Jenis SDA (Sumber Daya Manusia) Yang Dapat Diperbaharui

Dipublikasikan oleh Mochammad Reichand Qolby

14 Februari 2023, 16.57

Sumber : Maxmanroe

Sumber Daya Manusia Yang Dapat Diperbaharui

Sumber Daya Manusia merupakan sebuah sumber daya yang dapat dipakai sebagai produksi dan kebutuhan lainnya, namun sebuah SDA tidak luput dari pengawasan untuk penggunannya. Hal ini dikarenakan SDA dapat habis jika tidak bisa diperbaharui namun dipakai terus-menerus. Untuk mengetahui SDA apa saja yang dapat diperbaharui dan dipakai terus-menerus, simak sebagai berikut:

- Sinar Matahari

Penggunaan sinar matahari dapat selalu diperbaharui karena tidak akan habis dan memiliki kekuatan yang besar. Matahari dapat digunakan untuk menghantarkan energi panas yang dapat digunakan dalam pemakaian listrik dan lainnya.

- Air

Air merupakan sumber daya yang tidak akan habis, penggunaan air dapat memiliki dampak yang besar. Air merupakan sumber daya yang dapat diperbarui karena bumi memiliki siklus air alami atau daur hidrologi.

- Panas Bumi 

Panas bumi dihasilkan oleh peluruhan radioaktif (misalnya kalium, torium, dan uranium) di kerak, inti, mantel, dan juga sepanjang tepi lempeng benua.

- Biomassa

biomassa adalah energi yang tersimpan dalam bahan asal biologis seperti tumbuhan dan hewan. Selain matahari, biomassa adalah sumber daya tertua yang digunakan oleh manusia. Tumbuhan dapat terus ditanam, adapun hewan dapat diternakkan. Hal tersebut membuat biomassa menjadi sumber daya yang dapat diperbarui dan tidak akan habis jika terus dirawat.

 

Sumber : Kompas.com