​​​​​​​Masa Depan Teknik: 4 Teknologi dan Tren yang Sedang Berkembang

Dipublikasikan oleh Syayyidatur Rosyida

25 Mei 2024, 09.59

sumber: pinterest.com

Sebagai individu yang sedang mempertimbangkan gelar pascasarjana di bidang Teknik, Anda mungkin bertanya-tanya apa yang akan terjadi di masa depan untuk bidang karir ini. Blog ini akan mengeksplorasi tren teknik yang akan terjadi di masa depan dan bagaimana Anda dapat mengikuti perkembangannya.

Masa depan teknik: teknologi dan tren yang berkembang

Di dunia yang berkembang pesat, teknik berada di garis depan inovasi dan perubahan. Insinyur adalah pemecah masalah yang memberikan solusi untuk tantangan kompleks dunia modern saat ini. Dan ketika dunia kita terus berevolusi, industri teknik juga mengikutinya. Berikut ini adalah beberapa tren teknik baru yang kini memenuhi tuntutan masyarakat kita yang bergerak cepat.

Transfer daya nirkabel

Transfer listrik secara nirkabel, juga disebut transfer daya nirkabel (wireless power transfer/WPT), adalah teknologi yang mentransmisikan energi listrik tanpa memerlukan sambungan kabel secara fisik. Penggunaan teknologi nirkabel tidak terbatas hanya pada perangkat elektronik konsumen seperti ponsel pintar atau tablet -potensialnya dapat diterapkan pada beragam aplikasi, termasuk kendaraan listrik, perangkat medis, dan otomasi industri. WPT adalah cara yang nyaman untuk mengisi daya perangkat tanpa perlu repot-repot menggunakan kabel ekstensi atau mencari stopkontak. Inovasi baru dalam teknik kelistrikan ini juga aman, efisien, dan bermanfaat bagi lingkungan karena mengurangi kebutuhan baterai.

Teknologi WPT secara aktif diteliti dan berkembang dengan sangat cepat. Menurut laporan terbaru tahun 2023 dari Wireless Power Transfer (WPT) Market, pasar WPT diproyeksikan tumbuh pada tingkat pertumbuhan tahunan gabungan sebesar 28,6% dari tahun 2023 hingga 2029. Dengan kemajuan teknologi yang terus meningkat, gelar di Teknik Elektro akan menempatkan Anda di depan dalam permainan, mengingat prevalensi elektronik dan permintaan akan keahlian di bidang ini. Mengikuti perkembangan tren teknik elektro akan bermanfaat di berbagai industri, termasuk telekomunikasi, transportasi, energi, dan banyak lagi.

Transfer Daya Nirkabel

Sumber: njit.edu

Kembar digital

Seiring dengan semakin populernya AI dan Realitas Virtual di bidang teknologi dan teknik, tidak mengherankan jika teknologi digital baru akan menjadi tren di bidang Teknik Sipil yang mengubah cara struktur dirancang dan dibangun. Kembar digital adalah replika virtual objek fisik dalam representasi digital dari lingkungannya. Ini melampaui model 3D tradisional dengan memanfaatkan data real-time, simulasi, dan pembelajaran mesin untuk memberikan pemahaman komprehensif tentang perilaku, kinerja, dan interaksi objek fisik di lingkungan dunia nyata. Insinyur Sipil dapat menggunakan data dari kembaran digital untuk melakukan perbaikan, mengidentifikasi kesalahan, dan mendapatkan wawasan yang dapat diterapkan pada objek sebenarnya.

Pasar kembar digital diproyeksikan tumbuh pada tingkat pertumbuhan tahunan gabungan sebesar 61,3% dari tahun 2023 hingga 2023 . Tingkat pertumbuhan yang mengejutkan ini menandakan semakin pentingnya dan adopsi teknologi kembar digital di berbagai industri, termasuk teknik sipil. Latar belakang Teknik Sipil dapat membantu Anda memulai karir yang bermanfaat dalam merancang, membangun, dan mengelola infrastruktur. Dengan gaji pertengahan karir sebesar $74,723, industri Teknik Sipil adalah bidang menguntungkan yang terus beradaptasi dengan kemajuan teknologi saat ini.

