Jaminan Kualitas vs Kontrol Kualitas: Memilih Jalur Karier yang Tepat

Dipublikasikan oleh Syayyidatur Rosyida

16 Mei 2024, 08.40

sumber: pexels.com

Jaminan kualitas vs kontrol kualitas: Pelajari perbedaan, pekerjaan, gaji, keterampilan, kualifikasi, dan prospek pekerjaan untuk kedua peran tersebut.

Jaminan kualitas dan kontrol kualitas keduanya berada di bawah payung manajemen kualitas. Pekerjaan ini memiliki kesamaan tetapi juga berbeda dalam banyak hal. Panduan berikut ini akan menguraikan peran profesional penjaminan mutu dan kendali mutu, termasuk keterampilan, kualifikasi, gaji, dan prospek kerja mereka untuk membantu Anda memutuskan di antara kedua jalur karier tersebut.

Jaminan kualitas vs kontrol kualitas

Kontrol kualitas adalah proses reaktif yang berfokus pada identifikasi dan penyelesaian masalah yang muncul pada produk akhir setelah produk tersebut sampai ke tangan konsumen. Jaminan kualitas adalah proses proaktif yang terutama berkaitan dengan memastikan persyaratan kualitas terpenuhi sebelum produk atau layanan dirilis ke publik. Tim penjaminan mutu lebih berfokus pada proses pengembangan. Sebaliknya, aktivitas kontrol kualitas berpusat pada produk. Karena pengembangan perangkat lunak adalah proses berulang di mana produk secara konsisten direvisi, diperbarui, dan ditambal, tim jaminan kualitas yang bekerja dengan produk perangkat lunak mungkin memerlukan proses reaktif atau metode kontrol kualitas juga.

Apa yang dimaksud dengan jaminan kualitas?

Jaminan kualitas (QA) adalah serangkaian aktivitas dan prosedur, juga dikenal sebagai standar kualitas, yang berlangsung selama dan setelah pengembangan produk. QA membantu memastikan persyaratan kualitas terpenuhi dan bahwa produk jadi atau hasil proyek memenuhi persyaratan pelanggan. Tim penguji QA juga berupaya menyelesaikan masalah yang dialami konsumen setelah produk atau layanan memasuki pasar. Seperti halnya manajer proyek, tim jaminan kualitas memastikan proyek atau produk maju menuju pengiriman sambil mematuhi standar kualitas dan pedoman perusahaan.

Mengapa QA penting?

QA penting karena bermanfaat bagi organisasi untuk memiliki pedoman dan standar yang ditetapkan, seperti pedoman untuk pelatihan, dokumentasi, pemantauan, dan audit selama produksi. Ini adalah upaya berkelanjutan untuk meningkatkan dan memastikan kualitas. Pedoman QA juga menjaga proyek tetap dalam ruang lingkup dan berada di jalurnya dengan menyelaraskan anggota tim dalam praktik dan metode kolaborasi, seperti tinjauan kode dalam pengembangan perangkat lunak.

Apa yang dimaksud dengan kontrol kualitas?

Kontrol kualitas (QC) berfokus pada pemantauan hasil setelah produk dikembangkan dan diproduksi. Itu berarti memeriksa pengembangan produk atau hasil proyek untuk memenuhi standar kualitas yang telah ditentukan sebelumnya. Aktivitas kontrol kualitas diarahkan untuk menanggapi masalah dan mendeteksi kesalahan atau masalah kualitas produk seperti cacat perangkat lunak, gangguan, atau ketidaksempurnaan. Proses kontrol kualitas adalah pendekatan sistematis yang membantu memastikan kualitas layanan atau produk dipertahankan setelah mencapai pasar.

Mengapa QC penting?

QC penting karena mengidentifikasi dan memperbaiki masalah dan cacat saat terjadi untuk memastikan bahwa produk akhir memiliki kualitas setinggi mungkin. QC dapat melibatkan pengujian perangkat lunak dan pengujian beta atau canary, yang memberikan pelajaran yang dapat diterapkan pada proyek dan produk di masa depan. Tanpa QC, organisasi tidak dapat memastikan bahwa produk berfungsi sebagaimana mestinya dan sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Proses QC yang tepat akan menghasilkan pelanggan yang lebih bahagia dan memiliki lebih banyak insentif untuk setia kepada perusahaan.

