Melangkah Lebih Dekat ke Dunia Reka Cipta: Menyelami Jenis, Proses, dan Implementasinya

Dipublikasikan oleh Jovita Aurelia Sugihardja

07 Mei 2024, 07.56

Sumber: Wikipedia

Penemuan adalah perangkat, metode, komposisi, ide, atau proses yang unik atau baru. Penemuan dapat berupa perbaikan pada mesin, produk, atau proses untuk meningkatkan efisiensi atau menurunkan biaya. Ini juga bisa berupa konsep yang sama sekali baru. Jika sebuah ide cukup unik baik sebagai penemuan yang berdiri sendiri atau sebagai peningkatan yang signifikan atas karya orang lain, ide tersebut dapat dipatenkan. Paten, jika diberikan, memberikan penemu hak milik atas paten selama periode waktu tertentu, yang dapat dilisensikan untuk mendapatkan keuntungan finansial.

Seorang penemu menciptakan atau menemukan sebuah penemuan. Kata penemu berasal dari kata kerja Latin invenire, menciptakan, menemukan. Meskipun menciptakan erat kaitannya dengan sains dan teknik, penemu belum tentu seorang insinyur atau ilmuwan. Karena kemajuan dalam kecerdasan buatan, istilah "penemu" tidak lagi secara eksklusif berlaku untuk suatu pekerjaan (lihat komputer manusia).

Beberapa penemuan dapat dipatenkan. Sistem paten didirikan untuk mendorong para penemu dengan memberikan monopoli terbatas jangka waktu terbatas pada penemuan yang dianggap cukup baru, tidak jelas, dan berguna. Paten secara hukum melindungi hak kekayaan intelektual penemu dan secara hukum mengakui bahwa penemuan yang diklaim sebenarnya adalah penemuan. Aturan dan persyaratan untuk mematenkan penemuan bervariasi di setiap negara dan proses mendapatkan paten seringkali mahal.

Arti lain dari penemuan adalah penemuan budaya, yang merupakan seperangkat perilaku sosial yang bermanfaat yang diadopsi oleh orang-orang dan diteruskan kepada orang lain. Institut Penemuan Sosial mengumpulkan banyak ide seperti itu di majalah dan buku. Penemuan juga merupakan komponen penting dari kreativitas artistik dan desain. Penemuan sering kali memperluas batas-batas pengetahuan, pengalaman, atau kemampuan manusia.

Jenis

Penemuan terdiri dari tiga jenis: ilmiah-teknologi (termasuk kedokteran), sosial-politik (termasuk ekonomi dan hukum), dan humanistik, atau budaya.

Penemuan ilmiah-teknologi meliputi kereta api, penerbangan, vaksinasi, hibridisasi, antibiotik, astronotika, holografi, bom atom, komputasi, Internet, dan telepon pintar.

Penemuan sosial-politik terdiri dari hukum, institusi, dan prosedur baru yang mengubah mode perilaku sosial dan membentuk bentuk-bentuk baru interaksi dan organisasi manusia. Contohnya termasuk Parlemen Inggris, Konstitusi AS, Persatuan Perdagangan Umum Manchester (Inggris), Pramuka, Palang Merah, Olimpiade, Perserikatan Bangsa-Bangsa, Uni Eropa, dan Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia, serta gerakan-gerakan seperti sosialisme, Zionisme, hak-hak asasi manusia, feminisme, dan veganisme hak-hak binatang.

Penemuan-penemuan humanistik mencakup budaya secara keseluruhan dan sama transformatif dan pentingnya dengan ilmu pengetahuan lainnya, meskipun orang cenderung menganggapnya remeh. Dalam bidang linguistik, misalnya, banyak huruf yang merupakan hasil penemuan, begitu juga dengan semua neologisme (Shakespeare menemukan sekitar 1.700 kata). Penemuan sastra meliputi epik, tragedi, komedi, novel, soneta, Renaisans, neoklasikisme, Romantisme, Simbolisme, Estetika, Realisme Sosialis, Surealisme, postmodernisme, dan (menurut Freud) psikoanalisis. Di antara penemuan seniman dan musisi adalah lukisan cat minyak, seni grafis, fotografi, sinema, nada suara musik, atonalitas, jazz, rock, opera, dan orkestra simfoni. Para filsuf telah menemukan logika (beberapa kali), dialektika, idealisme, materialisme, utopia, anarkisme, semiotika, fenomenologi, behaviorisme, positivisme, pragmatisme, dan dekonstruksi. Para pemikir agama bertanggung jawab atas penemuan-penemuan seperti monoteisme, panteisme, Metodisme, Mormonisme, ikonoklasme, puritanisme, deisme, sekularisme, ekumenisme, dan Iman Baháʼí. Beberapa dari disiplin, genre, dan tren ini mungkin tampak telah ada sejak dulu atau muncul secara spontan dengan sendirinya, tetapi sebagian besar dari mereka memiliki penemu.

