Keselamatan dan kesehatan kerja: Definisi, Sejarah dan Bahaya di Tempat Kerja

Dipublikasikan oleh Dias Perdana Putra

22 April 2024, 10.11

Sumber: en.wikipedia.org

Keselamatan dan kesehatan kerja

Keselamatan dan kesehatan kerja (K3) atau kesehatan dan keselamatan kerja (K3) adalah bidang multidisiplin yang berkaitan dengan keselamatan, kesehatan, dan kesejahteraan orang di tempat kerja (yaitu, saat melakukan tugas-tugas yang disyaratkan oleh pekerjaan seseorang). K3 terkait dengan bidang kedokteran kerja dan higiene kerja[a] dan selaras dengan inisiatif promosi kesehatan di tempat kerja. K3 juga melindungi semua masyarakat umum yang mungkin terpengaruh oleh lingkungan kerja.

Menurut perkiraan resmi Perserikatan Bangsa-Bangsa, WHO/ILO Joint Estimate of the Work-related Burden of Disease and Injury, hampir 2 juta orang meninggal setiap tahun karena terpapar faktor risiko pekerjaan. Secara global, lebih dari 2,78 juta orang meninggal setiap tahun akibat kecelakaan atau penyakit yang berhubungan dengan pekerjaan, yang berarti satu orang meninggal setiap lima belas detik. Terdapat tambahan 374 juta cedera terkait pekerjaan yang tidak fatal setiap tahunnya. Diperkirakan bahwa beban ekonomi akibat kecelakaan dan kematian yang berhubungan dengan pekerjaan hampir mencapai empat persen dari produk domestik bruto global setiap tahunnya. Kerugian yang ditimbulkan dari kesulitan ini sangat besar.

Di yurisdiksi hukum umum, pengusaha memiliki kewajiban hukum umum (juga disebut kewajiban untuk berhati-hati) untuk menjaga keselamatan karyawan mereka secara wajar. Selain itu, undang-undang dapat membebankan kewajiban umum lainnya, memperkenalkan kewajiban khusus, dan membentuk badan pemerintah yang memiliki wewenang untuk mengatur masalah keselamatan kerja. Rinciannya berbeda-beda di setiap yurisdiksi.Pencegahan insiden di tempat kerja dan penyakit akibat kerja ditangani melalui penerapan program keselamatan dan kesehatan kerja di tingkat perusahaan.

Definisi

Organisasi Perburuhan Internasional (ILO) dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memiliki definisi yang sama mengenai kesehatan kerja.[b] Definisi ini pertama kali diadopsi oleh Komite Bersama ILO/WHO untuk Kesehatan Kerja pada sesi pertamanya di tahun 1950:

Kesehatan kerja harus bertujuan untuk meningkatkan dan memelihara tingkat kesejahteraan fisik, mental dan sosial pekerja di semua pekerjaan; pencegahan di antara para pekerja terhadap gangguan kesehatan yang disebabkan oleh kondisi kerja mereka; perlindungan pekerja dalam pekerjaan mereka dari risiko yang diakibatkan oleh faktor-faktor yang merugikan kesehatan; penempatan dan pemeliharaan pekerja di lingkungan kerja yang disesuaikan dengan kemampuan fisiologis dan psikologisnya, dan; ringkasnya: penyesuaian pekerjaan dengan manusia dan setiap manusia dengan pekerjaannya.

Fokus utama dalam kesehatan kerja adalah pada tiga tujuan yang berbeda: (i) pemeliharaan dan peningkatan kesehatan pekerja dan kapasitas kerja; (ii) peningkatan lingkungan kerja dan pekerjaan agar kondusif bagi keselamatan dan kesehatan dan (iii) pengembangan organisasi kerja dan budaya kerja ke arah yang mendukung kesehatan dan keselamatan di tempat kerja dan dengan melakukan hal tersebut juga mempromosikan iklim sosial yang positif dan kelancaran operasi dan dapat meningkatkan produktivitas usaha. Konsep budaya kerja dalam konteks ini dimaksudkan sebagai cerminan dari sistem nilai yang dianut oleh perusahaan yang bersangkutan. Budaya seperti itu tercermin dalam praktiknya dalam sistem manajerial, kebijakan personalia, prinsip-prinsip partisipasi, kebijakan pelatihan, dan manajemen kualitas perusahaan.


