Meningkatkan Efektivitas Belajar dengan Metode Desain

Dipublikasikan oleh Farrel Hanif Fathurahman

22 April 2024, 04.06

Lobus otak - Wikipedia

Metode desain dapat berupa proses, strategi, instrumen, atau dukungan untuk merancang. Mereka menyediakan berbagai tugas yang mungkin digunakan seorang desainer dalam proses desain yang komprehensif. Meskipun proses desain tradisional seperti membuat sketsa dapat dianggap sebagai teknik desain, proses baru yang lebih sering dikategorikan sebagai "metode desain" telah dikembangkan sejak tahun 1950-an. "Upaya untuk mempublikasikan pemikiran pribadi para desainer; untuk mengeksternalisasikan proses desain" adalah apa yang menyatukan semua teknik desain.

Pertengahan abad ke-20 menyaksikan perkembangan teknik pemecahan masalah baru, dan metodologi desain muncul sebagai reaksi terhadap industrialisasi dan manufaktur massal, yang mengubah karakter desain. Berdirinya Design Research Society dan dimulainya apa yang kemudian dikenal dalam bidang studi desain sebagai "gerakan metode desain" keduanya dipengaruhi oleh "Konferensi Metode Sistematis dan Intuitif dalam Teknik, Desain Industri, Arsitektur dan Komunikasi" di London tahun 1962. ". L. Bruce Archer dari Royal College of Art dan J. Christopher Jones dari Universitas Manchester adalah tokoh terkemuka dalam gerakan ini di Inggris.

Pada tahun 1960-an, gerakan ini berkembang dari seminar-seminar lebih lanjut mengenai teknik desain inovatif yang diadakan di Inggris dan Amerika. Selama masa ini, buku pertama tentang pendekatan kreatif (11–12) dan metode desain rasional (5-8, 9–10) diterbitkan.

Di Jerman, metodologi desain baru muncul secara bersamaan, terutama di Sekolah Desain Ulm (Hochschule für Gestaltung–HfG Ulm) yang dipimpin Tomás Maldonado (1953–1968). Di Ulm, pendidikan desain menggabungkan desain dengan sains (termasuk ilmu sosial) dan memasukkan disiplin akademis baru seperti semiotika, sibernetika, dan teori sistem. Horst Rittel adalah instruktur penting lainnya di Ulm, begitu pula Bruce Archer. Rittel pindah ke Universitas California, Sekolah Desain Berkeley pada tahun 1963, di mana ia membantu mendirikan Grup Metode Desain, sebuah kelompok yang didedikasikan untuk menciptakan dan memajukan teknik-teknik baru, khususnya di bidang perencanaan dan desain.

Dua buku penting, namun sangat berbeda, diterbitkan menjelang akhir tahun 1960-an: Design Methods karya J. Christopher Jones dan The Sciences of the Artificial karya Herbert A. Simon. Simon mendefinisikan "ilmu desain" sebagai "sekumpulan doktrin yang menuntut secara intelektual, analitis, sebagian dapat diformalkan, sebagian empiris, dan dapat diajarkan tentang proses desain," sementara Jones menyusun serangkaian pendekatan desain yang logis dan kreatif dalam kerangka pendekatan desain yang komprehensif dan kreatif. pandangan desain yang berbasis sistem dan menciptakan masa depan.

Beberapa penolakan terhadap rasionalitas pendekatan desain muncul pada tahun 1970an, terutama dari J. Christopher Jones dan Christopher Alexander, dua pionir bidang ini. Rittel juga mengemukakan keprihatinan mendasar, menggambarkan tantangan perencanaan dan desain sebagai masalah jahat yang tidak sesuai dengan metode ilmiah dan teknis untuk mengatasi masalah yang "jinak". Kritik tersebut memicu pergeseran teknik penyelesaian masalah bagi para desainer, beralih dari metode yang dirasionalisasikan ke arah prosedur "argumentatif" dan partisipatif di mana desainer berkolaborasi dengan pemangku kepentingan dalam masalah tersebut (klien, konsumen, pengguna, komunitas). Hal ini memunculkan desain yang berpusat pada pengguna, desain partisipatif, dan penggunaan pemikiran desain sebagai metode kreatif untuk inovasi dan pemecahan masalah.