Jabatan dalam manajemen mutu dengan gaji

Gaji dapat bervariasi secara signifikan dalam peran manajemen mutu berdasarkan faktor-faktor seperti tingkat pengalaman, industri, dan perusahaan. Gaji rata-rata berikut ini bersumber dari Glassdoor pada Maret 2024:

  1. Teknisi kualitas: $48.619
  2. Auditor kualitas: $54.618 
  3. Koordinator kualitas: $58.495
  4. Penguji jaminan kualitas: $65.844 
  5. Pengawas kendali mutu: $61.835
  6. Analis kualitas: $66.001
  7. Insinyur kualitas: $88.942

Prospek pekerjaan dan prospek karier untuk profesional QA dan QC

  1. Menurut Biro Statistik Tenaga Kerja AS (BLS), upah tahunan rata-rata untuk analis dan penguji jaminan kualitas perangkat lunak adalah $99,620.
  2. BLS juga melaporkan bahwa upah tahunan rata-rata untuk pengembang perangkat lunak, analis jaminan kualitas, dan penguji adalah $ 109.020. Prospek pekerjaan ini diperkirakan akan tumbuh 25 persen dari tahun 2022 hingga 2032.
  3. Pada Mei 2021, gaji tahunan rata-rata untuk inspektur kendali mutu adalah $ 43.900.

Ini termasuk profesional QC di berbagai industri, termasuk manufaktur, perdagangan grosir, layanan profesional, dan layanan ilmiah.

Cara memulai manajemen kualitas

Manajemen kualitas adalah proses pemantauan dan pengelolaan kualitas layanan dan produk perusahaan untuk memastikan bahwa mereka memenuhi persyaratan dan memenuhi kebutuhan pelanggan. Standar kualitas adalah pedoman untuk proses tersebut, dan perencanaan kualitas menetapkan proses dan prosedurnya. Apakah Anda ingin bekerja di QA, QC, atau aspek lain dari manajemen mutu, Anda dapat memulai dengan mendaftar di pendidikan dan pelatihan yang Anda butuhkan.

Pendidikan

Jika Anda berencana untuk mendapatkan gelar sarjana, pertimbangkan bidang yang terkait dengan kontrol kualitas, seperti administrasi bisnis atau manajemen kontrol kualitas. Anda akan mengambil mata kuliah di bidang matematika, manajemen sistem, pengukuran, dan manajemen bisnis, di antaranya. Anda juga dapat mempertimbangkan gelar associate dalam manajemen kualitas sebagai langkah untuk mendapatkan gelar sarjana. Contoh gelar sarjana yang dapat Anda kejar antara lain:

Sarjana Manajemen Manufaktur dalam Manajemen Kualitas jika Anda tertarik dengan lingkungan manufaktur atau pemrosesan dan ingin bekerja di tim manajemen dalam bidang bisnis atau industri.

Bachelor of Science in Quality Systems and Improvement Management untuk mempelajari cara menganalisis praktik bisnis dan memastikan bisnis membuat rencana yang efektif untuk mewujudkan laba atas investasi yang substansial di industri apa pun, termasuk perawatan kesehatan, pendidikan, manufaktur, perhotelan, dan pemerintahan.

Sarjana Sains dalam Manajemen Kualitas Bisnis untuk mempelajari dasar-dasar manajemen kualitas, termasuk kerja tim, negosiasi, resolusi konflik, analisis data, dan manajemen perubahan dalam industri apa pun.

Bachelor of Science in Quality Assurance untuk mempersiapkan atau meningkatkan karier Anda saat ini dalam prinsip dan praktik jaminan kualitas.

Sertifikasi QA/QC

Sertifikasi dapat membantu Anda menonjol di pasar kerja. Contoh sertifikasi yang relevan untuk peran QA dan QC termasuk sertifikasi American Society for Quality (ASQ) dan Six Sigma:

Sertifikasi american society for quality (ASQ)

American Society for Quality menawarkan pelatihan dan sertifikasi dalam manajemen mutu. Beberapa sertifikat memiliki peran atau industri yang spesifik, sehingga Anda dapat memperoleh pelatihan dan sertifikasi yang ditargetkan di bidang yang Anda minati. Beberapa dari sekian banyak sertifikasi yang ditawarkan ASQ meliputi:

