Mengenal Sejarah Perusahaan Multi Nasional Motorola

Dipublikasikan oleh Dias Perdana Putra

18 April 2024, 11.53

Sumber: en.wikipedia.org

Motorola

Motorola, Inc. adalah perusahaan telekomunikasi multinasional Amerika yang berkantor pusat di Schaumburg, Illinois. Galvin didirikan pada tahun 1928 oleh saudara Paul dan Joseph sebagai Galvin Manufacturing Corporation. Perusahaan ini berganti nama menjadi Motorola pada tahun 1947. Setelah mengalami kerugian sebesar $4,3 miliar antara tahun 2007 dan 2009, Motorola dipecah menjadi dua perusahaan publik independen, Motorola Mobility dan Motorola Solutions, pada tanggal 4 Januari 2011. Reorganisasi ini dilakukan agar Motorola Solutions secara hukum akan mengikuti Motorola Inc. dan Motorola Mobility akan dipisahkan.

Motorola merancang dan menjual peralatan jaringan nirkabel seperti stasiun pangkalan seluler dan penguat sinyal. Produk jaringan rumah dan siaran Motorola mencakup set-top box, perekam video digital, dan perangkat jaringan yang digunakan untuk transmisi video, panggilan komputer, dan televisi definisi tinggi. Pelanggan komersial dan pemerintahnya sebagian besar terdiri dari sistem suara nirkabel dan broadband (digunakan untuk membangun jaringan pribadi) dan sistem komunikasi publik yang aman seperti Astro dan Dimetra. Bisnis ini, kecuali kotak perangkat keras dan modem kabel, menjadi bagian dari Motorola Solutions.

Divisi telepon seluler Motorola memelopori bisnis telepon seluler. Juga dikenal sebagai Sektor Komunikasi Pribadi (PCS) sebelum tahun 2004, industri ini memelopori "telepon seluler" dengan telepon seluler pertama yang sesungguhnya, "ponsel berbasis bata" DynaTAC, "ponsel flip" MicroTAC, dan "ponsel flip". BintangTAC. tahun 1990-an. Perusahaan ini bangkit kembali pada pertengahan tahun 2000an dengan RAZR, namun kehilangan pangsa pasar pada paruh kedua dekade tersebut. Mereka kemudian akan fokus pada ponsel pintar yang menjalankan sistem operasi seluler Android sumber terbuka milik Google. Ponsel Android 2.0 "Eclair" pertama, Motorola Droid, dirilis pada tahun 2009 (versi GSM dirilis sebulan kemudian di Eropa dengan nama Motorola Milestone). Divisi telepon serta bisnis cable box dan modem kemudian dipisahkan menjadi Motorola Mobility.

Sejarah

Motorola didirikan di Chicago, Illinois sebagai Galvin Manufacturing Corporation (di 847 West Harrison Street) pada tahun 1928.

Paul Galvin menginginkan merek dagang untuk radio mobil baru Galvin Manufacturing Corporation dan menciptakan nama "Motorola" dengan menggabungkan kata "motor " . " (untuk mobil) "ola" (dari Victrola), yang juga merupakan akhiran populer bagi banyak perusahaan pada saat itu, seperti Moviola, Crayola. Perusahaan tersebut menjual radio bermerek Motorola pertamanya pada tanggal 23 Juni 1930 kepada Herbert C. Muro de Fort Wayne, Indiana seharga $30. Merek Motorola menjadi sangat terkenal sehingga Galvin Manufacturing Corporation kemudian berganti nama menjadi Motorola Inc. pada tahun 1947.

Galvin Manufacturing Corporation mulai menjual radio mobil Motorola ke departemen kepolisian dan pemerintah kota pada bulan November 1930. Pelanggan keselamatan publik pertama Perusahaan-perusahaan tersebut (semuanya berada di negara bagian Illinois, AS) termasuk Village of Riverwood, Village of Bellwood Police Department, City of Evanston Police, Illinois State Highway Patrol, dan Cook County Police (wilayah Chicago ).

Banyak produk Motorola di bidang yang berhubungan dengan radio, mulai dari penguras baterai radio nirkabel (selama elektrifikasi rumah pedesaan) hingga telepon radio portabel pertama di dunia pada tahun 1940 dan diakhiri dengan produksi elektronik pertahanan, peralatan infrastruktur seluler, dan telepon seluler .

Pada tahun yang sama, perusahaan mengadakan program penelitian dan pengembangan dengan Dan Noble, pionir radio FM dan teknologi semikonduktor, bergabung dengan perusahaan sebagai direktur penelitian. Selama Perang Dunia II, perusahaan ini memproduksi radio genggam SCR-536 AM, yang sangat penting bagi komunikasi Sekutu. Motorola menduduki peringkat ke-94 dalam nilai kontrak manufaktur militer di antara perusahaan-perusahaan Amerika.

