Mengenal Manufaktur tekstil

Dipublikasikan oleh Jovita Aurelia Sugihardja

29 Februari 2024, 09.09

Sumber: Wikipedia

Manufaktur tekstil (atau mesin tekstil) adalah industri besar. Ini terutama melibatkan pemintalan serat menjadi benang, yang kemudian dipintal menjadi kain. Benang ini diwarnai, dicetak menjadi kain, dan dijadikan barang berguna seperti pakaian, perlengkapan rumah tangga, pakaian jadi, dan berbagai produk industri.

Berbagai serat digunakan untuk membuat benang. Kapas tetap menjadi serat yang paling tersebar luas dan umum, mencakup 90% serat alami yang digunakan dalam industri tekstil. Orang sering kali memakai pakaian dan aksesoris berbahan katun karena nyaman, namun tidak terbatas pada kondisi cuaca. Ada banyak proses berbeda yang dapat digunakan dalam proses pemintalan dan pembuatan kain, serta proses finishing dan pewarnaan yang rumit untuk menghasilkan berbagai macam produk. seni dan kerajinan. industri Hingga abad ke-18 dan ke-19, industri tekstil merupakan industri rumahan. Sistem ini dikembangkan pada abad ke-19 dan ke-20 dan terus berkembang melalui ilmu pengetahuan dan teknologi sejak abad ke-20.

Coat adalah serat terpenting di dunia. Pada tahun 2007 mencapai 25 juta ton dari 35 juta hektar lahan pertanian di lebih dari 50 negara.

Enam langkah dalam produksi kain katun.

  1. Berkebun dan Memanen
  2. Pengolahan
  3. Pemintalan
  4. Tenun atau Tenun
  5. Pengolahan
  6. Pemasaran

Berkebun dan Memanen
Kaca ditanam di daerah dengan musim panas yang panjang, terik, dan kering. Sinar matahari dan sedikit kelembapan. Kapas India, Gossypium arboreum, lebih baik, tetapi kapas utamanya hanya cocok untuk pemrosesan manual. Gossypium hirsutum, kapas Amerika, menghasilkan batang panjang yang dibutuhkan untuk produksi benih mekanis. Masa tanamnya adalah dari bulan September hingga pertengahan November, dan buah dipanen antara bulan Maret dan Juni. Buah kapas dikumpulkan dengan menggunakan pemanen ekstraktif dan pemetik kapas, dan semua buah kapas dikeluarkan dari tanaman. Polong merupakan benih tanaman kapas. Ribuan bijinya mengandung serat yang panjangnya mencapai 2,5 cm. Tingkat produksi kapas lebih tinggi dari jumlah pekerja yang dibutuhkan untuk memproduksi bahan tersebut. Pada tahun 2013, Bower Flowers memproduksi sekitar 13.000 bola kapas pada tahun itu saja. Jumlah kapas ini dapat digunakan untuk memproduksi hingga 9,4 juta kaos.

Memulai
Biji kapas ditempatkan di mesin pemilah kapas. Mesin pemisah kapas memisahkan biji dan menghilangkan “sampah” (kotoran, batang dan daun) dari serat. Di pabrik penggergajian kayu, gergaji bundar menangkap serat dan menariknya melalui saringan yang terlalu sempit untuk dilewati butiran. Celana jeans roll up menggunakan bahan katun panjang. Di sini, gulungan kulit dilekatkan pada benang. Pisau yang menempel pada penggulung menarik benih melalui gigi gergaji bundar dan sikat berputar untuk memisahkan dan membersihkan benih. Serat yang dapat dimakan, yang disebut bulu halus, dikompres menjadi bal dengan tinggi sekitar 1,5 meter dan berat 220 kg. Hanya 33% produk yang mengandung serat yang dapat digunakan. Kapas komersial dinilai dan dinilai berdasarkan kualitasnya. Hal ini umumnya bergantung pada rata-rata panjang pohon dan jenis tanaman. Benang terpanjang (2½ inci hingga 1¼ inci) disebut benang Mesir, benang sedang (1¼ inci hingga 3/4 inci) disebut American Highland, dan yang terpendek (kurang dari 3/4 inci) disebut India. Rendam biji kapas dalam minyak goreng. Kulit kayu dan tepungnya dijadikan pakan ternak dan batangnya dijadikan kertas.

