Mengenal Apa Itu Desain Produk Part 2

Dipublikasikan oleh Dias Perdana Putra

20 Februari 2024, 11.39

Gambar : Maserp

Kerangka Berlian Ganda

Kerangka Double Diamond adalah pendekatan yang umum digunakan untuk penemuan produk yang menekankan pendekatan terstruktur untuk pemecahan masalah dan pengembangan solusi. Pendekatan ini mendorong tim untuk menyimpang, yaitu H. ke eksplorasi ekstensif tanpa solusi yang telah ditentukan sebelum beralih ke konvergensi, yang memerlukan pengambilan keputusan yang terfokus. Fase divergen mencakup eksplorasi komprehensif terhadap area masalah yang melibatkan pemangku kepentingan utama, percakapan terbuka, dan pengumpulankomentar tanpa filter untuk mengidentifikasi berbagai area masalah. Tujuannya agar tema dan pertanyaan utama muncul secara alami.

Ketika wawasan diperoleh dalam fase konvergen, tim mempersempit ruang lingkup masalah dan memprioritaskan solusi dengan mendefinisikan masalah, memahami titik-titik permasalahan utama, dan memberikan advokasi untuk solusi dalam organisasi.Proses ini bersifat berulang, sehingga tim dapat meninjau kembali fase-fase yang diperlukan dan beradaptasi seiring waktu untuk menyempurnakan pendekatan mereka. Kesuksesan terletak pada kemampuan tim untuk beradaptasi dan menyempurnakan pendekatannya seiring berjalannya waktu.

Visualisasi Kreatif

Dalam desain, visualisasi kreatif adalah proses membuat dan menggunakan gambar yang dihasilkan komputer, animasi digital, model tiga dimensi, dan representasi dua dimensi seperti rencana arsitektur, gambar teknik, dan pola pemotongan untuk memvisualisasikan potensi suatu produk sebelum dibuat. pembuatan. Jenis produk yang memerlukan visualisasi kreatif antara lain prototipe kendaraan di industri otomotif, pakaian jadi di industri fashion, dan desain bangunan di bidang arsitektur.

Inovasi tarikan permintaan dan inovasi dorongan penemuan

Sebagian besar desain produk terbagi dalam salah satu dari dua kategori: inovasi yang didorong oleh permintaan atau inovasi yang didorong oleh penemuan. Tarikan permintaan terjadi ketika ada peluang di pasar yang perlu dieksplorasi melalui desain produk. Perancangan produk ini bertujuan untuk memecahkan permasalahan desain, dengan solusi berupa pengembangan produk baru atau pengembangan produk yang sudah ada di pasaran, seperti mengembangkan lebih lanjut penemuan yang sudah ada untuk keperluan lain. Di sisi lain, inovasi yang didorong oleh penemuan terjadi ketika terdapat kemajuan dalam kecerdasan, baik melalui penelitian atau melalui ide-ide baru dari desainer produk.

Ekspresi desain produk

Ekspresi desain berasal dari gabungan dampak seluruh elemen produk, dengan corak, bentuk, dan ukuran yang dirancang untuk memengaruhi keputusan pembelian konsumen. Oleh karena itu, desainer produk perlu mempertimbangkan target audiensnya, yang kemungkinan besar adalah pengguna akhir. Memahami bagaimana konsumen memandang produk selama proses desain dapat berkontribusi terhadap kesuksesan produk di pasar. Meskipun sulit untuk menarik semua kepribadian dari khalayak tertentu, mengembangkan produkyang mengekspresikan kepribadian atau menceritakan sebuah kisah melalui desain dan fungsinya dapat menjadi solusi. Produk dengan karakteristik seperti itu cenderung menyampaikan ekspresi yang lebih kuat, menarik lebih banyak konsumen, dan memperhitungkan bahwa ekspresi desain tidak hanya berkaitan dengan tampilan tetapi juga fungsi.Sebagai komunikator, desainer menggunakan bahasa elemen produk untuk menyampaikan pesan dan mengungkapkan nilai-nilai tertentu.

Tren dalam desain produk

Desainer produk harus mempertimbangkan semua detail, termasuk bagaimana orang akan menggunakan dan menyalahgunakan objek tersebut, mengantisipasi produk yang tidak sesuai, mengidentifikasi kekurangan dalam proses desain, dan memahami bagaimana orang ingin menggunakan objek tersebut. Banyak desain baru yang gagal dan bahkan ada yang tidak pernah dipasarkan. Proses desain biasanya memerlukan 5 atau 6 upaya untuk mendapatkan desain produk yang benar. Sebuah produk yang awalnya gagal dipasar dapat diperkenalkan kembali hingga dua kali lagi sebelum dianggap mati jika terus gagal.

Meski banyak produk baru yang gagal, ada ide bagus di baliknya.Semua jenis desain produk mempunyai dampak yang signifikan terhadap kesehatan ekonomi sektor manufaktur. Inovasi dalam desain merupakan pendorong kompetitif untuk pengembangan produk baru, karena teknologi baru sering kali memerlukan interpretasi baru terhadap desain. Produsen dapat menciptakan paradigma produk baru, memaksa industri lain untuk mengejar ketinggalan, dan mendorong inovasi yang lebih besar. Produk yang dirancang untuk memberikan manfaat bagi orang-orang dari berbagai usia dan kemampuan tanpa memberikan sanksi kepada kelompok tertentu dapat mendukung populasi lanjut usia dengan memperluas kemandirian mereka dan beradaptasi terhadap perubahan kebutuhan fisik dan sensorik seiring bertambahnya usia.

Disadur dari : https://en.wikipedia.org/wiki/Product_design