Proses

Sarana praktis

Ide-ide untuk sebuah penemuan dapat dikembangkan di atas kertas atau di komputer, dengan menulis atau menggambar, dengan mencoba-coba, dengan membuat model, dengan bereksperimen, dengan menguji dan / atau dengan membuat penemuan dalam bentuknya yang utuh. Curah pendapat juga dapat memicu ide-ide baru untuk sebuah penemuan. Proses kreatif kolaboratif sering digunakan oleh para insinyur, desainer, arsitek, dan ilmuwan. Rekan penemu sering kali disebut dalam paten.

Selain itu, banyak penemu yang menyimpan catatan proses kerja mereka - buku catatan, foto, dll., termasuk Leonardo da Vinci, Galileo Galilei, Evangelista Torricelli, Thomas Jefferson, dan Albert Einstein.   

Dalam proses pengembangan sebuah penemuan, ide awal bisa saja berubah. Penemuan tersebut bisa menjadi lebih sederhana, lebih praktis, berkembang, atau bahkan berubah menjadi sesuatu yang sama sekali berbeda. Mengerjakan satu penemuan dapat menghasilkan penemuan lain juga..

Sejarah menunjukkan bahwa mengubah konsep penemuan menjadi perangkat yang berfungsi tidak selalu cepat atau langsung. Penemuan juga dapat menjadi lebih berguna setelah waktu berlalu dan perubahan lain terjadi. Sebagai contoh, parasut menjadi lebih berguna setelah penerbangan bertenaga menjadi kenyataan.

Sarana konseptual

Penemuan sering kali merupakan proses kreatif. Pikiran yang terbuka dan penuh rasa ingin tahu memungkinkan seorang penemu untuk melihat lebih dari apa yang diketahui. Melihat kemungkinan baru, koneksi atau hubungan dapat memicu penemuan. Pemikiran inventif sering kali melibatkan penggabungan konsep atau elemen dari berbagai bidang yang biasanya tidak dapat disatukan. Terkadang penemu mengabaikan batas-batas antara wilayah atau bidang yang jelas-jelas terpisah.[rujukan] Beberapa konsep dapat dipertimbangkan ketika memikirkan tentang penemuan.

Bermain

Bermain dapat mengarah pada penemuan. Keingintahuan, eksperimen, dan imajinasi masa kanak-kanak dapat mengembangkan naluri bermain seseorang. Para penemu merasa perlu bermain dengan hal-hal yang menarik minat mereka, dan mengeksplorasi, dan dorongan internal ini menghasilkan kreasi baru.

Kadang-kadang penemuan dan ide dapat muncul secara spontan ketika melamun, terutama ketika pikiran bebas dari kekhawatiran yang biasa terjadi. Sebagai contoh, J. K. Rowling (pencipta Harry Potter) dan Frank Hornby (penemu Meccano) pertama kali mendapatkan ide mereka ketika sedang dalam perjalanan di kereta api.

Sebaliknya, insinyur kedirgantaraan yang sukses, Max Munk, menganjurkan "pemikiran yang terarah."

Membayangkan kembali

Menciptakan berarti melihat sesuatu yang baru. Para penemu sering kali membayangkan sebuah ide baru, melihatnya di mata pikiran mereka. Ide-ide baru dapat muncul ketika pikiran sadar berpaling dari subjek atau masalah ketika fokus penemu ada pada hal lain, atau ketika sedang bersantai atau tidur. Ide baru bisa datang dalam sekejap-sebuah momen Eureka! Sebagai contoh, setelah bertahun-tahun bekerja untuk mencari tahu teori relativitas umum, solusinya datang kepada Einstein secara tiba-tiba dalam sebuah mimpi "seperti dadu raksasa yang membuat kesan yang tak terhapuskan, peta besar alam semesta yang tergambar dengan jelas." Penemuan juga dapat terjadi secara tidak disengaja, seperti pada kasus polytetrafluoroethylene (Teflon).

Wawasan

Wawasan juga bisa menjadi elemen penting dari penemuan. Wawasan inventif semacam itu dapat dimulai dengan pertanyaan, keraguan, atau firasat. Hal ini dapat dimulai dengan mengenali bahwa sesuatu yang tidak biasa atau tidak disengaja mungkin berguna atau dapat membuka jalan baru untuk eksplorasi. Sebagai contoh, warna metalik yang aneh dari plastik yang dibuat dengan secara tidak sengaja menambahkan katalis seribu kali lebih banyak membuat para ilmuwan mengeksplorasi sifat-sifatnya yang seperti logam, menciptakan plastik konduktif listrik dan plastik yang memancarkan cahaya - sebuah penemuan yang memenangkan Hadiah Nobel pada tahun 2000 dan telah menghasilkan pencahayaan yang inovatif, layar tampilan, wallpaper, dan masih banyak lagi (lihat polimer konduktif, dan dioda pemancar cahaya organik atau OLED).

