Manfaat Signifikan dari Riset Operasi dalam Konteks Bisnis

Dipublikasikan oleh Syayyidatur Rosyida

08 Mei 2024, 11.18

sumber: pexels.com

Mengapa riset operasi penting?

Membuat keputusan tentang lokasi, jadwal, dan proses produksi sangat penting bagi keberhasilan suatu organisasi. Riset operasi (OR) adalah salah satu alat yang digunakan organisasi untuk memperhitungkan semua elemen yang berbeda dari masalah yang diusulkan, mengkuantifikasinya dengan formula untuk mengidentifikasi hasil yang dioptimalkan. Banyak organisasi menggunakan OR sebagai bagian penting dari proses pengambilan keputusan untuk menentukan cara terbaik untuk memaksimalkan profitabilitas dan produktivitas. Dalam artikel ini, kita akan membahas apa itu OR, menjawab pertanyaan 'Mengapa riset operasi itu penting?" dan mendiskusikan karakteristik dan kegunaannya.

Apa yang dimaksud dengan riset operasi?

Riset operasi adalah alat yang digunakan organisasi untuk mengukur faktor-faktor dalam suatu masalah, yang memungkinkan manajer dan pemilik bisnis untuk mencapai keputusan yang optimal berdasarkan teknik matematika. Fungsi unik ini memberikan wawasan yang jelas tentang keputusan yang harus diambil dalam organisasi dengan membingkai ulang masalah yang sulit atau kompleks untuk menangani masalah ini secara efektif. Sebagai contoh, sebuah organisasi dapat menggunakan riset operasi untuk membuat keputusan tentang pembiayaan, pembuatan produk, atau bahkan lokasi fasilitas, memberikan jawaban yang optimal untuk membuat keputusan yang tepat. Dengan melakukan riset operasi, para pengambil keputusan dalam sebuah organisasi dapat dengan mudah memutuskan solusi mana yang memberikan hasil yang paling sesuai. Sebagai contoh, sebuah perusahaan manufaktur yang merencanakan jadwal mingguannya harus mempertimbangkan bahan yang dibutuhkan untuk memaksimalkan potensi keuntungan. Dengan memasukkan faktor-faktor yang relevan, seperti nilai produk akhir, waktu yang tersedia untuk pekerja, dan waktu untuk membuat produk, riset operasi memberikan hasil yang jelas untuk jadwal yang paling optimal untuk menghasilkan keuntungan terbesar. Metode ini juga dapat menentukan metode tercepat atau paling produktif untuk mencapai hasil yang diinginkan. 

Mengapa riset operasi penting?

Untuk menjawab pertanyaan "Mengapa riset operasi penting?", riset operasi membantu organisasi dalam mengambil keputusan besar, terutama ketika jawaban yang tepat untuk suatu masalah mungkin tidak jelas. Riset operasi adalah cara untuk mendapatkan jawaban yang jelas berdasarkan berbagai faktor. Sebagai contoh, jika sebuah organisasi tidak yakin di mana harus membeli tempat, dengan menggunakan riset operasi dan mempertimbangkan faktor-faktor seperti biaya perjalanan, biaya area, dan rantai pasokan, akan memberikan jawaban di mana di antara beberapa tempat yang memungkinkan untuk mendapatkan keuntungan maksimum. Beberapa alasan mengapa riset operasi itu penting antara lain:

Pengambilan keputusan yang lebih baik

Riset operasi membantu pemilik bisnis dan manajer membuat keputusan penting, dengan menggunakan faktor-faktor individual untuk menemukan hasil yang ideal. Dengan mengambil beberapa faktor yang berbeda dan menguranginya agar sesuai dengan formula, bisnis mendapatkan gambaran tentang apa yang mungkin menjadi pilihan terbaik tanpa kebingungan dengan data dalam jumlah besar. Riset operasi membantu menemukan solusi optimal untuk masalah tertentu, sehingga organisasi dapat mengambil keputusan yang tepat dari berbagai pilihan yang tersedia. 

