Mengapa korosi bisa terjadi?

Dipublikasikan oleh Muhammad Ilham Maulana

17 April 2024, 10.01

Sumber: en.wikipedia.org

Korosi adalah proses alami yang mengubah logam halus menjadi oksida yang lebih stabil secara kimiawi. Korosi adalah kerusakan material (biasanya logam) secara bertahap akibat reaksi kimia atau elektrokimia dengan lingkungan. Rekayasa korosi adalah bidang yang didedikasikan untuk pengendalian dan pencegahan korosi.

Dalam penggunaan kata yang paling umum, kata ini mengacu pada oksidasi elektrokimia logam melalui reaksi dengan zat pengoksidasi seperti oksigen, hidrogen, atau hidroksida. Karat, pembentukan oksida besi, adalah contoh korosi elektrokimia yang terkenal. Jenis kerusakan ini biasanya menghasilkan oksida atau garam dari logam induk dan menghasilkan warna oranye yang khas. Korosi juga dapat terjadi pada bahan selain logam, seperti keramik atau polimer, meskipun istilah "degradasi" lebih umum digunakan dalam konteks ini. Korosi melemahkan sifat-sifat material dan struktur, seperti kekuatan mekanik, penampilan, dan permeabilitas terhadap cairan dan gas.

Banyak paduan struktural yang mudah terkorosi saat terkena uap air, tetapi paparan zat tertentu dapat berdampak serius pada prosesnya. Korosi dapat terkonsentrasi secara lokal, membentuk lubang atau retakan, atau menyebar ke area yang luas, merusak permukaan secara merata. Karena korosi adalah proses yang dikendalikan oleh difusi, maka korosi terjadi pada permukaan yang terbuka. Akibatnya, metode yang mengurangi aktivitas permukaan yang terbuka, seperti pasivasi dan konversi kromat, dapat meningkatkan ketahanan material dan korosi. Namun, beberapa mekanisme korosi kurang terlihat dan kurang dapat diprediksi.

Kimiawi korosi sangat kompleks; korosi dapat dianggap sebagai fenomena elektrokimia. Dalam proses korosi, oksidasi terjadi pada titik tertentu di permukaan benda besi, dan titik tersebut bertindak sebagai anoda. Elektron yang dilepaskan dari titik anodik tersebut bergerak melalui logam ke titik lain pada objek dan mengurangi oksigen di titik tersebut dengan adanya H+ (yang dapat diperoleh dari asam karbonat (H2CO3) yang dihasilkan oleh pembubaran karbon dioksida dari udara; ion hidrogen juga dapat tersedia di air ketika oksida asam lainnya larut dari atmosfer). Titik ini berfungsi sebagai katoda.

Penghapusan korosi

Seringkali produk korosi dapat dihilangkan secara kimia. Misalnya, asam fosfat dalam bentuk navy jelly sering diaplikasikan pada peralatan atau permukaan logam besi untuk menghilangkan karat. Penghapusan korosi tidak sama dengan pemolesan listrik, yang menghilangkan beberapa lapisan logam dasar ke permukaan yang halus. Misalnya, asam fosfat juga dapat digunakan untuk pemolesan tembaga secara elektro, tetapi asam fosfat menghilangkan tembaga, bukan produk korosi tembaga.

Logam yang tahan terhadap korosi

Beberapa logam secara alami lebih tahan terhadap korosi dibandingkan yang lain, dengan emas dan platinum menjadi contoh terbaik karena kemampuannya secara spontan memecah produk korosi menjadi logam murni. Logam lain seperti seng, magnesium, dan kadmium terkorosi secara perlahan karena kinetika reaksi yang lambat. Meskipun grafit melepaskan energi ketika teroksidasi, sebagian besar grafit kebal terhadap korosi elektrokimia dalam kondisi normal.

Pasifasi menciptakan logam dan #039; lapisan tipis produk korosi yang dikenal sebagai film pasif pada permukaan yang bertindak sebagai penghalang oksidasi. Film ini secara kimia dan struktural berbeda dari logam di bawahnya dan dapat pulih kembali jika rusak. Pasifasi terjadi pada material seperti aluminium, baja tahan karat, titanium, dan silikon dan dipengaruhi oleh faktor metalurgi dan lingkungan seperti pH, ion klorida, suhu, dan kontak dengan logam cair.
 

Disadur dari: en.wikipedia.org