Mengenal Masyarakat Informasi

Dipublikasikan oleh Jovita Aurelia Sugihardja

02 Mei 2024, 09.05

Sumber: Wikipedia

Masyarakat informasi adalah masyarakat atau subkultur di mana penggunaan, penciptaan, distribusi, manipulasi, dan integrasi informasi merupakan aktivitas yang signifikan. Pendorong utamanya adalah teknologi informasi dan komunikasi, yang telah menghasilkan pertumbuhan yang cepat dari berbagai bentuk informasi. Para pendukung teori ini menyatakan bahwa teknologi ini berdampak pada bentuk-bentuk organisasi sosial yang paling penting, termasuk pendidikan, ekonomi, kesehatan, pemerintahan, peperangan, dan tingkat demokrasi. Orang-orang yang dapat mengambil bagian dalam bentuk masyarakat ini kadang-kadang disebut sebagai pengguna komputer atau bahkan warga negara digital, yang didefinisikan oleh K. Mossberger sebagai "Mereka yang menggunakan Internet secara teratur dan efektif". Ini adalah salah satu dari sekian banyak istilah internet yang telah diidentifikasi untuk menunjukkan bahwa manusia sedang memasuki fase masyarakat yang baru dan berbeda.

Beberapa penanda dari perubahan yang stabil ini dapat berupa teknologi, ekonomi, pekerjaan, spasial, budaya, atau kombinasi dari semuanya. Masyarakat informasi dipandang sebagai penerus masyarakat industri. Konsep-konsep yang terkait erat adalah masyarakat pasca-industri (post-fordisme), masyarakat pasca-modern, masyarakat komputer dan masyarakat pengetahuan, masyarakat telematik, masyarakat tontonan (postmodernisme), Revolusi Informasi dan Era Informasi, masyarakat jaringan (Manuel Castells), atau bahkan modernitas cair.

Definisi

Saat ini tidak ada konsep yang dapat diterima secara universal tentang apa yang sebenarnya dapat didefinisikan sebagai masyarakat informasi dan apa yang tidak termasuk dalam istilah tersebut. Sebagian besar ahli teori setuju bahwa transformasi dapat dilihat sebagai dimulai di suatu tempat antara tahun 1970-an, transformasi awal 1990-an di Timur Sosialis dan periode 2000-an yang membentuk sebagian besar prinsip-prinsip internet saat ini dan saat ini sedang mengubah cara kerja masyarakat secara fundamental. Teknologi informasi melampaui internet, karena prinsip-prinsip desain dan penggunaan internet memengaruhi bidang-bidang lain, dan ada diskusi tentang seberapa besar pengaruh media tertentu atau moda produksi tertentu. Frank Webster mencatat lima jenis informasi utama yang dapat digunakan untuk mendefinisikan masyarakat informasi: teknologi, ekonomi, pekerjaan, spasial, dan budaya. Menurut Webster, karakter informasi telah mengubah cara hidup kita saat ini. Cara kita berperilaku berpusat pada pengetahuan dan informasi yang bersifat teoritis.

Kasiwulaya dan Gomo (Universitas Makerere) menyinggung bahwa masyarakat informasi adalah masyarakat yang telah mengintensifkan penggunaan TI untuk transformasi ekonomi, sosial, budaya dan politik. Pada tahun 2005, pemerintah menegaskan kembali dedikasi mereka terhadap dasar-dasar Masyarakat Informasi dalam Komitmen Tunis dan menguraikan dasar untuk implementasi dan tindak lanjut dalam Agenda Tunis untuk Masyarakat Informasi. Secara khusus, Agenda Tunis membahas masalah pembiayaan TIK untuk pengembangan dan tata kelola Internet yang tidak dapat diselesaikan pada tahap pertama.

Beberapa orang, seperti Antonio Negri, mencirikan masyarakat informasi sebagai masyarakat di mana orang melakukan pekerjaan yang tidak berwujud. Dengan ini, mereka tampaknya mengacu pada produksi pengetahuan atau artefak budaya. Salah satu masalah dengan model ini adalah model ini mengabaikan basis material dan pada dasarnya industri dari masyarakat. Namun, hal ini menunjukkan sebuah masalah bagi para pekerja, yaitu berapa banyak orang kreatif yang dibutuhkan masyarakat untuk berfungsi? Sebagai contoh, mungkin saja Anda hanya membutuhkan beberapa artis bintang, bukannya banyak artis non-selebriti, karena karya-karya artis tersebut dapat dengan mudah didistribusikan, sehingga memaksa semua pemain sekunder untuk berada di dasar pasar. Sekarang sudah menjadi hal yang umum bagi para penerbit untuk hanya mempromosikan penulis-penulis terlaris mereka dan mencoba menghindari penulis lainnya - bahkan jika mereka masih tetap laku. Film menjadi semakin banyak dinilai, dalam hal distribusi, dari penampilan akhir pekan pertama mereka, dalam banyak kasus memotong kesempatan untuk pengembangan dari mulut ke mulut.

Michael Buckland mencirikan informasi dalam masyarakat dalam bukunya yang berjudul Information and Society. Buckland mengungkapkan gagasan bahwa informasi dapat ditafsirkan secara berbeda dari satu orang ke orang lain berdasarkan pengalaman individu tersebut.

