Keamanan dan Desain: Mendalaminya Bus Sekolah

Dipublikasikan oleh Dimas Dani Zaini

04 April 2024, 13.22

Sumber: id.wikipedia.com

Bus sekolah adalah semua jenis bus yang dimiliki, disewa, atau dioperasikan oleh sekolah atau distrik sekolah. Bus-bus ini digunakan untuk mengangkut siswa ke sekolah atau kegiatan terkait sekolah, namun tidak termasuk bus baru atau bus transit. Banyak konfigurasi bus sekolah digunakan di seluruh dunia. Contoh paling terkenal adalah bus sekolah kuning Amerika, yang juga dapat ditemukan di belahan dunia lain.

Di Amerika Utara, bus sekolah merupakan kendaraan yang didesain berbeda dari jenis bus lainnya. Ketentuan ini diatur oleh undang-undang federal dan negara bagian/provinsi. Selain warna catnya yang unik (Bus Sekolah Nasional Gloss Kuning), bus sekolah memiliki lampu peringatan eksterior (transmisi prioritas) dan perlengkapan keselamatan.

Desain

Menurut Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional di Jalan Raya (NHTSA) . ) dan Menurut Dewan Keselamatan Transportasi Nasional (NTSB), bus sekolah merupakan jenis kendaraan yang paling aman di jalan raya. Rata-rata, lima anak meninggal setiap tahun di bus sekolah. Menurut statistik, bus sekolah 70 kali lebih aman dibandingkan pergi ke sekolah dengan mobil. Banyak kematian terkait bus sekolah adalah penumpang dari kendaraan lain dan pejalan kaki (hanya 5% adalah penumpang bus).

Sejak adopsi warna kuning sebagai standar pada tahun 1939, bus sekolah dengan sengaja mengintegrasikan konsep keterlihatan ke dalam desain mereka. Ketika melakukan penurunan atau pengambilan siswa, undang-undang lalu lintas memberikan prioritas kepada bus sekolah dibandingkan dengan kendaraan lain; untuk menghentikan lalu lintas, mereka dilengkapi dengan lampu berkedip dan tanda berhenti.

Sebagai konsekuensi dari ukurannya, bus sekolah memiliki beberapa titik buta di sekitar kendaraan yang dapat membahayakan penumpang saat turun dari bus atau pejalan kaki yang berdiri atau berjalan di dekatnya. Untuk mengatasi tantangan keselamatan ini, titik fokus desain bus sekolah adalah pada visibilitas eksterior, meningkatkan desain jendela bus, kaca spion, dan kaca depan untuk memperbaiki visibilitas bagi pengemudi. Dalam kasus tabrakan, struktur tubuh bus sekolah dirancang dengan kerangka pengaman integral; karena bus sekolah mengangkut sejumlah besar siswa, bus sekolah dirancang dengan beberapa pintu darurat untuk memfasilitasi evakuasi cepat.

Di Amerika Serikat dan Kanada, banyak peraturan federal dan negara memerlukan bus sekolah diproduksi sebagai kendaraan yang dibuat khusus berbeda dari bus lainnya. Berbeda dengan bus yang digunakan untuk transportasi umum, bus sekolah yang digunakan untuk transportasi siswa semuanya memiliki desain satu dek, dua sumbu (desain dengan beberapa sumbu tidak lagi digunakan). Di luar Amerika Utara, bus yang digunakan untuk mengangkut pelajar berasal dari kendaraan yang digunakan dalam sistem transportasi umum lainnya, seperti bus kota, minibus, dan bus transit.

Jenis

Bus sekolah dibuat oleh pabrikan Amerika Utara. Ada empat jenis: Bus sekolah terkecil disebut Tipe A (bus pendek). Konfigurasi terbesar (bodi pada sasis depan kosong) disebut bus Tipe B. Bus sekolah yang lebih besar meliputi Tipe C (bodi pada sasis truk ringan kosong) dan Tipe D. (bodi pada sasis "maju" atau freewheel. Bus tipe C adalah desain terbesar, sedangkan bus tipe D adalah kendaraan terbesar.

Semua bus sekolah memiliki desain dek tunggal dengan pintu masuk tingkat. Di Amerika Serikat dan Kanada, kabin penumpang dibatasi ketinggiannya berukuran 102 inci (2,59 m) dan panjang 45 kaki (13,7 m). Kapasitas tempat duduk bergantung pada tinggi badan dan kebutuhan pengemudi, dengan desain terbesar mampu menampung hingga 90 penumpang.

Disadur dari Artikel : id.wikipedia.com