Memahami Pentingnya Dokumen Persyaratan Desain Produk

Dipublikasikan oleh Syayyidatur Rosyida

15 Mei 2024, 07.04

sumber: pexels.com

Dokumentasi desain produk menjelaskan proses dan alasan pembuatan solusi. Menuliskan persyaratan membantu membentuk backlog desain, melacak peningkatan, mengukur hasil, dan menyederhanakan integrasi di masa depan. Saat membuat persyaratan desain produk, anggota tim secara aktif berpartisipasi dalam perencanaan, memberikan saran, atau menyuarakan keberatan mereka. 

Dokumen persyaratan desain produk (PRD) adalah artefak yang berisi semua informasi yang diperlukan untuk menciptakan produk yang sukses. Dokumen ini mengikuti metodologi top-down yang digunakan dalam gaya manajemen proyek Waterfall. Modifikasi dokumen untuk lingkungan Agile memudahkan manajer produk, tim pengembangan perangkat lunak, dan pemangku kepentingan lainnya untuk berkolaborasi dalam mendesain dan mengirimkan produk sesuai jadwal. 

Artikel ini menjelaskan cara menulis dokumen persyaratan desain, meninjau bagian utamanya dan tantangan yang dapat Anda temui saat menggunakan spesifikasi produk ini. Terakhir, kami akan berbagi keahlian Artkai dalam desain produk, meninjau studi kasus seperti Accel dan KMC Commander untuk menunjukkan bagaimana dokumentasi yang efisien dapat mengoptimalkan solusi yang unggul. 

Elemen Inti dari dokumen persyaratan desain produk

Tim yang gesit menggunakan dokumen desain produk sebagai metode kolaborasi interaktif untuk menyelaraskan elemen-elemen produk yang penting. PRD dikembangkan berdasarkan kebutuhan, fitur, dan tenggat waktu produk. Berikut ini adalah bagian penting yang harus dimasukkan dalam dokumentasi desain produk Anda: 

Tujuan proyek

Bagian ini menguraikan tujuan, visi, dan sasaran produk. Tujuan haruslah merupakan hasil yang tepat, terukur, dan inspiratif yang ingin Anda capai untuk pelanggan dan bisnis Anda. Ini berarti mencantumkan semua fitur produk yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan konsumen dan tujuan bisnis Anda.

Detail proyek

Anda menuliskan pemangku kepentingan penting, tanggal rilis, kemajuan proyek, kualitas, atribut, fitur, dan informasi lain yang relevan di sini. Bagian ini berfungsi sebagai panduan untuk merancang, mengembangkan, dan menguji produk akhir.

Cerita pengguna

Bagian ini menyatakan fitur produk dalam cerita pengguna yang menggambarkan apa yang ingin dicapai oleh pengguna. Cerita pengguna membahas nilai yang diharapkan pengguna dari produk, memberikan pemahaman yang jelas kepada desainer dan insinyur tentang pedoman yang tepat yang harus mereka ikuti. Metodologi Agile menggunakannya untuk menentukan fungsi-fungsi penting untuk membuat produk menjadi fungsional.

Alur dan desain pengguna

Alur pengguna secara visual mewakili perjalanan pelanggan Anda melalui situs web atau aplikasi, menguraikan langkah-langkah mereka dan apa yang terjadi di sana. Menggambarkan alur pengguna membantu untuk memahami bagaimana konsumen terlibat dengan produk Anda. Dengan mengetahuinya, Anda dapat memutuskan tindakan apa yang perlu dilakukan pengguna untuk menyelesaikan tugas dan cara terbaik untuk memandu mereka melalui solusi Anda.  

Metrik produk

Dukung setiap asumsi dengan metrik yang sesuai. Metrik produk adalah titik data terukur yang dipantau dan dievaluasi oleh perusahaan untuk menentukan kinerja penawarannya. Beberapa metrik produk adalah tingkat konversi, tingkat churn, dan pendapatan berulang bulanan. Pada bagian ini, Anda perlu membuat hipotesis mengenai dampak dari fungsionalitas produk tertentu. Interaksi pengguna dengan fitur tersebut akan menentukan tingkat keberhasilan tesis Anda.

Peta jalan

Peta jalan produk adalah sumber kebenaran yang digunakan untuk menggambarkan tujuan jangka panjang, prioritas, dan kemajuan produk. Bagian ini menguraikan peta jalan masa depan yang akan membantu dalam menjadwalkan tugas-tugas penting dan tonggak keberhasilan produk. Hal ini membuat pengembangan perangkat lunak produk di masa depan menjadi lebih jelas bagi tim dan pemangku kepentingan.