Dengan mempertimbangkan bahwa metafora dan teknologi informasi bergerak maju dalam hubungan timbal balik, kita dapat menggambarkan beberapa masyarakat (terutama masyarakat Jepang) sebagai masyarakat informasi karena kita menganggapnya demikian. 

Kata informasi dapat diartikan dengan berbagai cara. Menurut Buckland dalam Information and Society, sebagian besar makna tersebut masuk ke dalam tiga kategori pengetahuan manusia: informasi sebagai pengetahuan, informasi sebagai proses, dan informasi sebagai benda.

Dengan demikian, Masyarakat Informasi mengacu pada kepentingan sosial yang diberikan pada komunikasi dan informasi dalam masyarakat saat ini, di mana hubungan sosial, ekonomi, dan budaya terlibat.

Dalam Masyarakat Informasi, proses menangkap, memproses, dan mengkomunikasikan informasi adalah elemen utama yang menjadi ciri khasnya. Dengan demikian, dalam jenis masyarakat ini, sebagian besar akan didedikasikan untuk penyediaan layanan dan layanan tersebut akan terdiri dari pemrosesan, distribusi, atau penggunaan informasi.

Pertumbuhan informasi komputer di masyarakat

Pertumbuhan jumlah informasi yang dimediasi oleh teknologi telah diukur dengan berbagai cara, termasuk kapasitas teknologi masyarakat untuk menyimpan informasi, mengkomunikasikan informasi, dan menghitung informasi. Diperkirakan bahwa, kapasitas teknologi dunia untuk menyimpan informasi tumbuh dari 2,6 exabyte (terkompresi secara optimal) pada tahun 1986, yang merupakan informasi yang setara dengan kurang dari satu CD-ROM 730 MB per orang pada tahun 1986 (539 MB per orang), menjadi 295 exabyte (terkompresi secara optimal) pada tahun 2007. Ini merupakan informasi yang setara dengan 60 CD-ROM per orang pada tahun 2007 dan mewakili tingkat pertumbuhan tahunan yang berkelanjutan sekitar 25%. Kapasitas teknologi gabungan dunia untuk menerima informasi melalui jaringan siaran satu arah adalah setara dengan 174 surat kabar per orang per hari pada tahun 2007.

Kapasitas efektif gabungan dunia untuk bertukar informasi melalui jaringan telekomunikasi dua arah adalah 281 petabyte informasi (terkompresi secara optimal) pada tahun 1986, 471 petabyte pada tahun 1993, 2,2 exabyte (terkompresi secara optimal) pada tahun 2000, dan 65 exabyte (terkompresi secara optimal) pada tahun 2007, yang setara dengan informasi dari 6 surat kabar per orang per hari pada tahun 2007. Kapasitas teknologi dunia untuk menghitung informasi dengan komputer serba guna yang dipandu oleh manusia tumbuh dari 3,0 x 10^8 MIPS pada tahun 1986, menjadi 6,4 x 10^12 MIPS pada tahun 2007, mengalami tingkat pertumbuhan tercepat lebih dari 60% per tahun selama dua dekade terakhir.

James R. Beniger menggambarkan kebutuhan informasi dalam masyarakat modern sebagai berikut: "Kebutuhan akan kontrol yang meningkat tajam yang dihasilkan dari industrialisasi proses material melalui penerapan Sumber: energi yang tidak bergerak mungkin menjadi penyebab pesatnya perkembangan teknologi umpan balik otomatis pada periode awal industri (1740-1830)" (hlm. 174) "Bahkan dengan kontrol umpan balik yang lebih baik, industri tidak dapat berkembang tanpa sarana yang lebih baik untuk memproses materi dan energi, bukan hanya sebagai input bahan baku produksi tetapi juga sebagai output yang didistribusikan ke konsumsi akhir." (hlm. 175)

Pengembangan model masyarakat informasi

Salah satu orang pertama yang mengembangkan konsep masyarakat informasi adalah ekonom Fritz Machlup. Pada tahun 1933, Fritz Machlup mulai mempelajari efek paten pada penelitian. Karyanya memuncak dalam studi Produksi dan distribusi pengetahuan di Amerika Serikat pada tahun 1962. Buku ini sangat dihargai dan akhirnya diterjemahkan ke dalam bahasa Rusia dan Jepang. Orang Jepang juga telah mempelajari masyarakat informasi (atau jōhōka shakai, 情報化社会).

Masalah teknologi dan perannya dalam masyarakat kontemporer telah dibahas dalam literatur ilmiah dengan menggunakan berbagai label dan konsep. Bagian ini memperkenalkan beberapa di antaranya. Gagasan tentang ekonomi pengetahuan atau informasi, masyarakat pasca-industri, masyarakat postmodern, masyarakat jaringan, revolusi informasi, kapitalisme informasi, kapitalisme jaringan, dan sejenisnya, telah diperdebatkan selama beberapa dekade terakhir.

Fritz Machlup (1962) memperkenalkan konsep industri pengetahuan. Dia mulai mempelajari efek paten pada penelitian sebelum membedakan lima sektor dari sektor pengetahuan: pendidikan, penelitian dan pengembangan, media massa, teknologi informasi, layanan informasi. Berdasarkan kategorisasi ini, ia menghitung bahwa pada tahun 1959, 29% persen dari GNP di Amerika Serikat dihasilkan oleh industri pengetahuan.

Disadur dari: en.wikipedia.org