Eksplorasi

Eric MC Tigerstedt (1887-1925) dikenal sebagai pelopor teknologi suara pada film. Tigerstedt pada tahun 1915.
Penemuan sering kali merupakan proses eksplorasi dengan hasil yang tidak pasti atau tidak diketahui. Ada kegagalan dan juga keberhasilan. Inspirasi dapat memulai prosesnya, tetapi tidak peduli seberapa lengkap ide awalnya, penemuan biasanya harus dikembangkan.

Perbaikan

Para penemu mungkin, misalnya, mencoba meningkatkan sesuatu dengan membuatnya lebih efektif, lebih sehat, lebih cepat, lebih efisien, lebih mudah digunakan, melayani lebih banyak tujuan, lebih tahan lama, lebih murah, lebih ramah lingkungan, atau berbeda secara estetika, lebih ringan, lebih ergonomis, berbeda secara struktural, dengan sifat cahaya atau warna baru, dll.

Implementasi

Angka Arab Barat - contoh penemuan non-material

Kereta api - mungkin penemuan paling penting dalam transportasi darat (stasiun kereta api di Bratislava, Slovakia)
Dalam teori ekonomi, penemuan adalah salah satu contoh utama dari "eksternalitas positif", efek samping yang menguntungkan yang jatuh pada pihak-pihak di luar transaksi atau aktivitas. Salah satu konsep utama ekonomi adalah bahwa eksternalitas harus diinternalisasi-kecuali jika beberapa manfaat dari eksternalitas positif ini dapat ditangkap oleh para pihak, para pihak diberi penghargaan yang kurang untuk penemuan mereka, dan penghargaan yang kurang sistematis mengarah pada investasi yang kurang dalam kegiatan yang mengarah pada penemuan. Sistem paten menangkap eksternalitas positif tersebut untuk penemu atau pemilik paten lainnya sehingga ekonomi secara keseluruhan menginvestasikan jumlah sumber daya yang optimal dalam proses penemuan.

Perbandingan dengan inovasi

Berbeda dengan penemuan, inovasi adalah implementasi dari ide kreatif yang secara khusus mengarah pada nilai atau kegunaan yang lebih besar. Artinya, meskipun sebuah invensi mungkin tidak berguna atau tidak memiliki nilai namun tetap merupakan sebuah invensi, sebuah inovasi harus memiliki semacam nilai, biasanya bernilai ekonomis.

Sebagaimana didefinisikan oleh hukum paten

Istilah penemuan juga merupakan konsep hukum yang penting dan merupakan inti dari sistem hukum paten di seluruh dunia. Seperti yang sering terjadi pada konsep hukum, arti hukumnya sedikit berbeda dari penggunaan kata tersebut secara umum. Selain itu, konsep hukum penemuan sangat berbeda dalam hukum paten Amerika dan Eropa.

Di Eropa, ujian pertama yang harus dilalui permohonan paten adalah, "Apakah ini sebuah penemuan?" Jika ya, pertanyaan selanjutnya adalah apakah itu baru dan cukup inventif. Implikasinya - secara kontra-intuitif - adalah bahwa penemuan hukum tidak secara inheren baru. Apakah permohonan paten terkait dengan penemuan diatur oleh Pasal 52 Konvensi Paten Eropa, yang mengecualikan, misalnya, penemuan seperti itu dan perangkat lunak seperti itu. Dewan Banding EPO memutuskan bahwa karakter teknis dari suatu aplikasi sangat menentukan apakah aplikasi tersebut mewakili suatu penemuan, mengikuti tradisi kuno Italia dan Jerman. Pengadilan Inggris tidak setuju dengan interpretasi ini. Mengikuti keputusan Australia tahun 1959 ("NRDC"), mereka percaya bahwa tidak mungkin untuk memahami konsep penemuan dalam satu aturan. Pengadilan Inggris pernah menyatakan bahwa uji karakter teknis menyiratkan "pernyataan ulang masalah dalam terminologi yang lebih tidak tepat."