Si kembar digital

Sumber: njit.edu

Desain yang berpusat pada manusia

Teknik Industri adalah tentang mengoptimalkan proses dan sistem yang kompleks untuk membuatnya efisien, aman, dan produktif, itulah sebabnya mengapa desain yang berpusat pada manusia berada di garis depan inovasi di bidang ini. Desain yang berpusat pada manusia adalah pendekatan pemecahan masalah yang memprioritaskan kebutuhan, perilaku, dan preferensi manusia dalam proses desain. Prinsip-prinsip desain yang berpusat pada manusia digunakan untuk beragam aplikasi seperti meningkatkan ergonomi stasiun kerja, merancang alat yang ramah pengguna, mengoptimalkan sistem keselamatan, dan mengembangkan antarmuka pengguna yang intuitif.

Jika Anda mempertimbangkan untuk berkarier di bidang teknik industri, sangat penting untuk mempelajari prinsip-prinsip desain yang berpusat pada manusia lebih dalam, karena ini merupakan salah satu aspek yang paling penting dalam teknik. Menempatkan pengguna dalam proses desain dan pemecahan masalah akan menjamin bahwa produk atau sistem yang sedang dikembangkan dapat memenuhi kebutuhan dan harapan mereka. Prospek bagi para insinyur industri cukup menjanjikan, dengan pekerjaan di bidang ini diproyeksikan tumbuh 12% pada tahun 2032. NJIT menawarkan program MS Online di bidang Teknik Industri, yang mempersiapkan para mahasiswa untuk bekerja di berbagai bidang seperti manufaktur, jasa, penelitian dan pengembangan, dan perusahaan sektor publik.

Desain yang Berpusat pada Manusia

Sumber: njit.edu

Energi terbarukan

Kemajuan dalam solusi teknik untuk energi surya, angin, dan pasang surut dengan cepat mendorong kita menuju masa depan energi yang lebih berkelanjutan. Sumber energi terbarukan menjadi semakin lazim seiring dengan meningkatnya kesadaran akan perubahan iklim dan orang-orang di seluruh dunia yang ingin mengurangi penggunaan bahan bakar fosil. Faktanya, 83 persen dari seluruh kapasitas listrik yang diproduksi pada tahun 2022 dihasilkan dari energi terbarukan. Tidak heran jika energi terbarukan menjadi tren yang berkembang di industri teknik.

Pekerjaan insinyur energi sangat diminati dengan prediksi perkembangan pertumbuhan 10 persen dari 2018 hingga 2028, dan gaji pokok rata-rata untuk Insinyur Energi adalah sekitar $91 ribu. Para insinyur ini merancang, mengembangkan, dan mengimplementasikan sistem energi terbarukan. Mereka mengerjakan beragam proyek, seperti membuat panel surya yang efisien, mengoptimalkan teknologi turbin angin, dan merekayasa pembangkit listrik tenaga air, biomassa, dan panas bumi. Upaya-upaya ini sangat penting untuk memenuhi permintaan dunia yang terus meningkat akan energi berkelanjutan sekaligus mengurangi dampak perubahan iklim. Jika Anda tertarik untuk bekerja dengan energi terbarukan di sektor teknik, NJIT menawarkan gelar MS di bidang Sistem Tenaga dan Energi.

Energi terbarukan

Sumber: njit.edu

Merangkul masa depan teknik

Insinyur adalah pencari solusi untuk tantangan kompleks yang dihadapi dunia modern kita. Sebagai mahasiswa yang tertarik atau sedang belajar Teknik, penting untuk tetap mengikuti perkembangan teknologi dan tren terbaru karena hal ini akan membantu Anda tetap dilengkapi dengan keterampilan yang dibutuhkan untuk tetap kompetitif di pasar kerja yang terus berkembang. Tetap terinformasi tentang teknologi dan tren yang sedang berkembang di bidang Teknik akan meningkatkan pertumbuhan akademis dan profesional Anda.  

Semua bidang di bidang teknik mengalami perubahan dan tren inovatif yang membentuk kembali cara kita mendekati masalah dan solusi desain. Apakah Anda tertarik pada kelestarian lingkungan, kedokteran, konstruksi, atau desain, Anda dapat membuat dampak yang berarti di bidang pilihan Anda dengan gelar atau sertifikat Teknik NJIT.  

Disadur dari: njit.edu