  • Analis Proses Kualitas (CQPA) untuk paraprofesional yang pekerjaannya mendukung para insinyur dan penyelia kualitas.
  • Manajer Keunggulan Organisasi Kualitas (CMQ/OE) untuk profesional manajemen yang memimpin inisiatif untuk meningkatkan proses dalam bisnis kecil hingga multinasional.
  • Insinyur Mutu Bersertifikat (CQE) untuk individu yang bekerja dalam sistem kendali mutu.
  • Teknisi Kalibrasi Bersertifikat (CCT) untuk teknisi yang melakukan kalibrasi, pemeliharaan, dan perbaikan instrumen dan peralatan
  • Auditor Keamanan dan Kualitas Makanan (CFSQA) untuk para profesional yang bertanggung jawab mengaudit sistem keamanan makanan dan keamanan proses.
  • Insinyur Kualitas Perangkat Lunak (CSQE) untuk para profesional yang bekerja dalam pengembangan perangkat lunak dan memastikan kualitasnya melalui inspeksi, pengujian, dan verifikasi.

Sertifikasi six sigma

Sertifikasi Six Sigma memvalidasi keahlian Anda dalam peningkatan proses. Anda dapat mengikuti lima level sertifikasi Six Sigma dan lima level sertifikasi Lean Six Sigma. Sertifikasi yang terakhir ini didasarkan pada prinsip-prinsip manajemen proyek Lean, yang berfokus pada penghapusan pemborosan, peningkatan kepuasan pelanggan, dan peningkatan margin keuntungan perusahaan.

Gelar master

Gelar master bersifat opsional, namun dapat meningkatkan resume Anda, dan posisi manajerial biasanya tidak memerlukan gelar lanjutan. Namun, gelar ini dapat membuat Anda menjadi kandidat yang lebih kuat saat Anda mencari posisi QA atau QC dan membantu Anda mendapatkan keterampilan dan pengetahuan tambahan untuk unggul di bidang Anda. Beberapa gelar master yang dapat dipertimbangkan adalah sebagai berikut:

Master of Science dalam Manajemen Kualitas untuk membantu mempersiapkan Anda atau meningkatkan peran Anda sebagai manajer kualitas atau spesialis kualitas dalam industri apa pun.

Master of Business Administration untuk memahami prinsip-prinsip manajemen bisnis, yang dapat diterapkan pada bidang apa pun yang Anda kerjakan atau ingin kejar.

Keterampilan dan persyaratan untuk pekerjaan jaminan kualitas dan kontrol kualitas

Manajemen kualitas membutuhkan keterampilan khusus, termasuk perhatian terhadap detail, komunikasi, organisasi, kepemimpinan, dan keterampilan teknologi. Anda juga harus memahami standar hukum di berbagai bidang, terutama bidang yang ingin Anda geluti. Keterampilan analisis data juga bermanfaat.

Six sigma

Six Sigma penting dalam manajemen kualitas karena ini adalah strategi manajemen bisnis yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas proses dengan meminimalkan dan pada akhirnya menghilangkan kesalahan dan variasi. Six Sigma memungkinkan jaminan dan kontrol kualitas dan membantu memastikan produk yang unggul.

Minitab

Memiliki pengalaman dan pengetahuan tentang Minitab, yang merupakan perangkat lunak statistik yang digunakan dalam manajemen kualitas, akan sangat bermanfaat. Perangkat lunak ini menemukan dan memprediksi pola, mengungkap hubungan tersembunyi antara variabel, dan membuat visualisasi, yang dapat membantu membuat proses lebih efisien.

Manajemen ramping

Konsep penting lainnya dalam manajemen kualitas adalah manajemen ramping, sebuah sistem teknik yang bertujuan untuk menghilangkan semua kegiatan yang tidak menambah nilai dan pemborosan dari sebuah bisnis. Karena QA dan QC bermaksud untuk mengurangi atau menghilangkan pemborosan, pengetahuan tentang manufaktur Lean akan meningkatkan keterampilan Anda.

Teori kendala

Metodologi Theory of Constraints (TOC) mengidentifikasi hambatan dan kendala. Ini adalah kunci dalam proses QA dan QC karena keduanya bertujuan untuk membuat pengembangan menjadi lebih efisien. TOC memungkinkan peningkatan yang cepat, lebih sedikit inventaris, dan keuntungan yang lebih tinggi.

Mengapa mengejar karier di bidang manajemen mutu?

Sebagai seorang profesional jaminan kualitas atau kontrol, Anda akan dicari oleh perusahaan yang ingin membuat pelanggan mereka senang dan bisnis mereka berjalan secara efisien sambil menghasilkan produk dan layanan terbaik. Alasan lain untuk mengejar karier di bidang kualitas:

Membawa organisasi dari baik menjadi hebat.

