawan di luar negeri. Dengan adanya struktur GSS, karyawan asing dapat menerima uang secara langsung dari perusahaan lokal ke rekening bank lokal mereka di Indonesia. 

Mendapatkan dukungan hukum untuk masalah kontrak kerja 
Terakhir, tim hukum di Indonesia juga dapat membantu pembentukan dan penentuan kontrak kerja dengan karyawan, sesuai dengan undang-undang ketenagakerjaan setempat. 

Fleksibilitas dalam hubungan kerja 
Perusahaan asing dapat memutuskan hubungan kerja dengan pekerja lokal dengan biaya yang terbatas jika terdapat ketidakcocokan dalam keahlian atau ekspektasi. Dengan cara yang sama, mereka dapat dengan mudah meningkatkan solusi kepegawaian mereka jika hubungan kerja terbukti berhasil. 

Mengakses pasar Indonesia dengan mudah: Aplikasi serbaguna untuk model solusi kepegawaian global
Secara tradisional, strategi memasuki pasar yang sukses membutuhkan pertimbangan waktu, skala relatif terhadap persaingan, dan kemampuan untuk memanfaatkan aset yang saling melengkapi. Namun, di era baru dalam berbisnis ini, kelincahan operasional kini telah muncul sebagai penentu utama kesuksesan. 

Dengan demikian, bisnis harus siap untuk merespons dan beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan pasar dan lingkungan dengan cara yang produktif dan hemat biaya. Dalam hal merancang strategi memasuki pasar, hal ini menunjukkan pergeseran fokus ke pasar yang berbeda, dengan cepat dan dengan biaya dan risiko yang minimal. 

Layanan, seperti solusi kepegawaian global, memberdayakan perusahaan asing dengan kemampuan untuk melihat alternatif dalam sektor tertentu dan mencoba berbagai strategi atau bahkan pasar di Asia untuk merencanakan menghadapi gangguan rantai pasokan dan membangun operasi jangka panjang yang berkelanjutan.

Secara lebih luas, GSS menyediakan strategi masuk pasar yang efektif bagi perusahaan yang ingin berekspansi ke negara-negara yang sedang berkembang pesat di Asia, seperti Vietnam, Singapura, dan Indonesia. Investor dapat menggunakan ini di pasar baru untuk mendapatkan pengetahuan langsung tentang lingkungan dan budaya bisnis lokal - untuk menentukan kesesuaian pasar dan merumuskan strategi masuk yang tepat. 

Ketidakpastian merupakan faktor yang tak terelakkan dalam berbisnis dalam iklim ekonomi apa pun. Namun, peristiwa angsa hitam baru-baru ini seperti pandemi COVID-19 menggambarkan bahwa, sekarang, lebih dari sebelumnya, bisnis perlu merencanakan hal-hal yang tidak terduga - rantai pasokan global yang terganggu, ekonomi yang tidak stabil, dan/atau pemutusan hubungan kerja (PHK) massal. 

Salah satu keuntungan utama memanfaatkan layanan PEO adalah fleksibilitas yang ditawarkannya kepada investor. Bisnis dapat dengan cepat meningkatkan atau menurunkan skala operasi mereka, tergantung pada kondisi pasar dan persyaratan bisnis, tanpa perlu melakukan restrukturisasi atau perampingan. Tingkat fleksibilitas ini memungkinkan investor untuk beradaptasi dan merespons dinamika pasar yang berubah dengan cepat, memastikan kelincahan dalam operasi bisnis mereka di Indonesia.

Disadur dari: aseanbriefing.com