Mengenal Tekstil Teknis

Dipublikasikan oleh Jovita Aurelia Sugihardja

29 Februari 2024, 09.07

Sumber: Wikipedia

"Tekstil teknis" berarti sepotong kain yang dirancang dan diproduksi untuk tujuan fungsional selain pakaian dan perlengkapan rumah tangga. Kain ini dirancang untuk memiliki sifat dan karakteristik kinerja tertentu, sehingga cocok untuk berbagai aplikasi industri, medis, otomotif, dirgantara, dan aplikasi teknis lainnya. Tidak seperti kain tradisional yang digunakan untuk pakaian atau dekorasi, kain industri dioptimalkan untuk memberikan kualitas seperti kekuatan, daya tahan, tahan api, tahan bahan kimia, penanganan kelembapan, dan komponen khusus lainnya untuk memenuhi kebutuhan spesifik berbagai industri dan sektor. ..

Abstrak
Benih industri adalah produk benih yang diproduksi untuk tujuan non-estetika dimana hasil adalah kriteria utama. Tekstil industri mencakup tekstil otomotif, tekstil medis (misalnya komposit), geotekstil (perkuatan tanah), tekstil pertanian (tekstil pelindung tanaman) dan tekstil pelindung (misalnya perlindungan termal dan perlindungan untuk pakaian pemadam kebakaran, perlindungan logam cair untuk pakaian pemadam kebakaran ). . koki, rompi antipeluru dan antipeluru serta pakaian antariksa).

Sektor ini besar dan berkembang serta mendukung banyak industri lainnya. Tingkat pertumbuhan global benih teknis adalah 4% per tahun. Saat ini, bahan tekstil teknis banyak digunakan dalam pakaian saring, furnitur, peralatan sanitasi, dan bahan konstruksi.

Pendahuluan 
Techtextil, sistem klasifikasi yang dikembangkan oleh Messe Frankfurt Exhibition GmbH, digunakan secara luas di Eropa, Amerika Utara, dan Asia. Techtextil mendefinisikan 12 bidang aplikasi: Agrotech, Buildtech, Clothtech, Geotech, Hometech, Indutech, Medtech, Mobiltech, Oekotech, Packtech, Protech dan Sporttech, Architech (manufaktur tekstil), Tekstil Militer, Autotech (tekstil otomotif) dan Smartech. Tekstil Cerdas) . ). ), Laptop, . Terkadang Agrotex, Buildtex, Clothtex, Geotex, Hometex, Indutex, Medtex, Mobiltex, Oekotex (Ecotex), Packtex, Protex dan Sportex.

Agrotech (Agrotech Fibers)
Serat Agrotech terkait dengan sektor agrotech, mengurangi masalah pertanian dan cara melindungi tanaman dan perkembangan tanaman. Secara khusus, serat pestisida tahan terhadap cuaca dan mikroorganisme, serta perlindungan terhadap unsur-unsur berbahaya dan faktor eksternal. Serat pestisida membantu meningkatkan semua aspek pertumbuhan dan pemeliharaan tanaman. Ada banyak jenis benih, jenis kain, serat dan teknologi yang digunakan dalam pertanian, khususnya benih agrokimia yang berguna untuk perlindungan tanaman dan perkembangan tanaman (misalnya pakaian pelindung, peneduh dan tabir surya, jendela, jaring burung). memengaruhi melindungi tanaman dari sinar matahari langsung dan burung dengan memberikan naungan, panas, dan ventilasi yang cukup. Serat pestisida meliputi karpet, kain, dan serat tumbuhan. Serat pestisida juga berguna dalam hortikultura, akuakultur, pertamanan dan kehutanan. Kegunaan dan aplikasi lainnya termasuk perlindungan hewan, pengendalian gulma dan serangga, dll.

