Mengenal Istilah Pemahaman

Dipublikasikan oleh Farrel Hanif Fathurahman

22 April 2024, 04.26

Cluey Learning

Pemahaman adalah kemampuan untuk memanfaatkan ide-ide untuk mewakili sesuatu yang abstrak atau fisik, seperti orang, situasi, atau pesan. Ini adalah proses kognitif. Hubungan antara yang mengetahui dan yang dipahami disebut pemahaman. Pemahaman menunjukkan adanya keterampilan dan sikap yang diperlukan untuk memungkinkan tindakan yang bijaksana terkait dengan kumpulan informasi tertentu. Meskipun tidak selalu, pemahaman sering dikaitkan dengan perolehan ide dan, kadang-kadang, teori atau teori-teori yang berhubungan dengan konsep-konsep tersebut. Namun, tanpa harus mengenal ide-ide atau teori-teori yang berkaitan dengan benda, hewan, atau sistem tersebut dalam budayanya, seseorang mungkin memiliki kapasitas yang kuat untuk mengantisipasi perilaku objek, hewan, atau sistem tersebut—dan karenanya, dapat memahaminya. , di satu sisi. Mereka bisa saja menciptakan keyakinan dan gagasan unik mereka sendiri, yang mungkin lebih unggul atau lebih rendah dari norma-norma yang diterima dalam masyarakat mereka. Dengan demikian, kapasitas untuk mengambil kesimpulan terkait dengan pemahaman.

Baik pengetahuan maupun pemahaman memerlukan definisi yang disepakati. Ludwig Wittgenstein meneliti bagaimana kata-kata digunakan dalam bahasa sehari-hari, mengenali detail terkait dalam konteks, daripada berfokus pada pendefinisian pengetahuan atau pemahaman. Meskipun pengetahuan dipandang bernilai rendah, pemahaman—yang didefinisikan sebagai mengetahui sesuatu dalam konteks—dianggap memiliki nilai relatif lebih besar. Namun, pemahaman juga bisa merujuk pada situasi di mana informasi kurang.

Pemahaman mungkin berasal dari sumber non-kausal atau dari penyebab yang dirasakan, yang menunjukkan bahwa pengetahuan merupakan komponen mendasar dari pemahaman. Baik pengetahuan maupun pemahaman mungkin ada secara paralel; kita dapat memiliki pengetahuan dan pemahaman pada saat yang bersamaan. Bahkan dengan adanya informasi, seseorang mungkin tidak dapat menarik kesimpulan yang tepat tentang contoh-contoh yang dapat dibandingkan. Karena tampaknya seseorang mungkin memiliki pemahaman tentang suatu topik meskipun mereka mendapat informasi yang salah tentang topik tersebut, maka pemahaman mungkin tidak terlalu menuntut dibandingkan pengetahuan.

Namun, hal ini lebih menuntut karena, ketika ditemukan pada tingkat yang lebih dalam, hal ini menuntut agar hubungan mendasar di antara gagasan-gagasan seseorang benar-benar “dilihat” atau “digenggam” oleh orang yang melakukan pemahaman tersebut. Menurut model proposisional dan realisme penjelas, pemahaman bermula dari pernyataan kausal. Namun, ada pula yang berpendapat bahwa pemahaman adalah memahami bagaimana suatu sebab dapat menghasilkan suatu hasil. Karena pemahaman berarti mengetahui hubungan antara komponen dan bagian lain serta mungkin hubungan antara bagian dan keseluruhan, maka pemahaman tidak terfokus pada satu gagasan saja. Meskipun korelasinya belum tentu bersifat sebab-akibat, namun korelasi tersebut membantu dalam pemahaman. Pengetahuan tentang ketergantungan mungkin merupakan sarana untuk mengungkapkan pemahaman.

Menurut Gregory Chaitin, pemahaman adalah sejenis kompresi data. Dia menjelaskan dalam artikelnya "The Limits of Reason" bahwa memahami segala sesuatu memerlukan kemampuan untuk menyimpulkan serangkaian pedoman langsung yang menggambarkannya. Misalnya, kita dapat menjelaskan keberadaan siang dan malam dengan menggunakan model sederhana—rotasi bumi—yang juga menjelaskan sejumlah besar data, seperti variasi suhu, kecerahan, dan komposisi atmosfer bumi. Kami telah menggunakan model prediktif dasar untuk mengompresi sejumlah besar data. Dengan cara yang sama, kita dapat mengkonseptualisasikan 0,33333... sebagai sepertiga.

Diperlukan lima ide untuk merepresentasikan bilangan pada metode pertama ("0", "titik desimal", "3", "tak terhingga", "tak terhingga 3"); namun, hanya tiga konsep yang diperlukan dalam pendekatan kedua ("1", "pembagian", "3"), yang dapat menghasilkan semua data representasi pertama. Menurut Chaitin, pengertiannya adalah kapasitas kompresi data. Sudut pandang pemahaman ini menjadi dasar bagi beberapa teori agen cerdas. Misalnya, istilah ini digunakan dalam buku "The Shortcut" karya Nello Cristianini untuk menjelaskan mengapa robot mampu memahami dunia dengan cara yang secara fundamental berbeda dari cara manusia.

Sumber:

https://en.wikipedia.org/wiki/Understanding