Tujuan Anda secara keseluruhan sebagai seorang profesional manajemen mutu adalah untuk meningkatkan kinerja organisasi. Anda akan memiliki kesempatan untuk membantunya berkembang dari baik menjadi hebat. Pelanggan akan lebih senang menciptakan produk yang lebih baik, dan organisasi akan lebih puas dengan pekerjaan mereka.

Berpindah dari satu sektor ke sektor lainnya.

Peluang terbuka di berbagai sektor ketika Anda mengejar karier di bidang manajemen mutu. Anda dapat bekerja di pengembangan perangkat lunak, layanan pelanggan, perhotelan, pengujian produk, pemasaran, dan banyak industri lainnya. Keterampilan manajemen kualitas Anda akan diterjemahkan jika Anda memutuskan untuk berpindah bidang.

Cari tahu apa yang membuat organisasi berdetak (atau berhenti berdetak).

Sebagai seorang profesional penjaminan mutu, Anda membantu menjaga agar organisasi tetap bekerja untuk mencapai misinya. Anda akan mencari cara untuk terus meningkatkan diri, sehingga membuat hasil yang lebih baik. Anda juga dapat melihat apa yang membuat organisasi tidak dapat bekerja secara maksimal.

Mendirikan bisnis Anda sendiri.

Pilihan lain bagi Anda jika Anda terjun ke bidang jaminan kualitas atau kontrol kualitas adalah memiliki bisnis sendiri. Anda dapat bekerja sebagai konsultan jaminan kualitas atau kontraktor kontrol. Anda juga dapat menjual pelatihan atau layanan manajemen mutu Anda secara online atau secara langsung. Hal ini akan memungkinkan Anda untuk bekerja dengan berbagai perusahaan dari berbagai ukuran.

Di mana para profesional jaminan kualitas atau kontrol kualitas dapat bekerja?

Anda dapat bekerja di hampir semua industri sebagai profesional jaminan kualitas atau kontrol kualitas. Berikut adalah beberapa contohnya:

  • Manufaktur: Menguji barang dan produk untuk memastikan mereka memenuhi standar kualitas
  • Layanan makanan: Memastikan produk memenuhi persyaratan FDA dan persyaratan hukum lainnya serta standar keamanan makanan
  • Perawatan kesehatan: Memastikan hasil terbaik bagi pasien dengan merancang kebijakan dan prosedur
  • Ritel perusahaan: Mencegah produk yang cacat masuk ke pasar
  • Teknologi informasi: Menguji perangkat lunak dan teknologi lainnya serta menemukan masalah dan berkolaborasi dengan pengembang untuk memperbaikinya
  • Teknik: Memantau kontraktor dan pembangun untuk memastikan kinerja dan keselamatan selama pekerjaan berlangsung
  • Transportasi: Memastikan kualitas dalam pembangunan dan pemeliharaan jalan raya, trotoar, trotoar, jembatan, dan struktur serta metode transportasi lainnya
  • Pendidikan: Memantau kualitas di bidang akademik, administrasi, dan layanan terkait

Mana yang harus saya pilih? Penjaminan mutu vs kontrol mutu

Untuk memilih antara penjaminan mutu atau kendali mutu, pertimbangkan bagian mana dari proses yang ingin Anda ikuti, baik mencegah cacat dengan meningkatkan proses atau memeriksa produk. Anda dapat menemukan karier yang bermanfaat di masing-masing bagian, dan keduanya sangat penting dalam manajemen kualitas.

Mulailah mempersiapkan diri untuk peran QA atau QC hari ini di Coursera

Jika Anda siap untuk mengejar karier di bidang jaminan kualitas atau kontrol kualitas, pertimbangkan pendidikan dan pelatihan online yang fleksibel. Cari tahu program mana yang Anda minati berdasarkan tujuan Anda. Misalnya, Anda dapat mempelajari metodologi Six Sigma dari University of Georgia dengan Six Sigma Principles.

Atau, pelajari tentang manajemen kualitas dalam industri sistem informasi dengan program Audit, Kontrol, dan Jaminan Sistem Informasi dari The Hong Kong University of Science and Technology.

Jika Anda tertarik untuk bekerja di bidang perawatan kesehatan, Rutgers menawarkan program yang ditujukan untuk industri ini: Peningkatan Kualitas dalam Organisasi Kesehatan.

Disadur dari: coursera.org