Kehabisan Stok: Pengertian, Cangkupan, Penyebab dan Dampak

Dipublikasikan oleh Dias Perdana Putra

24 April 2024, 07.17

Sumber: inventoro.com

Kehabisan Stok

Peristiwa kehabisan stok, adalah peristiwa yang menyebabkan persediaan habis. Meskipun kehabisan stok dapat terjadi di sepanjang rantai pasokan, jenis yang paling sering terjadi adalah kehabisan stok ritel di industri barang konsumen yang bergerak cepat (misalnya, permen, popok, buah-buahan). Kehabisan stok adalah kebalikan dari kelebihan stok, di mana terlalu banyak persediaan yang disimpan. Backorder adalah pesanan yang dilakukan untuk barang yang kehabisan stok dan menunggu pemenuhan.

Cangkupan

Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh para peneliti Thomas Gruen dan Daniel Corsten, tingkat rata-rata global kehabisan stok di sektor ritel barang konsumen yang bergerak cepat di negara-negara maju adalah 8,3% pada tahun 2008. Ini berarti bahwa para pembeli memiliki peluang sebesar 42% untuk memenuhi daftar belanjaan yang terdiri dari sepuluh barang tanpa mengalami kehabisan stok. Meskipun telah ada inisiatif yang dirancang untuk meningkatkan kolaborasi antara peritel dan pemasok mereka, seperti Efficient Consumer Response (ECR), dan meskipun ada peningkatan penggunaan teknologi baru seperti radio-frequency identification (RFID) dan analisis data point-of-sales, situasi ini tidak banyak membaik dalam beberapa dekade terakhir.

Penyebab

Survei terbaru tentang kehabisan stok ritel menunjukkan bahwa operasi di toko sangat penting untuk mengurangi kehabisan stok ritel. Sekitar 70-90% kehabisan stok disebabkan oleh praktik pengisian rak yang tidak tepat, dan 10-30% lainnya diakibatkan oleh rantai pasokan hulu, seperti kekurangan pasokan dari pemasok. Pengetahuan yang luas ini memberikan peluang bagi para peritel untuk meningkatkan ketersediaan stok di toko melalui langkah-langkah internal. Namun, hal ini membutuhkan pemahaman yang rinci tentang penyebab kehabisan stok.

Kekurangan modal kerja dapat membatasi nilai pesanan yang dapat dilakukan setiap bulan. Hal ini dapat disebabkan oleh manajemen arus kas yang buruk atau masalah inventaris lainnya seperti terlalu banyak uang tunai yang terikat dalam tingkat kelebihan yang tinggi.

Respon pembeli

Barang yang kehabisan stok membuat pelanggan frustrasi dan memaksa pengecer mengambil banyak tindakan perbaikan di luar kendali mereka. Oleh karena itu, memahami perasaan konsumen tentang barang yang stoknya habis adalah titik awal bagi pengecer yang ingin meningkatkan ketersediaan stok. Jika pelanggan tidak dapat menemukan apa yang ingin mereka beli, mereka dapat berpindah toko, membeli produk pengganti (mengganti lampu, mengganti ukuran, mengganti suku cadang), menunda pembelian, dan memutuskan apakah akan menjual produk tersebut atau tidak. Tanggapan ini diberi bobot berbeda, namun setiap tanggapan mempunyai konsekuensi negatif bagi pemasar. Kehabisan stok dapat menyebabkan hilangnya penjualan, pelanggan frustrasi, berkurangnya loyalitas toko, gangguan penjualan, dan hancurnya rencana penjualan.

Karena barang pengganti menyembunyikan permintaan riil. Selain itu, menurut riset pelanggan kami, keluhan pelanggan terbesar saat ini adalah kehabisan stok. Konsumen menghabiskan banyak waktu untuk mencari dan memesan produk yang sudah tidak tersedia lagi. Para peneliti menguji tanggapan konsumen terhadap barang-barang yang kehabisan stok berdasarkan tanggapan gabungan berdasarkan tanggapan kognitif (misalnya, kenyamanan yang dirasakan), tanggapan emosional (misalnya, kepuasan toko), tanggapan perilaku (misalnya, peralihan merek) dan aspek efektif dari pembelian. .Saya melakukannya. Penelitian menunjukkan bahwa reaksi konsumen terhadap kehabisan stok bergantung pada faktor yang berhubungan dengan merek (misalnya ekuitas merek), produk dan subkategori (tingkat hedonis), dan faktor yang berhubungan dengan toko (misalnya layanan atau harga). ), dan faktor terkait pelanggan. (misalnya usia pelanggan) dan faktor historis (misalnya kecepatan pembelian).

Dampak

Tergantung pada sikap konsumen terhadap barang luar negeri, produsen dan pedagang dapat mengalami kerugian yang berbeda-beda. Ketika pelanggan mengalami kehabisan stok karena pelanggan membeli produk dari toko lain atau tidak membelinya sama sekali, produsen dan pengecer terus-menerus menghadapi masalah dan kehilangan penjualan. Selain itu, ketika produk pengganti tercipta, bagian lain dari pasar akan hilang karena pelanggan akan beralih ke suku cadang yang lebih kecil dan lebih murah. Selain kerugian langsung, pengecer dan produsen menghadapi kerugian nyata lainnya akibat rendahnya kepuasan pelanggan, sehingga mengurangi kepercayaan terhadap pengecer dan merek independen.

Jika produk sudah terjual habis dan ada kemungkinan untuk membeli di toko lain, pelanggan mempunyai kesempatan untuk mengunjungi toko lain. Teori perilaku konsumen berpendapat bahwa karena uji coba mendahului adopsi, voucher menentukan tahap konversi toko yang sebenarnya. Godaan konsumen dapat menyebabkan peralihan dari merek yang sudah ada ketika barang yang sudah tidak ada memaksa konsumen untuk membeli merek pesaing. Penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar pengecer kehilangan 4% penjualan karena barang hilang. Penurunan penjualan sebesar 4% akan menyebabkan rata-rata perusahaan di sektor ritel kehilangan laba per saham sekitar $0,012 (1,2 sen). Di sini, rata-rata laba per saham adalah $0,25 (25 sen) per tahun.

Mengidentifikasi dan mengurangi kehabisan stok ritel

Menentukan tingkat inventaris membantu mengurangi stok barang yang habis. Metode tradisional adalah dengan menelusuri toko secara manual dan menemukan "celah" di rak secara manual. Karena kecepatan penjualan dan waktu pengisian ulang bervariasi, efektivitas tinjauan manual sangat bergantung pada frekuensi, waktu, dan penghindaran kesalahan perhitungan manusia. Cara kedua menggunakan data POS, khususnya data scanner.

Berdasarkan data penjualan historis, waktu tunggu antar penjualan digunakan untuk mengukur apakah suatu barang akan tetap berada di rak. Ini adalah metode terbaik untuk menyelidiki benda panas seperti kaleng soda. Bisa juga diperiksa menggunakan data linier, tergantung keakuratannya. Terakhir, dimungkinkan untuk menggunakan berbagai teknologi, seperti RFID, blockchain, berat atau ringan. Namun teknologi ini belum cocok untuk melacak status barang (misalnya label padat).

Disadur dari : en.wikipedia.org