Memahami Kekuatan Tarik Ultimate: Menjelajahi Kemampuan Tekanan Maksimum

Dipublikasikan oleh Muhammad Ilham Maulana

17 April 2024, 10.26

Sumber: en.wikipedia.org

Kekuatan Tarik Tertinggi (disebut juga UTStensile strengthTSultimate strength atau {\displaystyle F_{\text{tu}}} di notation) adalah tegangan maksimum yang dapat ditahan suatu bahan ketika diregangkan atau ditarik sebelum patah. Pada material getas kekuatan putusnya mendekati titik luluh, pada material keras kekuatan putusnya bisa lebih tinggi.

Untuk mengetahui kekuatan tarik ultimit, biasanya dilakukan uji tarik dan regangan teknik versus perpanjangan dicatat. Titik tertinggi pada kurva tegangan-regangan merupakan tegangan tarik ultimit dan mempunyai satuan tegangan. Titik ekuivalen dalam kasus kompresi disebut gaya kompresi, bukan tegangan.

Kekuatan tarik jarang menjadi hal yang penting dalam desain bagian yang berat, namun penting untuk bagian yang rapuh. Mereka ditabulasikan untuk material umum seperti paduan, komposit, keramik, plastik dan kayu.

Definisi

Kekuatan tarik suatu material merupakan suatu sifat yang kuat. Oleh karena itu, nilainya tidak bergantung pada ukuran spesimen. Namun, tergantung pada bahannya, hal ini mungkin bergantung pada faktor lain seperti: B. Persiapan sampel, adanya cacat permukaan, lingkungan pengujian, dan suhu bahan.

Beberapa material dapat rusak secara tiba-tiba tanpa mengalami deformasi plastis. Ini disebut patah getas. Logam lain yang lebih ulet, termasuk sebagian besar logam, dapat mengalami deformasi plastis dan necking sebelum rusak.

Kekuatan tarik didefinisikan sebagai tegangan yang diukur sebagai gaya per satuan luas. Untuk beberapa material heterogen (atau komponen komposit), gaya ini dapat diterapkan secara sederhana sebagai gaya atau sebagai gaya per satuan lebar. Dalam Sistem Satuan Internasional (SI), satuannya adalah pascal (Pa) (atau kelipatannya, seringkali megapascal (MPa) menggunakan awalan SI Mega). atau Pascal, setara dengan Newton per meter persegi (N/m2). Satuan umum di Amerika Serikat adalah pound per inci persegi (lb/in2 atau psi). Kiloponds per inci persegi (ksi, terkadang kpsi) sama dengan 1000 psi dan umumnya digunakan di Amerika Serikat untuk mengukur kekuatan tarik.

Disadur dari: en.wikipedia.org