Definisi alternatif untuk kesehatan kerja yang diberikan oleh WHO adalah: "kesehatan kerja berhubungan dengan semua aspek kesehatan dan keselamatan di tempat kerja dan memiliki fokus yang kuat pada pencegahan utama bahaya."Ungkapan "kesehatan kerja", seperti yang awalnya diadopsi oleh WHO dan ILO, mengacu pada efek kesehatan jangka pendek dan jangka panjang yang merugikan. Belakangan ini, ungkapan "keselamatan dan kesehatan kerja" dan "kesehatan dan keselamatan kerja" mulai digunakan (dan juga telah diadopsi dalam karya-karya ILO),berdasarkan pemahaman umum bahwa kesehatan kerja merujuk pada bahaya yang terkait dengan penyakit dan efek jangka panjang, sementara bahaya keselamatan kerja adalah bahaya yang terkait dengan kecelakaan kerja yang menyebabkan cedera dan kondisi parah yang tiba-tiba.

Sejarah

Penelitian dan regulasi keselamatan dan kesehatan kerja merupakan fenomena yang relatif baru. Ketika gerakan buruh muncul sebagai tanggapan atas kekhawatiran pekerja setelah revolusi industri, keselamatan dan kesehatan pekerja mulai dipertimbangkan sebagai masalah yang berhubungan dengan ketenagakerjaan.

Permulaan

Karya-karya tertulis tentang penyakit akibat kerja mulai muncul pada akhir abad ke-15, ketika permintaan akan emas dan perak meningkat karena peningkatan perdagangan dan besi, tembaga, dan timah juga diminati oleh pasar senjata api yang baru lahir. Penambangan yang lebih dalam menjadi hal yang umum dilakukan sebagai konsekuensinya. Pada tahun 1473, Ulrich Ellenbog, seorang dokter Jerman, menulis risalah singkat berjudul On the Poisonous Wicked Fumes and Smokes, yang berfokus pada asap batu bara, asam nitrat, timbal, dan merkuri yang ditemui oleh pekerja logam dan pandai emas. Pada tahun 1587, Paracelsus (1493-1541) menerbitkan karya pertama tentang penyakit pekerja tambang dan peleburan. Di dalamnya, ia memberikan penjelasan tentang "penyakit paru-paru" para pekerja tambang. Pada tahun 1526, karya Georgius Agricola (1494-1553), De re metallica, sebuah risalah tentang metalurgi, menggambarkan kecelakaan dan penyakit yang lazim terjadi di kalangan pekerja tambang dan merekomendasikan praktik-praktik untuk mencegahnya. Seperti Paracelsus, Agricola menyebutkan debu yang "menggerogoti paru-paru, dan merusak konsumsi."

Benih-benih intervensi negara untuk memperbaiki penyakit sosial ditaburkan pada masa pemerintahan Elizabeth I melalui Undang-Undang Kemiskinan, yang berawal dari upaya untuk meringankan kesulitan yang timbul akibat kemiskinan yang meluas. Meskipun mungkin lebih berkaitan dengan kebutuhan untuk mengatasi keresahan daripada motivasi moral, namun undang-undang ini sangat penting dalam mengalihkan tanggung jawab untuk membantu mereka yang membutuhkan dari tangan swasta ke negara.

Pada tahun 1713, Bernardino Ramazzini (1633-1714), yang sering digambarkan sebagai bapak kedokteran kerja dan pendahulu kesehatan kerja, menerbitkan De morbis artificum diatriba (Disertasi tentang Penyakit Pekerja), yang menguraikan bahaya kesehatan akibat bahan kimia, debu, logam, gerakan berulang atau keras, postur tubuh yang aneh, dan agen penyebab penyakit lainnya yang ditemui oleh pekerja di lebih dari lima puluh pekerjaan. Ini adalah presentasi pertama yang mencakup luas tentang penyakit akibat kerja.Percivall Pott (1714-1788), seorang ahli bedah Inggris, mendeskripsikan kanker pada penyapu cerobong asap (chimney sweep carcinoma), yang merupakan pengakuan pertama atas kanker akibat kerja dalam sejarah.

