Jenis-jenis Kontaminasi

Dipublikasikan oleh Admin

11 April 2024, 05.41

www.eafnature.org

Kontaminasi

Polusi adalah adanya zat-zat berbahaya, tidak murni, atau zat-zat lain yang berbahaya, berbahaya, menular, tidak diinginkan, atau lebih rendah kualitasnya dibandingkan zat, organisme, lingkungan, tempat kerja, dan lain-lain.

Jenis kontaminasi

Dalam ilmu pengetahuan, kata “polusi” memiliki banyak arti, antara lain perubahan lingkungan yang menyebabkan pencemaran dan apakah pencemar tersebut berbentuk padat atau cair. Polutan lebih bersifat abstrak, seperti permasalahan sumber energi yang tidak diinginkan sehingga mengganggu proses. Di bawah ini adalah contoh berbagai jenis polusi yang mempengaruhi hal ini dan perbedaan lainnya.

Kontaminasi kimia

Dalam kimia, kata "senyawa" biasanya menggambarkan suatu unsur tunggal, namun dalam bidang tertentu kata ini juga dapat merujuk pada campuran kimia, hingga ke tingkat materi seluler. Semua bahan kimia mengandung kontaminasi pada tingkat tertentu. Kontaminan mungkin terlihat atau tidak, dan dapat menimbulkan masalah ketika terjadi reaksi kimia lain ketika kontaminan tersebut dicampur dengan zat atau campuran lain. Reaksi kimia yang terjadi dengan adanya pengotor terkadang bermanfaat, dan label "kontaminan" dapat diganti dengan "reaktan" atau "katalis". (Hal ini juga berlaku, misalnya, dalam kimia fisik, di mana masuknya pengotor ke dalam semikonduktor basa meningkatkan konduktivitasnya.) Jika reaksi lain negatif, kata lain seperti "toksin", "racun" digunakan, atau pengotor, tergantung pada jenis molekul yang terlibat. Zat tersebut dapat dihilangkan melalui peluruhan, penguraian dan proses fisika, tetapi zat dasarnya harus diketahui. Kontaminasi obat-obatan dan perawatan sangat berbahaya sehingga menimbulkan masalah ideologis dan teknis.

Kontaminasi lingkungan

Dalam kimia lingkungan, kata “polusi” terkadang sinonim dengan kontaminasi, yang berarti kerugian bagi manusia, organisme, atau lingkungan. Pencemar lingkungan bersifat biologis (bakteri patogen, virus, spesies invasif) atau fisik (energi), tetapi juga kimia. Pemantauan lingkungan adalah metode yang memungkinkan para ilmuwan mendeteksi potensi polusi sebelum menjadi terlalu serius.

Kontaminasi pertanian

Jenis pencemaran lingkungan lainnya ditemukan dalam bentuk organisme hasil rekayasa genetika (GMO), terutama dalam pertanian organik. Pencemaran jenis ini menghasilkan limbah pertanian. Kontaminasi jenis ini terkadang sulit dikendalikan sehingga perlu ada mekanisme kompensasi bagi petani yang tertular GMO. Penyelidikan parlemen Australia Barat mempertimbangkan beberapa opsi untuk memberikan kompensasi kepada petani yang lahan pertaniannya terkontaminasi GMO, namun pada akhirnya memutuskan untuk tidak melakukannya.

Kontaminasi makanan, minuman, dan farmasi

Dalam kimia makanan dan obat-obatan, istilah "kontaminan" digunakan untuk menggambarkan efek buruk, seperti adanya toksin atau patogen dalam makanan atau obat-obatan.

Kontaminasi radioaktif

Paparan radiasi merupakan masalah di lingkungan yang memerlukan keselamatan nuklir dan proteksi radiasi. Zat radioaktif muncul pada permukaan atau padatan, di air atau di udara (termasuk tubuh manusia) dan dapat muncul secara tiba-tiba atau terus menerus dan melalui proses. Beberapa contoh pencemaran radiasi adalah:

  • sisa bahan radioaktif yang tersisa di suatu lokasi setelah selesainya dekomisioning suatu lokasi yang terdapat reaktor nuklir, seperti pembangkit listrik, reaktor eksperimental, reaktor isotop, atau kapal atau kapal selam bertenaga nuklir
  • tertelan atau diserap bahan radioaktif yang mencemari entitas biologis, baik tidak sengaja atau sengaja (seperti dengan radiofarmasi
  • lolosnya unsur-unsur setelah kecelakaan nuklir, seperti kontaminasi Yodium-131 ​​dan Cesium-137 setelah bencana nuklir di Chernobyl, Ukraina.

Istilah "radiologi" bisa jadi merupakan istilah yang keliru. Istilah ini mengacu pada lokasi frekuensi radio dan tidak menunjukkan seberapa besar risiko yang ditimbulkannya. Namun, radioaktivitas dapat diukur sebagai jumlah pada suatu area atau permukaan tertentu, dalam satuan luas seperti meter persegi atau sentimeter. Seperti halnya pemantauan lingkungan, pemantauan radiasi dapat mendeteksi potensi kontaminasi sebelum menjadi masalah serius.

Kontaminasi antarplanet

Kontaminasi antarbintang terjadi ketika suatu benda planet terkontaminasi secara biologis, disengaja atau tidak, oleh kapal atau pesawat ruang angkasa. Ini berguna saat tiba di planet tersebut dan kembali ke Bumi.

Bukti yang terkontaminasi

Dalam forensik, bukti bisa terkontaminasi. Kontaminasi sidik jari, rambut, kulit, atau DNA dari petugas pertolongan pertama atau dari sumber yang tidak terkait dengan penyelidikan yang sedang berlangsung (misalnya, anggota keluarga atau teman korban yang tidak dituduh) dapat mengakibatkan tuduhan palsu, perusakan, dan penghancuran bukti.

Sampel yang terkontaminasi

Kontaminasi pada piring agar

Dalam forensik, bukti bisa terkontaminasi. Kontaminasi sidik jari, rambut, kulit, atau DNA dari petugas pertolongan pertama atau dari sumber yang tidak terkait dengan penyelidikan yang sedang berlangsung (misalnya, anggota keluarga atau teman korban yang tidak dituduh) dapat mengakibatkan tuduhan palsu, perusakan, dan penghancuran bukti.

Disadur dari: en.wikipedia.org