Mendalami Riset Operasi - Pentingnya dan Aplikasinya

Dipublikasikan oleh Syayyidatur Rosyida

10 Mei 2024, 09.40

sumber: pexels.com

Untuk menyesuaikan diri dengan dunia bisnis yang serba cepat dan kompetitif, sebagian besar perusahaan menuntut studi konstan tentang kondisi pasar, yang dilakukan oleh riset operasi. Namun, apa itu riset operasi? 

Umumnya dikenal sebagai OR, ini adalah studi ilmiah yang melibatkan statistik dan matematika untuk memecahkan masalah bisnis. Cakupan riset operasi sangat tinggi dalam lanskap bisnis saat ini. Konsultan atau analis riset operasi meninjau masalah perusahaan, proses, celah, dan melakukan pola, analisis tren untuk mengembangkan model yang akan membantu menurunkan dan memberikan wawasan untuk memperbaiki masalah. Metode riset operasi biasanya digunakan untuk memecahkan masalah yang terkait dengan kerusakan kerja, perencanaan proyek, manajemen rantai pasokan, manajemen operasi, penjadwalan dan logistik, dll. Selain itu, proses ini juga membantu menyelesaikan tugas-tugas lain yang didukung dan bergantung pada taktik riset operasi. 

Untuk menjalankan bisnis secara efektif, mengetahui cara menggunakan teknik riset operasi memiliki relevansi. Rekaman kuliah langsung yang disediakan oleh fakultas terkemuka universitas terakreditasi A+ NAAC ini akan menawarkan wawasan mendalam tentang berbagai industri seperti SDM, pemasaran, ritel, keuangan, dan lainnya. Hubungi Jaro Education untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai program ini.

Pentingnya riset operasi

Riset operasi adalah teknik analisis pemecahan masalah dan pengambilan keputusan. Banyak perusahaan menggunakan pendekatan kuantitatif ini untuk memecahkan masalah. Ketika pengambilan keputusan menjadi kompleks karena situasi yang tidak jelas atau ketika tujuan yang ditentukan bertentangan, strategi ini diterapkan. Masalah dalam manajemen riset operasi dibagi menjadi beberapa bagian mendasar dan diselesaikan secara matematis dengan cara-cara tertentu. Organisasi dapat mengembangkan sistem yang lebih sukses dengan menggunakan manajemen operasi dengan meramalkan hasil dengan hati-hati, mengevaluasi semua opsi yang layak, dan menggunakan alat dan proses keputusan. Pentingnya riset operasi tidak dapat disangkal karena alasan-alasan berikut.

Meningkatkan produktivitas bisnis

Peningkatan produktivitas adalah manfaat signifikan dari riset operasi yang menarik banyak perusahaan. Rumus matematika yang digunakan dalam riset manajemen operasi memberikan sejumlah alternatif optimal untuk ukuran pabrik, bauran inventaris, perencanaan tenaga kerja, dan memasukkan teknologi baru, di antaranya. Hal ini menjamin bahwa pekerjaan dapat diselesaikan dengan lebih cepat.

Meningkatkan pengambilan keputusan

Pendekatan matematis pada riset manajemen operasi memungkinkan individu untuk memeriksa lebih banyak pilihan dan batasan daripada metode intuitif biasa. Hasilnya, riset operasi memungkinkan perusahaan untuk menganalisis berbagai kemungkinan dengan mudah dan cepat. Akibatnya, Anda dapat membuat keputusan yang lebih percaya diri dalam memilih opsi terbaik.

Menetapkan kontrol yang mulus

Karena riset operasi, organisasi dapat mempertahankan kontrol yang lebih besar atas staf mereka. Riset manajemen operasi menciptakan kriteria kinerja dan menilai produktivitas. Hasilnya, manajer perusahaan dapat melacak penyimpangan dari norma untuk menemukan area yang bermasalah. Hal ini menjamin bahwa tidak ada waktu yang terbuang dan tindakan korektif segera dilakukan.

Meningkatkan koordinasi departemen

Pentingnya riset operasi meluas hingga ke kelancaran semua departemen. Departemen seperti pemasaran dan manufaktur dapat berkolaborasi untuk meningkatkan produktivitas secara keseluruhan melalui analisis riset operasi.

Meminimalkan ketidakpastian 

Riset operasi menggunakan metodologi dan alat pemodelan yang telah teruji dan benar. Hal ini membantu bisnis dalam menghilangkan keraguan yang mungkin terjadi. Ketika data yang akurat dimasukkan ke dalam model pemecahan masalah yang sudah ada, seseorang dapat secara dramatis mengurangi ketidakpastian untuk bisnis dan dengan demikian, menyelesaikan masalah dan mengelola proses perusahaan yang rumit menjadi lebih mudah dengan data yang dapat diandalkan.