Tingkat kontrol yang lebih tinggi

Teknik dan proses yang digunakan untuk riset operasi memberikan alat dan informasi yang diperlukan oleh para pengambil keputusan untuk memiliki kontrol yang lebih baik atas keputusan mereka. Kejelasan ini juga memberikan arahan kepada staf di dalam organisasi, sehingga memungkinkan identifikasi cepat terhadap area-area yang membutuhkan perbaikan. Sebagai contoh, riset operasi memberikan dasar untuk menguji standar kinerja, sehingga manajer dapat melihat sumber daya apa yang cocok untuk dioptimalkan.

Peningkatan produktivitas

Tujuan utama dari riset operasi adalah untuk membantu organisasi mengidentifikasi pendekatan yang optimal untuk memecahkan masalah. Optimalisasi ini memungkinkan organisasi untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi mereka dengan memberikan informasi tentang pilihan ideal untuk campuran inventaris, tenaga kerja, atau penggunaan mesin. Karena riset operasi mengukur beragam faktor, informasi ini mendukung pengenalan langkah-langkah produktivitas yang lebih baik yang difokuskan pada pencapaian hasil optimal yang dihitung dengan 

Koordinasi yang efektif

Koordinasi di berbagai departemen secara langsung berdampak pada produktivitas dan fleksibilitas dalam organisasi. Riset operasi secara langsung mendukung koordinasi yang lebih baik di berbagai departemen berdasarkan apa yang optimal bagi organisasi secara keseluruhan. Misalnya, departemen pemasaran dan penjualan dalam sebuah organisasi menyelaraskan jadwal yang dirancang untuk memaksimalkan produksi, memastikan setiap tim memiliki informasi dan pengetahuan yang diperlukan untuk membuat keputusan yang efektif.

Masalah yang terukur

Riset operasi menyediakan cara untuk mengkuantifikasi masalah yang sulit dijelaskan. Misalnya, memutuskan produk mana yang akan dijual berdasarkan ruang, waktu, dan tenaga kerja dapat mencakup banyak faktor individual. Dengan mengkuantifikasi dan menyederhanakan faktor-faktor ini ke dalam satu formula, akan lebih mudah untuk membuat keputusan berdasarkan hasil yang paling sesuai. Mengukur solusi juga membantu membawa hasil potensial kepada tim manajemen atau pemangku kepentingan untuk disetujui.

Kejelasan yang lebih baik

Kejelasan sangat penting dalam membuat keputusan bisnis. Riset operasi meningkatkan kejelasan manajemen di sekitar topik dan masalah tertentu, mengurangi kebingungan dan kemungkinan kesalahpahaman untuk pengambilan keputusan yang lebih mudah. Formula ini memecah masalah ke dalam bentuk yang sederhana, sehingga pemilik dan manajer memiliki kejelasan atas situasi yang muncul dan masalah di masa depan secepat dan seefektif mungkin. Memiliki gambaran yang jelas tentang hasil yang akan dicapai memudahkan manajer untuk membuat keputusan penting yang berpotensi merugikan. 

Karakteristik riset operasi

Riset operasi terbagi menjadi tiga komponen, masing-masing memiliki tujuan dan fungsi tertentu. Sebagai contoh, optimasi membantu menemukan solusi yang ideal, statistik menjelaskan algoritma untuk menghasilkan hasil ini dan simulasi menggunakan berbagai faktor untuk membuat model dan replikasi sistem, yang memungkinkan pengujian menyeluruh sebelum diterapkan. Berikut adalah rincian lebih lanjut dari ketiga karakteristik ini:

Simulasi

Simulasi melibatkan pembuatan model-model yang berbeda dari replikasi masalah, menyediakan berbagai cara untuk menguji dan menemukan solusi tanpa komitmen. Elemen simulasi dalam riset operasi memungkinkan para pengambil keputusan untuk mencoba berbagai faktor dan opsi sebelum berkomitmen pada hasil yang paling optimal. Simulasi juga memberikan banyak prospek untuk dipresentasikan kepada manajemen tingkat atas atau pemangku kepentingan, sehingga memungkinkan lebih banyak pilihan untuk keputusan akhir.

Optimasi

Optimasi adalah praktik mencari solusi ideal untuk suatu masalah berdasarkan informasi dan faktor yang disediakan. Maksimalisasi dan minimalisasi adalah metode yang digunakan dalam optimasi untuk menentukan berbagai faktor dan memahami apa yang memengaruhi hasil keputusan. Batasan mendukung optimasi untuk menjaga batasan hukum dan etika, seperti memastikan faktor-faktor seperti kepegawaian dan tenaga kerja sesuai dengan hukum dan tidak masuk akal untuk tempat kerja. Hasil dari pengoptimalan biasanya berupa satu hasil optimal yang paling sesuai dengan kebutuhan dan tujuan organisasi.

