Memahami Fenomena Unicorn: Ketika Startup Menjadi Primadona dengan Valuasi Selangit

Dipublikasikan oleh Muhammad Ilham Maulana

26 April 2024, 09.37

Sumber: www.jurnal.id

Dalam bisnis, unicorn adalah perusahaan startup bernilai lebih dari US$1 miliar yang merupakan milik swasta dan tidak terdaftar di pasar saham. Istilah ini pertama kali diterbitkan pada tahun 2013, diciptakan oleh pemodal ventura Aileen Lee, memilih hewan mitos untuk mewakili kelangkaan statistik dari usaha yang sukses. CB Insights mengidentifikasi 1.170 unicorn di seluruh dunia pada Juni 2022. Unicorn dengan valuasi lebih dari $10 miliar telah ditetapkan sebagai perusahaan "decacorn". Untuk perusahaan swasta yang bernilai lebih dari $100 miliar, istilah "centicorn" dan "hectocorn" telah digunakan.


Perusahaan robot pengiriman Starship Technologies adalah unicorn Estonia.

Sejarah Unicorn

Aileen Lee mencetuskan istilah "unicorn" dalam sebuah artikel TechCrunch tahun 2013, "Welcome To The Unicorn Club: Belajar dari Startup Miliaran Dolar."Pada saat itu, 39 perusahaan diidentifikasi sebagai unicorn. Dalam studi lain yang dilakukan oleh Harvard Business Review, ditentukan bahwa perusahaan rintisan yang didirikan antara tahun 2012 dan 2015 mengalami pertumbuhan valuasi dua kali lebih cepat daripada perusahaan rintisan yang didirikan antara tahun 2000 dan 2003. Pada tahun 2018, 16 perusahaan AS menjadi unicorn, menghasilkan 119 perusahaan swasta di seluruh dunia yang bernilai $ 1 miliar atau lebih.

Secara global, menurut CB Insights, ada lebih dari 803 unicorn pada Agustus 2021, dengan ByteDance, SpaceX, dan Stripe di antara yang terbesar, dan 30 decacorn, termasuk SpaceX, Getir, Goto, J&T Express, Stripe, dan Klarna. Lonjakan unicorn dilaporkan sebagai "meteorik" untuk tahun 2021, dengan $71 miliar diinvestasikan di 340 perusahaan baru, tahun yang luar biasa bagi perusahaan rintisan dan industri modal ventura AS; jumlah perusahaan yang belum pernah terjadi sebelumnya yang bernilai lebih dari $1 miliar selama 2021 melebihi jumlah total lima tahun sebelumnya. Enam bulan kemudian, pada bulan Juni 2022, 1.170 total unicorn dilaporkan, IPL dengan $10,9 miliar menjadi decacorn pada tahun 2022.

Alasan Pertumbuhan Unicorn Yang Cepat

  • Strategi yang Berkembang Pesat

Pada pertengahan tahun 2000-an, investor dan perusahaan modal ventura mengadopsi strategi first-mover advantage and get big fast (GBF) untuk perusahaan rintisan, yang juga dikenal dengan istilah "blitzscaling." GBF adalah strategi di mana perusahaan rintisan mencoba untuk berkembang dengan cepat melalui putaran pendanaan yang besar dan pemotongan harga untuk memperoleh keuntungan dari pangsa pasar dan menyingkirkan pesaing secepat mungkin. Pengembalian yang cepat melalui strategi ini tampaknya menarik bagi semua pihak yang terlibat, meskipun ada catatan peringatan tentang gelembung dot-com pada tahun 2000, serta kurangnya keberlanjutan jangka panjang dalam penciptaan nilai perusahaan-perusahaan baru di era Internet.

  • Pembelian Perusahaan

Banyak unicorn diciptakan melalui pembelian oleh perusahaan publik besar. Dalam lingkungan dengan suku bunga rendah dan pertumbuhan yang lambat, banyak perusahaan seperti Apple, Meta, dan Google berfokus pada akuisisi daripada berfokus pada belanja modal dan pengembangan proyek investasi internal. Beberapa perusahaan besar lebih memilih untuk meningkatkan bisnis mereka dengan membeli teknologi dan model bisnis yang sudah mapan daripada menciptakannya sendiri.

  • Meningkatnya Modal Swasta yang Tersedia

Usia rata-rata perusahaan teknologi sebelum go public adalah 11 tahun, dibandingkan dengan usia rata-rata 4 tahun pada tahun 1999. Dinamika baru ini berasal dari peningkatan jumlah modal swasta yang tersedia untuk unicorn dan pengesahan Undang-Undang Jumpstart Our Business Startups (JOBS) di Amerika Serikat pada tahun 2012, yang meningkatkan empat kali lipat jumlah pemegang saham yang dapat dimiliki perusahaan sebelum mereka harus mengungkapkan laporan keuangan mereka kepada publik. Jumlah modal swasta yang diinvestasikan di perusahaan perangkat lunak telah meningkat tiga kali lipat dari tahun 2013 hingga 2015.