Di Amerika Serikat, semua permohonan paten dianggap sebagai penemuan. Undang-undang secara eksplisit mengatakan bahwa konsep penemuan Amerika mencakup penemuan (35 USC § 100 (a)), bertentangan dengan konsep penemuan Eropa. Konsep penemuan Eropa sesuai dengan konsep "materi pelajaran yang dapat dipatenkan" Amerika: tes pertama yang diajukan permohonan paten. Meskipun undang-undang (35 USC § 101) hampir tidak memberikan batasan untuk mematenkan apa pun, pengadilan telah memutuskan dalam preseden yang mengikat bahwa ide abstrak, fenomena alam, dan hukum alam tidak dapat dipatenkan. Berbagai upaya telah dilakukan untuk memperkuat tes "ide abstrak", yang menderita karena keabstrakan itu sendiri, tetapi tidak ada yang berhasil. Upaya terakhir sejauh ini adalah uji "mesin atau transformasi", tetapi Mahkamah Agung AS memutuskan pada tahun 2010 bahwa itu hanyalah sebuah indikasi.

Di India, penemuan berarti produk atau proses baru yang melibatkan langkah inventif, dan mampu dibuat atau digunakan dalam industri. Sedangkan, "penemuan baru" berarti penemuan apa pun yang belum diantisipasi dalam penemuan sebelumnya atau digunakan di negara ini atau di mana pun di dunia.

Dalam seni

Penemuan memiliki sejarah panjang dan penting dalam seni. Pemikiran inventif selalu memainkan peran penting dalam proses kreatif. Sementara beberapa penemuan dalam seni dapat dipatenkan, yang lain tidak karena mereka tidak dapat memenuhi persyaratan ketat yang telah ditetapkan pemerintah untuk memberikannya. (lihat paten).

Beberapa penemuan dalam seni termasuk:

  • Kolase dan konstruksi yang ditemukan oleh Picasso

  • Seni siap pakai yang ditemukan oleh Marcel Duchamp

  • Ponsel yang ditemukan oleh Alexander Calder

  • Kombinasi yang ditemukan oleh Robert Rauschenberg

  • Lukisan berbentuk yang ditemukan oleh Frank Stella

  • Gambar bergerak, yang penemuannya dikaitkan dengan Eadweard Muybridge

  • Seni video yang ditemukan oleh Nam June Paik

Demikian juga, Jackson Pollock menemukan bentuk lukisan yang sama sekali baru dan jenis abstraksi baru dengan meneteskan, menuangkan, memercikkan, dan memercikkan cat ke kanvas yang tidak direntangkan yang tergeletak di lantai.

Alat-alat inventif dari para seniman juga menghasilkan kemajuan dalam kreativitas. Lukisan impresionis menjadi mungkin karena tabung cat logam yang dapat dilipat dan ditutup kembali yang baru ditemukan, yang memfasilitasi lukisan spontan di luar ruangan. Penemuan yang awalnya dibuat dalam bentuk karya seni juga dapat mengembangkan penggunaan lain, misalnya ponsel Alexander Calder, yang sekarang biasa digunakan di atas tempat tidur bayi. Dana yang dihasilkan dari paten atas penemuan di bidang seni, desain, dan arsitektur dapat mendukung realisasi penemuan atau karya kreatif lainnya. Paten desain Frédéric Auguste Bartholdi pada tahun 1879 tentang Patung Liberty membantu mendanai patung terkenal tersebut karena paten ini mencakup replika kecil, termasuk yang dijual sebagai cinderamata.

Garis waktu untuk penemuan dalam seni mencantumkan daftar penemu artistik yang paling terkenal.

Kesenjangan gender dalam penemuan

Secara historis, perempuan di banyak wilayah tidak diakui atas kontribusi penemuan mereka (kecuali Rusia dan Prancis), meskipun mereka adalah penemu tunggal atau penemu pendamping dalam berbagai penemuan, termasuk penemuan-penemuan yang sangat terkenal. Contoh-contoh penting termasuk Margaret Knight yang menghadapi tantangan signifikan dalam menerima penghargaan atas penemuannya; Elizabeth Magie yang tidak diberi penghargaan atas penemuannya dalam permainan Monopoli; dan di antara contoh-contoh lainnya, Chien-Shiung Wu yang rekan-rekan laki-lakinya sendiri dianugerahi Hadiah Nobel atas kontribusi bersama mereka dalam bidang fisika

Prasangka masyarakat, hambatan paten institusional, pendidikan, dan sering kali hukum berperan dalam kesenjangan penemuan berdasarkan gender. Misalnya, meskipun dapat ditemukan pematen wanita di Kantor paten AS yang juga cenderung membantu dalam pengalaman mereka, tetap saja aplikasi paten yang dibuat ke Kantor Paten AS untuk penemuan cenderung tidak berhasil di mana pemohon memiliki nama "feminin", dan juga wanita dapat kehilangan hak paten hukum independen mereka kepada suami mereka setelah menikah. Lihat juga kesenjangan gender dalam paten.

.Disadur dari: en.wikipedia.org