Analisis secara detail

Salah satu alasan pentingnya manajemen operasi adalah karena manajemen operasi didasarkan pada analisis. Untuk memeriksa dan memecahkan beragam masalah, pendekatan matematika dan ilmiah diterapkan. Riset operasi menggunakan metodologi ini untuk menghasilkan studi yang lengkap dan berwawasan luas, sehingga perusahaan dapat menangani masalah secara menyeluruh dan komprehensif.

Aplikasi Riset Operasi

Analisis risiko

Analisis risiko adalah aplikasi riset operasi yang memungkinkan perusahaan untuk mendeteksi dan menangani masalah potensial yang dapat merusak proyek atau inisiatif mereka. Selain itu, analisis risiko dapat diterapkan pada inisiatif non-bisnis lainnya seperti membeli rumah atau perencanaan acara. 

Analisis inventaris

Persediaan adalah aset neraca yang mencerminkan barang yang ingin dijual oleh perusahaan kepada pelanggannya di masa depan. Selain produk jadi, persediaan juga terdiri dari bahan baku yang digunakan untuk memproduksi barang tersebut dan barang dalam proses. Jadi, analisis persediaan membantu bisnis dalam menentukan jumlah barang yang tepat untuk dimiliki, untuk memenuhi permintaan pelanggan sambil menghindari biaya penyimpanan persediaan yang berlebihan.

Perencanaan strategis

Perencanaan strategis adalah aplikasi dari riset operasi yang memungkinkan para pemimpin organisasi untuk menentukan visi mereka untuk masa depan dan mengidentifikasi tujuan dan sasaran organisasi tersebut. Proses ini melibatkan penentuan urutan tujuan-tujuan tersebut agar organisasi dapat mencapai visi yang telah ditetapkan. Perencanaan strategis sering kali digunakan untuk merefleksikan tujuan jangka menengah dan panjang dengan jangka waktu tiga hingga lima tahun; yang dapat diperpanjang.

Riset pemasaran

Riset pemasaran adalah strategi atau kumpulan praktik yang digunakan oleh bisnis untuk memperoleh informasi guna memahami target pasar mereka dengan cara yang lebih baik. Perusahaan menggunakan data ini untuk meningkatkan produk mereka, meningkatkan pengalaman pengguna, dan memberikan produk yang lebih baik kepada konsumen mereka. Riset pemasaran biasanya dilakukan untuk mencari tahu apa yang diinginkan orang dan bagaimana mereka bereaksi terhadap barang atau fitur.

Logistik

Dalam bisnis, logistik adalah manajemen aliran barang antara titik asal dan titik konsumsi untuk memenuhi kebutuhan perusahaan dan pelanggan. Sumber daya yang ditangani dalam logistik dapat mencakup barang-barang fisik seperti hewan, makanan, cairan, bahan, dan peralatan. Selain itu, barang abstrak seperti data dan waktu juga dapat dimasukkan di dalamnya. 

Manajemen pendapatan

Manajemen pendapatan adalah metode analisis sistematis yang digunakan untuk meramalkan perilaku pelanggan di tingkat mikro, dengan tujuan mengoptimalkan ketersediaan dan harga produk sambil meningkatkan pertumbuhan pendapatan. Dengan kata lain, tujuan mendasarnya adalah menawarkan produk yang tepat kepada pembeli yang tepat dengan harga yang tepat pada waktu yang tepat.

Analisis penjualan

Analisis penjualan adalah proses mengevaluasi data penjualan untuk mendeteksi tren dan pola. Data penjualan dapat membantu perusahaan dalam membuat keputusan yang tepat mengenai produk, promosi, harga, promosi, permintaan pelanggan, inventaris, dan elemen organisasi lainnya. Di beberapa organisasi, analisis penjualan adalah hal yang mendasar seperti memeriksa angka penjualan secara rutin.

Penjadwalan

Penjadwalan adalah bagian dari riset operasi yang mengatur, mengelola, dan mengoptimalkan pekerjaan dan beban kerja dalam proses manufaktur atau produksi. Ini digunakan untuk merencanakan sumber daya pabrik dan mesin, sumber daya manusia, proses produksi, dan pembelian material.