Revolusi Industri di Inggris

Inggris adalah negara pertama yang melakukan industrialisasi. Segera muncul bukti-bukti yang mengejutkan tentang bahaya fisik dan moral yang serius yang diderita oleh anak-anak dan remaja di pabrik-pabrik tekstil kapas, sebagai akibat dari eksploitasi tenaga kerja murah dalam sistem pabrik. Menanggapi seruan untuk tindakan perbaikan dari para dermawan dan beberapa pengusaha yang lebih tercerahkan, pada tahun 1802 Sir Robert Peel, yang juga merupakan pemilik pabrik, memperkenalkan sebuah rancangan undang-undang ke parlemen dengan tujuan untuk memperbaiki kondisi mereka. Hal ini kemudian melahirkan Health and Morals of Apprentices Act 1802, yang secara umum diyakini sebagai upaya pertama untuk mengatur kondisi kerja di Inggris. Undang-undang ini hanya berlaku untuk pabrik tekstil kapas dan mengharuskan pengusaha untuk menjaga kebersihan dan kesehatan tempat kerja dengan mencuci dua kali setahun dengan kapur, memastikan ada cukup jendela untuk memasukkan udara segar, dan menyediakan "pekerja magang" (yaitu, pekerja miskin dan yatim piatu) dengan pakaian yang "cukup dan sesuai" dan akomodasi untuk tidur. Itu adalah Undang-Undang Pabrik pertama di abad ke-19.

Charles Thackrah (1795-1833), pelopor lain dalam bidang kedokteran kerja, menulis sebuah laporan tentang Keadaan Anak-anak yang Dipekerjakan di Pabrik Kapas, yang dikirim ke Parlemen pada tahun 1818. Thackrah menyadari adanya masalah ketidaksetaraan kesehatan di tempat kerja, dengan manufaktur di kota-kota yang menyebabkan angka kematian yang lebih tinggi daripada pertanian.

Undang-undang tahun 1833 menciptakan Inspektorat Pabrik profesional yang berdedikasi. Tugas awal Inspektorat adalah mengawasi pembatasan jam kerja di industri tekstil bagi anak-anak dan remaja (diperkenalkan untuk mencegah kerja berlebihan yang kronis, yang diidentifikasi secara langsung menyebabkan penyakit dan perubahan bentuk tubuh, dan secara tidak langsung menyebabkan tingkat kecelakaan yang tinggi).

Pada tahun 1840, sebuah Komisi Kerajaan mempublikasikan temuannya tentang kondisi pekerja industri pertambangan yang mendokumentasikan lingkungan yang sangat berbahaya di mana mereka harus bekerja dan frekuensi kecelakaan yang tinggi. Komisi ini memicu kemarahan publik yang kemudian menghasilkan Undang-Undang Pertambangan dan Penggalian tahun 1842. Undang-undang ini membentuk inspektorat untuk tambang dan koleri yang menghasilkan banyak penuntutan dan peningkatan keselamatan, dan pada tahun 1850, para inspektur dapat memasuki dan memeriksa tempat sesuai dengan kebijaksanaan mereka.

Atas desakan dari Inspektorat Pabrik, sebuah undang-undang lebih lanjut pada tahun 1844 yang memberikan pembatasan serupa pada jam kerja untuk perempuan di industri tekstil memperkenalkan persyaratan untuk menjaga mesin (tetapi hanya di industri tekstil, dan hanya di area yang dapat diakses oleh perempuan atau anak-anak). Undang-undang yang terakhir ini merupakan langkah pertama yang mengambil langkah signifikan untuk meningkatkan keselamatan pekerja, karena undang-undang sebelumnya hanya berfokus pada aspek kesehatan.

Laporan kematian sepuluh tahunan pertama dari Panitera Jenderal Inggris dikeluarkan pada tahun 1851. Kematian dikategorikan berdasarkan kelas sosial, dengan kelas I untuk para profesional dan eksekutif dan kelas V untuk pekerja tidak terampil. Laporan tersebut menunjukkan bahwa angka kematian meningkat seiring dengan meningkatnya jumlah kelas. 

Bahaya di Tempat Kerja

Berbagai macam bahaya di tempat kerja dapat merusak kesehatan dan keselamatan orang-orang di tempat kerja. Hal ini termasuk namun tidak terbatas pada, "bahan kimia, agen biologis, faktor fisik, kondisi ergonomis yang merugikan, alergen, jaringan risiko keselamatan yang kompleks," serta berbagai faktor risiko psikososial. Alat pelindung diri dapat membantu melindungi dari berbagai bahaya ini. Sebuah studi penting yang dilakukan oleh Organisasi Kesehatan Dunia dan Organisasi Perburuhan Internasional menemukan bahwa paparan jam kerja yang panjang merupakan faktor risiko pekerjaan dengan beban penyakit terbesar, yaitu sekitar 745.000 kematian akibat penyakit jantung koroner dan stroke pada tahun 2016. Hal ini menjadikan kerja berlebihan sebagai faktor risiko kesehatan kerja yang paling utama secara global.

