Jenis Investasi, Investasi vs Resiko dan Penilaian Investasi

Dipublikasikan oleh Admin

11 April 2024, 17.02

www.pexels.com

Investasi secara tradisional didefinisikan sebagai "mengalokasikan sumber daya untuk memperoleh keuntungan di kemudian hari". Jika suatu investasi melibatkan uang, maka ini dapat didefinisikan sebagai "menghasilkan uang untuk mendapatkan lebih banyak uang di kemudian hari". Dalam perspektif yang lebih luas, investasi dapat didefinisikan sebagai “penyesuaian pola pengeluaran dan penerimaan sumber daya untuk mengoptimalkan pola aliran yang diinginkan”. Jika pengeluaran dan pendapatan didefinisikan sebagai uang, maka pendapatan keuangan bersih suatu periode tertentu disebut arus kas, sedangkan uang yang diterima selama beberapa periode disebut arus kas.

Dalam bidang keuangan, tujuan berinvestasi adalah untuk menghasilkan pendapatan dari dana yang diinvestasikan. Pendapatan tersebut dapat berupa realisasi keuntungan atau kerugian dari penjualan aset atau investasi, apresiasi modal (atau depresiasi) yang belum direalisasi, pendapatan investasi seperti dividen, pendapatan bunga atau sewa, atau kombinasi keuntungan modal dan pendapatan. Imbal hasil juga dapat mencakup keuntungan atau kerugian akibat perubahan nilai tukar.

Investor umumnya mengharapkan imbal hasil yang lebih tinggi dari investasi yang lebih berisiko. Ketika melakukan investasi berisiko rendah, keuntungannya biasanya rendah. Demikian pula, dengan risiko yang tinggi, kemungkinan kerugian juga tinggi. Investor, terutama pemula, seringkali disarankan untuk mendiversifikasi portofolionya. Diversifikasi memiliki efek statistik dalam mengurangi risiko secara keseluruhan.

Jenis investasi keuangan

Dalam perekonomian modern, investasi tradisional mencakup, misalnya:

  • Saham, saham di perusahaan publik

  • Obligasi, pinjaman kepada pemerintah dan perusahaan publik

  • Rekening, disimpan dalam mata uang tertentu untuk melindungi biaya atau untuk menghasilkan keuntungan atau untuk melindungi terhadap perubahan nilai mata uang

  • Real estate yang dapat disewakan untuk pendapatan saat ini atau dijual kembali ketika nilainya meningkat.

Investasi alternatif meliputi:

  • Investasi ekuitas di perusahaan non-perdagangan, sering kali melibatkan dana modal ventura, angel investor, atau penggalangan dana ekuitas.

  • Pinjaman lainnya, termasuk hipotek.

  • Komoditas seperti logam mulia, emas, produk pertanian, dll. seperti kentang, dan komoditas energi seperti gas alam.

  • Barang koleksi termasuk karya seni, koin, mobil antik, perangko, dan anggur.

  • Penyeimbangan karbon dan kredit.

  • Entitas digital seperti mata uang kripto dan token yang tidak dapat diperdagangkan.

  • Dapat diperdagangkan dana yang menggunakan teknik canggih seperti:

  • Derivatif, yang nilainya ditentukan berdasarkan kontrak dan diperoleh berdasarkan statistik kinerja investasi yang mendasarinya, mencakup kontrak forward, futures, opsi, swap, kewajiban utang subordinasi, pembayaran gagal bayar, dan kontrak kredit.

  • Investasi leverage, yaitu investasi uang pinjaman.

  • Shortselling, yang biasanya menggunakan leverage dan derivatif untuk bertaruh bahwa nilai suatu saham akan menurun.

Investasi dan risiko

Seorang investor mungkin menanggung risiko kehilangan sebagian atau seluruh modal yang ditanamnya. Investasi berbeda dengan arbitrase, di mana keuntungan dihasilkan tanpa menginvestasikan modal atau menanggung risiko.

Tabungan menanggung risiko (biasanya kecil) dimana penyedia keuangan mungkin gagal bayar.

Tabungan mata uang asing juga menanggung risiko nilai tukar mata uang asing: jika mata uang rekening tabungan berbeda dengan mata uang asal pemegang rekening, maka terdapat risiko nilai tukar kedua mata uang tersebut akan bergerak tidak menguntungkan sehingga nilai rekening tabungan menurun. diukur dalam mata uang asal pemegang rekening.

