Kavaleri

Dipublikasikan oleh Admin

14 April 2024, 11.27

Kavaleri KNIL di Malang Tahun 1935 (Wikipedia)

Secara historis, kavaleri (dari kata Prancis cavalerie, yang berasal dari kata "cheval" yang berarti "kuda") adalah tentara atau prajurit yang bertempur dengan menunggang kuda. Kavaleri adalah pasukan tempur yang paling banyak bergerak, beroperasi sebagai kavaleri ringan dalam peran pengintaian, penyaringan, dan pertempuran kecil di banyak pasukan, atau sebagai kavaleri berat untuk serangan mendadak yang menentukan di pasukan lain. Seorang prajurit kavaleri dikenal dengan sejumlah sebutan tergantung pada era dan taktik, seperti kavaleri, penunggang kuda, pasukan, cataphract, ksatria, drabant, prajurit berkuda, uhlan, mamluk, cuirassier, lancer, dragoon, atau pemanah kuda. Sebutan kavaleri biasanya tidak diberikan kepada pasukan militer yang menggunakan hewan lain sebagai tunggangan, seperti unta atau gajah. Infanteri yang bergerak dengan menunggang kuda, tetapi turun dari kuda untuk bertempur dengan berjalan kaki, dikenal pada awal abad ke-17 hingga awal abad ke-18 sebagai dragon, kelas infanteri berkuda yang di sebagian besar pasukan kemudian berevolusi menjadi kavaleri standar dengan tetap mempertahankan sebutan bersejarah mereka.

Kavaleri memiliki keunggulan dalam hal mobilitas yang lebih baik, dan seorang prajurit yang bertempur dengan menunggang kuda juga memiliki keunggulan dalam hal ketinggian, kecepatan, dan massa inersia yang lebih besar daripada lawan yang berjalan kaki. Elemen lain dari perang berkuda adalah dampak psikologis yang dapat ditimbulkan oleh prajurit berkuda terhadap lawan.

Kecepatan, mobilitas, dan nilai kejut kavaleri sangat dihargai dan dieksploitasi dalam angkatan bersenjata di Abad Kuno dan Pertengahan; beberapa pasukan sebagian besar adalah kavaleri, terutama di masyarakat nomaden di Asia, terutama Hun dari Attila dan pasukan Mongol di kemudian hari.[1] Di Eropa, kavaleri menjadi semakin berlapis baja (berat), dan akhirnya berevolusi menjadi ksatria berkuda pada periode abad pertengahan. Selama abad ke-17, kavaleri di Eropa membuang sebagian besar baju besinya, yang tidak efektif melawan senapan dan meriam yang mulai digunakan secara umum, dan pada pertengahan abad ke-18 baju besi sebagian besar sudah tidak digunakan lagi, meskipun beberapa resimen mempertahankan cuirass kecil yang menebal yang memberikan perlindungan terhadap tombak, pedang, dan bayonet; termasuk perlindungan terhadap tembakan dari jarak jauh.

Pada periode antar-perang, banyak unit kavaleri diubah menjadi unit infanteri bermotor dan infanteri mekanis, atau direformasi sebagai pasukan tank. Tank kavaleri atau tank penjelajah adalah tank yang dirancang dengan kecepatan dan tujuan melebihi tank infanteri dan kemudian berkembang menjadi tank tempur utama. Meskipun demikian, beberapa kavaleri masih bertugas selama Perang Dunia II (terutama di Tentara Merah, Tentara Rakyat Mongolia, Tentara Kerajaan Italia, Tentara Kerajaan Hungaria, Tentara Rumania, Angkatan Darat Polandia, dan unit pengintai ringan Jerman dalam Waffen SS).

Sebagian besar unit kavaleri yang ditunggangi kuda di tentara modern bertugas dalam peran seremonial murni, atau sebagai infanteri tunggang di medan yang sulit seperti pegunungan atau daerah berhutan lebat. Penggunaan istilah kavaleri modern umumnya mengacu pada unit yang melakukan peran pengintaian, pengawasan, dan akuisisi target (analog dengan kavaleri ringan historis) atau unit tank tempur utama (analog dengan kavaleri berat historis).

Peran
 


Kavaleri Garda Republik Prancis
 

Secara historis, kavaleri dibagi menjadi kavaleri ringan dan kavaleri berat. Perbedaannya adalah peran mereka dalam pertempuran, ukuran tunggangan mereka, dan seberapa banyak baju besi yang dikenakan oleh tunggangan dan penunggangnya.

