Menguraikan Proses Fabrikasi Logam

Dipublikasikan oleh Cindy Aulia Alfariyani

13 Mei 2024, 10.02

Sumber: www.norfolkiron.com

Apa itu fabrikasi logam?

Fabrikasi logam adalah proses mengambil logam mentah dan mengubahnya menjadi produk jadi. Fabrikasi logam adalah komponen fundamental dari hampir semua industri di planet ini, baik komersial, industri, maupun struktural. Apakah Anda melihat balok struktural baja besar atau sekrup kecil di meja Ikea Anda, ini adalah hasil fabrikasi logam. 

Meskipun banyak orang mereduksi proses fabrikasi logam menjadi pengelasan saja, pengelasan hanyalah sebagian kecil dari proses fabrikasi. Sebenarnya, proses ini sering kali juga mencakup pemotongan, perakitan, pemesinan, pembakaran, dan perakitan komponen logam menjadi produk akhir yang ingin dijual oleh produsen kepada Anda, dan pada setiap tahap proses, ada profesional berpengalaman yang mewujudkan pekerjaan tersebut. 

Apa saja langkah-langkah proses fabrikasi logam?

Fabrikasi logam membutuhkan banyak langkah berbeda untuk membuat logam menjadi produk yang ditentukan. Ini sedikit berbeda tergantung pada industri dan tentu saja untuk pelanggan, tetapi berikut ini adalah langkah-langkah yang paling umum dalam prosesnya. 

Merancang

Langkah pertama fabrikasi logam adalah mendesain produk jadi. Hal ini umumnya dilakukan dengan perangkat lunak CAD (desain berbantuan komputer). Dalam program semacam itu, gambar dapat dibuat dengan tepat sesuai dengan pengukuran yang diperlukan, dengan akurasi yang lengkap meskipun ada kerumitan yang melekat. CAD juga memungkinkan para insinyur dan desainer untuk menguji model untuk kinerja. Dengan cara ini, prototipe 3D dari suatu objek dapat dibuat sebelum logam dipotong atau dibentuk. Setelah desain selesai, mereka biasanya dapat dimasukkan langsung ke mesin las untuk pemotongan yang memenuhi spesifikasi secara tepat.

Breaking Down the Metal Fabrication Process

Fabrikasi

Fabrikasi sendiri menggambarkan proses pembentukan logam sesuai dengan yang diinginkan. Ini termasuk memotong, membengkokkan, dan merakit. Biasanya logam yang dimaksud adalah logam pelat yang biasanya setebal minimal dua inci.

Pemotongan

Memotong pelat dan lembaran logam membutuhkan banyak tenaga yang terkonsentrasi ke dalam presisi yang baik. Untuk menguasai dikotomi ini, ada beberapa cara untuk menyelesaikan bagian pemotongan dari proses fabrikasi logam. Cara terbaik untuk proyek ini sangat bergantung pada jenis logam yang dipotong, ketebalan dan kekerasannya, dan seberapa presisi pemotongan yang dibutuhkan. 

Pemotongan laser, pemotongan jet air, dan pemotongan mekanis adalah tiga jenis pemotongan logam yang memiliki toleransi kesalahan yang rendah. Mereka mungkin memerlukan alat seperti mesin bubut, gilingan, gunting, dan penggores. Sekali lagi, alat-alat ini mengikuti spesifikasi yang disebutkan dalam cetak biru komputer untuk memastikan bahwa mereka benar-benar sesuai dengan yang dicari klien. 

Cara paling tepat untuk memotong lembaran logam adalah dengan menggunakan laser atau sayatan berenergi tinggi lainnya. Di Norfolk Iron & Metal, adalah hal yang biasa bagi kami untuk menggunakan pemotongan plasma, terutama ketika kami perlu membuat desain yang rumit atau bekerja dengan sangat akurat.