Bahaya fisik mempengaruhi banyak orang di tempat kerja. Gangguan pendengaran akibat kerja adalah cedera terkait pekerjaan yang paling umum terjadi di Amerika Serikat, dengan 22 juta pekerja terpapar pada tingkat kebisingan kerja yang berbahaya di tempat kerja dan sekitar $242 juta dihabiskan setiap tahun untuk kompensasi pekerja atas kecacatan akibat gangguan pendengaran. Jatuh juga merupakan penyebab umum cedera dan kematian akibat kerja, terutama di bidang konstruksi, ekstraksi, transportasi, perawatan kesehatan, serta pembersihan dan pemeliharaan gedung. Mesin memiliki bagian yang bergerak, ujung yang tajam, permukaan yang panas, dan bahaya lain yang berpotensi menghancurkan, membakar, memotong, menggores, menusuk, atau menabrak atau melukai pekerja jika digunakan secara tidak aman.

Bahaya biologis (biohazards) termasuk mikroorganisme menular seperti virus, bakteri dan racun yang dihasilkan oleh organisme tersebut seperti antraks. Bahaya biologis mempengaruhi pekerja di banyak industri; influenza, misalnya, mempengaruhi populasi pekerja yang luas. Pekerja di luar ruangan, termasuk petani, penata taman, dan pekerja konstruksi, berisiko terpapar berbagai bahaya biologis, termasuk gigitan dan sengatan hewan, urushiol dari tanaman beracun, dan penyakit yang ditularkan melalui hewan seperti virus West Nile dan penyakit Lyme. Petugas kesehatan, termasuk petugas kesehatan hewan, berisiko terpapar patogen yang ditularkan melalui darah dan berbagai penyakit menular, terutama yang baru muncul.

Bahan kimia berbahaya dapat menimbulkan bahaya kimiawi di tempat kerja. Ada banyak klasifikasi bahan kimia berbahaya, termasuk neurotoksin, agen kekebalan tubuh, agen dermatologis, karsinogen, racun reproduksi, racun sistemik, asma, agen pneumokoniotik, dan pemeka. Pihak berwenang seperti badan pengawas menetapkan batas paparan kerja untuk mengurangi risiko bahaya kimia. Investigasi internasional sedang berlangsung untuk mengetahui dampak kesehatan dari campuran bahan kimia, mengingat bahwa racun dapat berinteraksi secara sinergis dan bukan hanya secara aditif. Sebagai contoh, ada beberapa bukti bahwa bahan kimia tertentu berbahaya pada tingkat rendah ketika dicampur dengan satu atau lebih bahan kimia lainnya. Efek sinergis seperti itu mungkin sangat penting dalam menyebabkan kanker. Selain itu, beberapa zat (seperti logam berat dan organohalogen) dapat terakumulasi di dalam tubuh dari waktu ke waktu, sehingga memungkinkan paparan harian yang kecil dan bertahap pada akhirnya akan meningkat menjadi tingkat yang berbahaya tanpa peringatan yang jelas.

Bahaya psikososial mencakup risiko terhadap kesejahteraan mental dan emosional pekerja, seperti perasaan tidak aman dalam bekerja, jam kerja yang panjang, dan keseimbangan kehidupan kerja yang buruk.[43] Pelecehan psikologis telah ditemukan terjadi di tempat kerja sebagaimana dibuktikan oleh penelitian sebelumnya. Sebuah studi oleh Gary Namie tentang pelecehan emosional di tempat kerja menemukan bahwa 31% wanita dan 21% pria yang melaporkan pelecehan emosional di tempat kerja menunjukkan tiga gejala utama gangguan stres pascatrauma (kewaspadaan tinggi, citra yang mengganggu, dan perilaku menghindar). pelecehan seksual adalah bahaya serius yang dapat ditemukan di tempat kerja.

Berdasarkan Industri

Risiko kesehatan dan keselamatan kerja berbeda-beda menurut sektor dan industri. Misalnya pekerja bangunan berisiko terjatuh dan nelayan berisiko tenggelam. Amerika Serikat Biro Statistik Tenaga Kerja mencantumkan perikanan, penerbangan, kayu, metalurgi, pertanian, pertambangan dan transportasi sebagai industri paling berbahaya bagi pekerja. Masalah psikologis, seperti kekerasan di tempat kerja, lebih sering terjadi pada pekerjaan tertentu, seperti petugas kesehatan, polisi, sipir penjara, dan guru.

