Memahami Proses dari Pemberdayaan

Dipublikasikan oleh Farrel Hanif Fathurahman

29 April 2024, 14.32

Empowerment - eLearning Industry

Definisi

Pemberdayaan adalah tingkat otonomi dan penentuan nasib sendiri yang dimiliki individu dan kelompok Hasilnya, mereka diberdayakan untuk bertindak secara independen dan bertanggung jawab atas nama kepentingan mereka. Ini adalah proses untuk menjadi lebih kuat dan lebih percaya diri, terutama dalam hal mengambil alih kehidupan dan menuntut hak-hak seseorang. Istilah "pemberdayaan sebagai tindakan" menggambarkan proses pemberdayaan diri sendiri dan menerima bantuan profesional, yang membantu individu mengatasi perasaan tidak berdaya dan berpengaruh serta mengidentifikasi dan memanfaatkan kemampuan mereka sendiri.

Pemberdayaan adalah sebuah kata dari psikologi komunitas Amerika yang berasal dari tahun 1981 dan dikaitkan dengan ilmuwan sosial Julian Rappaport. Meskipun demikian, asal usul teori pemberdayaan dapat ditelusuri lebih jauh dan dikaitkan dengan teori sosial Marxis. Teori Neo-Marxis, sering disebut Teori Kritis, telah memungkinkan konsep-konsep sosiologis untuk diperluas dan dipoles lebih lanjut. Pemberdayaan adalah metode realistis untuk intervensi berorientasi sumber daya dalam pekerjaan sosial. Pemberdayaan dipandang sebagai metode untuk meningkatkan tanggung jawab warga negara dalam bidang pendidikan kewarganegaraan dan pendidikan demokrasi. Salah satu gagasan utama dalam pembicaraan tentang mendorong keterlibatan masyarakat adalah pemberdayaan. Gagasan pemberdayaan, yang didefinisikan sebagai pergeseran dari pandangan yang lebih berorientasi pada defisit ke yang lebih berorientasi pada kekuatan, menjadi semakin lazim dalam teori manajemen, swadaya, dan pendidikan berkelanjutan.

Robert Adams menarik perhatian pada keterbatasan definisi “pemberdayaan” dan risiko bahwa definisi khusus atau ilmiah dapat menyangkal istilah tersebut dan tindakan yang terkait dengan orang-orang yang memang seharusnya melakukan hal tersebut. Meski demikian, ia memberikan definisi dasar pemberdayaan sebagai berikut: “Pemberdayaan adalah proses dimana individu dan kelompok dapat membantu dirinya sendiri dan orang lain untuk memaksimalkan kualitas hidupnya.” Ini adalah kemampuan individu, kelompok, dan/atau komunitas untuk mengendalikan keadaan mereka, menjalankan kekuasaan, dan mencapai tujuan mereka sendiri.

Arti tunggal dari kata tersebut adalah “suatu proses yang disengaja dan berkelanjutan yang berpusat pada komunitas lokal, yang melibatkan rasa saling menghormati, refleksi kritis, kepedulian, dan partisipasi kelompok, yang melaluinya masyarakat yang tidak memiliki sumber daya yang sama mendapatkan akses dan kendali yang lebih besar terhadap sumber daya tersebut. " .

“Pemberdayaan dipandang sebagai suatu proses: mekanisme dimana masyarakat, organisasi, dan komunitas memperoleh penguasaan atas kehidupan mereka,” menurut Rappaport (1984).

Anggota kelompok yang tidak dilibatkan dalam proses pengambilan keputusan karena proses diskriminasi sosial, seperti kelompok yang didiskriminasi karena cacat, warna kulit, etnis, agama, atau gender, sering kali menjadi fokus pemberdayaan sosiologis. Feminisme dan pemberdayaan sebagai suatu teknik saling berkaitan. Persepsi menjadi lebih lazim dalam kemandirian dan pendidikan berkelanjutan, serta prinsip-prinsip manajemen.

Proses

Proses untuk menjamin peluang-peluang mendasar bagi individu-individu yang kurang beruntung, baik yang dilakukan secara langsung maupun dengan bantuan dari individu-individu non-marginalisasi yang juga memiliki akses terhadap peluang-peluang tersebut, dikenal sebagai pemberdayaan. Hal ini juga berarti sengaja menghalangi upaya untuk menghambat peluang tersebut. Dorongan dan pengembangan kemandirian adalah aspek lain dari pemberdayaan, dengan tujuan menghilangkan kebutuhan anggota kelompok akan bantuan atau amal di masa depan. Mungkin sulit untuk memulai dan melaksanakan prosedur ini dengan sukses.