Motorola go public pada tahun 1943 dan menjadi Motorola Inc. pada tahun 1947. Saat itu, bisnis inti Motorola adalah produksi dan penjualan televisi dan radio.

Setelah Tahun 2000

Setelah tahun 2000, pada bulan Juni 2000, Motorola dan Cisco mengirimkan jaringan telepon seluler GPRS komersial pertama di dunia ke BT Cellnet di Inggris. Motorola juga mengembangkan ponsel GPRS pertama di dunia.

Pada bulan Agustus 2010 Motorola membeli Printrak International Inc. sebesar $160 juta. Dengan demikian, Motorola tidak hanya memperoleh perlengkapan terkomputerisasi dan perangkat lunak terkait, namun juga memperoleh sistem pengenalan sidik jari otomatis. Dengan akuisisi baru-baru ini, Motorola telah mencapai puncaknya dengan mempekerjakan 150.000 pekerja di seluruh dunia.

Dua tahun kemudian, jumlah karyawan meningkat menjadi 93.000 akibat PHK dan PHK.2005. Pada bulan Juni 2006, Motorola mengakuisisi hak kekayaan intelektual Sendo seharga $30.000 dan membayar £362.575 untuk peralatan, mesin, dan peralatan.Pada bulan Juni 2006, Motorola mengakuisisi TTP Communications plc: (AJAR) yang berbasis di Inggris, yang dikembangkan oleh perusahaan Then . pada tahun 2006, perusahaan mengumumkan telah meluncurkan layanan berlangganan musik yang disebut iRadio.

Teknologi ini muncul setelah mengakhiri kemitraannya dengan Apple Computer (yang memproduksi ponsel yang kompatibel dengan ROKR E1 iTunes pada tahun 2005 dan, yang terbaru, iPhone pada pertengahan tahun 2007). iRadio memiliki banyak kesamaan dengan layanan radio satelit yang ada (seperti Sirius dan XM Radio), menawarkan konten musik bebas komersial untuk streaming. Tidak seperti layanan satelit, konten iRadio diunduh melalui koneksi broadband. Namun, iRadio tidak pernah dirilis secara komersial.

Greg Brown menjadi CEO Motorola pada tahun 2008. Pada bulan Oktober 2008, Motorola setuju untuk menjual bisnis biometriknya kepada perusahaan pertahanan Prancis Safran. Unit bisnis biometrik Motorola berkantor pusat di Anaheim, California. Transaksi selesai pada bulan April 2009. Unit tersebut menjadi bagian dari Sagem Morpho, yang disebut MorphoTrak.

Pisah

Pada tanggal 26 Maret 2008, dewan direksi Motorola menyetujui pemisahannya menjadi dua perusahaan publik. Hal ini terjadi setelah adanya kabar perusahaan tersebut dijual ke perusahaan lain. Perusahaan baru ini akan mencakup divisi Motorola Mobile Devices, Motorola Broadband, dan Mobility Solutions. Arahan ini awalnya diharapkan disetujui dan diselesaikan pada pertengahan tahun 2009, namun masalah restrukturisasi perusahaan dan resesi tahun 2008-2009 menunda langkah tersebut.

Pada tanggal 11 Februari 2010, Motorola mengumumkan bahwa mereka akan bubar. memiliki dua perusahaan swasta publik. Bisnis peralatan telepon seluler dan peralatan televisi akan dialihkan ke Motorola Mobility. Perusahaan lainnya, sebuah perusahaan peralatan pemerintah dan bisnis, adalah Motorola Solutions. Spin-off ditutup pada 4 Januari 2011. Motorola Mobility akhirnya diakuisisi oleh Google pada 22 Mei 2012. Google menjual bisnis peralatan kabel Motorola Mobility ke Arris Group pada Desember 2012, dan Motorola Mobility sendiri dijual ke Lenovo pada 30 Oktober. 2014.

Divisi

Selama spin-off, Motorola dipecah menjadi tiga divisi terpisah. Salah satunya adalah Enterprise Mobility Solutions yang berbasis di Schaumburg, Illinois. Divisi ini menyediakan solusi komunikasi untuk pemerintah, keselamatan publik, dan industri mobilitas perusahaan. Motorola mengembangkan dan memasarkan berbagai macam produk untuk pelanggan di seluruh dunia, termasuk radio dua arah analog dan digital, sistem komunikasi suara dan data, komputasi seluler, data canggih, infrastruktur nirkabel, dan solusi RFID.

