Manajemen Keuangan - Pengertian, Fungsi dan Prinsip

Dipublikasikan oleh Mochammad Reichand Qolby

13 Oktober 2022, 02.35

Apa Itu Manajemen Keuangan?

Manajemen keuangan adalah kegiatan perencanaan, pengelolaan, penyimpanan, serta pengendalian dana dan aset yang dimiliki suatu perusahaan. Pengelolaan keuangan harus direncanakan dengan matang agar tidak timbul masalah di kemudian hari. 

Keuangan bersifat sangat riskan, jika tidak dikelola dengan baik akan menjadi acak-acakan dan tentunya akan menghentikan jalannya sebuah perusahaan. Dalam sebuah perusahaan dibutuhkan bidang untuk mengurus bagian keuangan atau bisa juga disebut manajemen keuangan.

Pentingnya Mengenal Tujuan Manajemen Keuangan

Keuangan yang sehat adalah kunci keberlangsungan sebuah perusahaan untuk bertahan maupun terus berkembang. Keuangan perlu dikelola dengan baik dan cermat oleh perusahaan. 

Untuk mengelola keuangan dibutuhkan manajemen keuangan sebagai wakil perusahaan. Tugasnya adalah mengawasi dan menangani laporan keuangan perusahaan, berikut juga portofolio investasi, akuntansi, dan semua jenis analisis keuangan. Dengan begitu keuangan dan aset perusahaan bisa terjaga dengan baik. 

5 Fungsi Manajemen Keuangan

Manajemen keuangan sudah diuraikan dalam pembahasan diatas, ada beberapa perbedaan dalam fungsi dan tujuan manajemen keuangan. Yuk, simak fungsi manajemen keuangan dalam sebuah perusahaan dan organisasi.

Rencana

Fungsi manajemen keuangan adalah membuat estimasi yang berkenaan dengan kebutuhan modal perusahaan. Selanjutnya, biaya dan keuntungan yang telah ditentukan dan dijalankan masing-masing divisi akan dipantau oleh manajemen keuangan. Peran dan fungsi manajemen keuangan sangat dibutuhkan oleh perusahaan. 

Kontrol

Pengendalian keuangan menjadi tanggung jawab manajemen keuangan ketika berbagai aktivitas di dalam manajemen keuangan mulai berjalan. Kontrol yang dilakukan ini menjadi bagian dari fungsi manajemen keuangan, supaya segala hal dapat berjalan sesuai rencana. 

Anggaran

Semua hal yang berurusan dengan keuangan merupakan tanggung jawab dari manajemen keuangan. Oleh karena itu, urusan anggaran sangatlah penting untuk pengalokasian anggaran biaya yang efisien. Sehingga dana yang dimiliki perusahaan dapat dimaksimalkan dengan baik.

Audit

Audit Internal merupakan salah satu fungsi manajemen keuangan. Auditing dilakukan untuk memastikan operasional atau penyelenggaraan yang dilakukan terjadi lancar dan tidak ada penyimpangan. Audit dilakukan dengan menggunakan standar akuntansi yang telah ditetapkan. Tahapan auditing yang dilakukan antara lain menganalisis, menilai, meninjau ulang, dan menimbang hasil kerja setiap divisi terkait dan perusahaan. 

Report

Report juga masuk dalam fungsi manajemen yang terakhir .etelah melakukan perencanaan, pengawasan, dan audit, selanjutnya fungsi manajemen keuangan adalah menyediakan laporan mengenai kondisi keuangan perusahaan. Selain itu, manajemen keuangan juga akan menyediakan analisis terkait rasio laporan keuangan. 

Laporan ini biasanya digunakan untuk menjadikan acuan para pelaku dalam mengambil keputusan untuk bisnisnya. Laporan disusun biasanya saat setiap kuartal, semester dan tahunan. 

 

Prinsip Manajemen Keuangan

Terdapat beberapa printip manajemen keuangan dalam perusahaan yang harus diketahui, berikut prinsipnya.

Kelangsungan Hidup

Manajemen keuangan harus mempunyai strategi keuangan yang tepat untuk kelangsungan hidup perusahaan.

Akuntabilitas

Akuntabilitas adalah kewajiban moral dan hukum yang terdapat dalam sebuah perusahaan. Sehingga dapat diketahui darimana dana diperoleh, dana dipakai untuk apa saja, serta bagaimana perusahaan memakai dana tersebut. Semua pihak dan aspek di perusahaan harus tahu bagaimana dana dan wewenang itu digunakan.

Konsisten

Konsisten dalam keuangan berfungsi dalam menandakan adanya penggunaan dana jika tidak stabil, hal tersebut akan terlihat jika adanya konsistensi yang digunakan oleh perusahaan dalam manajemen keuangan.

Transparansi

Perusahaan harus transparan dan terbuka terhadap keuangan perusahaan. Perusahaan harus menyediakan informasi tentang aktivitasnya dengan orang yang berkepentingan. Keuangan yang akurat, lengkap, dan rapi dapat diakses dnegan mudah oleh setiap manajer yang berkepentingan.

Pengelolaan

Perusahaan harus mengelola keuangan perusahaan dengan benar. Hal ini menjamin bahwa dana yang telah dianggarkan akan sesuai dengan tujuan dan rencana keuangan yang telah dibuat sebelumnya. 

Sumber : Lifepal.co.id