  • Mencegah IPO

Melalui banyak putaran pendanaan, perusahaan tidak perlu melakukan penawaran umum perdana (IPO) untuk mendapatkan modal atau valuasi yang lebih tinggi; mereka dapat kembali ke investor mereka untuk mendapatkan lebih banyak modal. IPO juga memiliki risiko devaluasi perusahaan jika pasar publik menganggap perusahaan bernilai lebih rendah daripada investornya.

Beberapa contoh terbaru dari situasi ini adalah Square, yang terkenal dengan pembayaran mobile dan bisnis layanan keuangannya, dan Trivago, sebuah mesin pencari hotel populer di Jerman, yang keduanya dihargai di bawah harga penawaran awal oleh pasar. Hal ini disebabkan oleh penilaian yang terlalu tinggi terhadap kedua perusahaan tersebut di pasar privat oleh para investor dan perusahaan modal ventura. Pasar tidak setuju dengan valuasi kedua perusahaan tersebut, dan oleh karena itu, menurunkan harga masing-masing saham dari kisaran IPO awal mereka. Investor dan perusahaan rintisan dapat memilih untuk menghindari IPO karena meningkatnya peraturan. Peraturan seperti Sarbanes-Oxley Act telah menerapkan peraturan yang lebih ketat setelah beberapa kasus kebangkrutan di pasar AS yang ingin dihindari oleh banyak perusahaan ini.

  • Kemajuan Teknologi

Perusahaan rintisan telah memanfaatkan pertumbuhan pesat teknologi baru untuk mendapatkan status unicorn. Dengan munculnya media sosial dan akses ke jutaan orang yang memanfaatkan teknologi ini untuk mendapatkan skala ekonomi yang besar, perusahaan rintisan memiliki kemampuan untuk mengembangkan bisnis mereka lebih cepat dari sebelumnya. Inovasi baru dalam teknologi termasuk ponsel pintar, platform P2P, dan komputasi awan dengan kombinasi aplikasi media sosial telah membantu pertumbuhan unicorn.

Valuasi

Valuasi yang menetapkan perusahaan rintisan sebagai unicorn dan decacorn berbeda dengan perusahaan mapan. Valuasi untuk perusahaan mapan berasal dari kinerja tahun-tahun sebelumnya, sementara valuasi perusahaan start-up berasal dari peluang pertumbuhan dan perkembangan yang diharapkan dalam jangka panjang untuk pasar potensialnya. Valuasi untuk unicorn biasanya dihasilkan dari putaran pendanaan perusahaan modal ventura besar yang berinvestasi di perusahaan start-up. Valuasi akhir yang signifikan lainnya dari perusahaan rintisan adalah ketika perusahaan yang jauh lebih besar membeli sebuah perusahaan, memberikan valuasi tersebut; beberapa contohnya adalah Unilever membeli Dollar Shave Club dan Facebook membeli Instagram dengan nilai masing-masing sebesar $ 1 miliar, yang secara efektif mengubah Dollar Shave Club dan Instagram menjadi unicorn.

Bill Gurley, seorang mitra di perusahaan modal ventura Benchmark, meramalkan pada bulan Maret 2015 dan sebelumnya bahwa peningkatan pesat dalam jumlah unicorn mungkin "telah pindah ke dunia yang spekulatif dan tidak berkelanjutan", yang akan meninggalkan apa yang ia sebut sebagai "unicorn mati". Ia juga mengatakan bahwa alasan utama valuasi unicorn adalah "jumlah uang yang berlebihan" yang tersedia untuk mereka. Demikian pula, pada tahun 2015 William Danoff, yang mengelola Fidelity Contrafund, mengatakan bahwa unicorn mungkin "akan kehilangan sedikit kilau" karena kemunculannya yang lebih sering dan beberapa kasus di mana harga sahamnya didevaluasi. Penelitian oleh para profesor Stanford yang diterbitkan pada tahun 2018 menunjukkan bahwa unicorn dinilai terlalu tinggi dengan rata-rata 48%.

Penilaian Perusahaan Dengan Pertumbuhan Tinggi

Untuk perusahaan dengan pertumbuhan tinggi yang mencari valuasi setinggi mungkin, ini tergantung pada potensi dan peluang. Ketika investor dari perusahaan dengan pertumbuhan tinggi memutuskan apakah mereka harus berinvestasi di sebuah perusahaan atau tidak, mereka mencari tanda-tanda home run untuk menghasilkan keuntungan eksponensial atas investasi mereka bersama dengan kepribadian yang tepat yang sesuai dengan perusahaan tersebut. Untuk memberikan valuasi yang begitu tinggi dalam putaran pendanaan, perusahaan modal ventura harus percaya pada visi pengusaha dan perusahaan secara keseluruhan. Mereka harus percaya bahwa perusahaan tersebut dapat berevolusi dari kondisi saat ini yang tidak stabil dan tidak pasti menjadi sebuah perusahaan yang dapat menghasilkan dan mempertahankan pertumbuhan yang moderat di masa depan.

