Joseph Black: Penemu Karbon Dioksida dan Pionir Termodinamika

Dipublikasikan oleh Dias Perdana Putra

06 Mei 2024, 14.00

Sumber: en.wikipedia.org

Joseph Black

Joseph Black (16 April 1728 – 6 Desember 1799) adalah seorang fisikawan dan kimiawan Skotlandia, yang terkenal karena penemuan magnesium , panas laten , panas spesifik , dan karbon dioksida. Dia adalah Profesor Anatomi dan Kimia di Universitas Glasgow selama 10 tahun sejak tahun 1756, dan kemudian Profesor Kedokteran dan Kimia di Universitas Edinburgh dari tahun 1766, mengajar dan memberi kuliah di sana selama lebih dari 30 tahun.Gedung kimia di Universitas Edinburgh dan Universitas Glasgow diberi nama setelah Black.

Kehidupan awal dan pendidikan 

Black lahir "di tepi sungai Garonne " di Bordeaux , Prancis, anak keenam dari 12 bersaudara dari pasangan Margaret Gordon (wafat 1747) dan John Black. Ibunya berasal dari keluarga Aberdeenshire yang memiliki hubungan dengan bisnis anggur dan ayahnya berasal dari Belfast , Irlandia, dan bekerja sebagai faktor dalam perdagangan anggur. Ia dididik di rumah hingga usia 12 tahun, setelah itu ia bersekolah di sekolah tata bahasa di Belfast. Pada tahun 1746, pada usia 18 tahun, ia masuk Universitas Glasgow, belajar di sana selama empat tahun sebelum menghabiskan empat tahun lagi di Universitas Edinburgh , melanjutkan studi kedokterannya. Selama studinya ia menulis tesis doktoral tentang pengobatan batu ginjal dengan garam magnesium karbonat.

Studi Ilmiah

Prinsip kimia

Seperti kebanyakan eksperimentalis abad ke-18, konseptualisasi kimia Black didasarkan pada lima prinsip materi: Air, Garam, Tanah, Api, dan Logam. Dia menambahkan prinsip Udara ketika eksperimennya menunjukkan adanya karbon dioksida, yang disebutnya udara tetap , sehingga berkontribusi terhadap kimia pneumatik .

Penelitian Black dipandu oleh pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan bagaimana prinsip-prinsip tersebut digabungkan satu sama lain dalam berbagai bentuk dan campuran yang berbeda. Dia menggunakan istilah afinitas untuk menggambarkan kekuatan yang menyatukan kombinasi-kombinasi tersebut. Sepanjang karirnya ia menggunakan berbagai diagram dan rumus untuk mengajari mahasiswanya di Universitas Edinburgh cara memanipulasi afinitas melalui berbagai jenis eksperimen.

Neraca analitik 

Timbangan analitis yang presisi

Sekitar tahun 1750, saat masih menjadi mahasiswa, Black mengembangkan timbangan analitik berdasarkan balok ringan yang diseimbangkan pada titik tumpu berbentuk baji . Setiap lengan membawa panci tempat sampel atau anak timbangan standar ditempatkan. Ini jauh melebihi keakuratan timbangan waktu lainnya dan menjadi instrumen ilmiah penting di sebagian besar laboratorium kimia.

Panas laten 

Kalorimeter es pertama di dunia , digunakan pada musim dingin tahun 1782–83, oleh Antoine Lavoisier dan Pierre-Simon Laplace , untuk menentukan panas yang dihasilkan dalam berbagai perubahan kimia , perhitungan yang didasarkan pada penemuan panas laten Joseph Black sebelumnya. Pada tahun 1757, Black diangkat sebagai Profesor Regius dalam Praktek Kedokteran di Universitas Glasgow .

Pada tahun 1761, ia menyimpulkan bahwa penerapan panas pada es pada titik lelehnya tidak menyebabkan kenaikan suhu campuran es/air, melainkan peningkatan jumlah air dalam campuran. Selain itu, Black mengamati bahwa penerapan panas pada air mendidih tidak mengakibatkan kenaikan suhu campuran air/uap, melainkan peningkatan jumlah uap. Dari pengamatannya, ia menyimpulkan bahwa panas yang diberikan pasti telah bergabung dengan partikel es dan air mendidih dan menjadi laten.

Teori panas laten menandai dimulainya termodinamika. Teori Black tentang panas laten adalah salah satu kontribusi ilmiahnya yang paling penting, dan salah satu landasan ketenaran ilmiahnya. Dia juga menunjukkan bahwa zat yang berbeda mempunyai panas spesifik yang berbeda.

Teori ini pada akhirnya terbukti penting tidak hanya dalam pengembangan ilmu pengetahuan abstrak namun juga dalam pengembangan mesin uap. Black dan James Watt menjadi teman setelah bertemu sekitar tahun 1757 saat keduanya berada di Glasgow . Black memberikan pendanaan yang signifikan dan dukungan lain untuk penelitian awal Watt di bidang tenaga uap. Penemuan Black tentang panas laten air akan menarik bagi Watt, menginformasikan upayanya untuk meningkatkan efisiensi mesin uap yang ditemukan oleh Thomas Newcomen dan mengembangkan ilmu termodinamika.

