Istilah Pengkondisian Klasik dalam Pembelajaran

Dipublikasikan oleh Farrel Hanif Fathurahman

29 April 2024, 14.16

Pengkondisian klasik - Wikipedia

Dalam pengkondisian klasik, juga dikenal sebagai pengkondisian responden atau pengkondisian Pavlov, stimulus netral, seperti suara segitiga musik, diasosiasikan dengan stimulus yang kuat secara fisik, seperti makanan, hembusan udara ke mata, atau kemungkinan pesaing. . Proses reaksi terkondisi otomatis yang terkait dengan stimulus tertentu disebut pengondisian klasik. Ivan Pavlov, seorang ilmuwan Rusia, melakukan penelitian ekstensif tentang pengkondisian klasik pada anjing, menerbitkan temuannya pada tahun 1897. Ketika anjing percobaan diberi daging merah untuk penelitian pencernaan, Pavlov memperhatikan bahwa mereka mengeluarkan air liur. Berbeda dari pengkondisian operan (juga dikenal sebagai pengkondisian instrumental), yang mengubah kekuatan perilaku sukarela melalui penghargaan atau hukuman, adalah pengkondisian Pavlovian.

Di sisi lain, respons operan mungkin diperkuat oleh rangsangan yang dikondisikan secara klasik, yang dapat berdampak pada pengondisian operan. Otak yang mendasari pengkondisian klasik, sebuah proses perilaku mendasar, kini sedang ditemukan. Meskipun sulit untuk membedakan pengkondisian klasik dengan metode pembelajaran asosiatif lainnya (termasuk pembelajaran instrumental dan memori asosiatif manusia), ada banyak karakteristik yang membedakannya, terutama kondisi di mana pembelajaran berlangsung. Pengkondisian klasik, bersama dengan pengkondisian operan, membentuk dasar behaviorisme, sebuah aliran psikologi terkemuka yang mendominasi pertengahan tahun 1900-an dan terus memberikan pengaruh yang signifikan terhadap studi tentang perilaku hewan dan pengobatan psikologis hingga saat ini. Domain lain juga melihat penggunaan pengondisian klasik. Hal ini dapat berdampak, antara lain, pada cara tubuh bereaksi terhadap zat psikoaktif, cara mengendalikan rasa lapar, studi tentang dasar neurologis pembelajaran dan memori, serta fenomena sosial tertentu seperti efek konsensus palsu.

Ketika stimulus tak terkondisi (AS) dipadankan dengan stimulus terkondisi (CS), pengkondisian klasik terjadi. Biasanya, ada tiga jenis rangsangan: rangsangan tak berkondisi yang kuat secara fisiologis (seperti rasa makanan), rangsangan terkondisi netral (seperti suara garpu tala), dan reaksi refleks yang tidak dipelajari (seperti air liur) terhadap rangsangan tak terkondisi. Ketika stimulus terkondisi diberikan sendiri setelah berpasangan diulangi, organisme menampilkan respons terkondisi (CR) terhadap stimulus terkondisi. (Hanya setelah satu kali pemasangan, respons terkondisi dapat terwujud.) Akibatnya, berbeda dengan UR, CR kurang permanen dan dipelajari melalui pengalaman.

Reaksi yang terkondisi dan respons yang tidak terkondisi sering kali sebanding, walaupun kadang-kadang keduanya berbeda secara signifikan. Mayoritas ahli teori pembelajaran mengusulkan bahwa stimulus yang terkondisi memberi sinyal atau memprediksi stimulus yang tidak terkondisi, dan kemudian menguji efek dari sinyal ini untuk alasan-alasan ini dan alasan lainnya. Pada tahun 1988, esai Robert A. Rescorla, "Pengondisian Pavlov: Ini bukan seperti yang Anda pikirkan" memberikan gambaran singkat tentang pergeseran perspektif ini dan konsekuensinya. Teori Rescorla diterima secara luas, namun mungkin tidak dapat dipertahankan.

Tidak seperti pengkondisian operan atau instrumental, yang memodifikasi perilaku berdasarkan hasil perilaku (yaitu, penghargaan atau hukuman), pengkondisian klasik memodifikasi perilaku melalui asosiasi rangsangan seperti yang disebutkan sebelumnya.

Sumber:

https://en.wikipedia.org