Ukuran Pasar

Untuk menilai potensi pertumbuhan perusahaan di masa depan, perlu ada analisis mendalam mengenai target pasar. Ketika perusahaan atau investor menentukan ukuran pasarnya, ada beberapa langkah yang perlu mereka pertimbangkan untuk mengetahui seberapa besar pasar yang sebenarnya:

  • Menentukan sub-segmen pasar (tidak ada perusahaan yang dapat menargetkan pangsa pasar 100%, yang juga dikenal sebagai monopoli)
  • Ukuran pasar dari atas ke bawah.
  • Analisis dari bawah ke atas.
  • Analisis pesaing.

Setelah pasar diperkirakan secara wajar, perkiraan keuangan dapat dibuat berdasarkan ukuran pasar dan seberapa besar perusahaan dapat tumbuh dalam periode waktu tertentu.

  • Estimasi Keuangan

Untuk menilai valuasi perusahaan dengan benar setelah perkiraan pendapatan selesai, perkiraan margin operasi, analisis investasi modal yang dibutuhkan, dan laba atas modal yang diinvestasikan perlu diselesaikan untuk menilai pertumbuhan dan potensi pengembalian kepada investor dari suatu perusahaan. Asumsi di mana perusahaan dapat tumbuh harus realistis, terutama saat mencoba membuat perusahaan modal ventura memberikan penilaian yang diinginkan perusahaan. Pemodal ventura tahu bahwa pembayaran atas investasi mereka tidak akan terealisasi selama lima hingga sepuluh tahun ke depan, dan mereka ingin memastikan sejak awal bahwa perkiraan keuangannya realistis.

  • Metode Penilaian

Dengan perkiraan keuangan yang telah ditetapkan, investor perlu mengetahui berapa nilai perusahaan saat ini. Di sinilah metode penilaian yang lebih mapan menjadi lebih relevan.

Ini termasuk tiga metode penilaian yang paling umum:

  • Analisis arus kas yang didiskontokan.
  • Metode perbandingan pasar.
  • Transaksi yang sebanding.

Investor bisa mendapatkan penilaian akhir dari metode-metode ini dan jumlah modal yang mereka tawarkan sebagai persentase ekuitas dalam perusahaan menjadi penilaian akhir untuk sebuah startup. Keuangan kompetitor dan transaksi masa lalu juga memainkan peran penting saat memberikan dasar untuk menilai startup dan menemukan penilaian yang tepat untuk perusahaan-perusahaan ini.

Tren Pasar

  • Ekonomi berbagi

Ekonomi berbagi, yang juga dikenal sebagai "konsumsi kolaboratif" atau "ekonomi sesuai permintaan", didasarkan pada konsep berbagi sumber daya pribadi. Tren berbagi sumber daya ini telah membuat tiga dari lima unicorn terbesar (Uber, DiDi, dan Airbnb) menjadi perusahaan rintisan yang paling bernilai di dunia. Tren ekonomi pada tahun 2010-an mendorong konsumen untuk belajar lebih konservatif dalam hal pengeluaran dan ekonomi berbagi merefleksikan hal ini.

  • Perdagangan elektronik

E-commerce dan inovasi pasar online secara perlahan telah mengambil alih kebutuhan akan lokasi fisik merek toko. Contoh utama dari hal ini adalah penurunan jumlah mal di Amerika Serikat, yang penjualannya menurun dari $87,46 miliar pada tahun 2005 menjadi $60,65 miliar pada tahun 2015. Kemunculan perusahaan-perusahaan e-commerce seperti Amazon dan Alibaba (keduanya merupakan unicorn sebelum mereka go public) telah mengurangi kebutuhan akan lokasi fisik untuk membeli barang-barang konsumen. Banyak perusahaan besar telah melihat tren ini sejak lama dan mencoba beradaptasi dengan tren e-commerce. Walmart pada tahun 2016 membeli Jet.com, sebuah perusahaan e-commerce Amerika, dengan harga $3,3 miliar untuk mencoba beradaptasi dengan preferensi konsumen.

  • Model bisnis yang inovatif

Untuk mendukung ekonomi berbagi, unicorn dan perusahaan rintisan yang sukses telah membangun model operasi yang disebut sebagai "pengatur jaringan." Dalam model bisnis ini, ada jaringan rekan yang menciptakan nilai melalui interaksi dan berbagi. Pengorkestrasi jaringan dapat menjual produk/layanan, berkolaborasi, berbagi ulasan, dan membangun relasi melalui bisnis mereka. Contoh orkestrator jaringan termasuk semua perusahaan ekonomi berbagi (misalnya Uber, Airbnb, OYO), perusahaan yang memungkinkan konsumen berbagi informasi (misalnya TripAdvisor, Yelp), dan platform penjualan peer-to-peer atau bisnis-ke-bisnis (misalnya Amazon, Alibaba).
 

Disadur dari: en.wikipedia.org