Namun, pada tahun 1980-an, terdapat perkembangan yang kuat dan berkelanjutan atas minat terhadap metode desain yang sistematis dan rasional dalam desain teknik; hal ini terbukti di Jepang, di mana Masyarakat Jepang untuk Ilmu Desain didirikan pada tahun 1954, serta di Jerman melalui asosiasi Verein Deutscher Ingenieure dan seri Konferensi Desain Teknik dari Masyarakat Desain. Di Jerman dan Inggris, buku-buku tentang metodologi desain teknik sistematis telah diterbitkan. Divisi Teknik Desain dari American Society of Mechanical Engineers meluncurkan aliran teori dan metodologi desain sebagai bagian dari konferensi tahunannya di Amerika Serikat. Bidang teknik dan ilmu komputer sekarang mencakup ilmu desain dan ilmu desain (metodologi) karena ketertarikan pada pendekatan metodis dan logis dalam desain.

Resep untuk proses perancangan metodis sangat terkait dengan pengembangan teknik desain. Model proses ini seringkali terdiri dari banyak fase atau tahapan, dimulai dengan identifikasi atau pernyataan suatu masalah atau persyaratan untuk desain baru dan diakhiri dengan proposal untuk solusi akhir. L. Bruce Archer menciptakan model 229 langkah yang sangat rinci dari proses desain sistematis untuk desain industri dalam bukunya "Systematic Method for Designers". Namun ia juga menghasilkan model ringkasan dengan tiga fase: fase analitis (pemrograman dan pengumpulan data, analisis), fase kreatif (sintesis, pengembangan), dan fase eksekutif (komunikasi). Empat tahapan proses desain kreatif dimodelkan oleh Dewan Desain Inggris sebagai berikut: Deliver (solusi yang bisa diterapkan), Define (bidang yang menjadi fokus), Develop (solusi yang mungkin), dan Discover (wawasan terhadap tantangan).[25 ] Klarifikasi pekerjaan, Desain Konseptual, Desain Perwujudan, dan Desain Detail adalah tahapan dalam metodologi sistematis Pahl dan Beitz untuk desain teknik. J. Christopher Jones telah menjelaskan metode yang tidak terlalu kaku untuk menciptakan proses desain mendasar untuk diri sendiri.

Model sistematis yang digunakan dalam proses desain teknik biasanya linier dan mengikuti prosedur berurutan, namun model tersebut juga menyadari perlunya iterasi. Model proses yang digunakan dalam desain arsitektur seringkali berbentuk spiral dan siklus, dengan iterasi menjadi hal yang penting dalam pengembangan desain akhir. Model proses dalam desain industri dan produk seringkali terdiri dari serangkaian fase termasuk pemikiran divergen dan konvergen. Meskipun bukan koleksi yang komprehensif, Dubberly Design Office telah mengumpulkan sampel lebih dari 80 pendekatan proses desain.

Ada banyak teknik desain berbeda yang dapat digunakan dengan model proses ini. J. C. Jones mengkategorikan 26 teknik dalam bukunya "Metode Desain" berdasarkan bagaimana teknik tersebut dimaksudkan untuk digunakan dalam proses desain: Menemukan inspirasi: Brainstorming, sinektik, bagan morfologi; Menyelidiki situasi desain: Menyatakan Tujuan, Menyelidiki Perilaku Pengguna, Mewawancarai Pengguna; Menyelidiki struktur masalah: Matriks Interaksi, Inovasi Fungsional, Penyortiran Informasi; Teknik evaluasi: Daftar Periksa, Pemeringkatan dan Pembobotan.

Nigel Cross menggambarkan delapan fase dalam proses desain produk teknik, yang masing-masing memiliki teknik yang sesuai: Menemukan Kemungkinan - Kasus Pengguna; Tujuan yang Eksplisit: Pohon Tujuan; Analisis Fungsi: Menentukan Fungsi; Spesifikasi Kinerja: Menentukan Persyaratan; Mengidentifikasi Fitur - Implementasi Fungsi Kualitas; Opsi Penghasilan - Diagram Morfologi; mempertimbangkan tujuan sambil mengevaluasi alternatif; Meningkatkan Kekhususan melalui Rekayasa Nilai.

Banyak teknik desain yang masih digunakan saat ini dikembangkan agar sesuai dengan praktik desain kontemporer dari gerakan metodologi desain tahun 1960an dan 1970an. Alat yang lebih kualitatif, seperti pendekatan antropologis seperti metodologi situasional dan penyelidikan budaya, telah diperkenalkan belakangan ini.

Disadur dari:

https://en.wikipedia.org