Manusia Sebagai Aset Produktivitas

Dipublikasikan oleh Farrel Hanif Fathurahman

27 April 2024, 11.00

Manusia sebagai aset - SWA

Para ekonom menggunakan istilah “human capital”, kadang-kadang dikenal sebagai “aset manusia”, untuk merujuk pada karakteristik individu yang dianggap berharga dalam proses produksi. Ini mencakup pendidikan, kesehatan prima, dan informasi, kemampuan, dan pengetahuan staf. Pendapatan per orang sangat dipengaruhi oleh sumber daya manusia. Penelitian menunjukkan bahwa investasi pada sumber daya manusia memberikan keuntungan finansial yang besar selama masa muda dan masa dewasa awal. Dunia usaha dapat meningkatkan tingkat kualitas dan produktivitas dengan berinvestasi pada sumber daya manusia, misalnya melalui pelatihan dan pendidikan.

“Kemampuan yang diperoleh dan berguna dari semua penduduk atau anggota masyarakat” adalah salah satu elemen yang disebutkan Adam Smith dalam definisinya tentang modal. Irving Fisher mungkin yang pertama kali menciptakan istilah “modal manusia”. Arthur Cecil Pigou adalah orang pertama yang membahas istilah “modal manusia”: Seperti halnya modal berwujud, ada yang namanya investasi pada sumber daya manusia. Batasan antara ekonomi dalam investasi dan ekonomi dalam konsumsi menjadi kabur begitu hal ini diketahui. Karena konsumsi merupakan investasi pada kapasitas produktif seseorang—sampai pada titik tertentu. Hal ini sangat penting terutama bagi anak-anak, karena mengurangi asupan terlalu banyak dapat mengurangi efektivitasnya secara signifikan di kemudian hari.

Cek untuk konsumsi pribadi juga merupakan cek untuk investasi, bahkan untuk orang dewasa, setelah kita melampaui titik di mana kemewahan dan kenyamanan yang "tidak perlu" dianggap berada di luar jangkauan uang. Namun, kata tersebut tidak digunakan secara luas dalam ilmu ekonomi sampai ekonom Chicago School seperti Theodore Schultz, Gary Becker, dan Jacob Mincer mempopulerkannya. Gagasan selanjutnya tentang modal manusia dipengaruhi oleh teori modal organik dan ekonomi manusia yang dikembangkan oleh sosiolog Austria Rudolf Goldscheid pada awal abad ke-20.

Ungkapan “investasi dalam sumber daya manusia dan distribusi pendapatan pribadi” pertama kali digunakan dalam Journal of Political Economy pada tahun 1958 oleh Jacob Mincer, dan masih digunakan dalam penelitian ekonomi neoklasik kontemporer. Theodore Schultz kemudian memberikan kontribusi terhadap kemajuan topik tersebut. Penggunaan konsep “modal manusia” dalam ilmu ekonomi oleh Mincer dan Gary Becker adalah yang paling terkenal. Diterbitkan pada tahun 1964, buku Becker, Human Capital, menjadi referensi klasik selama bertahun-tahun. Perspektif ini membandingkan modal manusia dengan “alat produksi fisik”, seperti pabrik dan mesin. Seseorang dapat berinvestasi pada sumber daya manusia melalui pelatihan, pendidikan, dan perawatan medis, dan kemampuan seseorang untuk memproduksi barang dan jasa sebagian bergantung pada tingkat pengembalian modal tersebut.

Modal manusia adalah suatu metode produksi, artinya semakin banyak investasi di dalamnya maka akan menghasilkan lebih banyak output. Meskipun tidak dapat diangkut seperti tanah, tenaga kerja, atau modal permanen, modal manusia dapat digantikan. Modal manusia dipandang oleh beberapa teori pertumbuhan modern sebagai komponen kunci pembangunan ekonomi. Investigasi tambahan menunjukkan pentingnya pendidikan bagi kesejahteraan finansial masyarakat.

Istilah "modal manusia" diperluas pada tahun 1990-an untuk mencakup bakat bawaan, kesehatan fisik, dan kebugaran, yang semuanya penting agar seseorang berhasil mempelajari informasi dan kemampuan baru. Paul Romer, yang mendirikan pendekatan kontemporer yang didorong oleh inovasi untuk menjelaskan pembangunan ekonomi, bersama-sama dianugerahi Hadiah Nobel Ekonomi 2018 atas karya konseptualisasi dan pemodelannya yang memasukkan sumber daya manusia sebagai faktor penentu yang penting. Berdasarkan penelitian terbaru, ekonom Michael Waldman dari Cornell University dan Robert Gibbons dari MIT pertama kali mengajukan gagasan baru tentang sumber daya manusia yang spesifik tugas pada tahun 2004. Gagasan tersebut menyoroti bagaimana sumber daya manusia sering kali diperoleh dengan cara yang khusus untuk pekerjaan yang ada. (yaitu, kemampuan yang diperlukan untuk aktivitas tersebut), dan bahwa sumber daya manusia yang diperoleh untuk tugas tersebut bermanfaat bagi beberapa organisasi yang membutuhkan keterampilan yang dapat ditransfer. Ide ini dapat digunakan untuk penugasan pekerjaan, dinamika gaji, kompetisi, dinamika promosi internal, dll.