Proses Pemrosesan: Persiapan Benang
Pembuatan, Penyelesaian, dan Pemindahan Jean
Pembuatan, penyelesaian, dan pengangkutan Jean dilakukan di sumbernya.

Pembukaan dan Pencucian
Benang dikirim ke pabrik dalam tong berukuran besar seberat 500 pon. Ketika kapas keluar dari tong, kapas tersebut sudah dipanen seluruhnya dan masih mengandung bahan tanaman. Pemecahan klep dilakukan dengan menggunakan mesin dan paku besar yang disebut pembuka. Kapas ditiup dan dikirim melalui mesin pemanen atau mesin serupa untuk menghilangkan sisa tanaman. Di pengumpul, kapas dilempar dengan palu untuk melonggarkannya. Lewati beberapa rol untuk menghilangkan materi tanaman. Dengan bantuan kipas angin, benang dikumpulkan dalam saringan dan dikirim melalui penggulung lainnya, menghasilkan lembaran lembut dan bengkak yang disebut kain lap.

Pencampuran, Pencampuran, Pemotongan
Pengeringan merupakan proses pembersihan biji kapas dan kotoran lainnya. Pabrik penggergajian kayu pertama dibangun pada tahun 1797, namun baru pada tahun 1808 atau 1809 diperkenalkan dan digunakan di Manchester, Inggris. Pada tahun 1816 disetujui. Mesin slat bekerja dengan cara melewatkan benang melalui sepasang rol, kemudian memukul benang tersebut dengan batang besi atau baja yang disebut pemukul atau beater. Alat perontok yang berputar sangat cepat mengenai kapas dan bijinya rontok. Proses ini dilakukan dengan menggunakan rangkaian palang sejajar yang memungkinkan benih jatuh. Pada saat yang sama, udara berhembus melewati batang dan membawa benang ke benang.

Kari
Dalam proses carding, serat dipisahkan dan kemudian dirangkai menjadi benang lepas (tow atau derek). Benang diambil secara bulat dari mesin pengumpul dan kemudian dikirim ke mesin carding. Karton mengatur serat-seratnya sehingga dapat dipintal dengan mudah. Kebanyakan mesin kartu memiliki roller besar dengan roller kecil mengelilinginya. Semua rol ditutupi dengan gigi-gigi kecil, dan semakin jauh ke depan mukanya, semakin baik giginya (yaitu semakin rapat). Benang yang keluar dari mesin carding dibuat menjadi gelendong, yaitu tali besar yang terbuat dari ijuk. Secara umum, carding dapat mengacu pada empat proses:

  • Willowing: mengendurkan serat
  • Lapping: menghilangkan debu untuk membuat lembaran atau pangkuan kapas yang rata
  • Carding : menyisir bagian yang kusut menjadi tali tebal diameter 1/2 inchi, sekeping
  • Gambar: di mana bingkai gambar menggabungkan 4 keping menjadi satu, diulangi untuk meningkatkan kualitas

Banyak bagian telah digabungkan. Setiap irisan memiliki bagian yang tipis dan bagian yang tebal, dan menggabungkan beberapa irisan akan membuatnya lebih besar. Perpaduan beberapa serat menghasilkan tali serat kapas yang sangat tebal, sehingga benang-benangnya terpisah menjadi sumbu. Umumnya, untuk mesin, lingkarannya kira-kira setebal pensil. Keliling (atau slubbing) ini digunakan dalam proses penggulungan.