Konstruksi

Konstruksi adalah salah satu pekerjaan paling berbahaya di dunia, dengan jumlah kematian terkait pekerjaan yang lebih banyak dibandingkan wilayah lain di Amerika Serikat dan Uni Eropa. Pada tahun 2009, tingkat kecelakaan kerja di kalangan pekerja konstruksi di Amerika Serikat hampir tiga kali lipat dibandingkan seluruh pekerja. Jatuh adalah penyebab utama cedera fatal dan non-fatal di kalangan pekerja konstruksi. Peralatan keselamatan yang tepat, seperti tali dan pembatas keselamatan, serta prosedur seperti tangga dan inspeksi lokasi dapat mengurangi risiko cedera terkait pekerjaan di industri konstruksi. Karena kecelakaan dapat mempengaruhi pekerja dan manajemen, penting untuk memastikan kesehatan dan keselamatan pekerja dan mengikuti persyaratan konstruksi HSE. Peraturan kesehatan dan keselamatan di industri konstruksi mencakup banyak undang-undang dan peraturan. Misalnya, peran Koordinator Manajemen Proyek Konstruksi (CDM) bertujuan untuk meningkatkan kesehatan dan keselamatan di lokasi.

Suplemen Kesehatan Kerja Survei Kesehatan Nasional (NHIS-OHS) tahun 2010 menyatakan: Masalah manajemen dan manifestasi psikologis dan kimia/fisik . kondisi di tempat kerja dapat meningkatkan masalah kesehatan tertentu. Dari seluruh pekerja manufaktur AS, 44% memiliki kontrak permanen (tidak termasuk pekerja penuh waktu), dibandingkan dengan 19% dari seluruh pekerja AS, 15% dalam posisi sementara, dan 7% dari seluruh pekerja AS. pekerja terampil, 55% pengalaman. Ketidakamanan kerja menyumbang 32% dari seluruh pekerja di Amerika Serikat. Kerentanan terhadap bahaya fisik dan kimia sangat tinggi di sektor konstruksi. Di antara pekerja yang tidak merokok, 24% pekerja konstruksi terpapar asap rokok, namun hanya 10% dari seluruh pekerja di Amerika Serikat yang terpapar asap rokok. Bahaya fisik dan kimia lainnya yang umum terjadi di industri konstruksi mencakup banyak aktivitas di luar ruangan (73%) dan paparan asap, gas, debu, atau asap (51%).

Pertanian

Pekerja pertanian berisiko mengalami cedera terkait pekerjaan, kanker, gangguan pendengaran, penyakit kulit, dan bahkan beberapa jenis kanker yang terkait dengan paparan sinar matahari jangka panjang dan penyalahgunaan zat. Di peternakan industri, banyak cedera yang disebabkan oleh penggunaan mesin pertanian. Penyebab utama cedera fatal di pertanian Amerika adalah traktor terguling. Hal ini dapat dihindari dengan menggunakan struktur pelindung terguling yang mengurangi risiko cedera jika traktor terguling. Pestisida dan bahan kimia lain yang digunakan di bidang pertanian dapat berdampak negatif terhadap kesehatan pekerja, dan pekerja yang terpapar pestisida dapat menderita penyakit atau cacat lahir. Pertanian, sebuah industri yang melibatkan keluarga, termasuk anak-anak, merupakan penyebab umum cedera dan penyakit akibat kerja di kalangan pekerja muda. Penyebab umum cedera fatal di kalangan pekerja pertanian muda adalah tenggelam dan kecelakaan dengan mesin dan kendaraan bermotor.

NHIS-OHS 2010 menunjukkan serangkaian paparan pekerjaan yang akan terjadi di sektor pertanian, kehutanan, dan perikanan. ini meningkat. Untuk kesehatan Anda Para pekerja ini bekerja berjam-jam. Di antara pekerja di sektor ini, proporsi yang bekerja lebih dari 48 jam seminggu adalah 37%, proporsi yang bekerja lebih dari 60 jam seminggu adalah 24%. 85% dari seluruh pekerja di industri ini bekerja di luar negeri secara rutin, dibandingkan dengan 25% dari seluruh pekerja di Amerika Serikat. Selain itu, 53% pekerja di AS sering terpapar kabut, udara, debu, atau asap, dibandingkan dengan 25% pekerja.