Dalam arti luas, sumber daya manusia merupakan gabungan aktivitas: semua informasi, keterampilan, bakat, pengalaman, kecerdasan, pelatihan, dan kompetensi yang dimiliki anggota suatu komunitas baik secara individu maupun kolektif. Sumber daya tersebut merupakan kemampuan kolektif masyarakat dan merupakan sejenis kekayaan yang dapat digunakan untuk mencapai seluruh atau sebagian tujuan negara, negara, atau kedua-duanya. Tiga kategori digunakan untuk lebih menyebarkan sumber daya manusia:

  • Pengetahuan
  • Sosial
  • Emosional

Pentingnya sumber daya manusia dalam pembangunan ekonomi, pertumbuhan produktivitas, dan kreativitas sering kali diklaim sebagai alasan pemerintah memberikan subsidi untuk pendidikan dan pelatihan keterampilan kerja. Banyak teori yang secara langsung menghubungkan pendidikan dengan investasi dalam pengembangan sumber daya manusia. Teori ekonomi awal berasumsi bahwa tenaga kerja adalah sumber daya yang sepadan, homogen, dan mudah dipertukarkan, salah satu dari tiga faktor produksi (yang lainnya adalah tanah, dan aset uang dan peralatan fisik yang diasumsikan dapat dipertukarkan). Asumsi ini mencerminkan konteksnya, yaitu sektor sekunder dalam perekonomian menghasilkan lebih banyak produksi dibandingkan sektor tersier yang mampu diproduksi pada saat itu di sebagian besar negara.

Komponen produksi manusia ditingkatkan dari analisis mekanis dasar menjadi modal manusia, seperti halnya tanah dianggap sebagai modal alam dan merupakan aset tersendiri. Konsep "pertumbuhan seimbang" dalam analisis keuangan teknis kontemporer mengacu pada tujuan peningkatan yang setara dalam jumlah total kemampuan manusia dan aset fisik yang digunakan dalam produksi produk dan jasa. Ketika sektor tersier, yang membutuhkan inovasi, mulai menghasilkan lebih banyak pendapatan daripada sektor sekunder di negara-negara paling maju pada tahun 1950an, anggapan bahwa tenaga kerja dapat dimodelkan secara agregat mulai dipertanyakan.

Akibatnya, lebih banyak fokus ditempatkan pada variabel-variabel yang berkontribusi terhadap keberhasilan pengelolaan manusia dibandingkan dengan kegagalan. Dikaji bagaimana kepemimpinan, keterampilan, dan bahkan ketenaran berfungsi. Mayoritas teori yang digunakan saat ini mencoba menganalisis sumber daya manusia dengan membedahnya menjadi satu atau lebih komponen. Secara umum, modal emosional mengacu pada sumber daya bawaan seseorang (kompetensi emosional pribadi dan sosial) yang bermanfaat bagi pertumbuhan profesional, organisasi, dan pribadi mereka serta kohesi sosial dan keuntungan pribadi, ekonomi, dan sosial (Gendron, 2004, 2008 ).

Seiring dengan banyak sinonim seperti niat baik, nilai merek, kohesi sosial, ketahanan sosial, dan konsep terkait seperti selebriti atau ketenaran, modal sosial telah dipahami sebagai gabungan dari ikatan dan hubungan sosial. Penting untuk membedakan modal sosial dari bakat yang dikembangkan secara unik oleh seorang individu (seperti seorang atlet) dan yang tidak dapat diwariskan kepada orang lain tidak peduli seberapa keras mereka berusaha, dan modal instruksional, yaitu bagian yang dapat ditransfer atau diajarkan. . "Modal intelektual" sebuah tim—yang mencerminkan kapasitas sosial dan pengajaran mereka—dengan asumsi tertentu tentang keunikan individu dalam konteks tempat mereka bekerja—adalah analisis lain yang kurang umum yang mengacaukan instruksi kesehatan yang baik dengan kesehatan itu sendiri. Demikian pula, kebiasaan atau sistem manajemen pengetahuan yang baik terkadang dikacaukan dengan instruksi yang mereka susun dan awasi.

Penilaian-penilaian ini umumnya sepakat bahwa ada perbedaan antara pengaruh masyarakat atau kekuatan persuasif, konsep atau keterampilan yang dapat diajarkan, dan badan individu yang terlatih. Pemodelan manusia sebagai aset modal adalah topik umum dalam akuntansi manajemen. Apa pun bentuknya, sumber daya manusia—yang tumbuh melalui pendidikan dan pengalaman—sangat penting bagi keberhasilan suatu bisnis (Crook et al., 2011). Perkembangan kota dan daerah juga bergantung pada sumber daya manusia. Sebuah penelitian pada tahun 2012 mengamati hubungan antara upaya penelitian dan pengembangan lembaga pendidikan dan keluaran gelar universitas serta sumber daya manusia di wilayah metropolitan tempat mereka berada.

OECD mendesak negara-negara ekonomi maju untuk mengadopsi langkah-langkah pada tahun 2010 untuk meningkatkan inovasi produk dan layanan serta pengetahuan sebagai cara yang hemat biaya untuk memastikan kesejahteraan berkelanjutan. Hilangnya individu-individu terampil atau terlatih dari suatu negara yang berinvestasi pada negara tersebut ke negara lain yang mendapatkan keuntungan dari kehadiran mereka tanpa melakukan investasi pada negara tersebut dikenal sebagai “pelarian modal manusia”, dan ini merupakan topik yang sering dibahas dalam kebijakan internasional.

Sumber:

https://en.wikipedia.org