Buildtech (Tekstil Konstruksi)
Tekstil konstruksi digunakan dalam perkuatan beton arsitektural, sistem pondasi permukaan, konstruksi interior, isolasi, isolasi, insulasi, kebisingan, perlindungan visual, perlindungan UV, dan keamanan rumah.

Penerapan lainnya adalah penggunaan membran kain dalam konstruksi plafon. Daerah ini juga dikenal sebagai struktur serat. Poliester (PES), bahan serat kaca dan PES berlapis Teflon dan silikon digunakan karena daya tahannya yang rendah. Contoh arsitektur ini dapat ditemukan di stadion sepak bola, bandara, dan hotel.

Clothtech
Teknologi pakaian. Semua komponen tekstil yang digunakan pada pakaian dan alas kaki mempunyai komponen tekstil teknis. Clothtech mencakup komponen fungsional yang tidak terlihat seperti ritsleting, label, benang jahit, karet gelang, fiberfill, bantalan, tali, tali Velcro, dan kain jahit. Benang jahit merupakan komponen utama sekitar 60%, disusul label sebesar 19%, pengencang sebesar 8%, tali dan resleting sebesar 5%, serta velcro dan payung sebesar 2%.

Clothtech adalah divisi penting dari sektor tekstil teknis, memberikan kontribusi 7% terhadap total industri tekstil teknis..

Geoteknik (geotekstil)
 Digunakan untuk memperkuat pertahanan atau konstruksi. Kain geotekstil adalah kain permeabel yang diaplikasikan pada tanah untuk pemisahan, penyaringan, perlindungan atau pengeringan. Aplikasinya meliputi teknik sipil, konstruksi tanah dan jalan, konstruksi bendungan, penyegelan tanah dan sistem air. Kain yang digunakan di sini harus memiliki kekuatan, daya tahan, daya serap dan ketebalan yang baik. Terutama kain tenun dan non-anyaman yang digunakan. Serat sintetis seperti fiberglass, polipropilen, dan akrilik digunakan untuk mencegah retak pada beton, plastik, dan bahan bangunan lainnya. Polipropilena dan poliester digunakan dalam geotekstil dan filter kering/basah karena kompatibilitasnya.

Teknologi konstruksi (tekstil)
Tekstil yang digunakan di lingkungan rumah tangga: dekorasi interior dan furnitur, karpet, tabir surya, insulasi, penghambat api, bantal, penutup lantai dan dinding, struktur/peralatan yang diperkuat serat [16 ]

Bangunan Besar, Api Bahan tahan digunakan di pasar kontrak seperti kapal, mobil dan bus. Ketahanan api dapat dicapai dengan menggunakan serat tahan api seperti modakrilik atau dengan menggabungkan pelapis dan aditif tahan api (senyawa fosfor bromida).

Indutech (Bahan Industri)
Kain yang digunakan dalam industri kimia dan listrik serta kain yang berhubungan dengan teknik mesin. Sablon, filtrasi, tampilan plasma, teknologi akselerasi, peralatan pengangkat/pengangkat, elemen akustik, proses peleburan, tutup rol, teknologi penggilingan, penyegelan, penyegelan, sel bahan bakar.

Benang pengangkat
Kain teknis untuk aplikasi pengangkatan. Ini digunakan dalam angkat berat. Kain yang dihasilkan ditenun dengan benang berkekuatan tinggi dan kain tersebut mengalami perlakuan panas dan panas tinggi untuk mengontrol pemanjangan. Biasanya terbuat dari poliester dan nilon yang kuat, tetapi benang HMPE seperti Dyneema juga digunakan.

