Mengenal Jenis dan Perkembangan Edutech Indonesia

Dipublikasikan oleh Kania Zulia Ganda Putri

01 Mei 2024, 19.58

Sumber: www.detik.com

Pendidikan di Indonesia telah mengalami transformasi signifikan berkat kemajuan teknologi. Salah satu inovasi yang mendominasi adalah perkembangan Edutech yang merupakan singkatan dari Education Technology (teknologi pendidikan).Perkembangan ini ditandai oleh semakin banyaknya startup teknologi pendidikan yang bermunculan dengan berbagai jenis bidang dan fokusnya masing-masing. Sebagai referensi, berikut ini ulasan lengkap terkait apa itu Edutech hingga contoh jenisnya.

Apa itu edutech?

Sederhananya, Edutech atau Education Technology merujuk pada penggunaan hardware dan software yang dirancang untuk meningkatkan kegiatan pembelajaran di ruang kelas dan hasil pendidikan secara keseluruhan. Sejak era pandemi COVID-19, Edutech telah memainkan peran krusial. Pasalnya, inovasi ini telah berhasil mengubah cara belajar mengajar menjadi bersifat daring (online) melalui teknologi komunikasi jarak jauh.

Adapun dari segi teoritis, Edutech didasarkan pada pengetahuan dari berbagai disiplin ilmu seperti komunikasi, pendidikan, sosiologi, psikologi, kecerdasan buatan atau AI, ilmu komputer, dan lain sebagainya. Edutech juga dapat mencakup beberapa domain, termasuk teori pembelajaran, sistem pelatihan berbasis komputer, hingga pembelajaran online.

Sumber: www.detik.com

Seperti apa perkembangan edutech Indonesia?

Perkembangan Edutech global maupun di Indonesia sangat pesat, terutama sejak munculnya pandemi. Menurut World Bank, jumlah pengguna aktif pada aplikasi Edutech meningkat hingga 200% pada saat pandemi, tepatnya Maret 2020.

Bahkan menurut riset pemerintah pada tahun 2021, jumlah startup Edutech di Indonesia telah mencapai sekitar 210. Diprediksi, jumlah Edutech di Indonesia akan terus meningkat hingga 10 tahun ke depan.

Hal tersebut mencerminkan antusiasme masyarakat terhadap inovasi pendidikan ini. Berbagai platform dan startup Edutech yang ada umumnya menyajikan materi pembelajaran, sistem akademik kampus, dan berbagai kebutuhan pendidikan lainnya.

Contoh jenis-jenis edutech di Indonesia

Seiring perkembangan Edutech Indonesia, kini telah muncul berbagai jenis platform Edutech. Masing-masing memiliki peruntukan dan mekanismenya sendiri-sendiri. Adapun beberapa contoh jenisnya, yaitu sebagai berikut:

● Learning Management System (LMS)

Learning Management System (LMS) merupakan sistem yang tidak hanya menyediakan pembelajaran online, tetapi juga membantu dalam perencanaan studi. Umumnya digunakan oleh institusi pendidikan dan individu untuk mengatur kegiatan belajar.

● Software as a Services (SaaS)

Software as a Services (Saas) adalah jenis Edutech yang menawarkan layanan perangkat lunak untuk pembelajaran online di bidang komputer dan perangkat lunak. Seringkali bekerja sama dengan lembaga pendidikan yang ingin beralih ke ranah digital.

● Massive Open Online Course (MOOC)

Massive Open Online Course (MOOC) adalah metode pembelajaran jarak jauh berskala besar yang memungkinkan pengguna mengakses materi secara gratis dari universitas terkemuka. Ini memberikan akses yang fleksibel kapan saja dan di mana saja

● E-Learning

E-Learning merupakan salah satu jenis pembelajaran daring yang fokus pada penyajian materi secara online. Kontennya dikemas secara interaktif dan dapat mencakup live tutoring, video on demand (VOD), dan lain sebagainya.

● Edutech marketplace

Edutech Marketplace merupakan platform online yang menghubungkan pihak-pihak yang membutuhkan edukasi/training dengan pihak-pihak yang menyediakan jasa edukasi/training. Marketplace ini menawarkan berbagai jasa edukasi/pelatihan baik secara online, offline atau hybrid, di mana jenis pelatihan, syllabus/snapshot dari pelatihan, fasilitator serta informasi lainnya disajikan di platform tersebut oleh pihak pemberi jasa atau pengelola platform untuk menjadi informasi bagi konsumen korporasi atau individu dalam memilih edukasi/training yang mereka butuhkan.

Salah satu contoh platform yang lahir dari inovasi perkembangan Edutech Indonesiadan berhasil bertahan hingga kini adalah PasarTrainer. Di tengah gempuran tech winter yang melanda beberapa startup seperti Zenius (EduTech), JD.ID (e-commerce), TaniHub (e-Grocery), dan beberapa perusahaan lainnya, PasarTrainer masih tetap bertahan.

PasarTrainer merupakan Edutech berupa marketplace live training yang menghadirkan pengalaman pembelajaran langsung secara online maupun offline. Sebagai penyedia pelatihan dengan sistem live training, PasarTrainer memberikan akses kepada para peserta untuk berinteraksi secara langsung dengan para trainer ahli di bidangnya masing-masing secara on-site, termasuk di perusahaan yang butuh program pelatihan.

Sumber: www.detik.com

Lalu, bagaimana PasarTrainer bekerja? Platform ini menghubungkan penyedia program pelatihan (training provider dan trainer individu) dengan klien mereka, baik dari kalangan perusahaan (B2B) maupun individu yang butuh pelatihan (B2C).

PasarTrainer menjadi jembatan yang memudahkan akses dan penyelenggaraan pelatihan sesuai kebutuhan. Selain itu, setiap pelatihan didesain dengan modul yang terkini dan relevan untuk memastikan para peserta mendapatkan pembelajaran yang maksimal.

Jadi, bagi individu yang ingin mengasah keterampilan atau pihak perusahaan yang butuh program pelatihan khusus untuk karyawan, PasarTrainer adalah pilihan yang tepat.

Disadur dari: www.detik.com

​​​​​​