  • Strategi

Membantu masyarakat marginal mendirikan organisasi nirlaba sendiri merupakan salah satu cara untuk memberdayakan mereka. Pendekatan ini didasarkan pada gagasan bahwa hanya orang-orang yang terpinggirkanlah yang dapat menentukan apa yang paling dibutuhkan oleh orang-orang mereka, dan bahwa keberadaan orang luar yang menjalankan organisasi akan semakin memperparah marginalisasi. Kelompok amal yang dipimpin oleh individu dari luar komunitas berpotensi melemahkan komunitas dengan membangun ketergantungan pada kesejahteraan atau amal. Organisasi nirlaba mungkin fokus pada taktik yang mengubah struktur sistem dan mengurangi kebutuhan akan ketergantungan yang berkelanjutan. Palang Merah, misalnya, mungkin berkonsentrasi pada peningkatan kesehatan masyarakat adat, namun menurut piagamnya, mereka tidak berwenang untuk menerapkan sistem distribusi dan pemurnian air, meskipun faktanya ketiadaan sistem tersebut mempunyai dampak langsung dan signifikan. , dan dampak buruknya terhadap kesehatan. Namun, organisasi nirlaba yang beranggotakan masyarakat adat dapat memastikan organisasi mereka memiliki kekuatan seperti ini, menetapkan tujuan mereka sendiri, membuat rencana sendiri, menemukan sumber daya yang mereka butuhkan, melakukan pekerjaan sebanyak yang mereka bisa, dan menerima akuntabilitas dan penghargaan atas keberhasilan proyek (atau dampak buruknya, jika tidak).

Prosedur yang memungkinkan orang atau kelompok untuk secara efektif mengakses otoritas, pengaruh, dan kekuasaan mereka sendiri atau kelompoknya dan menggunakan kekuatan tersebut ketika berinteraksi dengan individu, organisasi, atau masyarakat lain secara luas. Dengan kata lain, pemberdayaan tidak berarti memberikan otoritas lebih kepada individu; sebaliknya, ini tentang memberdayakan masyarakat untuk menggunakan pengetahuan dan dorongan mereka yang melimpah untuk menjalankan profesi mereka dengan sangat baik. Melepaskan kekuatan ini adalah cara kita mendefinisikan pemberdayaan." Hal ini menginspirasi individu untuk memperoleh pengetahuan dan kemampuan yang akan memungkinkan mereka mengatasi tantangan dalam kehidupan pribadi atau profesional dan, pada akhirnya, membantu kehidupan mereka sendiri atau masyarakat. perkembangan. Memberdayakan perempuan "...kedengarannya seolah-olah kita mengabaikan atau mengabaikan laki-laki, namun kenyataannya, kedua jenis kelamin sama-sama perlu diberdayakan." Peningkatan lingkungan, norma, aktivitas, dan pandangan hidup sebagai sebuah keseluruhan mengarah pada pemberdayaan.

  • Kritik

Sebelum menyimpulkan bahwa kelompok tertentu memerlukan pemberdayaan dan, dengan demikian, bahwa harga diri mereka harus diperkuat melalui pengakuan atas aset mereka, diagnosis defisiensi—biasanya dilakukan oleh spesialis yang mengevaluasi masalah yang dihadapi kelompok ini—harus dilakukan. Teknik pemberdayaan seringkali tidak mempertanyakan ketidakseimbangan mendasar dalam hubungan antara spesialis dan klien. Penting juga untuk mempertimbangkan dengan cermat sejauh mana metode pemberdayaan dapat diterapkan pada semua pasien/klien. Apakah individu yang berada dalam keadaan krisis yang intens mampu membuat penilaian sendiri sangatlah diragukan. Albert Lenz menegaskan bahwa pada saat krisis ekstrim, masyarakat cenderung bertindak regresif dan mendelegasikan wewenang kepada ahli. Oleh karena itu, harus dipertimbangkan bahwa komunikasi dan refleksi minimal dari semua pihak yang terlibat diperlukan agar gagasan pemberdayaan dapat diterapkan.

Keluhan lainnya adalah bahwa istilah “pemberdayaan” menunjukkan bahwa motivasi untuk melakukan perubahan berasal dari sumber luar. Dalam industri perawatan kesehatan, misalnya, seorang pasien akan diberdayakan jika dokternya mendorong mereka untuk memantau gejala-gejalanya dan memodifikasi pengobatannya sesuai kebutuhan. Di sisi lain, pasien yang memutuskan sendiri untuk mulai melacak dan meningkatkan rejimen pengobatannya akan menjadi contoh pemberdayaan diri. Ungkapan baru, pemberdayaan diri, “menggambarkan kekuatan pasien dan perawat informal untuk melakukan aktivitas yang tidak diamanatkan oleh layanan kesehatan dan untuk mengambil kendali atas kehidupan mereka sendiri dan manajemen diri dengan peningkatan efikasi diri dan kepercayaan diri”.

Sumber:

https://en.wikipedia.org