Tekstil medis adalah bahan tekstil seperti serat, benang dan kain yang mendukung medtech (bidang penerapan) dengan perawatan kesehatan, kebersihan, pengendalian infeksi, bahan penghalang, implan polimer, perangkat medis, dan teknologi pintar. Tekstil medis membantu berbagai produk dalam menangani praktik dan prosedur medis seperti mengobati cedera dan menangani lingkungan atau situasi medis. Tekstil medis juga mencakup serat untuk menumbuhkan jaringan organik manusia.Tekstil medis menawarkan bahan yang dilaminasi dan dilapisi untuk berbagai pakaian pelindung untuk perlindungan yang lebih baik dari infeksi, cairan seperti pakaian APD untuk dokter, perawat, staf rumah sakit, dan pakaian yang dikenakan oleh petugas kesehatan sebagai alat pelindung diri, pakaian pasien, serta pakaian bedah dan isolasi. Tekstil teknis untuk keperluan medis juga membantu dalam penyediaan masker wajah, masker wajah FFP2, pakaian dan tirai bedah, sarung tangan nitril sekali pakai, kacamata atau pelindung mata, penutup kepala, penutup sepatu panjang, berbagai bantuan perawatan luka seperti perban dan pembalut, dan pakaian kompresi. , dll. Tekstil medis yang terintegrasi dengan teknologi pintar menyediakan kontak jarak jauh antara dokter dan pengguna.

Di Amerika Serikat, gaun medis adalah peralatan medis yang diatur oleh FDA. Gaun isolasi bedah diatur oleh FDA sebagai perangkat medis Kelas II yang memerlukan pemberitahuan pra-pasar 510(k), tetapi gaun non-bedah merupakan perangkat Kelas I yang dikecualikan dari tinjauan pra-pasar. Gaun bedah harus melindungi hanya bagian depan tubuh karena sifat dari prosedur pembedahan, sedangkan gaun isolasi dan gaun non-bedah harus melindungi sebagian besar pakaian. Selama krisis Ebola tahun 2014, WHO menerbitkan panduan singkat tentang penggunaan APD..

Mobiltech (tekstil yang digunakan dalam transportasi; otomotif dan ruang angkasa)

Tekstil ini digunakan dalam konstruksi mobil, kereta api, kapal laut, pesawat terbang, dan pesawat ruang angkasa. Contohnya adalah penutup truk (kain PES berlapis PVC), penutup bagasi mobil (seringkali kempa jarum), tali pengikat untuk pengikat kargo, penutup kursi (bahan rajutan), sabuk pengaman, bahan bukan tenunan untuk penyaringan udara kabin (juga tercakup dalam indutech), kantung udara , parasut, perahu (tiup), balon udara.

Tekstil ini digunakan pada mobil, kapal laut, dan pesawat terbang. Banyak tekstil berlapis dan diperkuat digunakan dalam bahan mesin seperti saluran udara, timing belt, filter udara, kain bukan tenunan untuk isolasi suara mesin. Sejumlah material juga digunakan pada interior mobil. Yang paling jelas adalah sarung jok, sabuk pengaman, dan kantung udara, tetapi tekstil juga dapat ditemukan untuk penyegelan. Nilon memberi kekuatan dan kekuatan pecahnya yang tinggi digunakan sebagai kantung udara pada mobil.

Komposit karbon sebagian besar digunakan dalam pembuatan suku cadang pesawat, sedangkan serat karbon digunakan untuk pembuatan ban kelas atas. Poliester dengan daya tarik tinggi digunakan untuk membuat balon udara.

Oekotech atau ecotech (tekstil perlindungan ekologi)

Aplikasi baru untuk tekstil dalam aplikasi perlindungan lingkungan - penyegelan lantai, perlindungan erosi, pembersihan udara, pencegahan polusi air, pembersihan air, pengolahan/daur ulang limbah, konstruksi area penyimpanan, ekstraksi produk, instalasi pembuangan air limbah domestik.

Packtech (kemasan tekstil)

Tekstil kemasan adalah bahan seperti serat, benang, kain, dan polimer yang berkontribusi dalam pembuatan berbagai kemasan, silo, wadah, tas, tali pengikat, penutup kanvas, tenda tenda.