Pemintalan – pembuatan benang 

Berputar 

Kebanyakan pemintalan kurun ini dilakukan pakai memperuntukkan pemintalan putus, atau pemintalan terminasi terbuka . Ini adalah ikhtiar di mana tisu-tisu ditiupkan menyusuri siklon ke bagian dalam dandi yang berputar, di mana tisu-tisu terkandung berdempetan muka efek tangkai sari yang perkiraan dibentuk dan terus-berderai ditarik memancar berusul ruangan. Metode lain berusul break spinning memperuntukkan peniti dan patois elektrostatis . Metode ini perkiraan mengirim preskripsi waktu pemintalan rantai dan bagal. Hal ini juga mudah diadaptasi kepada tisu buatan .

Mesin pemintal mengangkat balut, menipiskannya dan memelintirnya, memproduksi tangkai sari yang dililitkan muka kumparan.

Dalam pemintalan bagal, balut ditarik berusul kumparan dan dimasukkan menyusuri penggulung, yang diumpankan muka sejumlah tempo berbeda. Hal ini menipiskan pertualangan muka taraf yang konsisten. Jika utama roving tidak konsisten, kisah kiprah ini bisa memicu putusnya tangkai sari, atau motor macet. Benang dipelintir menyusuri pemintalan kumparan kurun medium bergiat memancar, dan digulung ke bagian dalam tabung yang disebut spindel, yang nanti memproduksi sejambak tisu berpotongan basung yang dikenal seumpama "polisi", kurun medium putar. Pemintalan bagal memproduksi tangkai sari yang lebih gaib dibandingkan pemintalan rantai .

Bagal itu mewujudkan trik yang berselang-seling, kurun kesimpulan itu meningkat dan putar sekitar lima kaki. Itu adalah saudara berusul perkakas Crompton hari 1779. Ini memproduksi tangkai sari yang lebih lembut dan tidak terlalu terpuntir sehingga disukai kepada permadani gaib dan tangkai sari pakan.

Cincin terkandung mewujudkan salinan berusul kesimpulan Arkwright Water hari 1769. Prosesnya berkesinambungan, benangnya lebih kasar, lilitannya lebih strategi dan lebih kuat, sehingga tusukan digunakan seumpama tangkai sari lusi. Pemintalan rantai perlahan-lahan karena tengah yang harus dilewati tangkai sari membegari rantai.

Benang jahit terbuat berusul sejumlah tangkai sari yang dipilin menjabat satu, atau digandakan.

Memeriksa nIni adalah trik di mana berlawanan beladu digulung ppulih kepada memproduksi beladu yang lebih rapat.

Melipat dan mengocok nPelapisan dilakukan pakai menghunus tangkai sari berusul dua beladu atau lebih dan memelintirnya menjabat satu, pakai hadap yang berburuk pakai hadap pemintalannya. Tergantung muka bobot yang diinginkan, kapas bisa dilapis atau tidak, dan taksiran berkas yang dipelintir menjabat satu. bervariasi.

Penyerangan pakai aliran udara beracun

Penyerangan dgn aliran udara beracun adalah trik mengabaikan tangkai sari pakai sangat dini menyusuri sejalur suluh energi aliran udara Bunsen bagian dalam kesimpulan penyerbuan pakai aliran udara beracun, kepada menyalakan tisu-tisu yang menyembul dan menggalang tangkai sari menjabat bulat, gaib, dan cerah. Hanya tangkai sari bermartabat lebih setia yang diberi aliran udara, sebagai rupa yang digunakan kepada voile, poplin, venetian, gabardines, katun mesir, dll. Benang akan kekurangan sebelit 5-8% beratnya jika diberi aliran udara. Benang yang diberi aliran udara akan menjabat lebih diam-diam di bekas bubar setelahnya, tetapi tidak boleh hangus.

Disadur dari:  https://en.wikipedia.org/wiki/Textile_manufacturing