Mengenal Manufaktur Tekstil

Dipublikasikan oleh Jovita Aurelia Sugihardja

22 April 2024, 08.11

Sumber: Wikipedia

Manufaktur tekstil (atau teknik tekstil) adalah industri besar. Industri ini sebagian besar didasarkan pada konversi serat menjadi benang, kemudian benang menjadi kain. Kain-kain tersebut kemudian dicelup atau dicetak, dibuat menjadi kain yang kemudian diubah menjadi barang yang berguna seperti pakaian, barang-barang rumah tangga, pelapis, dan berbagai produk industri.
Berbagai jenis serat digunakan untuk memproduksi benang. Kapas tetap menjadi serat alami yang paling banyak digunakan dan umum digunakan, yaitu 90% dari seluruh serat alami yang digunakan dalam industri tekstil. Orang-orang sering menggunakan pakaian dan aksesori berbahan katun karena kenyamanannya, tidak terbatas pada cuaca yang berbeda. Ada banyak proses variabel yang tersedia pada tahap pemintalan dan pembentukan kain, ditambah dengan kerumitan proses finishing dan pewarnaan untuk memproduksi berbagai macam produk.

Sejarah
Revolusi Industri Inggris

Manufaktur tekstil di era modern adalah bentuk evolusi dari industri seni dan kerajinan. Hingga abad ke-18 dan ke-19, industri tekstil merupakan pekerjaan rumah tangga. Industri ini menjadi mekanis pada abad ke-18 dan ke-19, dan terus berkembang melalui ilmu pengetahuan dan teknologi sejak abad ke-20. Secara khusus, peradaban kuno di India, Mesir, Tiongkok, Afrika sub-Sahara, Eurasia, Amerika Selatan, serta Afrika Utara dan Timur memiliki beberapa bentuk produksi tekstil.

Manufaktur tekstil di era modern adalah bentuk evolusi dari industri seni dan kerajinan. Hingga abad ke-18 dan 19, industri tekstil merupakan pekerjaan rumah tangga. Industri ini menjadi mekanis pada abad ke-18 dan ke-19, dan terus berkembang melalui ilmu pengetahuan dan teknologi sejak abad ke-20. Secara khusus, peradaban kuno di India, Mesir, Tiongkok, Afrika sub-Sahara, Eurasia, Amerika Selatan, serta Afrika Utara dan Timur memiliki beberapa bentuk produksi tekstil.

Kapas adalah serat alami terpenting di dunia. Pada tahun 2007, hasil panen global mencapai 25 juta ton dari 35 juta hektar yang dibudidayakan di lebih dari 50 negara.
Terdapat enam tahapan dalam pembuatan tekstil kapas:

  1. Penanaman dan Pemanenan

  2. Proses Persiapan

  3. Pemintalan

  4. Menenun atau Merajut

  5. Penyelesaian

  6. Pemasaran

Budidaya dan pemanenan
Kapas ditanam di lokasi-lokasi yang memiliki musim panas yang panjang, panas, dan kering dengan banyak sinar matahari dan kelembapan yang rendah. Kapas India, Gossypium arboreum, lebih halus tetapi seratnya hanya cocok untuk diproses dengan tangan. Kapas Amerika, Gossypium hirsutum, menghasilkan serat yang lebih panjang yang dibutuhkan untuk produksi tekstil mekanis. Musim tanamnya adalah dari bulan September sampai pertengahan November, dan panennya dilakukan antara bulan Maret dan Juni. Buah kapas dipanen dengan alat pemanen stripper dan pemetik gelendong yang mengeluarkan seluruh buah kapas dari tanaman. Buah kapas adalah polong biji dari tanaman kapas; yang melekat pada setiap ribuan biji kapas adalah serat-serat dengan panjang sekitar 2,5 cm. Jumlah kapas yang diproduksi lebih banyak dibandingkan dengan jumlah pekerja yang dibutuhkan untuk memproduksi bahan tersebut. Pada tahun 2013, seorang petani kapas di Mississippi, Bower Flowers, memproduksi sekitar 13.000 bal kapas pada tahun itu saja. Jumlah kapas ini dapat digunakan untuk memproduksi hingga 9,4 juta kaus.

