Manufaktur Tekstil: Sejarah, Proses, dan Perkembangan Industri

Dipublikasikan oleh Cindy Aulia Alfariyani

02 Mei 2024, 11.51

Sumber: katanamrp.com

Apa yang dimaksud dengan manufaktur tekstil?

Manufaktur tekstil adalah industri besar yang melibatkan konversi serat menjadi benang, dan benang menjadi kain.

Kain-kain ini dicelup, dicetak, atau dibuat menjadi pakaian dan berbagai barang lainnya. Berbagai jenis serat digunakan untuk memproduksi benang, dengan kapas sebagai serat alami yang paling penting. Pada tahun 2007, 25 juta ton kapas diproduksi dari 35 juta hektar di seluruh dunia.

Menurut perkiraan, nilai produksi tekstil akan mencapai $842,6 miliar pada tahun 2020, sebuah peningkatan besar sebesar 26,2% sejak tahun 2015. Produksi tekstil adalah proses yang panjang dan kompleks, dan menghasilkan banyak sekali produk jadi yang berbeda.

Proses-proses produksi tekstil ini dapat berupa:

  • Pemintalan;
  • Menenun; 
  • Pencelupan;
  • Merajut; 
  • Pengikatan; 
  • Bordir;
  • Felting; dan
  • Rumbai. 

Istilah tekstil berasal dari kata Latin textilis dan bahasa Prancis exere, yang diterjemahkan sebagai "menenun", dan biasanya hanya merujuk pada kain tenun. Namun, seiring dengan perubahan metode dan proses dari waktu ke waktu, tekstil telah mencakup berbagai jenis kain dan bahan.

Manufaktur tekstil historis dan modern

Textile production is long and complicated, first, it takes a raw resource and several processes to convert it into a useable fabric.

Proses pembuatan tekstil paling awal adalah mengambil seutas benang (apa pun bahannya) untuk membuat simpul dalam gerakan berulang-ulang untuk mendesain jaring dan keranjang. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya dalam artikel ini, bukti tertua yang diketahui tentang orang-orang yang menggunakan proses pembuatan tekstil ini adalah selama periode Neolitikum.

Jalur Sutra (207 SM - 220 M) adalah jaringan perdagangan kuno yang dilalui oleh barang-barang seperti besi, gading, kuda, tembikar, dan yang paling didambakan, sutra.

Hal ini akan membuat para anti-kapitalis dan isolasionis tidak senang, tetapi sutra adalah salah satu komoditas paling berpengaruh yang pernah diproduksi, karena sutra merupakan langkah pertama menuju globalisasi.

Maju cepat ke revolusi industri dan seterusnya. Sekarang manufaktur tekstil skala besar menggunakan otomatisasi proses, menggunakan mesin dan perangkat lunak untuk mendesain dan memproduksi kain dalam waktu yang sangat singkat.

Manufaktur tekstil di AS mewakili 2% dari tenaga kerja manufaktur.   Semangat Jalur Sutra tetap kuat, karena ekspor dari AS ke mitra perjanjian perdagangan bebas mencapai 65% dari manufaktur tekstil di AS. Pada tahun 2018, manufaktur tekstil di AS mencapai sekitar $76,8 miliar dalam pengiriman pakaian jadi, meningkat 12% sejak tahun 2009.

Manufaktur tekstil adalah industri penting yang telah ada bersama kami sejak awal waktu. Namun, setelah Anda mengetahui seluk beluk industri ini, bagaimana cara perusahaan manufaktur tekstil meraih kesuksesan?

Bagaimana cara menghancurkan manufaktur tekstil?

Textile production can include anything from producing fabric to using the fabric to make a finished product.

Mengingat banyak orang di bidang manufaktur tekstil di AS adalah pengusaha yang menjual secara mandiri, tips teratas ini akan berfokus pada mereka. Namun, untuk produksi tekstil yang melibatkan pembuatan kain, silakan langsung ke Cloud Inventory Software untuk jalan pintas menuju sukses.

Perangkat lunak inventaris cloud untuk manufaktur tekstil

The textile manufacturing process could be spinning, weaving, dyeing, knitting, bonding, embroidery, felting, and tufting.

Perangkat lunak manufaktur tekstil Katana mendukung bisnis yang beroperasi dalam industri manufaktur tekstil. Mulai dari bengkel-bengkel kecil yang mengembangkan bisnis bordir hingga pabrik industri yang memproduksi kain.

Katana dapat mendukung bisnis-bisnis ini dengan memberikan mereka pandangan menyeluruh tentang keseluruhan bisnis mereka, dan alat untuk membantu mencapai efisiensi:

  • Manajemen alur kerja;  
  • Manajemen inventaris; dan
  • Manajemen pemenuhan pesanan.  

Disadur dari: katanamrp.com