Metode reduktif lainnya

Pemotongan bukan satu-satunya proses reduktif yang terlibat dalam fabrikasi logam. Berikut adalah beberapa teknik umum lainnya:

  • Melubangi-Seperti menggunakan pelubang kertas, pelubangan menggunakan pelubang logam yang dikeraskan (dan cetakan di bawahnya) untuk melubangi pelat logam. Ini adalah cara yang efektif untuk menghilangkan material berlebih dari permukaan kerja.
  • Geser-Proses geser menggunakan pisau tajam hampir seperti gunting untuk mengiris garis lurus melalui logam, terutama lembaran logam datar seperti baja, aluminium, atau kuningan.
  • Pengosongan-Paling baik diterapkan pada logam yang lebih lembut dalam lembaran atau strip, pengosongan melubangi potongan logam dengan cetakan. Potongan-potongan yang dilubangi dengan blanking biasanya lebih besar daripada yang dihasilkan dengan meninju.
  • Bentukan-Bentukan adalah metode yang sangat baik untuk membuat potongan dan sudut yang terlalu detail untuk proses geser. Metode ini bekerja paling baik dengan volume yang lebih rendah dan logam lembaran atau gulungan.

Breaking Down the Metal Fabrication Process

Pembentukan

Pembentukan mungkin merupakan bagian yang paling bernuansa dari proses fabrikasi logam. Secara umum, proses ini melibatkan pembentukan logam untuk memenuhi bentuk yang ditentukan dalam cetak biru, tetapi hal ini dilakukan dengan berbagai cara yang tidak dapat kami sebutkan semuanya. Yang paling sederhana adalah pengecoran, yang melibatkan penuangan logam cair ke dalam cetakan atau cetakan dan membiarkannya mengeras dalam bentuk yang diperlukan. Pengecoran menambah tekanan pada prosedur ini. Pengecoran sangat ideal untuk produksi massal produk yang identik. Proses pembentukan lainnya termasuk pembengkokan, pelipatan, pemesinan, pencetakan, dan pelubangan.

Perakitan

Seperti namanya, perakitan melibatkan penyatuan semua bagian untuk membentuk produk akhir. Bagian-bagian harus dipasang bersama dalam pengaturan yang benar, dijepit bersama, dan kemudian diikat. Bagaimana cara terakhir ini dilakukan sangat tergantung pada desain dan aplikasi dari bagian tersebut. Teknik penyambungan yang umum termasuk memukau, mengencangkan, dan (yang paling umum) pengelasan. Jenis pengelasan yang digunakan tergantung pada spesifikasi pabrikan. 

Finishing

Finishing adalah sentuhan akhir yang membuat fabrikasi sebuah produk menjadi lengkap. Kadang-kadang termasuk pengecatan, anti karat, atau pelapisan kaca. Menyikat, menyemir, memoles, dan menambahkan stiker adalah bagian dari proses finishing. Selain manfaat estetika dari finishing, langkah terakhir ini (bersamaan dengan perakitan) memperkuat produk akhir dan mempersiapkannya untuk dunia. 

Pemasangan

Pemasangan terkadang paling baik ditangani oleh tim yang membuat karya tersebut. Dengan cara ini, mereka dapat melakukan koreksi atau penyesuaian di tempat sesuai kebutuhan, meminjamkan keterampilan, keahlian, atau peralatan mereka ke dalam proses tersebut. Layanan pemasangan dapat diterapkan pada apa pun, mulai dari elemen struktural besar hingga instrumen yang lebih selaras. 

Pemeliharaan 

Terkadang mereka yang menyelesaikan proses fabrikasi logam juga dipanggil untuk melakukan perbaikan yang diperlukan atau servis rutin. Meskipun pekerjaan semacam ini kurang umum bagi para insinyur dan profesional fabrikasi, namun hal ini tidak jarang terjadi dan sekali lagi memastikan bahwa pekerjaan tersebut dilakukan dengan mata profesional. 

Breaking Down the Metal Fabrication Process

Masa depan fabrikasi logam

Fabrikasi logam tidak akan kemana-mana. Prosesnya, meskipun terkadang terlihat luas, sangat integral dalam hampir semua industri yang ada. Proses fabrikasi logam bertanggung jawab untuk membuat suku cadang pesawat terbang, baik militer maupun komersial; peralatan pertanian; komponen kendaraan otomotif dan rekreasi; peralatan pengolahan makanan; peralatan dan perlengkapan konstruksi; perangkat komunikasi; dan peralatan pengumpul dan pengolah energi, hanya untuk menyebut beberapa di antaranya.

Dengan aplikasi yang begitu luas, proses fabrikasi logam menjadi pilihan yang aman untuk karier. Setiap aspek dari proses ini membutuhkan orang-orang yang tertarik dengan pekerjaan dan bersedia untuk menyelesaikannya dengan baik.

Disadur dari: www.norfolkiron.com