Pemintalan 
Kapas berbiji masuk ke dalam mesin pemintal kapas. Mesin pemintal kapas memisahkan biji kapas dan membuang "sampah" (kotoran, batang, dan daun) dari seratnya. Pada mesin gergaji, gergaji bundar mengambil serat dan menariknya melalui kisi-kisi yang terlalu sempit untuk dilewati oleh biji. Roller gin digunakan dengan kapas yang lebih panjang. Di sini, roller kulit menangkap kapas. Sebuah mata pisau, yang diletakkan dekat dengan roller, memisahkan biji kapas dengan menariknya melalui gigi gergaji bundar dan sikat yang berputar untuk membersihkannya.8 Serat kapas yang telah dipintal, yang dikenal sebagai lint, lalu dikompres menjadi bal-bal yang tingginya sekitar 1,5 meter dan beratnya hampir 220 kg. Hanya 33% dari hasil panen yang dapat digunakan sebagai serat. Kapas komersial dikelompokkan dan diberi harga berdasarkan kualitasnya; hal ini secara umum berkaitan dengan panjang rata-rata serat dan varietas tanaman. Kapas dengan serat yang lebih panjang (2½ inci hingga 1¼ inci) disebut sebagai kapas Mesir, serat sedang (1¼ inci hingga ¾ inci) disebut sebagai kapas dataran tinggi Amerika, dan serat pendek (kurang dari ¾ inci) disebut sebagai kapas India.9 Biji kapas diperas untuk dijadikan minyak goreng. Sekam dan bungkilnya diolah menjadi pakan ternak, dan batangnya menjadi kertas.

Proses persiapan - persiapan benang

Pemintalan, pembuatan bal dan pengangkutan
Pemipilan, pembuatan bal, dan pengangkutan dilakukan di negara asal.
Pembukaan dan pembersihan
Kapas dikirim ke pabrik pemintalan dalam bal-bal besar seberat 500 pon. Ketika kapas keluar dari bal, kapas tersebut dikemas bersama dan masih mengandung bahan nabati. Bal tersebut dibelah menggunakan mesin dengan paku-paku besar, yang disebut pembuka. Untuk merapikan kapas dan menghilangkan serat-seratnya, kapas dikirim melalui mesin pemetik atau mesin serupa. Di dalam mesin pemetik, kapas dipukuli dengan batang pemukul untuk melonggarkannya. Kemudian, kapas dimasukkan melalui berbagai rol, yang berfungsi untuk menghilangkan serat-serat nabati. Kapas, dibantu oleh kipas, kemudian dikumpulkan di sebuah layar dan diumpankan melalui lebih banyak rol di mana kapas tersebut muncul sebagai lembaran lembut yang berkesinambungan, yang dikenal sebagai lap.

Pencampuran, pencampuran, dan scutching
Scutching mengacu pada proses pembersihan kapas dari biji-bijinya dan kotoran lainnya. Mesin scutching pertama kali ditemukan pada tahun 1797, tetapi tidak digunakan secara luas hingga tahun 1808 atau 1809, ketika mesin tersebut diperkenalkan dan digunakan di Manchester, Inggris. Pada tahun 1816, mesin ini telah digunakan secara umum. Mesin scutching bekerja dengan melewatkan kapas melalui sepasang rol, dan kemudian memukulnya dengan batang besi atau baja yang disebut beater atau pemukul. Pemukul, yang berputar sangat cepat, memukul kapas dengan keras dan merontokkan bijinya. Proses ini dilakukan pada serangkaian palang paralel sehingga memungkinkan biji kapas jatuh. Pada saat yang sama, udara dihembuskan melintasi palang-palang tersebut, yang membawa kapas ke dalam ruang kapas.
 

