Manajemen Energi Strategis

Dipublikasikan oleh Siti Nur Rahmawati

22 Agustus 2022, 11.22

Pedoman Energy Star untuk manajemen energi, proses yang sering dirujuk untuk menerapkan SEM (Wikipedia)

Manajemen energi strategis (SEM) adalah serangkaian proses untuk manajemen energi bisnis. SEM sering digunakan melalui program yang menargetkan bisnis atau organisasi lain dalam wilayah utilitas atau wilayah pemerintah. SEM dikodifikasikan dalam standar ISO 50001 untuk sistem manajemen energi.

Manfaat energi

Tujuan utama SEM adalah membantu perusahaan mencapai peningkatan berkelanjutan dalam kinerja energinya selama periode jangka panjang. Beberapa manfaat energi dari SEM termasuk pengurangan konsumsi energi melalui peningkatan efisiensi energi dan konservasi energi, peningkatan manajemen permintaan puncak dan pengurangan biaya permintaan, penurunan biaya energi secara keseluruhan, pengurangan biaya energi, emisi gas rumah kaca (GRK) dan peningkatan keandalan melalui integrasi sumber daya energi terdistribusi (misalnya energi terbarukan di lokasi, penyimpanan energi lokal, kombinasi panas dan listrik), dan peningkatan stabilitas harga listrik dan pengurangan emisi GRK melalui integrasi kontrak energi terbarukan jangka panjang.

Manfaat non-energi

Meskipun sering berfokus pada manajemen energi, SEM juga mendukung tujuan lain, termasuk: mengurangi waktu henti dan meningkatkan produktivitas melalui praktik pemeliharaan yang lebih baik, mengurangi CO2 dan emisi udara lainnya melalui pengurangan pembakaran bahan bakar di lokasi (melalui efisiensi atau melalui elektrifikasi yang menguntungkan), dan meningkatkan karyawan produktivitas melalui peningkatan moral karyawan.

Elemen inti

Sebagian besar perusahaan membutuhkan waktu beberapa tahun untuk mengembangkan semua elemen SEM. Elemen inti atau minimum SEM untuk mencapai tujuan dan manfaat yang baru saja dijelaskan mencakup komitmen manajemen terhadap tujuan kinerja energi jangka panjang, perencanaan dan implementasi energi, serta sistem untuk mengukur dan melaporkan kinerja energi.

Kegiatan saat ini

Kolaborasi SEM Kolaborasi SEM regional telah bertemu di Amerika Serikat Barat Laut dan Timur Laut selama beberapa tahun, dengan minat yang diungkapkan di wilayah lain untuk forum kolaboratif serupa.

KTT SEM Amerika Utara pertama dilakukan di Denver Colorado pada 15 Agustus 2017, dengan perwakilan dari seluruh Amerika Serikat dan Kanada.

Layanan umum

Sementara organisasi dapat menerapkan SEM sendiri, banyak yang telah menemukan nilai dalam memanfaatkan spesialis SEM atau program berbasis SEM.

Perusahaan swasta

Perusahaan swasta menyediakan layanan berbasis SEM kepada pelanggan mereka sebagai keterlibatan konsultasi khusus. Perusahaan lain mengintegrasikan konsep SEM ke dalam rekayasa energi, perencanaan energi, atau implementasi proyek energi yang lebih tradisional.

Utilitas energi

Utilitas energi di AS dan Kanada sering menggunakan program SEM khusus atau menggunakan komponen SEM dalam program lain. Utilitas ini menerapkan SEM karena berbagai alasan, meningkatkan penghematan energi untuk mendukung tujuan Manajemen Sisi Permintaan (DSM) utilitas, diukur dalam penghematan listrik, gas, atau energi lainnya, meningkatkan motivasi pelanggan untuk mengejar peluang penghematan energi (dengan penjangkauan/pemasaran utilitas yang lebih sedikit), pengurangan permintaan puncak untuk mengatasi kendala dalam pembangkitan dan/atau transmisi/distribusi, dan peningkatan kepuasan pelanggan jangka panjang. Target pelanggan untuk program ini biasanya adalah organisasi yang lebih besar, seringkali pabrikan atau lingkungan bangunan yang lebih besar seperti rumah sakit, utilitas air, dan universitas.

Beberapa program SEM utilitas bekerja dengan pelanggan secara individual, dan beberapa memberikan pelatihan dan pembinaan kepada kelompok perusahaan, sering disebut sebagai kelompok. Pendekatan kohort cenderung lebih hemat biaya untuk utilitas, karena setidaknya sebagian waktu pelatih/pelatih dapat melayani beberapa pelanggan sekaligus. Selain itu, kohort dapat memberikan tekanan teman sebaya yang positif bagi peserta untuk mengambil tindakan dan menghemat lebih banyak energi.

Agensi pemerintahan

Instansi pemerintah di seluruh dunia sering menyebarkan program SEM untuk mendorong adopsi ISO 50001, untuk meningkatkan daya saing bisnis di dalam perbatasan mereka, dan/atau untuk mengatasi prioritas iklim.

ISO 50001

ISO 50001 mengkodifikasi SEM dengan menetapkan persyaratan universal untuk sistem manajemen energi (EnMSs). ISO 50001 diselaraskan dengan standar sistem manajemen lainnya untuk kualitas dan dampak lingkungan. Ini mencakup persyaratan untuk partisipasi manajemen, tujuan, pemantauan dan pengukuran, dan beberapa elemen lainnya.

 

Sumber Artikel: en.wikipedia.org