Kawasan Urban: Penduduk Padat dan Infrastruktur Pembangunan

Dipublikasikan oleh Dimas Dani Zaini

17 April 2024, 14.48

Sumber: id.wikipedia.org

Kawasan perkotaan, disebut juga aglomerasi atau aglomerasi, adalah pemukiman manusia dengan populasi padat dan infrastruktur lingkungan yang terbangun. Ini adalah inti dari wilayah statistik metropolitan di Amerika Serikat dengan populasi lebih dari 50.000 jiwa.

Kawasan perkotaan berasal dari urbanisasi dan diklasifikasikan oleh peneliti sebagai kota besar, kota kecil, kawasan perkotaan atau pinggiran kota. Dalam urbanisme, istilah "wilayah perkotaan"; berbeda dengan daerah pedesaan seperti desa dan dusun; dalam sosiologi perkotaan atau antropologi perkotaan, kontrasnya adalah lingkungan alam.

Perkembangan nenek moyang kawasan perkotaan modern pada masa revolusi perkotaan milenium ke-4 SM. mengarah pada perkembangan peradaban manusia dan akhirnya pada perencanaan kota modern. Seiring dengan aktivitas manusia lainnya, seperti pemanfaatan sumber daya alam, hal ini juga berdampak pada lingkungan.

Kawasan perkotaan terbentuk dan berkembang lebih lanjut melalui proses urbanisasi. Mereka diukur untuk berbagai tujuan, seperti menganalisis kepadatan penduduk dan pertumbuhan perkotaan. Daerah perkotaan banyak ditemukan di Amerika Serikat, Kanada, Brazil, Meksiko, Argentina, Chile, Jepang, Australia dan banyak negara lain dengan tingkat urbanisasi melebihi 80%.

Berbeda dengan wilayah perkotaan, wilayah metropolitan tidak hanya mencakup wilayah perkotaan, namun juga kota-kota satelit dan wilayah pedesaan yang secara sosio-ekonomi terhubung dengan pusat kota, biasanya melalui substitusi tenaga kerja, dengan kota inti sebagai ibu kotanya. di pasar tenaga kerja.

Disadur dari Artikel : en.wikipedia.org