Carding

Dalam proses carding, serat-serat dipisahkan dan kemudian dirangkai menjadi untaian longgar (sliver atau tow). Kapas yang keluar dari mesin pemetikan di pangkuan, kemudian dibawa ke mesin carding. Mesin carding menyusun serat-serat tersebut dengan rapi agar lebih mudah dipintal. Mesin carding terdiri dari satu rol besar dengan rol-rol yang lebih kecil di sekelilingnya. Semua rol ditutupi dengan gigi kecil, dan ketika kapas digerakkan ke depan, gigi-gigi tersebut akan menjadi lebih halus (yaitu lebih rapat). Kapas keluar dari mesin carding dalam bentuk sliver: seutas tali serat yang besar. Dalam pengertian yang lebih luas, carding dapat merujuk pada empat proses berikut:

  • Willowing: melonggarkan serat-serat kapas

  • Lapping: menghilangkan debu untuk menciptakan lembaran atau pangkuan kapas yang rata

  • Carding: menyisir pangkuan yang kusut menjadi tali tebal berdiameter 1/2 inci, sepotong

  • Menggambar: di mana bingkai gambar menggabungkan 4 irisan menjadi satu, diulang untuk meningkatkan kualitas

Menyisir adalah opsional, tetapi digunakan untuk menghilangkan serat-serat yang lebih pendek, menciptakan benang yang lebih kuat.

Beberapa sliver digabungkan. Setiap sliver akan memiliki bagian yang tipis dan tebal, dan dengan menggabungkan beberapa sliver, ukuran yang lebih konsisten dapat dicapai. Karena penggabungan beberapa sliver menghasilkan tali serat kapas yang sangat tebal, sliver-sliver tersebut dipisahkan menjadi roving. Secara umum, untuk pemrosesan mesin, sebuah roving berukuran sekitar selebar pensil. Roving (atau slubbing) inilah yang kemudian digunakan dalam proses pemintalan.

Pemintalan - pembuatan benang
Pemintalan

Sebagian besar pemintalan saat ini dilakukan dengan menggunakan pemintalan putus, atau pemintalan ujung terbuka. Ini adalah teknik di mana serat-serat ditiupkan melalui udara ke dalam drum yang berputar, di mana serat-serat tersebut menempel pada ekor benang yang terbentuk yang secara terus-menerus ditarik keluar dari ruangan. Metode-metode lain dari pemintalan putus menggunakan jarum dan gaya elektrostatik. Metode ini telah menggantikan metode-metode yang lebih tua yaitu pemintalan cincin dan keledai. Metode ini juga mudah diadaptasi untuk serat-serat buatan.

Mesin-mesin pemintalan mengambil gulungan, menipiskannya dan memelintirnya, menciptakan benang yang kemudian digulung pada sebuah gelendong.

Pada pemintalan keledai, roving ditarik dari gelendong dan diumpankan melalui rol-rol, yang diumpankan pada beberapa kecepatan yang berbeda. Hal ini menipiskan gulungan pada kecepatan yang konsisten. Jika roving tidak memiliki ukuran yang konsisten, maka langkah ini dapat menyebabkan putusnya benang, atau membuat mesin macet. Benang dipilin melalui pemintalan gelendong saat kereta bergerak keluar, dan digulung pada sebuah silinder yang disebut spindel, yang kemudian menghasilkan kumpulan serat berbentuk kerucut yang dikenal sebagai "cop", saat kereta kembali. Pemintalan keledai menghasilkan benang yang lebih halus daripada pemintalan ring..

Keledai merupakan proses yang terputus-putus, saat rangka maju dan kembali sejauh lima kaki. Ini merupakan keturunan dari perangkat Crompton 1779. Alat ini menghasilkan benang yang lebih lembut dan tidak terlalu banyak puntiran yang disukai untuk kain-kain halus dan benang pakan.

Cincin ini merupakan keturunan dari kerangka Arkwright Water tahun 1769. Ini adalah proses yang berkesinambungan, benangnya lebih kasar, memiliki puntiran yang lebih besar dan lebih kuat, sehingga cocok untuk digunakan sebagai benang lungsin. Pemintalan ring berjalan lambat karena jarak yang harus dilalui benang di sekitar ring.
Benang jahit dibuat dari beberapa benang yang dipilin menjadi satu, atau digandakan.

Disadur dari:  en.wikipedia.org