Mengenal Asosiasi Profesi

Dipublikasikan oleh Admin

11 April 2024, 20.15

Asosiasi profesi (juga disebut serikat pekerja) adalah kelompok yang biasanya berupaya untuk memajukan profesi tertentu, kepentingan individu dan organisasi yang terlibat dalam profesi tersebut, dan kepentingan umum. Di Amerika Serikat, asosiasi semacam ini biasanya merupakan asosiasi bisnis bebas pajak. Di Inggris, bentuk hukum dapat bermacam-macam bentuknya.

Peran

Peran serikat pekerja telah didefinisikan secara beragam: "Sekelompok orang yang menjalankan profesi terdidik yang dipercayakan untuk mengendalikan atau mengawasi pelaksanaan hukum profesi tersebut. “ juga merupakan badan yang berfungsi sebagai “publik untuk melindungi kepentingan”;  organisasi yang "mewakili kepentingan terapis profesional" dan dengan demikian bertindak "untuk mempertahankan posisi istimewa dan berkuasa mereka sebagai badan pengatur".  Organisasi profesi tidak memiliki definisi yang jelas, meskipun mereka sering kali memiliki tujuan dan fungsi yang sama.  Di Inggris, Dewan Riset mendefinisikan organisasi profesi sebagai "organisasi yang terdiri dari anggota individu yang menjalankan suatu profesi atau profesi yang mana organisasi tersebut memantau pengetahuan, keterampilan, perilaku, dan praktik profesi atau profesi tersebut".  

Badan Penjaminan Mutu membedakan antara badan hukum dan badan pengatur yang mempunyai "kekuasaan yang didelegasikan oleh Parlemen untuk mengatur suatu profesi atau kelompok profesi dan untuk melindungi penggunaan gelar profesi", dan badan profesional yang "merupakan organisasi keanggotaan independen yang melakukan pengawasan. kegiatan tertentu yang mewakili profesi dan mewakili kepentingan anggotanya”. dan "dapat menawarkan pendaftaran sukarela atau sertifikasi profesi yang tidak diatur." 

Banyak badan profesional berurusan dengan pengakuan gelar, definisinya. dan pengujian keterampilan dan kualifikasi yang diperlukan untuk praktik, dan penerbitan sertifikat profesional yang menyatakan bahwa seseorang memenuhi persyaratan bidang studi tersebut. 

Disadur dari: en.wikipedia.org