Jay Wright Forrester: Insinyur Komputer dan Ilmuwan Sistem yang Mengubah Dunia

Dipublikasikan oleh Dimas Dani Zaini

22 Maret 2024, 16.55

Sumber: id.wikipedia.org

Jay Wright Forrester (14 Juli 1918 – 16 November 2016) adalah seorang insinyur komputer, ahli teori manajemen, dan ilmuwan sistem Amerika. Ia menghabiskan seluruh karirnya di Massachusetts Institute of Technology (MIT), dimulai sebagai mahasiswa pada tahun 1939 dan berakhir pada tahun 1989.

Selama Perang Dunia II, Forrester adalah asisten peneliti Gordon S. Brown, yang bekerja di lapangan. dari mekanisme servo. saya melakukannya Setelah perang, ia menjadi direktur program komputer Whirlwind MIT. Di sana ia dianggap sebagai salah satu penemu memori utama magnetik, bentuk memori komputer akses acak pertama selama periode pesatnya perkembangan komputer digital antara tahun 1955 dan 1975. Memori inti magnetik adalah bagian dari rangkaian teknologi terkait yang menjembatani kesenjangan antara tabung vakum dan semikonduktor dengan menggunakan sifat magnetik material untuk mengubah dan memperkuat. Timnya juga menciptakan animasi pertama dalam sejarah grafik komputer, "bola lompat" osiloskop.

Forrester kemudian menjadi profesor di MIT Sloan School of Management, tempat ia mendirikan Forrester. Ini adalah pengaruh yang menjelaskan perbedaan dalam rantai pasokan. Ia dikenal sebagai salah satu pendiri sistem dinamis, yang mempelajari simulasi interaksi antar objek dalam sistem dinamis. Setelah pekerjaan awal dalam simulasi industri, Forrester mencoba memodelkan energi kota dan energi dunia, mengembangkan model dengan Club of Rome sejalan dengan contoh yang terkenal disajikan dalam buku The Limits to Growth. Saat ini, dinamika sistem digunakan untuk meneliti dan mendiskusikan organisasi dan sistem sosial lainnya.

Kehidupan dan Pendidikan

Forrester lahir di sebuah peternakan dekat Anselmo, Nebraska. Di sana, "dia mungkin sudah mengembangkan minat awal terhadap listrik, karena tidak ada listrik di pertanian. Saat di sekolah menengah, ia membangun sistem kelistrikan bertenaga angin 12 volt menggunakan suku cadang sepeda motor bekas, yang memberi listrik pertama pada peternakan tersebut. Berasal dari Lincoln, ia mengejar gelar sarjana di Massachusetts Institute of Technology, bekerja dengan pionir servomekanisme Gordon S. Brown, dan memperoleh gelar master pada tahun 1945 dengan tesis berjudul "Konstruksi Servomekanisme Hidraulik."
\ nForrester Award\ n\ nIa menerima penghargaan tertinggi dari IEEE, IEEE Medal of Honor, pada tahun 1972. Pada tahun 1982, ia menerima IEEE Computer Pioneer Award. Pada tahun 1995, ia dinobatkan sebagai anggota "Museum Sejarah Komputer" atas perbaikannya dalam memori utama dan kontribusinya. ke teknologi komputer fungsional. Ubah ke perangkat memori; atas kontribusi mendasar pada desain dan pengembangan sistem komputer awal." Pada tahun 2006 ia bergabung dengan Lembaga Penelitian Ketenagakerjaan.

Disadur dari Artikel : id.wikipedia.org