Mengaktifkan Rekayasa Sistem

Dipublikasikan oleh Syayyidatur Rosyida

07 Mei 2024, 08.41

sumber: pinterest.com

Bagian 5 dari Panduan untuk SE Body of Knowledge (SEBoK) adalah panduan pengetahuan tentang bagaimana perusahaan mempersiapkan dan memposisikan diri untuk secara efektif melakukan aktivitas rekayasa sistem (SE) yang dijelaskan di bagian lain dalam SEBoK.

Aktivitas SE - bagaimana mengembangkan persyaratan, memilih model siklus hidup yang sesuai, dan merancang sistem sistem, dan seterusnya - dibahas di tempat lain, terutama di Bagian 3, Rekayasa dan Manajemen Sistem. Sebuah organisasi yang ingin melakukan hal-hal ini secara efektif harus bekerja melalui pertanyaan-pertanyaan seperti apakah akan mengizinkan manajer proyek untuk memilih insinyur sistem yang dia pekerjakan, dan, jika ya, kompetensi apa yang mungkin dicari oleh manajer proyek dalam insinyur sistem tersebut. Pertanyaan-pertanyaan seperti inilah yang akan dibahas di Bagian 5.

Diskusi ini mendefinisikan tiga tingkat organisasi: perusahaan atau organisasi, tim, dan individu. Untuk mengadaptasi contoh ke struktur organisasi yang lebih kompleks, cukup uraikan perusahaan menjadi sub-perusahaan dan tim menjadi sub-tim, sesuai kebutuhan. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang berbagai jenis perusahaan, lihat Jenis-jenis Sistem di Bagian 2.


Sumber: sebookwiki.org

Gambar 1 SEBoK Bagian 5 dalam konteks (SEBoK Asli). Untuk lebih jelasnya, lihat Struktur SEBoK

Area Pengetahuan di Bagian 5

Setiap bagian dari SEBoK terdiri dari area pengetahuan (KA). Setiap KA mengelompokkan topik-topik di sekitar tema yang terkait dengan keseluruhan subjek bagian tersebut.

KA di Bagian 5 mengeksplorasi bagaimana kinerja rekayasa sistem dari tiga sudut pandang yang berbeda:

  • Mengaktifkan Bisnis dan Perusahaan
  • Memberdayakan Tim
  • Memberdayakan Individu

Praktik umum

Ada banyak cara yang berbeda untuk memungkinkan kinerja SE seperti halnya organisasi, dan pendekatan setiap organisasi bersifat rinci dan unik. Namun demikian, praktik, metode, dan pertimbangan umum memang ada. Bagian 5 menggunakan hal tersebut sebagai kerangka kerja untuk menyusun pengetahuan yang relevan.

Kegiatan SE yang mendukung kebutuhan bisnis dan memberikan nilai dimungkinkan oleh banyak faktor, termasuk:

  • Budaya (lihat Budaya),
  • Kompetensi SE (lihat Menentukan Kemampuan Rekayasa Sistem yang Dibutuhkan dalam Bisnis dan Perusahaan) dan bagaimana organisasi tumbuh dan mengerahkan tenaga kerjanya untuk memperolehnya, dan
  • Peralatan dan infrastruktur SE (lihat Rekayasa dan Manajemen Sistem di Bagian 3).

Perusahaan dan bisnis

Fakta bahwa Bagian 5 menggunakan dua istilah, “Perusahaan” dan “Bisnis”, untuk menyebutkan satu tingkat organisasi, menunjukkan bahwa keduanya terkait erat. Dalam banyak konteks, tidak perlu membedakan keduanya: perusahaan dapat berupa bisnis tradisional, dan bisnis dapat dilihat sebagai jenis perusahaan khusus. Demi keringkasan, istilah yang lebih umum “organisasi” dapat digunakan untuk mengartikan “bisnis atau perusahaan” di seluruh Bagian 5.

Bisnis tradisional biasanya memiliki struktur hukum dan struktur kontrol yang relatif terpusat. Bisnis semacam itu dapat berupa perusahaan, atau unit perusahaan atau lembaga pemerintah, yang menciptakan lini produk atau menawarkan layanan.

