Mengenal David McClelland dan Metodenya Meningkatkan Motivasi

Dipublikasikan oleh Farrel Hanif Fathurahman

29 April 2024, 14.31

David McClelland - Practical Psychology

Psikolog Amerika David Clarence McClelland (20 Mei 1917 - 27 Maret 1998) terkenal atas kontribusinya terhadap motivasi Teori Kebutuhan. Antara tahun 1950-an dan 1990-an, ia menghasilkan banyak publikasi dan menciptakan skema penilaian baru untuk Tes Apersepsi Tematik (TAT) dan turunannya. Hipotesis motivasi berprestasi, sering dikenal sebagai "kebutuhan akan prestasi" atau teori n-prestasi, dianggap berasal dari McClelland. Menurut studi tahun 2002 oleh Review of General Psychology, McClelland adalah psikolog kelima belas yang paling banyak dikutip pada abad kedua puluh. Lahir di Mount Vernon, New York, McClelland menerima gelar dalam bidang psikologi eksperimental dari Universitas Yale pada tahun 1941, Universitas Missouri pada tahun 1939, dan Universitas Wesleyan pada tahun 1938 sebagai gelar Bachelor of Arts. Sebelum bergabung dengan fakultas Universitas Harvard pada tahun 1956, ia pernah menjabat sebagai pengajar di Connecticut College dan Wesleyan University. Selama 30 tahun masa jabatannya di sana, ia mengetuai Departemen Psikologi dan Hubungan Sosial. Dia datang ke Universitas Boston pada tahun 1987, dan di sana dia menerima Penghargaan Kontribusi Ilmiah Terhormat dari American Psychological Association. Dia adalah seorang Quaker yang tekun.

Karya David McClelland sebagian besar berfokus pada kepribadian dan bagaimana menggunakan pemahaman tersebut untuk membantu individu menjalani kehidupan yang lebih baik. [Referensi diperlukan] Evolusi teori nilai harapan motivasi manusia adalah salah satu fokusnya. Pembuatan teknik asesmen dan operan antara lain Tes Apersepsi Tematik, Wawancara Peristiwa Perilaku, dan Tes Analisis Tematik merupakan mata kuliah kedua. Pengembangan studi kompetensi kerja merupakan tema ketiga, dan penerapan penelitian ini untuk membantu individu dan sistem sosial mereka—baik melalui pengembangan komunitas dan organisasi, pengembangan kompetensi dan motivasi, atau modifikasi perilaku untuk memerangi stres dan kecanduan—adalah tema keempat. tema.

David McClelland adalah pendukung penggunaan temuan penelitian dan pengujian untuk melihat apakah temuan tersebut dapat bermanfaat bagi masyarakat. Dia memiliki peran penting dalam pendirian empat belas perusahaan riset dan konsultasi, yang terbesar adalah McBer and Company (1965–1989), yang akhirnya dibeli Yankelovich, Skelly & White.

“Kekhawatiran yang berulang terhadap keadaan atau kondisi tujuan yang diukur dalam fantasi, yang mendorong, mengarahkan dan memilih perilaku individu” adalah apa yang didefinisikan McClelland sebagai motivasi. Dia mendasarkan penelitiannya pada gagasan Henry Murray dan berkonsentrasi pada tiga kebutuhan: kebutuhan akan kekuasaan (N-Pow), kebutuhan akan afiliasi (N-Aff), dan kebutuhan akan pencapaian (N-Ach). N-Ach adalah dorongan untuk bekerja dengan baik dibandingkan dengan benchmark. Itu adalah keinginan untuk sukses. N-Pow adalah dorongan untuk memberikan dampak dan pengaruh di dalam perusahaan. N-Aff adalah keinginan untuk hubungan pribadi yang dekat. Tiga persyaratan yang diidentifikasi oleh McClelland digunakan dalam hubungan satu sama lain dan bukan secara berurutan.

"Menurut teorinya, sebagian besar orang memiliki dan menggambarkan gabungan dari kebutuhan-kebutuhan ini: mereka yang memiliki kebutuhan berprestasi yang tinggi memiliki ketertarikan pada situasi yang menawarkan akuntabilitas pribadi; individu dengan kebutuhan dominan akan otoritas dan kekuasaan memiliki keinginan untuk mempengaruhi dan meningkatkan kinerja mereka. status dan prestise pribadi; dan terakhir, mereka yang sangat membutuhkan afiliasi menghargai membangun hubungan yang kuat dan menjadi bagian dari kelompok atau organisasi." Penelitian mengenai Motif Berprestasi dan pengaruhnya terhadap pertumbuhan ekonomi dan kewirausahaan dilakukan sejak tahun 1940an hingga akhir tahun 1960an.