Lelang

Untuk menjual aset dan properti kepada calon pembeli, lelang diatur.  Lelang adalah mekanisme pembelian dan penjualan terbuka di mana pembeli diminta untuk menawar aset tertentu dan dipegang oleh pemilik dan bisnis. 

Peramalan

Ini adalah strategi yang menggunakan data sebelumnya sebagai input untuk membuat prediksi yang teredukasi tentang lintasan tren yang akan datang. Peramalan digunakan oleh bisnis untuk memahami bagaimana mengalokasikan anggaran atau merencanakan biaya yang diantisipasi di masa depan.

Optimasi

Optimalisasi adalah proses yang memastikan kinerja operasi bisnis yang efektif dan efisien. Hal ini membantu mengurangi pengeluaran saat ini sekaligus meningkatkan kemampuan operasional. Oleh karena itu, operasi bisnis harus dioptimalkan secara teratur untuk memastikan bahwa mereka berfungsi pada tingkat yang ideal selama bertahun-tahun. 

Manajemen portofolio

Ini difokuskan pada aspek keuangan dari riset operasi yang berhubungan dengan pengawasan sekelompok investasi pada tingkat profesional atau pribadi. Investasi ini termasuk reksadana, obligasi, mata uang kripto, dana yang diperdagangkan di bursa, dan sebagainya. Tujuan manajemen portofolio adalah untuk membantu investor dalam memenuhi tujuan keuangan jangka panjang mereka sekaligus mengelola permintaan likuiditas dan toleransi risiko mereka.

Manajemen rantai pasokan

Administrasi proses penuh untuk mengubah bahan mentah menjadi produk jadi dikenal sebagai manajemen rantai pasokan. Hal ini mencakup menghubungkan jaringan pemasok melalui prosedur manajemen terpusat. Setiap pemasok berfungsi sebagai penghubung dalam siklus manufaktur, dari produsen ke penjual.

Metode riset operasi

Selain menekankan pada interaksi antara manusia dan teknologi, riset operasi juga mengintegrasikan berbagai alat bantu mulai dari pembelajaran mesin, analisis statistik, optimasi, hingga pemodelan matematika. Untuk memahami metode-metode ini dengan cara yang lebih baik, mari selami lebih dalam. 

Metode simulasi

Dalam riset operasi, metode simulasi mencakup model dan algoritme yang direkomendasikan yang dicoba dan diuji sebelum diimplementasikan. Metode ini mencakup analisis implementasi, mengubah variabel atau batasan untuk menyesuaikan solusi dengan tujuan bisnis, menilai hasil dari metodologi riset operasi dan merekomendasikan solusi dengan bobot tertinggi dari pertimbangan-pertimbangan tersebut.

Pemodelan matematika & analisis statistik

Analisis riset operasi yang mendetail terhadap contoh dan solusi melibatkan pendekatan statistik untuk menganalisis dan mengembangkan algoritme matematis untuk memecahkan masalah. Hal ini melibatkan penggunaan data untuk menggali lebih dalam, membuat kesimpulan, dan mengembangkan algoritme yang memberikan wawasan dan jawaban dalam situasi bisnis. 

Pendekatan pengoptimalan

Ketika ada ketidaksesuaian antara alternatif atau keputusan yang harus diambil oleh sebuah organisasi, teknik optimasi muncul. Strategi optimasi dapat melibatkan penawaran solusi untuk tantangan bisnis dengan tetap memperhatikan batasan proyek saat ini. Namun, kendala dapat berupa apa pun yang memperlambat pengambilan keputusan atau membatasi kemampuan seseorang untuk membuat pilihan yang optimal.

Pikiran akhir

Di era kecerdasan buatan dan pembelajaran mesin, riset operasi memberikan peluang yang tak terbatas bagi bisnis. Riset operasi adalah proses yang menghilangkan konflik dengan memecahkan masalah dengan input subjektif yang disaring oleh model matematika dan statistik untuk menghasilkan jawaban yang ideal. Manfaat dan pentingnya riset operasi tidak dapat disangkal lagi oleh organisasi. Jika Anda ingin menjadi pemimpin bisnis di masa depan, Anda harus memiliki pemahaman yang kuat tentang riset operasi, manajemen inventaris, manajemen pendapatan, dan banyak lagi. Untuk mengasah keterampilan tersebut, Anda dapat mempertimbangkan untuk mendaftar di Program MBA Online yang disediakan oleh Manipal University Jaipur. Ini adalah program komprehensif untuk calon MBA yang mencari opsi yang tepat untuk meningkatkan karir mereka, tanpa menghambat jadwal reguler mereka.

Disadur dari: jaroeducation.com