Statistik

Statistik dan algoritme adalah praktik matematika yang digunakan untuk memeriksa berbagai faktor dan mencapai hasil tertentu. Algoritme ini, seperti algoritme pengoptimalan, memberikan jawaban langsung untuk masalah dalam bentuk nilai yang diminimalkan dan dimaksimalkan. Statistik mengukur elemen-elemen masalah lainnya, seperti menentukan biaya terendah yang masuk akal untuk mempekerjakan staf sebuah usaha bisnis baru atau sayap manufaktur.

Penggunaan riset operasi

Riset operasi adalah alat yang membantu dalam berbagai situasi pengambilan keputusan. Sebagai contoh, sebuah organisasi dapat menggunakan riset operasi untuk mengidentifikasi solusi optimal untuk masalah yang melibatkan penjadwalan staf dan material di tempat kerja. Beberapa penggunaan umum riset operasi meliputi:

Manajemen waktu dan penjadwalan

Riset operasi menyediakan cara yang efektif untuk mempertimbangkan berbagai faktor dan memecahkan masalah penjadwalan yang optimal. Sebagai contoh, sebuah organisasi yang ingin merencanakan jadwal bulan depan dapat menggunakan OR untuk memeriksa faktor-faktor seperti jam kerja, kompleksitas produksi, dan kebutuhan material untuk mengidentifikasi cara meningkatkan produktivitas pada tahap produksi berikutnya. Dengan mengoptimalkan penjadwalan, organisasi dapat mengurangi pemborosan dan menghemat waktu pengiriman: Keterampilan manajemen waktu: definisi, contoh, dan kiat untuk peningkatan

Perencanaan sumber daya

Perencanaan sumber daya, termasuk akuisisi, mendapat manfaat dari penggunaan riset operasi. Formula ini memberikan wawasan tentang sumber daya yang diperlukan untuk proyek tertentu, memungkinkan akuisisi yang optimal tanpa pemborosan atau potensi kekurangan. Sebagai contoh, sebuah organisasi yang merencanakan proyek pengembangan TI berskala besar dapat menggunakan OR untuk mengidentifikasi persyaratan perekrutan yang tepat untuk proyek tersebut, sehingga dapat merekrut jumlah spesialis yang tepat untuk mengoptimalkan prosesnya.

Manajemen risiko

Manajemen risiko berlaku di sebagian besar industri sebagai masalah yang dihadapi organisasi dalam mempertahankan standar hukum sekaligus mengoptimalkan alur kerja. Misalnya, menggunakan batasan dalam perencanaan operasi yang terkait dengan persyaratan kesehatan dan keselamatan serta kepatuhan membantu memastikan proyek berjalan secara legal dan optimal. Dengan melibatkan OR dalam manajemen risiko, dimungkinkan untuk mempertahankan tingkat risiko minimal sekaligus memaksimalkan hasil.

Pengaturan harga

Penetapan harga untuk produk yang dijual merupakan pertimbangan bagi manajemen dan pemangku kepentingan. Riset operasi mengidentifikasi faktor-faktor dalam biaya produksi dan tenaga kerja untuk produk tertentu berdasarkan waktu, sumber daya, dan investasi lainnya. Menggunakan OR memungkinkan manajemen untuk menetapkan harga produk secara optimal di pasar, dengan batasan produk serupa untuk memastikan potensi penjualan setinggi mungkin.

Desain alur kerja

Dalam lingkungan manufaktur dan pengembangan, desain alur kerja adalah alat yang ampuh untuk mengoptimalkan seberapa produktif sebuah tempat kerja dan seberapa efektif produk mengalir dari produksi ke pengiriman. Riset operasi menyediakan sarana untuk mengidentifikasi denah lantai yang paling optimal untuk tujuan tertentu. Sebagai contoh, tata letak yang paling efektif dapat dihitung untuk efisiensi pabrik yang optimal dengan menggunakan faktor-faktor seperti jarak dan pemborosan waktu.

Disadur dari: Indeed.com