Pada tahun 1960-an, ia mengubah penekanan karyanya pada motif kekuasaan, pertama mengatasi masalah alkoholisme dan kecanduan (McClelland, Davis, Kalin dan Wanner, 1972), kemudian efektivitas kepemimpinan, pengembangan masyarakat, dan akhirnya efektivitas kepemimpinan. Studi tentang manajemen dan kepemimpinan berkontribusi pada pengembangan apa yang disebut McClelland sebagai "kompetensi", atau tingkat perilaku kompetensi individu. Selain itu, ia mempelopori inisiatif untuk menunjukkan pentingnya kompetensi dalam kaitannya dengan pengetahuan dan kualitas kepribadian konvensional untuk tujuan pendidikan tinggi (Winter, McClelland, dan Stewart, 1981). Studinya tentang kekuatan juga mencakup mekanisme penyembuhan yang melekat pada tubuh. Berbeda dengan bidang psikolog biasa, McClelland juga mempelajari dampak motivasi secara nasional dan budaya dan menghubungkannya dengan pola masyarakat yang luas termasuk pertumbuhan lapangan kerja, kemajuan ekonomi, pemicu konflik, dan kesehatan. Dalam penelitian yang dilakukan oleh mantan firma akuntansi Touche Ross & Company, karya McClelland tentang motivasi diidentifikasi sebagai pendekatan praktis terbaik terhadap motivasi (Miller, 1981).

Menurut David McClelland, metode operan—yaitu, penilaian yang mengharuskan partisipan menciptakan ide atau perilaku—merupakan indikator hasil perilaku, prestasi kerja, kepuasan hidup, dan hasil terkait lainnya yang jauh lebih dapat diandalkan. Secara khusus, ia menegaskan bahwa teknik operan lebih sensitif dan valid dibandingkan pengukuran responden, atau tes yang memerlukan jawaban benar/salah, rating, atau peringkat. Dia berjuang melawan psikolog yang lebih konvensional yang bersikeras menggunakan ukuran respon, penilaian diri, dan menghindari tindakan operan karena, menurut kebijaksanaan konvensional, tindakan operan mempunyai masalah dengan ukuran ketergantungan yang kurang konvensional. McClelland berpikir bahwa dengan menggunakan kode yang dapat dipercaya untuk menganalisis data yang dikandungnya, tindakan operan yang lebih baik dapat dicapai. Dia mengatakan bahwa pekerjaan hidupnya adalah untuk mengajarkan para psikolog pentingnya memperoleh pemikiran sejati seseorang—baik sadar maupun tidak sadar—bersama dengan tindakan mereka. Karena metode operan tidak mengharuskan responden untuk merespons item yang telah disiapkan, metode ini memiliki validitas lintas budaya yang lebih besar;

  • Validitas kriteria yang lebih besar;
  • Peningkatan wawasan meskipun reliabilitas tes-tes ulang lebih rendah;
  • Kepekaan yang lebih besar dalam membedakan suasana hati dan perbedaan-perbedaan tersebut;
  • Lebih banyak keunikan dan lebih kecil kemungkinan terjadinya multikolinearitas; dan
  • Meningkatan kegunaan dalam penerapannya pada pengembangan manusia atau organisasi. Dia secara konsisten menerbitkan penelitian tentang topik ini dan mendorong mahasiswa doktoral serta rekan-rekannya untuk menunjukkan hal ini.

Berbagai macam kemampuan telah dibayangkan oleh McClelland dan rekannya. Pada awal tahun 1970-an, McClelland dan rekan-rekannya di McBer and Company menghidupkan kembali teori kepribadian tahun 1951 dan meningkatkan penelitian kompetensi mengenai manajemen, kepemimpinan, dan pekerjaan profesional (yaitu, keterampilan, citra diri, sifat, dan motif; lihat Boyatzis, 1982; Spencer dan Spencer, 1993; Goleman, 1998). Memahami tujuan seseorang dan bukan sekadar tindakannya diperlukan untuk menentukan kemampuan kerja. Mereka menggunakan teknik operan seperti simulasi rekaman dengan desain studi induktif yang kontras dengan pelaku yang tidak berhasil atau bahkan kurang efektif, dan Wawancara Insiden Kritis yang direkam dalam audio, yang mereka sebut Wawancara Peristiwa Perilaku. Metode ini lebih menekankan pada “orangnya” dibandingkan pada tugas atau pekerjaannya. Temuan penelitian ini memberikan gambaran tentang pikiran, emosi, dan perilaku orang yang berkinerja terbaik di tempat kerja. Hal ini menjadi cetak biru untuk mendukung pengembangan profesional setiap orang yang bekerja atau mencari pekerjaan. Selama beberapa dekade berikutnya, standar ini diterima sebagai standar pengembangan karir, prosedur seleksi dan promosi, desain pelatihan, dan bahkan pendidikan tinggi dalam mempersiapkan individu untuk posisi tersebut.

Menurut David McClelland, Anda dapat mengajari orang lain cara berpikir dan berperilaku seperti orang yang berkinerja luar biasa jika Anda sendiri mengetahui cara mereka melakukannya. Inisiatif awal berfokus pada pengajaran kepada pemilik perusahaan kecil di AS, Tunisia, Iran, Polandia, Malawi, dan India tentang pola pikir dan perilaku pencapaian serta pertumbuhan kewirausahaan. Mengetahui alasan orang melakukan sesuatu seharusnya menjadi hal yang positif. Hal ini seharusnya membantu kita dalam menentukan keinginan kita yang sebenarnya sehingga kita dapat berhenti mengejar pelangi yang tidak sesuai. Ketika konsep motivasi digunakan untuk mencapai tujuan hidup, peluang untuk pertumbuhan pribadi akan muncul.

Sumber:

https://en.wikipedia.org