Konversi Satuan

Dipublikasikan oleh Siti Nur Rahmawati

22 Agustus 2022, 12.16

edukasi.sindonews.com

Konversi satuan secara umum berarti mengubah nilai suatu sistem satuan ke nilai satuan lain. Konversi satuan umumnya tidak pernah mengubah nilai dari suatu besaran. Konversi satuan dapat dilakukan dalam sistem satuan yang sama maupun dalam sistem satuan yang berbeda.

Konversi satuan dalam sistem yang sama misalnya kita ingin mengubah salah satu satuan dalam sistem internasional ke satuan lain dalam sistem yang sama. Dalam konversi ini pengubahan satuan dapat menggunakan faktor konversi atau dengan bantuan tangga konversi.

Konversi satuan dalam sistem satuan yang berbeda maksudnya kita akan mengubah atau mengonversi nilai dari suatu sistem satuan tertentu ke sistem satuan yang lain. Misalnya dari sistem inggris ke Sistem Satuan Internasional atau sebaliknya. Pengubahan satuan seperti ini dapat dilakukan dengan menggunakan faktor konversi satuan.

Faktor konversi

Faktor konversi digunakan untuk mengubah satuan dari sebuah besaran tanpa mengubah nilainya. Metodenya terdiri dari pecahan dimana penyebut sama dengan pembilang, tetapi dalam satuan yang berbeda. Karena karakteristik identitas perkalian, maka nilai besaran tidak akan berubah selama dikalikan dengan satu. Maka, jika pecahan pembilang dan penyebut sama, maka pecahannya sama dengan satu. Selama pembilang dan penyebutnya ekivalen, maka nilai besaran akan tetap.

Contoh di bawah ini menunjukkan bagaimana metode ini digunakan untuk mengubah kecepatan 5 kilometer per detik menjadi meter per detik. Simbol km, m, dan s melambangkan kilometer, meter, dan detik.

Maka, disimpulkan bahwa 5 kilometer per detik sama dengan 5000 meter per detik.

 

Sumber Artikel: id.wikipedia.org