Protech (tekstil pelindung)

Target utama dari kain pelindung teknis ini adalah untuk meningkatkan keselamatan manusia di tempat kerja mereka. Kain pelindung teknis dapat menyelamatkan nyawa pekerja, oleh karena itu sebagian besar digunakan untuk pembuatan APD (alat pelindung diri). Permintaan akan kain-kain ini semakin meningkat di seluruh dunia berkat sensibilitas masyarakat, yang memerlukan lebih banyak keselamatan di tempat kerja. Ada beberapa organisasi di seluruh dunia (ASTM dan ISO) yang menjelaskan persyaratan dan peraturan, yang harus dipenuhi oleh suatu kain, untuk dianggap sebagai kain pelindung teknis. Tujuan dari kain pelindung teknis bukanlah fashion, kain tersebut dirancang untuk memiliki nilai ekstra dalam perlindungan terhadap beberapa bahaya.
 

Saat ini di pasaran dapat ditemukan kain teknis yang melindungi:

  • Suhu tinggi (isolasi, pemadam kebakaran)

  • luka bakar (nyala api, panas konvektif dan radiasi, petugas pemadam kebakaran, area ATEX)

  • Pelepasan busur listrik (ledakan plasma, Perusahaan listrik) 

  • dampak logam cair (pengecoran)

  • percikan logam (pengelasan)

  • lingkungan asam (petrokimia, gas, kilang, kimia)

  • dampak peluru (militer, keamanan)

  • tahan potong (sarung tangan, industri kaca)pakaian astronot 

  • Sisa paket makanan 

  • Bank berbayar

Kain-kain ini terbuat dari berbagai jenis serat, karena setiap campuran memiliki karakteristik teknis yang berbeda pada kainnya:

  • Meta-Para aramida – Nomex: ketahanan tinggi, sobek, kekuatan tarik, mahal,

  • Wol viscose poliamida – marlan : penolak logam cair, insulasi panas, transparansi.

  • Serat kaca - Resistansi tinggi, isolasi.

  • Katun modakrilik – Marko wiki: Marko : perlindungan terhadap busur listrik, nyaman, tahan api, multinorm, efisien, ramah kulit, antistatis.

  • Poliamida – Kevlar : ketahanan ekstrim, penuaan rendah 

Sportech (tekstil olahraga)

Sepatu, perlengkapan olahraga, olah raga terbang dan berlayar, panjat tebing, memancing, bersepeda, olahraga musim dingin dan musim panas, olahraga dalam ruangan bisa bermacam-macam dari apa saja termasuk tas olahraga.

Pertunjukan 

Dalam konteks pakaian, andquot;kinerjaandquot; mengacu pada kapasitasnya untuk memungkinkan pergerakan tanpa hambatan dan perawatan yang mudah, memastikan kenyamanan dalam segala keadaan, dan berpotensi meningkatkan kinerja selama aktivitas aerobik dan olahraga, sambil tetap mempertahankan penampilan.

Beberapa bidang penerapan lainnya Sabuk konveyor Untuk aplikasi industri dan transmisi tenaga, tekstil teknis digunakan pada ban berjalan. Penguat yang biasanya terdapat di bagian dalam ban berjalan biasanya disebut sebagai and#039;and#039;bangkaiand#039;and#039; yaitu kain di dalam ban berjalan, yang bertanggung jawab atas kekuatan dan sifat regangan sabuk. Bangkai ini dibuat dengan lapisan kain tenun yang diikat menjadi satu.

Elektronik dalam tekstil 

Tekstil yang digabungkan dengan elektronik memungkinkan teknologi untuk berbagai aplikasi dalam perawatan kesehatan, rehabilitasi, atau olahraga. Komputer yang dapat dikenakan memiliki peran dan kemampuan kontekstual yang lebih besar seperti penginderaan, adaptasi, penemuan sumber daya, dan augmentasi..

Disadur dari:  https://en.wikipedia.org/wiki/Technical_textile