Karbon dioksida 

Black juga mengeksplorasi sifat-sifat gas yang dihasilkan dalam berbagai reaksi. Ia menemukan bahwa batu kapur (kalsium karbonat) dapat dipanaskan atau diolah dengan asam untuk menghasilkan gas yang disebutnya "udara tetap". Dia mengamati bahwa udara yang diam lebih padat daripada udara dan tidak mendukung nyala api atau kehidupan hewan. Black juga menemukan bahwa ketika digelembungkan melalui larutan kapur (kalsium hidroksida) berair, kalsium karbonat akan mengendap. Dia menggunakan fenomena ini untuk menggambarkan bahwa karbon dioksida dihasilkan oleh respirasi hewan dan fermentasi mikroba.

Jabatan profesor 

Pada tahun 1766, mengikuti jejak temannya dan mantan gurunya di Universitas Glasgow, Black menggantikan William Cullen sebagai Profesor Kedokteran dan Kimia di Universitas Edinburgh (Cullen pindah ke Edinburgh pada tahun 1755). Posisinya di Universitas Glasgow diisi oleh Alexander Stevenson. 

Pada titik ini dia berhenti melakukan penelitian dan mengabdikan dirinya secara eksklusif untuk mengajar. Dalam hal ini ia berhasil dengan kehadiran penonton pada ceramahnya yang meningkat dari tahun ke tahun selama lebih dari tiga puluh tahun. Ceramahnya mempunyai pengaruh yang kuat dalam mempopulerkan ilmu kimia dan kehadirannya bahkan menjadi hiburan yang modis.

Black dikenal luas sebagai salah satu dosen paling populer di Universitas. Kursus kimianya secara rutin menarik jumlah siswa yang sangat banyak, dan banyak yang mengikuti dua atau tiga kali. Selain secara teratur memperkenalkan topik-topik mutakhir dan dengan cermat memilih eksperimen yang mengesankan secara visual, Black menggunakan beragam alat pengajaran yang berhasil membuat kimia dapat diakses oleh siswanya (banyak di antaranya berusia 14 tahun).  Murid-muridnya datang dari seluruh Britania Raya , koloni-koloninya , dan Eropa , dan ratusan dari mereka menyimpan ceramahnya di buku catatan mereka dan menyebarkan ide-idenya setelah mereka meninggalkan universitas.

Ia menjadi salah satu hiasan utama Universitas; dan ceramahnya dihadiri oleh audiens yang terus meningkat dari tahun ke tahun, selama lebih dari tiga puluh tahun. Tidak mungkin sebaliknya. Penampilan dan sikap pribadinya adalah seorang pria sejati, dan sangat menyenangkan. Suaranya saat berceramah pelan, tapi bagus; dan artikulasinya begitu jelas, sehingga ia dapat didengar dengan baik oleh ratusan penonton. Ceramahnya begitu jelas dan jelas, ilustrasinya melalui eksperimen begitu tepat, sehingga sentimennya terhadap subjek apa pun tidak akan pernah bisa disalahartikan bahkan oleh orang yang paling buta huruf sekalipun; dan instruksi-instruksinya begitu jelas terhadap semua hipotesis atau dugaan, sehingga pendengar bersandar pada kesimpulan-kesimpulannya dengan keyakinan yang hampir tidak melebihi pengalamannya sendiri. 

Pada 17 November 1783 ia menjadi salah satu pendiri Royal Society of Edinburgh. Dari tahun 1788 hingga 1790 ia menjadi Presiden Royal College of Physicians of Edinburgh. Ia adalah anggota komite revisi untuk edisi Pharmacopoeia Edinburgensis perguruan tinggi tahun 1774, 1783, dan 1794. Black diangkat sebagai dokter utama Raja George III di Skotlandia.

Penelitian dan pengajaran Black berkurang karena kesehatan yang buruk. Sejak tahun 1793 kesehatannya semakin menurun dan dia secara bertahap menarik diri dari tugas mengajarnya. Pada tahun 1795, Charles Hope diangkat sebagai koajutor dalam jabatan profesornya, dan pada tahun 1797, dia mengajar untuk terakhir kalinya.

Kehidupan pribadi 

Hitam adalah anggota Klub Poker. Dia adalah sepupu pertama, teman baik dan kolega Adam Ferguson FRSE yang menikahi keponakannya Katherine Burnett pada tahun 1767, dan berhubungan dengan David Hume , Adam Smith , dan sastrawan Pencerahan Skotlandia . Ia juga dekat dengan ahli geologi perintis James Hutton.

Pada tahun 1773 dia terdaftar sebagai orang yang tinggal di College Wynd di sisi selatan Kota Tua. Pada tahun 1790-an, dia menggunakan Sylvan House di Sciennes sebagai tempat peristirahatan musim panas. Sebuah plakat, yang diresmikan pada tahun 1991, memperingati dia menempati rumah tersebut.

Hitam tidak pernah menikah. Dia meninggal dengan tenang di rumahnya 12 Nicolson Street di selatan Edinburgh pada tahun 1799 pada usia 71 tahun dan dimakamkan di Greyfriars Kirkyard . Monumen besar ini terletak di bagian tertutup di barat daya yang dikenal sebagai Penjara Perjanjian.

Pada tahun 2011, peralatan ilmiah yang diyakini milik Black ditemukan selama penggalian arkeologi di Universitas Edinburgh.Rumahnya, sebuah flat di 12 Nicolson Street yang sangat dekat dengan Old College, masih ada, tetapi tidak memiliki plakat yang menunjukkan keberadaannya.

Disadur dari: en.wikipedia.org