Bahkan berinvestasi pada aset berwujud seperti properti pun memiliki risiko. Dan mirip dengan sebagian besar risiko, pembeli properti dapat berupaya memitigasi potensi risiko dengan mengambil hipotek dan meminjam dengan rasio pinjaman terhadap keamanan yang lebih rendah.

Berbeda dengan tabungan, investasi cenderung membawa lebih banyak risiko, baik dalam bentuk faktor risiko yang lebih beragam maupun tingkat ketidakpastian yang lebih besar.

Volatilitas antar industri sedikit banyak merupakan risiko tergantung. Di bidang bioteknologi, misalnya, investor mencari keuntungan besar pada perusahaan yang memiliki kapitalisasi pasar kecil namun bisa bernilai ratusan juta dengan cukup cepat. Risikonya tinggi karena sekitar 90% produk bioteknologi yang diteliti tidak berhasil dipasarkan karena peraturan dan tuntutan kompleks dalam bidang farmakologi karena rata-rata obat resep membutuhkan waktu 10 tahun dan modal senilai US$2,5 miliar.

Sejarah

Di dunia Islam abad pertengahan, khirad adalah instrumen keuangan utama. Ini adalah kontrak antara satu atau lebih investor dan agen, di mana investor mentransfer modalnya kepada agen, yang kemudian memperdagangkan uang. Pembeli tidak bertanggung jawab atas kerugian tersebut, namun kedua belah pihak menerima bagian keuntungan yang telah ditentukan sebelumnya. Banyak yang berpendapat bahwa Kirad mirip dengan sistem komando yang digunakan di Eropa Barat pada saat itu. Namun, Kirad tidak dapat dikatakan menjadi Commenda, atau kedua organisasi tersebut berkembang secara terpisah.

Pada awal abad ke-20, pedagang kayu, pohon ceri, dan bank lain di bidang pers, akademisi, dan perdagangan. mempertimbangkan Setelah Keruntuhan Wall Street pada tahun 1929, dan khususnya pada tahun 1950-an, kata investasi mulai menandakan berakhirnya sistem perbankan, dengan pialang saham dan kantor berita meminta nasihat mengenai investasi berisiko tinggi dan berisiko tinggi. Begitulah keadaannya pada saat itu. waktu Sejak akhir abad ke-20, istilah spekulator dan spekulator merujuk pada bisnis berisiko tinggi.

Investor terkenal

Edward Thorp

Investor yang terkenal dengan kesuksesan mereka termasuk Warren Buffett. Dalam majalah Forbes edisi Maret 2013, Warren Buffett menduduki peringkat nomor 2 dalam daftar Forbes 400 mereka. Buffett telah menyarankan dalam berbagai artikel dan wawancara bahwa strategi investasi yang baik adalah jangka panjang dan uji tuntas adalah kunci untuk berinvestasi dalam aset yang tepat.

Edward O. Thorp adalah manajer dana lindung nilai yang sangat sukses pada 1970-an dan 1980-an yang berbicara tentang pendekatan serupa.

Prinsip investasi kedua investor ini memiliki kesamaan dengan kriteria Kelly untuk pengelolaan uang. Banyak kalkulator interaktif yang menggunakan kriteria Kelly dapat ditemukan secara online.

Penilaian investasi

Arus kas bebas mengukur uang tunai yang dihasilkan perusahaan yang tersedia untuk investor utang dan ekuitasnya, setelah memungkinkan untuk diinvestasikan kembali dalam modal kerja dan belanja modal. Oleh karena itu, arus kas bebas yang tinggi dan meningkat cenderung membuat perusahaan lebih menarik bagi investor.

Rasio utang terhadap ekuitas merupakan indikator struktur modal. Proporsi utang yang tinggi, yang tercermin dalam rasio utang terhadap ekuitas yang tinggi, cenderung membuat pendapatan perusahaan, arus kas bebas, dan pada akhirnya pengembalian kepada investornya, lebih berisiko atau tidak stabil. Investor membandingkan rasio utang terhadap ekuitas perusahaan dengan perusahaan lain di industri yang sama, dan memeriksa tren rasio utang terhadap ekuitas dan arus kas bebas.

Disadur dari: en.wikipedia.org