Kesulitan dalam menggunakan dokumen persyaratan desain produk

Saat menyusun dokumen desain produk, kesulitan berikut ini dapat muncul: 

Menjadi ketinggalan zaman

Sebagian besar tim produk bekerja di bawah tenggat waktu yang ketat. Setelah menilai dokumentasi dan berkonsultasi dengan anggota atau pemangku kepentingan lain, mungkin sulit untuk kembali dan mengubah persyaratan. Akibatnya, data dan masukan yang digunakan tim pengembangan dapat berbeda dengan informasi yang dinyatakan dalam dokumen persyaratan desain produk.

Kurangnya keterlibatan

Frekuensi anggota tim dalam meninjau atau memperbarui persyaratan desain produk bergantung pada budaya perusahaan dan alur kerja yang biasa dilakukan. Idealnya, anggota tim harus secara teratur memeriksa spesifikasi persyaratan untuk memastikan dokumen tersebut sesuai dengan tujuan tim. Dalam praktiknya, mungkin ada kurangnya minat atau partisipasi dalam proses tersebut.

Keahlian artkai

Artkai adalah perusahaan desain dan pengembangan produk digital yang dapat membantu Anda mengembangkan basis pengguna dan aliran pendapatan dengan solusi inovatif. Kami menawarkan layanan desain produk profesional seperti penemuan, strategi produk, pemetaan perjalanan pelanggan, wireframing, UX/UI, dan identitas visual. 

Selama bertahun-tahun, kami telah membantu banyak bisnis untuk meningkatkan desain produk mereka dan memperluas jangkauan pasar mereka. Para ahli kami akan membawa produk Anda menuju kesuksesan melalui validasi ide, peningkatan konversi, desain aplikasi yang luar biasa, adopsi produk yang lebih tinggi, perjalanan pengguna yang lebih baik, dan branding yang konsisten. Lihatlah studi kasus kami. 

Komandan KMC: platform IoT terpadu

KMC Controls adalah produsen teknologi dan sistem otomasi yang terbuka dan aman dari Amerika. Perusahaan ini menghubungi tim Artkai dengan permintaan untuk membuat solusi dengan dasbor tunggal yang memungkinkan mereka mengelola berbagai aspek kualitas udara. Sistem mereka saat ini sudah ketinggalan zaman, tidak stabil, dan memiliki masalah UX yang signifikan. 

Tim kami mengaudit dan mengubah solusi yang ada saat ini untuk menghasilkan solusi yang universal, mudah diakses, dan modern. Dasbor sistem harus mudah digunakan dan mudah disesuaikan dengan skala klien. Kami membentuk dokumen persyaratan desain produk yang komprehensif dan terperinci yang membantu kami menyelaraskan kolaborasi lintas tim. 

Hasilnya, kami menciptakan KMC Commander yang telah dirubah dengan dasbor tunggal, yang menjadi fondasi kuat untuk lingkungan bangunan pintar modern. Infrastruktur yang dirancang dengan baik memudahkan kami untuk terhubung dengan lebih dari 150 mitra, termasuk perusahaan terkemuka seperti Intel dan Amazon. Desain ulang platform ini memberikan hasil yang sangat baik bagi klien kami:

  • Pertumbuhan rata-rata pengguna sebesar 35%;
  • Penurunan 1,5 dalam tingkat perputaran. 

Accel: aplikasi perdagangan terdesentralisasi

Klien kami, sebuah perusahaan fintech yang menawarkan alat perdagangan canggih untuk pedagang DeFi bernama Accel, memiliki ide untuk produk baru yang akan meningkatkan ekologi produknya saat ini. Produk tersebut adalah sebuah aplikasi desktop yang menyediakan alternatif trading yang lebih aman dan praktis bagi klien. 

Tim Artkai harus merancang solusi penghasil pendapatan yang berfungsi penuh untuk komunitas tertutup dan teknologi bot mutakhir untuk melindungi aset pengguna. Membentuk dan memperbarui dokumen persyaratan desain produk memungkinkan desain dan pengembangan produk secara bersamaan setelah fase penelitian dan penemuan. Hasilnya, kami menciptakan aplikasi trading terdesentralisasi yang ramah pengguna yang meningkatkan penggunaan platform.

Kembangkan desain produk anda dengan artkai

Dokumen persyaratan desain produk adalah sumber daya penting untuk komunikasi lintas tim. Dokumentasi ini menguraikan langkah-langkah dan motivasi di balik pembuatan produk, membuatnya lebih mudah untuk membentuk backlog desain, mengelola perubahan, dan mengevaluasi hasil. Memperbarui PRD saat proyek berkembang membantu menyelaraskan pengembangan dan kepentingan pemangku kepentingan.

Setelah bertahun-tahun menciptakan desain produk yang meningkatkan dampak pasar untuk berbagai bisnis, para spesialis Artkai telah mengembangkan pengalaman dalam desain produk digital. Kami menggunakan dokumen persyaratan desain produk sebagai alat yang bermanfaat untuk menyederhanakan alur kerja dan membawa produk Anda menuju kesuksesan dengan solusi desain yang unggul. 

Disadur dari: artkai.io