Kavaleri berat, seperti kataphraks Bizantium dan ksatria pada Abad Pertengahan Awal di Eropa, digunakan sebagai pasukan kejut, menyerang tubuh utama musuh pada puncak pertempuran; dalam banyak kasus, tindakan mereka menentukan hasil pertempuran, sehingga kemudian disebut sebagai kavaleri tempur. Kavaleri ringan, seperti pemanah kuda, prajurit berkuda, dan kavaleri Cossack, ditugaskan untuk melakukan berbagai peran yang tidak sesuai dengan pasukan berat yang lebih terfokus pada tugas-tugas yang lebih sempit. Ini termasuk pengintaian, menghalangi pengintai musuh, mencari makan, menyerbu, bertempur, mengejar pasukan musuh yang mundur, menyaring pasukan sahabat yang mundur, menghubungkan pasukan sahabat yang terpisah, dan melawan pasukan ringan musuh dalam semua peran yang sama.

Peran kavaleri ringan dan berat terus berlanjut selama perang modern awal, tetapi baju besi dikurangi, dengan kavaleri ringan sebagian besar tidak bersenjata. Namun, banyak unit kavaleri yang masih mempertahankan cuirass dan helm karena nilai perlindungannya terhadap serangan pedang dan bayonet, dan dorongan moral yang diberikan kepada pemakainya, meskipun baju besi yang sebenarnya hanya memberikan sedikit perlindungan dari senjata api. Pada saat itu, perbedaan utama antara kavaleri ringan dan berat terletak pada pelatihan dan bobotnya; kavaleri ringan dianggap paling cocok untuk pelecehan dan pengintaian, sedangkan kavaleri berat dianggap paling cocok untuk serangan jarak dekat. Pada awal abad ke-20, seiring dengan meningkatnya daya tembak di medan perang, kavaleri semakin cenderung menjadi dragoons dalam praktiknya, berkuda di antara pertempuran, tetapi turun untuk bertempur sebagai infanteri, meskipun tetap mempertahankan nama unit yang mencerminkan peran kavaleri mereka yang lebih tua. Namun, konservatisme militer sangat kuat di sebagian besar kavaleri kontinental selama masa damai dan dalam aksi turun gunung ini terus dianggap sebagai fungsi sekunder hingga pecahnya Perang Dunia I pada tahun 1914.

Dengan berkembangnya perang lapis baja, peran kavaleri berat sebagai pasukan kejut yang menentukan telah diambil alih oleh unit lapis baja yang menggunakan tank menengah dan berat, dan kemudian tank tempur utama.[4] Meskipun kavaleri yang ditunggangi kuda sudah usang, istilah kavaleri masih digunakan, mengacu pada zaman modern untuk unit yang terus memenuhi peran kavaleri ringan tradisional, menggunakan mobil lapis baja cepat, tank ringan, dan kendaraan tempur infanteri alih-alih kuda, sementara kavaleri udara menggunakan helikopter.

Masa Kini
 


"El Faress" Kavaleri Algeria
 

Pada zaman modern fungsi kavaleri mulai berkurang, terutama jika dibandingkan dengan perang dunia kedua. Pada saat ini mulai banyak digunakan helikopter serang dengan fungsi kavaleri yang memiliki kelebihan yang lebih dibandingkan tank atau IFV, dikarenakan tank lebih rawan dari serangan musuh seperti infanteri yang bisa menghancurkan tank dengan dibekali senjata anti-tank.

Saat ini Kavaleri selalu mengacu kepada pasukan yang mengendarai Tank. Kavaleri berkuda adalah pasukan Kavaleri yang menunggangi Kuda. Pada masa lalu Kavaleri berkuda menggunakan pedang dan pistol atau senapan laras pendek untuk bertempur. Saat ini fungsi Kavaleri berkuda umumnya hanya digunakan pada acara-acara seremonial seperti Upacara, Penyambutan Kepala Negara.

Namun pada era modern tank tetap penting dalam masa perang, terutama untuk memberikan efek kejut maupun perlindungan. Dalam formasi militer tank diikuti oleh barisan infanteri yang menjaganya. Contoh dari kombinasi antara tank dan infanteri tank yang baik bisa menghasilkan serangan yang mematikan, seperti taktik Blitzkrieg yang digunakan oleh tentara Jerman Nazi di Perang Dunia II.

Disadur dari: 
id.wikipedia.org
en.wikipedia.org