Sektor Jasa

Ada banyak tempat kerja di sektor jasa, dan setiap jenis tempat kerja memiliki risiko kesehatannya masing-masing. Meskipun beberapa pekerjaan sedang meningkat, pekerjaan lainnya masih mengharuskan Anda duduk di depan meja. Ketika jumlah pekerjaan di sektor jasa meningkat di negara-negara berkembang, semakin banyak pekerjaan yang bersifat menetap, sehingga menciptakan jenis masalah kesehatan yang berbeda dibandingkan dengan masalah yang terkait dengan sektor manufaktur dan manufaktur. Salah satu permasalahan kesehatan saat ini adalah obesitas. Kondisi tempat kerja tertentu, seperti stres di tempat kerja, pelecehan di tempat kerja, dan kerja berlebihan, dapat berdampak negatif pada kesehatan fisik dan mental.Karyawan lebih cenderung menderita penyakit mental serius seperti kecanduan dan depresi. “Prevalensi masalah kesehatan mental terkait dengan tidak efisiennya sektor jasa, termasuk upah yang rendah dan tidak dapat diprediksi, tunjangan yang tidak memadai, dan kurangnya kontrol atas jam kerja dan shift.” Sekitar 70% pekerja yang memenuhi syarat adalah perempuan. Selain itu, "hampir 40% orang yang bekerja di bidang konseling adalah orang kulit berwarna: 18% adalah orang Latin, 10% adalah orang Afrika-Amerika, dan 9% adalah orang Asia. Selain itu, imigran merupakan pekerja terampil dalam persentase yang tinggi."

Menurut data NHIS-OHS 2010, paparan terhadap bahaya fisik/kimia di sektor jasa berada di bawah rata-rata nasional. Di sisi lain, perilaku kasar dan manifestasi psikologis di tempat kerja sering terjadi pada kategori ini. Di antara seluruh pekerja jasa, 30% menganggur pada tahun 2010, 27% bekerja dengan shift tidak teratur (bukan shift harian), dan 21% memiliki pekerja sementara (bukan full-time).Karena memerlukan pekerjaan fisik dalam jumlah banyak. angka, AS Layanan Pos, UPS, dan FedEx adalah perusahaan terburuk keempat, kelima, dan ketujuh untuk bekerja di Amerika Serikat.

Ekstraksi pertambangan dan minyak dan gas

Industri pertambangan masih merupakan salah satu industri dengan tingkat kematian tertinggi di antara industri lainnya. Ada berbagai bahaya yang ada dalam operasi pertambangan permukaan dan bawah tanah. Di pertambangan permukaan, bahaya utama meliputi isu-isu seperti ketidakstabilan geologi, kontak dengan pabrik dan peralatan, peledakan batu, lingkungan termal (panas dan dingin), kesehatan pernapasan (paru-paru hitam), dll. Dalam pertambangan bawah tanah, bahaya operasional meliputi kesehatan pernapasan, ledakan dan gas (terutama dalam operasi tambang batu bara), ketidakstabilan geologi, peralatan listrik, kontak dengan pabrik dan peralatan, tekanan panas, masuknya air ke dalam badan air, jatuh dari ketinggian, ruang tertutup, radiasi pengion, dan lain-lain.

Menurut data dari NHIS-OHS 2010, pekerja yang dipekerjakan di industri pertambangan dan ekstraksi minyak dan gas memiliki tingkat prevalensi yang tinggi dalam hal paparan terhadap karakteristik organisasi kerja yang berpotensi membahayakan dan bahan kimia berbahaya. Banyak dari para pekerja ini bekerja dalam waktu yang lama: 50% bekerja lebih dari 48 jam seminggu dan 25% bekerja lebih dari 60 jam seminggu pada tahun 2010. Selain itu, 42% bekerja dengan shift non-standar (bukan shift reguler). Para pekerja ini juga memiliki prevalensi yang tinggi dalam hal paparan bahaya fisik/kimia. Pada tahun 2010, 39% sering mengalami kontak kulit dengan bahan kimia. Di antara pekerja yang tidak merokok, 28% dari mereka yang bekerja di industri pertambangan dan ekstraksi minyak dan gas sering terpapar asap rokok di tempat kerja. Sekitar dua pertiga sering terpapar uap, gas, debu, atau asap di tempat kerja.

Disadur dari: en.wikipedia.org