Mobilitas dan jaringan rumah Divisi ini berkantor pusat di Arlington Heights, Illinois dan berfokus pada pengembangan sistem end-to-end yang menyediakan akses tanpa batas ke layanan hiburan, informasi, dan komunikasi digital pada platform seluler dan nirkabel. Divisi Motorola ini menyediakan solusi sistem video digital, perangkat set-top interaktif, modem suara dan data untuk pelanggan digital dan jaringan kabel, serta sistem akses broadband untuk operator televisi kabel dan satelit, termasuk penyedia layanan kabel dan nirkabel.

Saat ini, Perangkat Telepon berbasis di Chicago, Illinois dan berfokus pada desain telepon nirkabel. Namun, sebagian besar kekayaan intelektual dilisensikan. Area ini mencakup pengembangan sistem seluler dan nirkabel, aplikasi tertanam, dan perangkat Bluetooth. Dengan mendirikan divisi ini, Motorola unggul dalam berbagai teknologi dan layanan komunikasi.

Keuangan

Divisi telepon seluler Motorola membukukan kerugian $1,2 miliar pada kuartal keempat tahun 2007, sementara perusahaan secara keseluruhan membukukan laba $100 juta pada kuartal tersebut. Perusahaan kehilangan beberapa eksekutif kunci karena pesaing, dan situs web TrustedReviews menyebut produk perusahaan berulang dan tidak inovatif. Motorola memberhentikan 3.500 pekerja pada bulan Januari 2008, diikuti oleh 4.000 PHK pada bulan Juni dan pemotongan 20 persen lagi pada divisi penelitiannya beberapa hari kemudian. Pada bulan Juli 2008, sejumlah besar eksekutif meninggalkan Motorola untuk mengerjakan iPhone Apple Inc. Divisi dana seluler perusahaan juga ditawarkan untuk dijual.

Pada bulan yang sama, analis Riset Teknologi Amerika Mark McKechnie mengatakan Motorola "akan dengan senang hati mengumpulkan $500 juta untuk menjual bisnis telepon selulernya." Analis Richard Windsor mengatakan Motorola mungkin harus membayar seseorang untuk mengambil alih divisi tersebut, dan Motorola bahkan mungkin meninggalkan pasar telepon seluler sama sekali. Pangsa pasar globalnya sedang menurun; Dari pangsa pasar 18,4 persen pada tahun 2007, pangsa pasar perusahaan hanya 6,0 persen pada kuartal pertama tahun 2009, namun Motorola akhirnya membukukan laba $26 juta pada kuartal kedua, dan sahamnya naik 12 persen untuk pertama kalinya sejak 2007, kerugian seperempat. Pada kuartal kedua tahun 2010, perusahaan memperoleh $162 juta, dibandingkan dengan $26 juta pada periode yang sama tahun sebelumnya. Divisi dana selulernya membukukan pendapatan $87 juta untuk pertama kalinya dalam beberapa tahun.

Catatan Lingkungan

Motorola, Inc. dengan Arizona Water Co. diidentifikasi sebagai sumber kontaminasi trikloretilen (TCE) di Scottsdale, Arizona. Kerusakan ini disebabkan oleh pemadaman air selama tiga hari yang berdampak pada hampir 5.000 orang di wilayah tersebut. Motorola ditemukan menjadi sumber utama pelarut industri karsinogenik TCE. Kontaminasi TCE disebabkan oleh kerusakan kipas pada menara ekstraksi udara yang digunakan untuk menghilangkan TCE dari air, dan Motorola menghubungkan situasi tersebut dengan kesalahan pengguna.

Dari delapan belas produsen elektronik besar dalam Greener Electronics Guide Greenpeace (Oktober 2010), Motorola berada di posisi keenam dengan pesaing Panasonic dan Sony. Motorola relatif unggul dalam kriteria bahan kimia dan bertujuan untuk menghilangkan plastik PVC dan penghambat api brominasi (BFR), meskipun hanya pada perangkat seluler dan tidak pada semua produk yang diluncurkan setelah tahun 2010, meskipun Sony Ericsson dan Nokia sudah melakukan hal tersebut. Semua ponselnya kini bebas PVC dan memiliki dua ponsel bebas PVC dan BFR, A45 ECO dan GRASP; semua pengisi daya juga bebas PVC dan BFR.

Perusahaan juga meningkatkan proporsi bahan daur ulang yang digunakan dalam produknya. Misalnya, casing ponsel MOTO W233 Renew dan MOTOCUBO A45 Eco mengandung plastik dari botol pendingin air daur ulang. Menurut perusahaan, semua pengisi daya Motorola yang baru dirancang memenuhi persyaratan Energy Star saat ini dan melampaui persyaratan siaga/siaga setidaknya 67%.

Disadur dari : en.wikipedia.org