Menengok Perkebunan Penghasil Bahan Baku Minuman Teh

Dipublikasikan oleh Muhammad Ilham Maulana

30 April 2024, 09.49

Sumber: en.wikipedia.org

Teh adalah minuman aromatik yang dibuat dengan menuangkan air panas atau mendidih di atas daun Camellia sinensis yang telah diawetkan atau segar, semak cemara asli Asia Timur yang mungkin berasal dari daerah perbatasan barat daya Cina dan Myanmar utara. Teh juga dibuat, tetapi jarang, dari daun Camellia taliensis. Setelah air putih, teh adalah minuman yang paling banyak dikonsumsi di dunia. Ada banyak jenis teh yang berbeda; beberapa memiliki rasa yang mendinginkan, sedikit pahit, dan sepat, sementara yang lain memiliki profil yang mencakup rasa manis, pedas, bunga, atau berumput. Teh memiliki efek stimulasi pada manusia, terutama karena kandungan kafeinnya.

Catatan awal yang dapat dipercaya tentang minum teh berasal dari abad ketiga Masehi, dalam sebuah teks medis yang ditulis oleh dokter Cina Hua Tuo. Teh dipopulerkan sebagai minuman rekreasi pada masa dinasti Tang di Tiongkok, dan kebiasaan minum teh kemudian menyebar ke negara-negara Asia Timur lainnya. Para pendeta dan pedagang Portugis memperkenalkannya ke Eropa pada abad ke-16. Selama abad ke-17, minum teh menjadi populer di kalangan orang Inggris, yang mulai menanam teh dalam skala besar di India Britania.

Istilah teh herbal mengacu pada minuman yang tidak terbuat dari Camellia sinensis. Teh ini merupakan infus dari buah, daun, atau bagian tanaman lainnya, seperti seduhan rosehip, chamomile, atau rooibos. Minuman ini dapat disebut tisanes atau infus herbal untuk mencegah kebingungan dengan teh yang terbuat dari tanaman teh.

Etimologi

Etimologi dari berbagai kata untuk teh mencerminkan sejarah transmisi budaya minum teh dan perdagangan dari Cina ke negara-negara di seluruh dunia. Hampir semua kata untuk teh di seluruh dunia terbagi dalam tiga kelompok besar: te, cha dan chai, yang dalam bahasa Inggris dikenal sebagai tea, cha atau char, dan chai. Kata yang paling awal masuk ke dalam bahasa Inggris adalah cha, yang masuk pada tahun 1590-an melalui Portugis, yang berdagang di Makau dan mengambil pengucapan kata tersebut dalam bahasa Kanton. Bentuk teh yang lebih umum tiba pada abad ke-17 melalui Belanda, yang mendapatkannya secara tidak langsung dari bahasa Melayu teh, atau secara langsung dari pelafalan tê dalam bahasa Cina Min.

 Bentuk ketiga, chai (yang berarti "teh berbumbu"), berasal dari pelafalan cha dalam bahasa Cina utara, yang kemudian menyebar melalui jalur darat ke Asia Tengah dan Persia, di mana kata ini mendapatkan akhiran yi dalam bahasa Persia. Kata Cina untuk teh itu sendiri kemungkinan besar berasal dari bahasa-bahasa non-Sinitik dari tanah air botani tanaman teh di barat daya Cina (atau Burma), mungkin dari akar kata Austro-Asiatik kuno *la, yang berarti "daun".

Proses Pengolahan dan pengelompokan Teh

Setelah dipetik, daun teh akan segera mengalami layu dan oksidasi jika tidak segera dikeringkan. Proses pengeringan ini mengakibatkan daun berubah warna menjadi gelap karena terjadi pemecahan klorofil dan pelepasan tanin. Selanjutnya, daun teh dipanaskan dengan uap panas untuk menguapkan kandungan air dan menghentikan proses oksidasi pada tahap yang diinginkan.

Proses ini sering disebut sebagai fermentasi, meskipun sebenarnya istilah tersebut tidak tepat. Pengolahan teh tidak melibatkan ragi atau produksi etanol seperti dalam proses fermentasi yang sebenarnya. Namun, jika pengolahan teh dilakukan dengan tidak benar, bisa menyebabkan pertumbuhan jamur dan terjadi proses fermentasi yang tidak diinginkan. Teh yang mengalami fermentasi dengan jamur harus dibuang karena dapat mengandung racun dan zat karsinogenik.

Berikut adalah pengelompokan teh berdasarkan tingkat oksidasi:

  1. Teh Putih: Terbuat dari pucuk daun yang tidak mengalami oksidasi dan dilindungi dari sinar matahari sebelum dipetik. Teh putih diproduksi dalam jumlah terbatas sehingga harganya relatif mahal. Meskipun kurang terkenal di luar Tiongkok, teh putih dalam kemasan sudah mulai populer.

  2. Teh Hijau: Daun teh diolah langsung setelah dipetik. Proses oksidasi minimal dan dihentikan dengan pemanasan menggunakan uap atau panggangan di atas wajan panas. Teh hijau bisa dijual dalam bentuk lembaran atau digulung menjadi bola kecil seperti "gunpowder".

  3. Oolong: Proses oksidasi dihentikan di tengah antara teh hijau dan teh hitam, biasanya memakan waktu 2–3 hari.

  4. Teh Hitam: Daun teh dioksidasi sepenuhnya selama 2 minggu hingga 1 bulan. Jenis teh ini paling umum di Asia Selatan dan sebagian besar negara di Afrika. Di Barat, disebut "teh hitam" karena warna daunnya yang menjadi gelap.

