Matematika Komputasi : Pengertian, dan Bidang dalam Matematika Komputasi

Dipublikasikan oleh Dias Perdana Putra

16 April 2024, 11.31

Sumber: en.wikipedia.org

Matematika komputasional 

Matematika komputasi mencakup studi matematika dalam matematika serta bidang ilmiah di mana ilmu komputer memainkan peran sentral dan penting, menekankan algoritma, metode numerik, dan perhitungan simbolik.

Matematika komputasi terapan adalah penggunaan matematika untuk mengaktifkan dan meningkatkan perhitungan komputasi dalam matematika terapan. Matematika Komputasi juga dapat merujuk pada penggunaan komputer dalam matematika itu sendiri. Hal ini termasuk penggunaan komputer untuk perhitungan matematis (aljabar komputer), studi tentang apa yang dapat (dan tidak dapat) dikomputerisasi dalam matematika (metode efektif), perhitungan apa yang dapat dilakukan dengan teknologi saat ini (Teori Kompleksitas), dan demonstrasi apa yang diperlukan. mungkin dilakukan. diterima. dilakukan di komputer (tes asisten).

Bidang matematika komputasi

Matematika komputasi, sebagai cabang yang berkembang dari matematika terapan pada awal 1950-an, melibatkan beragam aspek yang mencakup ilmu komputasi atau komputasi ilmiah, yang mencakup pemecahan masalah matematika melalui simulasi komputer daripada metode analitik matematika terapan.

Disiplin ini mencakup penerapan metode numerik seperti aljabar linier numerik dan solusi numerik persamaan diferensial parsial, serta metode stokastik seperti metode Monte Carlo untuk mengatasi representasi ketidakpastian dalam konteks komputasi ilmiah.

Matematika komputasi juga mencakup analisis numerik dan teori metode numerik, kompleksitas komputasi, aljabar komputer, dan sistem aljabar komputer. Selain itu, penelitian berbantuan komputer diterapkan dalam berbagai bidang matematika, seperti logika, matematika diskrit, kombinatorik, teori bilangan, dan topologi aljabar komputasi.

Aspek kriptografi dan keamanan komputer, termasuk pengujian primalitas, faktorisasi, kurva eliptik, dan matematika blockchain, juga menjadi bagian dari matematika komputasi. Disiplin ini juga merambah ke linguistik komputasi, geometri aljabar komputasi, teori grup komputasi, geometri komputasi, teori bilangan komputasi, topologi komputasi, statistik komputasi, teori informasi algoritma, teori permainan algoritma, dan ekonomi matematika yang melibatkan penerapan matematika dalam ekonomi, keuangan, dan sebagian akuntansi. Ini juga mencakup eksplorasi matematika eksperimental.

Disadur dari : en.wikipedia.org