Kursus Interaktif: Membuka Pintu Pembelajaran yang Dinamis

Dipublikasikan oleh Dimas Dani Zaini

28 Februari 2024, 13.59

Sumber: elearningindustry.com

Kursus interaktif adalah suatu bentuk pembelajaran yang memungkinkan pengguna berinteraksi langsung dengan materi yang disajikan. Dengan kursus ini, pengguna dapat mengontrol konten, kecepatan dan hasil pembelajaran. Berbeda dengan metode pembelajaran pasif seperti ceramah atau membaca buku, kursus interaktif memungkinkan pengguna untuk berpartisipasi aktif dan mempengaruhi proses pembelajaran.

Yang dimaksud dengan interaktivitas dalam kursus ini adalah kemampuan pengguna dalam berinteraksi dengan materi. Misalnya, pengguna dapat memilih jawaban yang benar untuk sebuah kuis, mengklik link untuk membaca lebih lanjut, atau memilih topik yang ingin mereka pelajari lebih lanjut. Interaktivitas ini memungkinkan pembelajaran yang lebih efektif karena pengguna terlibat secara aktif dan memiliki pemahaman materi yang lebih baik.

Kursus interaktif memiliki keuntungan sebagai berikut:

1. Penyesuaian: Pengguna dapat memilih materi yang paling sesuai bagi mereka. Dengan cara ini, pembelajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan minat individu.
2. Pembelajaran lebih menarik: Interaksi menjadikan pembelajaran lebih menarik dan menyenangkan. Pengguna tidak hanya membaca teks, tetapi juga berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran.
3. Pelacakan kemajuan: Kursus interaktif sering kali dilengkapi dengan fitur pelacakan kemajuan. Pengguna dapat melihat sejauh mana mereka telah memahami materi dan mengidentifikasi area yang memerlukan perbaikan.
4. Fleksibilitas: Pengguna dapat mengakses kursus ini kapan saja, di mana saja. Hal ini memungkinkan pembelajaran lebih fleksibel dan menyesuaikan jadwal individu.

Tantangan kursus interaktif meliputi:

1. Ketergantungan pada teknologi: Kursus interaktif memerlukan akses ke komputer atau ponsel cerdas. Bagi mereka yang tidak memiliki akses tersebut, pembelajaran menjadi lebih sulit.
2. Kesulitan dalam merancang materi interaktif: Penulis kursus harus memastikan bahwa materi yang disajikan mudah diakses dan memiliki nilai pendidikan yang tinggi.
3. Terakhir, kursus interaktif merupakan metode pembelajaran yang efektif dan menarik , memungkinkan pengguna untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran. Seiring kemajuan teknologi, kursus semacam itu menjadi semakin relevan dan berdampak positif pada pendidikan kita.

Disadur dari Artikel : id.wikipedia.org