Di sisi lain, sebuah perusahaan dapat disusun dengan cara yang tidak dapat digambarkan sebagai sebuah bisnis. Hal ini terjadi ketika sebuah perusahaan melintasi batas-batas bisnis tradisional, tidak memiliki otoritas hukum yang terpusat, dan memiliki tata kelola yang relatif longgar. Salah satu contohnya adalah “sistem” perawatan kesehatan di Amerika Serikat yang mencakup rumah sakit, perusahaan asuransi, produsen peralatan medis, perusahaan farmasi, dan regulator pemerintah. Contoh lainnya adalah sekumpulan perusahaan yang membentuk rantai pasokan untuk produsen, seperti ribuan perusahaan yang suku cadang dan layanannya digunakan Apple untuk membuat, mendistribusikan, dan mendukung iPhone.

Tindakan signifikan yang memungkinkan terjadinya SE sering kali dilakukan oleh bisnis tradisional, bukan oleh perusahaan yang tidak terlalu terstruktur. Meskipun demikian, konteks organisasi mempengaruhi bagaimana pendekatan bisnis terhadap SE dan oleh karena itu, bagaimana hal tersebut memungkinkan kinerja SE. Sebuah bisnis yang menjual ke pasar komersial umum biasanya memiliki lebih sedikit kendala dalam praktik SE-nya dibandingkan dengan bisnis yang melakukan pekerjaan kontrak untuk lembaga pemerintah. Bisnis yang menciptakan sistem dengan karakteristik yang sangat menuntut, seperti pesawat terbang, biasanya memiliki pendekatan yang jauh lebih ketat dan terencana terhadap SE dibandingkan dengan bisnis yang menciptakan sistem yang tidak terlalu menuntut, seperti aplikasi ponsel pintar.

Bisnis tradisional dimaksudkan untuk bersifat permanen, dan biasanya menawarkan portofolio produk dan layanan, memperkenalkan produk dan layanan baru, menghentikan produk dan layanan lama, dan berusaha menumbuhkan nilai bisnis. Terkadang satu produk atau layanan memiliki nilai dan umur panjang sehingga melahirkan bisnis atau perusahaan hanya untuk pembuatan, pemeliharaan, dan dukungannya. Pesawat Eurofighter Typhoon, misalnya, dikembangkan oleh konsorsium tiga perusahaan yang membentuk perusahaan induk khusus untuk memberikan dukungan dan layanan peningkatan selama masa pakai pesawat.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang perbedaan antara bisnis dan perusahaan dan nilai rekayasa sistem perusahaan bagi mereka, lihat Rekayasa Sistem Perusahaan di Bagian 4. Sistem Sistem (SoS), juga di Bagian 4, kontras dengan kontrol yang lebih ketat atas SE yang biasa dilakukan oleh bisnis dengan kontrol yang lebih longgar yang biasa dilakukan oleh perusahaan yang tidak memiliki struktur bisnis tradisional. Pengelompokan Sistem di Bagian 2 membahas SoS Terarah yang mungkin setara dengan bisnis tradisional.

Tim

Tim beroperasi dalam konteks bisnis tempat mereka berada. Konteks ini menentukan bagaimana tim diaktifkan untuk melakukan SE.

Sebagai contoh, sebuah bisnis dapat memberikan otonomi yang luas kepada tim untuk mengambil keputusan teknis utama, yang dibuat oleh insinyur sistem tim atau dengan berkonsultasi dengan insinyur sistem tim. Di sisi lain, bisnis yang sama dapat membuat serangkaian proses SE generik yang harus disesuaikan dan digunakan oleh semua tim, membatasi tim untuk mematuhi kebijakan, praktik, dan budaya bisnis yang telah ditetapkan. Bisnis bahkan dapat mengharuskan tim untuk mendapatkan persetujuan untuk proses SE yang disesuaikan dari otoritas teknis tingkat yang lebih tinggi.

Tim biasanya dibentuk untuk durasi terbatas untuk mencapai tujuan tertentu, seperti membuat sistem baru atau meningkatkan layanan atau produk yang sudah ada. Setelah tujuan tersebut tercapai, tim yang bertanggung jawab atas upaya tersebut biasanya dibubarkan dan individu yang terkait dengan upaya tersebut ditugaskan untuk tugas-tugas baru. Namun, pengecualian bisa saja terjadi. Sebagai contoh, tim insinyur sistem yang ditugaskan untuk membantu program-program yang bermasalah di seluruh perusahaan dapat bertahan tanpa batas waktu.

Disadur dari: sebookwiki.or