Jejak Langkah Menuju Teknik Kimia Modern: Dari Revolusi Industri hingga Era Kontemporer

Dipublikasikan oleh Dias Perdana Putra

30 April 2024, 09.44

Sumber: en.wikipedia.org

Sejarah teknik kimia

Teknik kimia adalah disiplin ilmu yang dikembangkan dari mereka yang mempraktikkan "kimia industri" pada akhir abad ke-19. Sebelum Revolusi Industri (abad ke-18), bahan kimia industri dan produk konsumen lainnya seperti sabun sebagian besar diproduksi melalui pemrosesan batch. Pemrosesan batch bersifat padat karya dan setiap orang mencampurkan sejumlah bahan dalam jumlah tertentu dalam bejana, memanaskan, mendinginkan, atau memberi tekanan pada campuran tersebut untuk jangka waktu yang telah ditentukan. Produk kemudian dapat diisolasi, dimurnikan, dan diuji untuk mendapatkan produk yang dapat dijual.

Proses batch masih dilakukan hingga saat ini pada produk bernilai tinggi, seperti zat antara farmasi, produk khusus dan produk yang diformulasikan seperti parfum dan cat, atau dalam pembuatan makanan seperti sirup maple murni, di mana keuntungan masih dapat diperoleh meskipun metode batch lebih lambat dan tidak efisien dalam hal tenaga kerja dan penggunaan peralatan. Berkat penerapan teknik Teknik Kimia selama pengembangan proses manufaktur, bahan kimia dengan volume yang lebih besar sekarang diproduksi melalui proses kimia "jalur perakitan" yang berkelanjutan. Revolusi Industri adalah saat pergeseran dari proses batch ke proses yang lebih berkelanjutan mulai terjadi. Saat ini, bahan kimia komoditas dan petrokimia sebagian besar dibuat dengan menggunakan proses manufaktur kontinu, sedangkan bahan kimia khusus, bahan kimia dan farmasi dibuat dengan menggunakan proses batch.

Asal usul

Revolusi Industri menyebabkan peningkatan permintaan yang belum pernah terjadi sebelumnya, baik dalam hal kuantitas maupun kualitas, untuk bahan kimia curah seperti soda ash. Ini berarti dua hal: pertama, ukuran aktivitas dan efisiensi operasi harus diperbesar, dan kedua, alternatif yang serius untuk pemrosesan batch, seperti operasi kontinu, harus diperiksa.

Insinyur kimia pertama

Kimia industri telah dipraktikkan pada tahun 1800-an, dan studinya di universitas-universitas Inggris dimulai dengan publikasi oleh Friedrich Ludwig Knapp, Edmund Ronds, dan Thomas Richardson tentang buku penting Chemical Technology pada tahun 1848. Pada tahun 1880-an, elemen-elemen teknik yang diperlukan untuk mengendalikan proses kimia diakui sebagai aktivitas profesional yang berbeda. Teknik kimia pertama kali ditetapkan sebagai profesi di Inggris setelah kursus teknik kimia pertama diberikan di Universitas Manchester pada tahun 1887 oleh George E. Davis dalam bentuk dua belas kuliah yang mencakup berbagai aspek praktik kimia industri.[3] Sebagai konsekuensinya, George E. Davis dianggap sebagai insinyur kimia pertama di dunia. Saat ini, teknik kimia adalah profesi yang sangat dihormati. Insinyur kimia dengan pengalaman dapat menjadi Insinyur Profesional berlisensi di Amerika Serikat, dibantu oleh National Society of Professional Engineers, atau mendapatkan status insinyur kimia "Chartered" melalui Institusi Insinyur Kimia yang berbasis di Inggris.

Asosiasi profesional

Pada tahun 1880, upaya pertama dilakukan untuk membentuk Masyarakat Insinyur Kimia di London. Hal ini akhirnya menghasilkan pembentukan Society of Chemical Industry pada tahun 1881. American Institute of Chemical Engineers (AIChE) didirikan pada tahun 1908, dan Institusi Insinyur Kimia Inggris (IChemE) pada tahun 1922. Keduanya sekarang memiliki keanggotaan internasional yang substansial. Beberapa negara lain sekarang memiliki masyarakat teknik kimia atau bagian dalam masyarakat kimia atau teknik, tetapi AIChE, IChemE dan IiChE tetap menjadi yang utama dalam hal jumlah dan penyebaran internasional: keduanya terbuka untuk para profesional yang berkualifikasi sesuai atau mahasiswa teknik kimia di mana pun di dunia.

Definisi

Untuk cabang-cabang teknik lainnya yang sudah mapan, sudah ada asosiasi yang siap di benak masyarakat: Teknik Mesin berarti mesin, Teknik Elektro berarti sirkuit, dan Teknik Sipil berarti struktur. Teknik Kimia berarti produksi bahan kimia.

Operasi unit

Arthur Dehon Little berjasa atas pendekatan yang dilakukan oleh para insinyur kimia hingga saat ini: analisis dan desain yang berorientasi pada proses, bukan pada produk. Konsep operasi unit dikembangkan untuk menekankan kesamaan yang mendasari di antara produksi kimia yang tampaknya berbeda. Sebagai contoh, prinsip-prinsipnya sama, baik ketika seseorang ingin memisahkan alkohol dari air di dalam fermentor, atau memisahkan bensin dari solar di kilang, selama dasar pemisahannya adalah menghasilkan uap dengan komposisi yang berbeda dari cairan. Oleh karena itu, proses pemisahan tersebut dapat dipelajari bersama sebagai satu unit operasi, dalam hal ini disebut distilasi.

Proses unit

Pada bagian awal abad yang lalu, sebuah konsep paralel yang disebut Proses Unit digunakan untuk mengklasifikasikan proses reaktif. Dengan demikian, oksidasi, reduksi, alkilasi, dll. membentuk proses unit yang terpisah dan dipelajari seperti itu. Hal ini wajar mengingat kedekatan teknik kimia dengan kimia industri pada awalnya. Namun, secara bertahap, subjek teknik reaksi kimia sebagian besar telah menggantikan konsep proses unit. Mata kuliah ini memandang seluruh tubuh reaksi kimia memiliki kepribadiannya sendiri, terlepas dari spesies kimia tertentu atau ikatan kimia yang terlibat. Yang terakhir ini memang berkontribusi pada kepribadian ini dalam ukuran yang tidak kecil, tetapi untuk merancang dan mengoperasikan reaktor kimia, pengetahuan tentang karakteristik seperti perilaku laju, termodinamika, sifat tunggal atau multifase, dll. lebih penting. Munculnya teknik reaksi kimia sebagai sebuah disiplin ilmu menandakan terputusnya tali pusar yang menghubungkan teknik kimia dengan kimia industri dan mengukuhkan karakter unik dari disiplin ilmu tersebut.

Disadur dari: en.wikipedia.org