  5. Teh Pu-erh: Terdiri dari dua jenis, yaitu mentah dan matang. Teh pu-erh mentah bisa langsung digunakan atau disimpan untuk pematangan selama beberapa waktu. Teh pu-erh matang dibuat dengan mengendalikan kelembapan dan temperatur mirip dengan proses pengomposan.

Teh juga sering dikaitkan dengan manfaat kesehatan dan sering digunakan untuk diet. Berbagai jenis teh memiliki asosiasi dengan konsep keseimbangan yin dan yang dalam tradisi Tiongkok.

Sejarah Singkat Teh

Teh memiliki akar yang dalam dalam sejarah Asia Timur. Diperkirakan bahwa pusat asal mula teh berada di dekat sumber Sungai Irrawaddy, yang kemudian menyebar ke Cina, Indo-Cina, dan Assam. Teh Cina mungkin berasal dari Cina selatan dengan kemungkinan hibridisasi tanaman teh liar yang tidak diketahui. Sementara itu, Teh Assam Cina mungkin memiliki dua asal-usul yang berbeda. Perbedaan teh Cina dan teh Assam diyakini terjadi sekitar 22.000 tahun yang lalu.

Teh telah menjadi bagian dari kehidupan Asia Timur sejak zaman kuno. Dari legenda Cina hingga penemuan catatan tertua di makam Kaisar Jing dari Dinasti Han, teh telah menjadi minuman yang penting. Pengolahan teh berevolusi selama berabad-abad, dari bentuk kue pada masa Dinasti Tang hingga teh oolong pada masa Dinasti Ming.

Penyebaran teh ke dunia Barat dimulai pada abad ke-16, ketika teh diperkenalkan kepada para pendeta dan pedagang Eropa di Cina. Di Rusia, teh diperkenalkan pada abad ke-17 oleh Khan Mongolia. Di Inggris, kebiasaan minum teh menyebar luas pada abad ke-18, terutama setelah Catherine dari Braganza membawa kebiasaan tersebut ke istana Inggris. Dengan adanya perjalanan dan perdagangan, teh menjadi minuman global. Dari kebiasaan minum teh di Tiongkok kuno hingga pesta teh di Inggris abad ke-18, jejak teh melintasi peradaban, membawa serta cerita dan kenangan dari masa lalu yang penuh warna.

Komposisi kimia

Secara fisik, teh memiliki sifat sebagai larutan dan suspensi. Ini adalah larutan dari semua senyawa yang larut dalam air yang telah diekstraksi dari daun teh, seperti polifenol dan asam amino, tetapi merupakan suspensi ketika semua komponen yang tidak larut dipertimbangkan, seperti selulosa dalam daun teh. Infus teh adalah salah satu minuman yang paling banyak dikonsumsi di seluruh dunia.

Kafein membentuk sekitar 3% dari berat kering teh, yang berarti antara 30 dan 90 miligram per 250-mililiter (8 + 1⁄2 US fl oz) cangkir tergantung pada jenis, merek, dan metode penyeduhan.  Sebuah penelitian menemukan bahwa kandungan kafein dalam satu gram teh hitam berkisar antara 22 hingga 28 mg, sedangkan kandungan kafein dalam satu gram teh hijau berkisar antara 11 hingga 20 mg, yang mencerminkan perbedaan yang signifikan. Teh juga mengandung sejumlah kecil theobromine dan teofilin, yang merupakan xantin dan stimulan, mirip dengan kafein.

Budidaya dan Pemanenan

Camellia sinensis adalah tanaman hijau yang tumbuh terutama di daerah beriklim tropis dan subtropis. Beberapa varietas juga dapat mentolerir iklim laut dan dibudidayakan hingga ke utara seperti Cornwall di Inggris, Perthshire di Skotlandia, Washington di Amerika Serikat, dan Pulau Vancouver di Kanada. Di Belahan Bumi Selatan, teh ditanam hingga ke selatan seperti Hobart di Tasmania dan Waikato di Selandia Baru.

Tanaman teh diperbanyak dari biji dan stek; sekitar 4 hingga 12 tahun diperlukan untuk tanaman menghasilkan biji dan sekitar tiga tahun sebelum tanaman baru siap dipanen. Selain iklim zona 8 atau lebih hangat, tanaman teh membutuhkan curah hujan setidaknya 127 cm (50 inci) per tahun dan lebih menyukai tanah yang bersifat asam. Banyak tanaman teh berkualitas tinggi yang dibudidayakan di ketinggian hingga 1.500 m (4.900 kaki) di atas permukaan laut. Meskipun pada ketinggian ini tanaman tumbuh lebih lambat, mereka memperoleh rasa yang lebih baik.

Ada dua varietas utama yang digunakan: Camellia sinensis var. sinensis, yang digunakan untuk sebagian besar teh Cina, Formosa dan Jepang, dan C. sinensis var. assamica, yang digunakan di Pu-erh dan sebagian besar teh India (tetapi bukan Darjeeling). Di dalam varietas botani ini, banyak galur dan varietas klonal modern yang dikenal. Ukuran daun adalah kriteria utama untuk klasifikasi tanaman teh, dengan tiga klasifikasi utama: Tipe Assam, ditandai dengan daun terbesar; Tipe Cina, ditandai dengan daun terkecil; dan tipe Kamboja, ditandai dengan daun dengan ukuran menengah. Teh jenis Kamboja (C. assamica subsp. lasiocaly) pada awalnya dianggap sebagai jenis teh Assam. Namun, penelitian genetik selanjutnya menunjukkan bahwa teh ini merupakan hibrida antara teh daun kecil Cina dan teh tipe Assam. Teh Darjeeling juga tampaknya merupakan hibrida antara teh daun kecil Cina dan teh daun besar tipe Assam.


Disadur dari: en.wikipedia.org